1.

LATAR BELAKANG Tanah dasar pada dasarnya merupakan suatu bahan yang susunan strukturnya sangat rumit dan beraneka ragam. Jenis tanah dasar dan kondisi stratifikasi lapisan tanah dapat berubah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Walaupun sifat dan parameter tanah dapat diketahui dengan mengadakan pengujian-pengujian tanah, baik di lapangan maupun di laboratorium, namun hasil yang diperoleh tidaklah selalu sesuai benar dengan kenyataan yang ada di lapangan. Saat ini telah banyak cara perhitungan yang telah diterapkan untuk menganalisa sifat-sifat dan teknis tanah yang sering sekali dilakukan dengan cara mengambil asumsiasumsi tertentu. Sehingga pada waktu perencanaan konstruksi di mana tanah turut terlibat didalamnya, diperlukan faktor-faktor lain yaitu pertimbangan dalam menentukan besarnya factor keamanan konstruksi yang digunakan. Sehingga dalam perencanaan yang melibatkan tanah adalah hal yang sangat komplek dan tidak dapat diuraikan secara eksak. Selain itu perubahan-perubahan yang terjadi di dalam tanah sangat sukar diamati secara visual mengingat terjadinya berlangsung di bawah permukaan tanah.

2. INSTRUMEN YANG AKAN DIPASANG Instrumenasi Geoteknik yang akan dipergunakan pada pekerjaan ground treatment di lokasi Runway Bandar Udara Medan Baru ini adalah sebagai berikut: a. Pneumatic Piezometer Instrument ini digunakan untuk mengukur besar tekanan air pori yang terjadi pada saat proses penimbunan (preloading), besar tekanan air pori yang telah terdisipasi pada saat proses konsolidasi serta besar tekanan air pori yang ada pada saat akan unloading. Alat instrument pneumatic piezometer ini dipasang sebelum pekerjaan timbunan dilaksanakan di lapangan serta dipasang di bawah muka air tanah. b. Extensometer/Settlement Bar Instrument ini digunakan untuk mengetahui besar pergerakan vertical (penurunan) suatu lapisan tanah yang akan turun. Alat ini akan ditempatkan dibawah permukaan tanah yang diperkirakan lapisan tanah tersebut akan mengalami penurunan pada saat pekerjaan timbunan dilakukan. Instrument ini akan dipasang di lokasi ground treatment badan Runway Bandar Udara Medan Baru dan dipasang sebelum pekerjaan timbunan dilaksanakan di lapangan.

Water Stand Pipe Instrument water stand pipe ini digunakan untuk mengukur elevasi muka air tanah yang ada di lapangan. Alat instrument water stand pipe ini dipasang sebelum pekerjaan timbunan dilaksanakan di lapangan dan dipasang di bawah muka air tanah. tekanan air pori ekses pada lokasi yang sedang ditimbun dan tekanan air pori ekses pada lokasi yang akan di unloading. . maka akan dapat diketahui fluktuasi muka air tanah dari waktu ke waktu.c. d. Settlement Plate Instrument Settlement Plate ini digunakan untuk mengetahui besar dan arah pergerakan vertical suatu timbunan tanah. Tinggi elevasi muka air tanah ini jika digabungkan dengan instrument pneumatic piezometer dapat digunakan dengan untuk mengevaluasi besar tekanan air pori total hasil pembacaan. Alat instrument ini dipasang di permukaan tanah saat akan ditimbun serta dipasang sebelum pekerjaan timbunan dilaksanakan. Dengan diukurnya elevasi muka air tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful