From: HR-Professional@yahoogroups.com on behalf of HR Professional [hr.professional@gmx.com] Sent: Monday, March 18, 2013 11:48 PM To: HR-Professional@yahoogroups.

com Subject: [HR-Professional] Jokowi Pasrah 90 Perusahaan Hengkang dari Jaka rta Jokowi Pasrah 90 Perusahaan Hengkang dari Jakarta Puluhan perusahaan ini memilih merelokasi usahanya akibat kenaikan UMP Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (tvOne) VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menilai rencana 90 perusahaan yang akan merelokasi pabriknya dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur akibat tingg inya Upah Minimum Provinsi, merupakan hal yang wajar. Menurut dia, menjadi pengusaha meman g harus siap menerima kerugian ataupun risiko-risiko lainnya, termasuk kenaikan UMP DKI tahun ini yang mencapai 40 persen. Meski demikian, Jokowi mengaku dia telah berbicara kepada pengusaha-pengusaha ya ng akan merelokasi usahanya itu untuk memikirkan kembali keputusan mereka. "Saya sudah berbicara kepada mereka. Namun, kalau mereka memang tetap mau merelo kasi usahanya kami tidak bisa apa-apa lagi," kata Jokowi saat ditemui di acara Geraka n Kewirausahaan Nasional di Jakarta, Senin 18 Maret 2013. Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengataka n ada 90 perusahaan--yang memiliki sekitar 2.000 karyawan--yang sudah memastikan merel okasi pabrik mereka dari Jakarta dan sekitarnya ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Penyebab utama relokasi ini menurut Sofjan adalah Upah Minimal Provinsi yang nai k hingga 40 persen di wilayah DKI jakarta dan sekitarnya. Sementara itu, upah di Jatim dan J ateng masih sekitar Rp1 juta, terpaut Rp1,2 juta dengan di Jakarta. Para pengusaha ini menca ri lokasi di mana upah buruh lebih murah. Perusahaan yang merelokasi pabriknya ini kebanyakan bergerak di sektor manufaktu r dan juga garmen yang merupakan sektor padat karya. Sofjan mengungkapkan, para pengusaha itu akan menyelesaikan proses relokasi dala m waktu sembilan bulan karena mereka membutuhkan waktu untuk melatih karyawannya dan jug a menyiapkan pesangon bagi karyawan yang ada di Jakarta. Mereka kini memilih untuk melakukan pemecatan karyawan secara diam-diam dan secara bertahap. (kd)

___ Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1) RECENT ACTIVITY: * New Members 38 Visit Your Group Posting Informasi Lowongan khusus untuk posisi HR serta ruang lingkupnya.© VIVA.id http://metro._.blogspot.blogspot. __._. Daily Digest .viva.konsultan-indonesia. http://www.news._.blogspot.___ Unsubscribe Terms of Use Send us Feedback ._.com/ Portal General Affairs http://generalaffairsprofessional.com/ Portal Industrial Relation http://infoindustrialrelation.id/news/read/398402-jokowi-pasrah-90-perusahaan-hengka ngdari-jakarta __.co.com/ Portal Lowongan Kerja http://portallowongankerja.co. Kirimkan ke alamat email yang dituju. Postin g diluar HR HARUS & WAJIB mencantumkan alamat email yang jelas (kantor dan bukan email grati san).com/ Switch to: Text-Only.blogspot. Khusus CV jangan ke milis.com Portal Compensation & Benefit http://hrcompensationbenefit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful