Memindahkan Jendela dengan Keyboard pada Windows 7

Submitted by Seno on May 30, 2012 – 7:50 pmNo Comment | 206 views

Untuk Anda yang malas atau sedang tidak ingin menggunakan mouse, Anda dapat menggerakkan jendela pada Windows 7 hanya dengan menggunakan keyboard. Mungkin hal ini tidak terlalu penting, namun dapat berguna di saat-saat tertentu. 1. Incremental Move Untuk memindahkan jendela secara perlahan ke posisi yang akurat, pertama Anda perlu melakukan klik pada jendela tersebut. Sebelumnya, metode ini hanya dapat digunakan pada jendela yang belum ter-maximize. Tentu saja, karena bila telah maximize, Anda tidak dapat menggerakkannya ke mana pun juga.

  

Pertama, klik jendela yang ingin dipindahkan, atau bila Anda ingin menggunakan keyboard, tekan Alt + Tab sampai jendela yang Anda inginkan menjadi aktif. Tekan Alt + Spacebar dan akan muncul sebuah menu. Tekan M, lalu gunakan arah panah pada keyboard untuk menggerakkan jendela ke mana pun yang Anda inginkan. Tekan Enter bila telah selesai, atau tekan Esc bila Anda ingin membatalkannya dan mengembalikan jendela ke posisinya yang semula.

2. Windows Snap Windows 7 memiliki kemampuan untuk menempelkan jendela ke ujung kanan atau kiri layar. Bila Anda men-drag jendela ke ujung kanan atau kiri layar dengan menggunakan mouse, jendela tersebut akan otomatis menempel di pinggir layar dan ukurannya pun otomatis akan berubah menjadi setengah layar. Untuk melakukannya dengan keyboard, Anda cukup menahan Windows key (tombol pada keyboard yang bergambar logo Windows), lalu tekan tombol panah kanan atau panah kiri. Untuk metode ini, menurut saya lebih cepat dan mudah menggunakan keyboard dibandingkan menggunakan mouse. 3. Multi Monitor Bila Anda ingin memindahkan jendela ke layar monitor lain, Anda cukup menekan Windows Key + Shift + Panah Kanan atau Panah Kiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful