You are on page 1of 4

Kelompok Keluarga Beresiko

Diajukan untuk memenuhi dalam Mata Kuliah community, fammily and geriatric nursing

Disusun oleh: KELOMPOK 9 Apriani (SA10007) Dessy Angghita (SA10017) Samuel Kristian Minar (SA10046)

PROGRAM SARJANA KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN IMMANUEL BANDUNG 2013

4. . 1998 : 24 ) Kelompok Yang Termasuk Keluarga Berisiko yaitu: 1. b.Konsep Keluarga Berisiko Definisi Keluarga Berisiko Keluarga berisiko tinngi merupakan keluarga yang memiliki kebutuhan untuk menyesuaikan diri terkait siklus perkembangan anggota keluarga. Keluarga dengan anak menjadi risiko tinggi. c. (KepMenKes No. Keluarga dengan anggota keluarga dalam masa usia subur dengan masalah: a. b. mental. karena: a. d. Tingkat sosial ekonomi keluarga rendah Keluarga tidak mampu mengatasi masalah kesehatan sendiri Keluarga yang kurang baik atau dengan penyakit keturunan Umur ibu (<16 tahun atau >35 tahun) Menderita kekurangan gizi atau anemia Menderita hipertensi Primipara atau multipara Riwayat persalinan dengan komplikasi Lahir prematur atau BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) Berat Badan sukar naik Lahir dengan cacat bawaan ASI ibu kurang sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi Ibu menderita penyekit menular yang dapat mengancam bayinya Anak yang tidak dikehendaki dan pernah dicoba untuk digugurkan Tidak ada kesesuaian pendapat antara anggota keluarga dan sering timbul ketegangan c. 908 tahun 2010 tentang pedoman mpenyelenggaraan pelayanan keperawatan keluarga) Keluarga resiko tinggi adalah keluarga dimana terdapat faktor resiko yang dapat mengancam kesehatan keluarga karena keadaan fisik. tidak mampu dan tidak memelihara kesehatan dan perawatan ( Effendi. N. e. maupun sosial ekonominya perlu mendapatkan bimbingan dan asuhan keperawatan serta pelayanan kesehatan karena tidak tahu. keluarga dengan faktor risiko penurunan status kesehatan. b. b. e. Ada anggota keluarga yang sering sakit 2. Keluarga dengan ibu yang berisiko tinggi kebidanan Pada waktu hamil: a. d. c. Keluarga yang bermasalah dalam hubungan antar anggota keluarga: a. 3. c.

Pembuangan sampah dan kotoran yang tidak teratur. memiliki jamban keluarga. infeksi. Keadaan lingkungan yang merugikan adalah : a. keluarga dengan usia lanjut jompo atau keluarga dengan kasus percobaan bunuh diri. Lingkungan kurang sehat 3. cerai atau lari meninggalkan keluarga Menurut sumber lain yang dikatakan keluarga dengan resiko tinggi. keluarga dengan ibu hamil resiko tinggi seperti perdarahan. yaitu keluarga dengan ibu hamil yang memiliki masalah gizi. keluarga dengan balita dengan BGM. Salah satu orang tua meninggal.d. hipertensi. jumlah anggota keluarga tidak terlalu banyak. f. Faktor Penyebab Resiko Tinggi Faktor penyebab risiko tinggi menurut Nazziruddin (1998 : 78) antara lain : 1. keluarga dengan neonates BBLR. Kemiskinan 2. b. e. seperti anemia gizi berat (HB kurang dari 8 gr%) ataupun Kurang Energi Kronis (KEK). c. dengan memiliki ventilasi yang cukup. Iklim yang buruk Tanah yang tandus Air rumah tangga yang buruk Perumahan yang memiliki syarat kesehatan. d. Udara yang berdebu. . ubin kedap air. mengandung gas-gas yang merugikan yang berasal dari kendaraan bermotor maupun pabrik-pabrik.

Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika . Ferry. 2009.DAFTAR PUSTAKA Efendi.