You are on page 1of 12

ASUHAN KEPERAWATAN IBU BERSALIN PADA “Ny. A.

T” DI RUANG BERSALIN PUSKESMAS MERGANGSAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Laporan Praktik Klinik Keperawatan Maternitas

Disusun Oleh: Janu Isworo Liya Kurniasari Ratna Pratami.F. Suwenti Widya N.Sumirat NIM. P07120110021 NIM P07120110025 NIM P07120110030 NIM P07120110035 NIM P07120110039

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTA JURUSAN KEPERAWATAN 2012

SF. Juli 2012 Pembimbing Lapangan Pembimbing Pendidikan Dr. M.T” di Ruang Bersalin Puskesmas Mergangsan. Budi Hastuti.. A.LEMBAR PENGESAHAN Asuhan Keperawatan Ibu Bersalin pada “Ny.Kes . Yogyakarta yang disusun untuk memenuhi tugas kelompok praktik laboratorium klinik Keperawatan Maternitas disahkan pada: Hari Tanggal Tempat : : : Yogyakarta.

BAB II TINJAUAN KASUS A.dan studi dokumen : Pasien. Bantul. Identitas a. Yogyakarata : Islam : SMA : Sopir Bus : Suami .Liya. Bantul. keluarga pasien. A.T. Penanggung Jawab Nama Umur Alamat Agama Pendidikan Pekerjaan Hubungan dengan Pasien : Tn. Pengkajian Hari/tanggal Pukul Tempat Metode Sumber Oleh : Senin. observasi.00 WIB : Ruang Bersalin Puskesmas Mergangsan : Wawancara. dan buku status pasien : Janu.Ratna.Widya 1. Identitas Pasien Nama pasien Umur Pasien Jenis Kelamin Status Perkawinan Agama Suku Alamat Pendidikan Pekerjaan : Ny. Yogyakarata : SMU : IRT Tanggal Masuk Puskesmas : 09 Juli 2012 b. E : 25 tahun : Sitisewu.Wenti. 09 Juli 2012 : 09. : 27 tahun : Perempuan : Kawin : Islam : Jawa : Sitisewu.

hari pertama menstruasi terakhir pada tanggal 10 Oktober 2011 .).00 datang ke puskesmas Mergangsan. Riwayat kontrasepsi Pasien menyatakan memakai IUD selama 3 tahun f. baru diketahui pada usia kandungan 3 bulan. b. e.asma maupun jantung. Keluhan utama Pasien menyatakan kenceng-kenceng dan nyeri hilang timbul seperti dipukul-pukul di bagian pinggang dan perut dengan skala 6 dari 0-10. d. keluarga tidak ada yang pernah mengalami operasi sesar (sectio caesarria) semua melahirkan pervagina dan tidak ada yang mempunyai keturunan bayi kembar. Riwayat kehamilan. STLD (Sarung tangan lendir darah) ( . umur kehamilan 39 minggu. Riwayat kesehatan sekarang Pasien menyatakan pada pukul 05. Pasien menyatakan sudah hamil untuk anak yang ke 3. Riwayat keluarga Ibu pasien menyatakan dalam keluarganya tidak ada yang mempunyai riwayat hipertensi. dan terjadi kontraksi 3x dalam 10 menit selama 50 detik secara teratur. Riwayat menstruasi Pasien menyatakan pertama kali menstruasi saat usia 12 tahun dan selalu menstruasi secara teratur dengan siklus 28 hari dan lama ±6-8 hari. kemudan pasien periksa kehamilan teratur di bidan setiap bulan. saat dilakukan VT (Vaginal Toucher) pada pukul 09.00 WIB sudah mengalami pembukaan 5.2. DM. Riwayat kesehatan pasien a. c. hari perkiraan lahir pada tanggal 17 Juli .30 WIB BAB dan merasakan kenceng-kenceng. lalu pada pukul 08.

normal pervagina dan langsung menangis kencang. bau khas urine. selama hamil pasien menyatakan tidak pernah makan amisamis seperti ikan laut. tidak ada darah ataupun nanah. 3.50 WIB bayi lahir spontan. tidak mempunyai makanan pantangan. Pola kebiasaan a. Eliminasi (Sebelum hamil) Pasien menyatakan sebelum hamil buang air besar sehari sekali dengan konsistensi lembek warna kuning kecoklatan. ikan keranjang. Riwayat kelahiran pada pukul 09. Eliminasi (Saat hamil) . sayur dan lauk. Nutrisi (Sebelum hamil) Pasien menyatakan sebelum hamil makan sehari 3x. karena setelah makan makanan tersebut merasa gatal-gatal di bagian perut bawah.2012. minum air putih ±6 gelas (1200 cc) perhari dan terkadang minum teh manis dipagi hari 1 gelas (200cc). abortus. sudah pernah partus 2x. telur.45 WIB ketuban pecah bersamaan dengan lendir dan darah ±300cc kemudian pada pukul 09. b.minum ±8 gelas (1600 cc) dan minum teh manis 1 gelas (200cc). buang air kecil sehari 5-6 kali( ±700cc) dengan warna kuning tidak keruh. belum pernah melakukan g. bau khas feses. makan dengan nasi. Nutrisi (saat hamil) Pasien menyatakan setelah hamil makan 5-7 hari sekali dan mengalami kenaikan berat badan 9kg dari 50kg menjadi 59kg.

Pola istirahat tidur (sebelum hamil) . c. bau khas feses.Pasien menyatakan saat hamil buang air besar 1 hari sekali dengan warna kuning kecoklatan. Aktivitas Kemampuan perawatan diri Makan/minum Mandi Toileting Berpakaian Mobilitas di tempat tidur Berpindah Ambulasi/ROM 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 Sebelum hamil Saat hamil Keterangan 0: mandiri 1: alat bantu 2: dibantu orang lain 3: dibantu orang lain dan alat 4: tergantung total d. buang air kecil 6-7 kali (±780cc) dengan warna kuning jernih dan tidak ada darah ataupun nanah. tidak ada darah taupun nanah.

Pola aspek Mental. AT. Sosial. Pasien sangat mensyukuri dirinya yang melahirkan anak keduanya terdahulu dengan normal. dan Intelektual 1. Peran diri Pasien berperan sebagai ibu rumah tangga.00 WIB dan terkadang tidur di siang hari antara 1-2 jam. mengurus rumahnya semua kebutuhan dan mengurus suami dan anaknya dengan ikhlas. .Pasien menyatakan tidur 7-8 jam setiap hari antara pukul 21. Gambaran diri Pasien menyukai dan mensyukuri semua yang ada pada tubuhnya yang lengkap tanpa ada cacat. c.00 WIB tidak pernah tidur siang dan tidak mengonsumsi obat tidur Pola istirahat tidur (Saat hamil) Pasien menyatakan selama hamil tidur 5-7 jam antara pukul 22. Pasien berpenampilan sebagai seorang perempuan. Konsep diri a. b. 4. Pasien mampu menyebutkan namanya dengan benar yaitu Ny.00-05.0005. Identitas diri Pasien menyadari bahwa dirinya seorang perempuan dan seorang ibu untuk anaknya. Harga diri Pasien bahagia dengan kehamilan ini meskipun pada trisemester pertama pasien mengatakan mengalami stres karena kehamilan dan pasien menyatakan orang-orang disekitar selalu mendukung dan bersikap baik terhadap pasien. d. Pasien mensyukuri dapat hamil kembali untuk ketiganya. Spiritual.

Pemeriksaan Fisik a. Keadaan umum : baik b. saudara dan para tetangga di rumahnya baik. Pasien mengira pemasangan alat kontrasepsi hanya dapat dilakukan dilakukan setelah masa nifas selesai. Status gizi Berat badan Tinggi badan IMT c. 5. Suami dan ibu klien menunggui klien di dalam ruangan. hubungan klien dengan tim medis seperti perawat dan bidan juga terjalin baik. Hubungan interpersonal Hubungan klien dengan keluarga. 4.9 kg/m2 . Intelektual Pasien mengatakan sudah mengetahui tentang proses persalinan karena sudah dijelaskan bidan dan sudah pernah mengalami proses persalinan normal sebanyak dua kali. klien selalu berdoa agar bayi yang dilahirkan sehat. Pasien mengatakan kurang mengetahui pemasangan alat kontrasepsi sehingga pasien mengalami kehamilan susulan. Klien juga kooperatif. Ideal diri Pasien ingin anak ketiganya ini sehat dan dapat membesarkan hingga dia dewasa. Aspek spiritual Klien beragama islam dan menjalankan sholat 5 waktu. 5. 2. Support system Klien terlihat mendapat dukungan penuh dari suami dan ibunya. Tanda-tanda vital : baik : 59 kg : 157 cm : 23.e. 3.

: TFU 27 cm : punggung berada disebelah kiri : Presentasi kepala : Kepala masuk panggul : 3x dalam 10 menit selama 50 detik secara hiperpigmentasi. rambut bersih Muka : oval.Tekanan darah pre natal : 120/90 mmHg Nadi Suhu : 92 x/menit : 36. tidak ada pembesaran kelenjar getah bening f. Inspeksi kepala : mesochepal. pertumbuhan rambut merata.terfokus pada diri sendiri.50 C postnatal post natal post natal post natal : 130/90 mmHg : 84 x/menit : 370C : 22 x/menit Respirasi: 20 x/menit d. bersih. Data penunjang (tanggal 5 Juli 2012) . Leher : tidak ada pembesaran vena jugularis. mata tampak bersih tidak ada cairan yang keluar dari kedua mata e. Mata : simetris. areola mamae hiperpigmentasi. terdapat linea nigra kurang lebih 20 cm warna cokelat kehitaman Palpasi LI LII LIII LIV His Frekuensi teratur Auskultasi DJJ frekuensi : 142 x/menit h. Perut : : simetris.tampak meringis menahan nyeri. muka tampak bersih tidak ada hiperpigmentasi. konjungtiva merah muda. Genetalia : tidak ada pembesaran kelenjar bartolini. Dada menonjol g. simetris. kanan ada reflek i. puting susu Inspeksi : pigmentasi merata. tidak udema Varises : tidak terdapat varises Reflek patela : kiri tidak ada reflek.

Ny. LD: 35 cm.Hb j. LK : 34cm. AT Tanggal lahir : 9 Juli 2012 Jam Lahir : 10. Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Nama : By. PB : 48 cm.2 gr% golongan darah :O Pemeriksaan dalam tanggal 9 Juli 2012 jam 08.00 WIB Jenis Kelamin: laki-laki BBL : 3400 gram.40 WIB G3P2Ab0AH2 HPM HPL UK : 10 Oktober 2011 : 17 Juli 2012 : 39 Minggu 6. : 11.1 cc masuk Salep mata : sudah diberikan Imunisasi Hepatitis B : sudah diberikan . LLA : 13 cm Anus : Ada Kelainan : tidak ada Genetalia : laki-laki APGAR SCORE 1 Menit Denyut Jantung Pernafasaan Tonus Otot Reflek Warna Kulit Jumlah 1 2 1 2 2 8 5 Menit 2 2 2 2 2 10 10 Menit 2 2 2 2 2 10 Terapi : Vitamin K : 0.

Analisa Data Hari / Tanggal : Pukul DATA DO : tampak meringis menahan nyeri terfokus pada diri sendiri. His Frekuensi : 3x dalam 10 menit selama 50 detik secara teratur Nadi : 92 x/menit P : kontraksi Q : dipukulpukul R : di bagian pinggang dan perut S : 6 dari 10 T : hilang timbul DS : Pasien menyatakan kencengkenceng : MASALAH Nyeri : akut PENYEBAB Agen cidera biologis : dilatasi peregangan uterus .B.

DO : Ketuban pecah bersamaan dengan lendir dan darah ±300cc Resiko kekurangan volume cairan Kehilangan cairan dengan rute normal DS : DO : dilakukan VT (vaginal toucher) selama tiga kali Resiko infeksi Tindakan invasif : vaginal toucher DS : - .- nyeri hilang timbul seperti dipukul-pukul di bagian pinggang dan perut - skala 6 dari 010.