Karakteristik Klinis Gangguan Kecemasan pada Masa Muda

Pembimbing : DR. dr. Cok Bagus Jaya Lesmana Sp. KJ

Oleh : Nyoman Gede Bimantara (0802005051)

3% dari peserta memenuhi kriteria untuk setidaknya satu gangguan non-target DSM-IV . atau Social Fobia (SP) • Peserta dan orang tua / wali mereka menjalani penilaian dasar • Sampel penelitian ini meliputi gangguan dari sedang sampai gangguan kecemasan berat yang menjadi sangat komorbiditas. dengan 55.Abstrak • Laporan karakteristik dari sejumlah besar sampel yang mencari pemuda yang mengalami gangguan cemas yang membutuhkan pengobatan (N = 488). • Peserta dengan usia antara 7-17 tahun • Diagnosis Separation Anxiety Disorder (SAD). Generalized Anxiety Disorder (GAD).

Demografi dan karakteristik klinis gangguan kecemasan pada pemuda Gangguan kecemasan : kondisi yang paling umum mempengaruhi remaja berkisar antara 10 % dan 20 % Apabila tidak diobati bisa terjadi gangguan kecemasan dan depresi pada dewasa Studi retrospektif : memiliki riwayat gangguan kecemasan pada masa kanakkanak .

dan kombinasi ke duanya . obat.• Demografi dan karakteristik klinis gangguan kecemasan pada pemuda Hasil pengukuran yang berbeda dan penilaian mengenai pendekatan antara psikoterapi dan uji coba pengobatan membuat sulit untuk membandingkan sampel dan hasil yang ada di seluruh studi The Child/Adolescent Anxiety Multimodal Study (CAMS) adalah sebuah uji klinis acak yang menyelidiki keberhasilan relatif dari terapi perilaku-kognitif.

Metode Peserta • Lokasi penerimaan mewakili berbagai demografi dan lokasi geografis dan memanfaatkan berbagai macam strategi perekrutan • Para peserta menyelesaikan tiga tahap proses penyaringan Kriteria inklusi dan ekslusi • Para peserta yang memenuhi . gangguan perkembangan pervasif.kriteria diagnostik DSM-IV untuk diagnosis SAD. atau SP adalah yang memenuhi syarat • Pengecualian seperti gangguan depresi mayor (MDD). anak-anak yang memenuhi status diagnostik gangguan DSM-IV yang lain juga diperbolehkan untuk berpartisipasi Kriteria inklusi dan ekslusi • Anak-anak yang gagal dalam percobaan yang adekuat dari terapi perilaku kognitif atau percobaan yang adekuat dari obat psikotropika akan dikeluarkan . skizofrenia atau kelainan schizoafektif. gangguan bipolar. GAD.

CSR) adalah yang dihasilkan untuk setiap diagnosa dan digunakan untuk menentukan diagnosa sebagai dasar principal Sebuah rating dari CSR sebanyak 4 atau lebih tinggi diperlukan untuk memenuhi kriteria untuk diagnosis DSM-IV Clinical Global Impression Skala-Severity (CGI-S) memberikan penilaian secara global mengenai keparahan kecemasan Pediatric Rating Scale (PARS) adalah seorang dokter yang meniai 50 item checklist gejala kecemasan Multidimensional Anxiety Scale for Children (MASC) adalah 39 item. yang terdiri dari 4 point skala likert. suasana hati.Metode Langkah Anxiety Disorders Interview Schedule (ADISC/P) digunakan untuk menilai kecemasan. dan gangguan eksternalisasi pada saat masa muda (Clinician Severity Rating. skala laporan pribadi anak Screen for Child Anxiety Related Emotional Disorders (SCARED) adalah 41 item laporan pribadi anak dan orangtua Pubertal Development Scale (PDS) adalah 5 ukuran item yang menilai tahap perkembangan pubertas .

Metode Langkah Child Behavior Checklist (CBCL) adalah 118 item induk laporan orang tua kepada masalah perilaku anak dan kompetensi sosial dan akademiknya Negative Affectivity SelfStatement Questionnaire (NASSQ) menyediakan sebuah laporan anak yang spesifik pada laporan dirinya sendiri yang terkait dengan prilaku negatif Child Anxiety Impact Scales (CAIS-C/P) adalah 27 item yang pararel antrara anak dan orang tua yang digunakan untuk menilai peringkat kecemasan Mood Feelings Questionnaire (MFQ) adalah 33 item yang terdiri dari laporan pribadi yang digunakan untuk mengukur gejala depresi Selain kuesioner orangtua. dan dokter. hasil variabel primer dinilai oleh blind independent evaluators (IEs). . anak.

Versi 9.1.3 untuk Windows(SDs) for continuous variables .Analisis Data Frekuensi dan persentase diberikan hanya untuk categorical variables and means and standard deviations Data Analisis yang digunakan SAS / STAT software.

0% lainnya Dari 488 pemuda. dan 8. dan 8 yang diberikan pengecualian . 480) memenuhi semua kriteria kelayakan. orang asia 2.0% orang kulit hitam.9% orang kulit putih 9.4% Native Hawaiian / Kepulauan Pasifik lain.2% orang American Indian. 0.5%.2%) yang berusia 7-12 tahun Distribusi gender dari sampel adalah 246 anak laki-laki dan 242 perempuan Distribusi etnis / ras adalah 78.70 tahun dengan mayoritas (74. 1.Hasil Karakteristik demografi Usia rata-rata dari sampel adalah 10.

Percobaan pengobatan yang paling ditargetkan adalah diagnosis tunggal.5% orang tua melaporkan bahwa anak mereka memiliki satu atau lebih kontak kesehatan mental sebelumnya Orang tua melaporkan hasil yang lebih tinggi mengenai anak-anak mereka pada peringkat skala kecemasan Data dari RCT yang masih ada memberikan latar belakang. sedangkan percobaan psikoterapi biasanya ditargetkan pada beberapa gangguan kecemasan .Hasil • Diagnosis dan gejala cemas 234 anak-anak telah menerima beberapa bentuk psikoterapi di masa lalunya dan 104 peserta telah menerima obat psikotropika sebelum mereka masuk belajar Secara keseluruhan. 54.

dan 6 memenuhi kriteria untuk gangguan DSM-IV 4 . 170 memiliki satu gangguan tambahan.Komorbiditas • 270 peserta memenuhi kriteria untuk satu atau lebih gangguan DSM-IV di samping salah satu dari tiga gangguan kecemasan yang utama. 14 memiliki tiga. 79 memiliki dua.

usia/ jenis kelamin/ dan etnis • Sampel diurutkan ke dalam kelompok diagnostik berikut berdasarkan nilai tertinggi dari CSR • Di antara peserta yang memenuhi kriteria diagnostik hanya salah satu dari tiga gangguan kecemasan yang ditargetkan • Anak-anak lebih mungkin dibandingkan remaja untuk memenuhi kriteria untuk SAD atau SP atau GAD • Remaja secara signifikan lebih dibandingkan dengan anak-anak memenuhi kriteria untuk SP + GAD • Anak-anak secara bermakna lebih mungkin dibandingkan remaja untuk memenuhi kriteria diagnostik untuk ketiga target kelainan SAD + SP + GAD • Gender.Diagnosa. Tidak ada hubungan yang signifikan secara statistic antara status diagnostik cemas atau keparahan dan jenis kelamin .

sampel merepresentasikan penyajian kecemasan yang menyedihkan pada kalangan pemuda di dunia nyata • Dengan pengembangan yang berkelanjutan di masa muda.Diskusi • Mengingat kriteria eksklusi yang relatif sedikit. suatu gangguan kecemasan dapat hadir secara berbeda pada titik-titik yang berbeda dalam pengembangan • Remaja lebih cenderung memenuhi kriteria untuk fobia sosial daripada anak-anak yang lebih muda • Sesuai dengan literatur sebelumnya laporan orangtua mengenai gejala anak-anak mereka pada MASC dan SCARED lebih tinggi dari laporan anak-anaknya sendiri • Tidak ada perbedaan yang bermakna dalam diagnosis kecemasan dan keparahan untuk gender atau ras • Presentasi gangguan kecemasan konsisten di seluruh ras .