P. 1
Tugas PAAL 5

Tugas PAAL 5

|Views: 35|Likes:
Published by Alvin Rachmanto
Tugas PAAL 5 tentang identifikasi dan waste water treatment
Tugas PAAL 5 tentang identifikasi dan waste water treatment

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Alvin Rachmanto on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2013

pdf

text

original

Alvin Rachmanto 11/312956/TK/37727 Tugas Paal 5 Rekayasa kadar BOD, COD, TSS, NH3, Minyak dan DO dalam

air

1. Penurunan Kadar BOD, COD, dan TSS dengan menggunakan arang aktif Berbagai metode telah dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi cemaran logam berat, senyawa organik dan anorganik limbah cair industri. Metode yang paling sederhana dan murah adalah pengolahan secara fisika dengan menggunakan adsorben arang aktif. adsorben arang aktif dapat digunakan untuk mengurangi bahan organik dan anorganik (Sugiharto, 1987). Sebagian besar kebutuhan arang aktif di Indonesia masih diimpor, padahal bahan baku arang aktif yang tersedia melimpah diantaranya sekam padi, tulang, kayu lunak, tongkol jagung, tempurung kelapa, sabut kelapa, ampas tebu, serbuk gergaji, ampas pembuatan kertas, kayu keras dan batu bara (Sembiring dan Sinaga, 2003). Pengembangan arang aktif akan memiliki arti penting untuk meningkatkan daya guna bahan baku yang kurang atau tidak termanfaatkan sebelumnya. Sehubungan dengan hal ini, maka dibutuhkan bahan yang berpotensi menghasilkan arang aktif berkualitas, misalnya kulit kacang tanah dan tempurung kelapa. Metode Pembuatan Arang Aktif merupakan arang yang diproses sedemikian rupa sehingga mempunyai daya serap/adsorpsi yang tinggi terhadap bahan yang berbentuk larutan atau uap. Bahan baku yang paling banyak beredar dipasaran adalah dari batok kelapa.
Arang Aktif

Fungsi dari arang aktif adalah sebagai bahan penyerap, dan penjernih, juga bisa sebagai katalisator. Industri kimia, Farmasi, makanan dan minuman adalah pengguna terbesar untuk produk ini. Untuk membuat arang aktif, setidaknya minimal dilakukan dengan 2 cara. antara lain

1 2 Karbonisasi atau pembuatan arang dari batok kelapa tua Aktivasi arang batok Untuk membuat arang dari batok kelapa perlu memenuhi syarat antara lain. Aktivasi Arang Aktif • • Arang dimasukkan ke dalam tangki aktivasi (pirolisis) dan ditutup rapat pastikan sambungan pipa pendingin. Harap ingat. Cirinya adalah sebagai berikut: Jika asap tebal dan putih. tempurung dari kelapa tua. jika asap tebal dan kuning. yang pertama cukup dimasukkan ke dalam drum minyak. bisa dilihat dari indikasi asap yang keluar. pematangannya akan berlangsung baik dan merata. Kompor bisa menggunakan bahan bakar minyak • . Untuk pengaturan udara di dalam tungku bisa diatur dengan membuka tutup lubang udara. tunggu sampai arang menjadi dingin. dan termocouple untuk pengamatan temperatur berfungsi sebagaimana mestinya alirkan air pendingin ke dalam pipa pendingin. Setelah dingin arang bisa di bongkar. dan berkadar air rendah. Kemudian jika asap semakin menipis dan berwarna biru. kemudian setelah menyala ditutup. Pada fase ini sebaiknya tungku ditutup dengan maksud agar oksigen pada ruang pengarangan serendah-rendahnya sehingga diperoleh hasil arang yang baik. kemudian kompor tungku pirolisis mulai dinyalakan. kemudian tempurung dibakar saat awal saja. berarti batok sedang mengering. berarti sedang terjadi pengkarbonan. berarti pengarangan hampir selesai. drum harus dikasih lubang udara sedikit untuk melihat apakah arang sudah jadi atau belum. 2. Karbonisasi atau pembuatan arang Untuk membuat arang ada beberapa cara. Berikut cara kerja pembuatan arang aktif: 1. prinsip dasarnya adalah distilasi kering atau pirolisis yaitu pembakaran tanpa menggunakan udara atau oksigen dengan suhu tinggi. kayunya keras. Dan untuk aktivasi arang aktif. Syarat ini akan memudahkan proses pengarangan.

Arang aktif siap dikemas dan di Jual. Setelah waktu tersebut proses telah selesai. Temperatur selama proses sekitar 600°C apabila temperatur telah mencapai 600°C dan terlihat pada ujung pendingin tidak adanya tar (cairan berwarna coklat) yang keluar. dimana jika temperatur naik maka kadar oksigen terlarut akan menurun. Mengurangi kedalaman air. ditandai dengan adanya gelembung air. dan tungku aktivasi dibiarkan sampai dingin. setelah itu bisa dibuka dan dikeluarkan untuk dilakukan penggilingan sesuai mesh yang diinginkan. dimana semakin dalam air tersebut maka semakin kadar oksigen terlarut akan menurun karena proses fotosintesis semakin berkurang dan kadar oksigen digunakan untuk pernapasan dan oksidasi bahan – bahan organik dan anorganik. Penanggulangan kelebihan/kekurangan kadar oksigen terlarut Cara untuk menanggulangi jika kelebihan kadar oksigen terlarut adalah dengan cara : 1. Lakukan pengamatan terhadap kerja dari tungku aktivasi dengan mengamati kenaikan temperatur. maka pembakaran dipertahankan selama 3 jam. 3. 2. . 2.tanah atau solar. Cara untuk menanggulangi jika kekurangan kadar oksigen terlarut adalah dengan cara : 1. Menurunkan suhu/temperatur air. dimana semakin dalam air tersebut maka semakin kadar oksigen terlarut akan naik karena proses fotosintesis semakin meningkat. Menambah kedalaman air. Mengurangi bahan – bahan organik dalam air. karena jika banyak terdapat bahan organik dalam air maka kadar oksigen terlarutnya rendah. pengaturan api bisa diatur menggunakan kompresor. 2. • Kemudian api dimatikan. ataupun langkah lainnya dengan menjadikan arang aktif sebagai media penjernih air pada sistem filter. • Arang aktif ini dapat langsung digunakan dengan meletakkan ke dalam bak penampung air. Menaikkan suhu/temperatur air. dimana jika temperatur turun maka kadar oksigen terlarut akan naik.

Perusahaan-perusahaan penyediaan zat kimia membantu perusahaan-perusahaan minyak dalam hal pemilihan zat kimia yang akan dipakai. Dengan terdesaknya molekul tersebut. misalnya Visco (nalco). maka kedudukannya digantikan oleh molekul chemical agent. maka dengan menempatkan campuran air dan minyak tersebut pada suatu tempat yang tenang. Banyak zat-zat kimia (reagen) yang dijual di pasaran. Chemical agent ini mempunyai molekul-molekul yang lebih kecil dibanding dengan molekul-molekul pada emulsifyng agent.4. Metode Kimia Pemisahan minyak-air berupa emulsi dengan metode kimia adalah penambahan zat kimia ke dalam larutan emulsi tersebut. Pemilihan zat kimia yang akan tergantung pada sifat-sifat emulsinya. Metode Pemisahan Minyak dari Air 1. 2. 3. Metode Gravity Setling Prinsip kerjanya adalah perbedaan density minyak dengan air. Sifat kecenderungan yang lebih besar untuk menempati permukaan partikel air tersebut mengakibatkan molekul amulsifyng agent yang mula-mula menempati partikel air menjadi terdesak dan lari menyebar ke fase minyak. dimana air mempunyai density yang lebih besar daripada minyak. Chemical agent ini mempunyai sifat kecendrungan yang lebih kuat untuk menempati partikel air dibanding kecendrungan yang dimiliki emulsifyng agent. Lapisan film ini ternyata tidak menghalangi gaya tarik menarik antar molekul air. Aquanox (Baker) dan lainlain. maka air akan mengendap dan terpisahkan dari minyak. Setelah mereka menguji . Diusahakan agar air tersebut mengalir. sehingga dengan demikian partikel-partikel air akan saling bertumbukan dan membentuk butiran yang lebih besar sehingga memungkinkan pengendapan secara gravitasi terjadi.

maka dua hal yang tidak dapat dipenuhi sebagai bak pemisah ideal adalah masalah turbulensi dan stabilitas pengendapan (Anonim. Multiple partial transverse baffles 2. berapa banyaknya. Oleh karena itu dengan separator API / oil trap. . Adapun untuk memenuhi kebutuhan tersebut telah dirancang beberapa metode alat pemisahan minyak yaitu : a) Interceptor dengan berbagai sekat (baffles) yaitu : 1. Transverse and longitudinal baffles b) Paralel Plate Interceptor (PPI) c) American Petroleum Institute (API) Interceptor Separator American Petroleum Institute (API) adalah suatu pemisah gravity jenis bak horizontal yang berbentuk sekat dengan penggaruk minyak di atasnya. Jenis bak ini banyak digunakan dari bahan beton (concrete) ataupun bahan lainnya. Dari sejarah perkembangan. Karena mudahnya pembuatan dan bentuknya yang sederhana. bagaimana temperaturnya. partikel-partikel di bawah 150 mikron tidak dapat dipisahkan dari air limbah. separator ini masih banyak digunakan terutama bila diketahui bahwa partikel minyak dalam air mempunyai ukuran di atas 150 mikron. grafik temperatur vs viskositas minyak dan lain-lain. Separator ini juga mempunyai prinsip kerja yang sama dengan model separator oil trap yakni dengan menggunakan sistem gravitasi yang memakai perbedaan densitas. sifat-sifatnya dapat diketahui misalnya gravity minyak. kemudian dimodifikasi dan disempurnakan dengan tujuan mendapat efisiensi pemisahan sebesar mungkin.secara kuantitatif dan kualitatif pada emulsi minyaknya. Data-data tersebut perlu untuk menentukan reagen mana yang akan dipakai. Sebagaimana umumnya bak pemisah horizontal. telah dibuat berbagai jenis alat pemisah minyak dari yang sangat sederhana. dan lain-lain. Top and bottom transverse baffles 3. 1994).

Peningkatan metode pemisahan minyak dari air. 2. Alat ini banyak dipakai di industri-industri karena selain hemat tempat juga hemat biaya pembuatan serta pemeliharaan dibandingkan dengan alat pemisah sebelumnya. area permukaan yang ekstra yang disediakan oleh suatu unit parallel-plate yang tersusun rapi membuat parallel-plate dari alat pemisah tersebut menjadi alternatif yang menarik pada alat pemisah yang biasa. Konstruksinya murah khususnya dalam bahan tahan asam. Alat ini mampu memisahkan partikel-partikel yang dipakai di industri-industri yang lebih kecil yaitu di bawah 150 mikron. Aliran yang melalui suatu unit parallel-plate dapat menjadi dua atau tiga kali dari suatu alat pemisah . Plate-plate ini dapat berfungsi menambah luas penampang lintang dari aliran atau mengurangi lintasan butiran partikel minyak ke permukaan sehingga butiran minyak yang telah terkumpul di bawah permukaan plate dapat mengumpul lebih lanjut atau meluncur ke atas permukaan air. 3. 4. Dalam keadaan dimana ruang yang tersedia untuk suatu alat pemisah terbatas. Selain itu ada beberapa keuntungan dari Corrugated Plate Interceptor yaitu : 1. Minyak yang terkumpul pada permukaan akan langsung masuk ke skim pipe. plate juga berfungsi untuk mempersingkat jarak tempuh partikel minyak di dalam fase air sehingga pembentukan lapisan minyak dapat lebih cepat dan juga mengatur alirannya agar lebih laminer. Efisiensi dari suatu alat pemisah minyak-air adalah berbanding terbalik dengan perbandingan tentang laju keluarnya pada unit area permukaan. Distribusi aliran yang efektif tidak dipengaruhi oleh angin. Aliran laminer antara piringan atau plate-plate. Suatu area permukaan alat pemisah dapat ditingkatkan oleh instalasi dari plat paralel di dalam ruang alat pemisah.d) Corrugated Plate Interceptor (CPI) Pada dasarnya prinsip kerja dari CPI sama dengan separator API. Akan tetapi di dalam CPI ditambahkan plate-plate fiberglass yang tersusun paralel dengan kemiringan 45°-60°.

bobot jenis dan kekentalan dari fase air limbah mengandung air. Secara umum. Deposit mineral alam zeolit yang cukup besar ditemukan di beberapa negara seperti Amerika Serikat. Sebagai tambahan terhadap peningkatan area permukaan alat pemisah. Hal itu menjadikan zeolit dengan warna dan tekstur yang sama mungkin berbeda komposisi kimianya bila diambil dari lokasi yang berbeda. dan bobot jenis air limbah minyak. Australia. Plat pada umumnya dipasang dalam posisi miring untuk mendorong minyak yang terkumpul pada bagian bawah plat untuk dipindahkan ke permukaan alat pemisah. plat biasanya berkerut/berombak-ombak. Di Indonesia. Pendahuluan Mineral alam zeolit biasanya masih tercampur dengan mineral lainnya seperti kalsit. parameter yang digunakan untuk perancangan alat pemisah yang konvensional adalah juga digunakan untuk ukuran parallel-plate sistem maksimum (desain) aliran air limbah. Kuba dan beberapa negara Eropa bagian timur seperti Ceko dan Hunggaria. Zeolit juga ditemukan sebagai batuan endapan pada bagian tanah jenis basalt dan komposisi kimianya tergantung pada kondisi hidrotermal lingkungan lokal. Pemanfaatan Zeolit dalam Menurunkan Kadar Amoniak dalam Air. Untuk meningkatkan koleksi minyak dan lumpur. disebabkan karena kombinasi mineral yang berupa partikel halus dengan impuritis lainnya.biasa yang sepadan. gipsum. kehadiran dari plat parallel dapat mengurangi kecenderungan ke arah kontak yang lebih cepat dan mengurangi pergolakan di dalam alat pemisah. tekanan uap air setempat dan komposisi air tanah lokasi kejadiannya. Uni Soviet. sedangkan lumpur yang terkumpul di atas plat akan mengendap ke dasar pemisah. zeolit ditemukan pada tahun 1985 oleh PPTM Bandung dalam . seperti suhu. feldspar dan kuarsa dan ditemukan di daerah sekitar gunung berapi atau mengendap pada daerah sumber air panas (hot spring). 4. dengan begitu efisiensi dapat ditingkatkan. Jepang.

Cikalong. diantaranya tersebar dibeberapa daerah pulau Sumatera dan Jawa. Pemanfaatan zeolit masih belum banyak diketahui secara luas. Banten. permitting ion-exchange and reversible dehydration”. Berikut ini akan dibahas potensi zeolit dalam pengolahan limbah. yang pada saat ini zeolit di Indonesia dipasarkan masih dalam bentuk alam terutama pada pemupukan bidang pertanian. yang saat itu dikenal sebagai molecular sieve materials. Struktur dan Sifat Zeolit Mineral zeolit telah dikenal sejak tahun 1756 oleh Cronstedt ketika menemukan Stilbit yang bila dipanaskan seperti batuan mendidih (boiling stone) karena dehidrasi molekul air yang dikandungnya. Sukabumi. Smith ahli kristalografi Amerika Serikat mendefinisikan zeolit sebagai : “A zeolite is an aluminosilicate with a framework structure enclosing cavities occupied by large ions and water molecules.jumlah besar. zeolit merupakan mineral yang terdiri dari kristal alumino silikat terhidrasi yang mengandung kation alkali atau alkali tanah dalam kerangka tiga dimensi. Tasikmalaya. Dalam hal ini zeolit dimanfaatkan sebagai media filter dan media adsorpsi. baru beberapa lokasi yang ditambang secara intensif antara lain di Bayah. Dengan demikian. zeolit bisa dimanfaatkan untuk penghilangan kesadahan air. Air sadah sukar digunakan untuk mencuci karena . Ion-ion logam tersebut dapat diganti oleh kation lain tanpa merusak struktur zeolit dan dapat menyerap air secara reversibel Fungsi Zeolit A. Nanggung. Pada tahun 1954 zeolit diklasifikasi sebagai golongan mineral tersendiri. Pengertian. Pada tahun 1984 Professor Joseph V. both of which have considerable freedom of movement. Namun dari 46 lokasi zeolit. Cikembar. Air sadah adalah air yang banyak mengandung mineral kalsium atau magnesium di dalamnya. Bidang pengolahan air Pada bidang pengolahan air. Bogor dan Lampung.

Zeolit yang telah diaktifkan atau didehidrasi sehingga kehilangan molekul airnya menyebabkan rongga yang ada akan lebih efektif untuk menjerap logam – logam berat yang ada pada limbah. Oleh karena senyawa-senyawa kalsium dan magnesium relatif sukar larut dalam air. dipilih zeolit yang kationnya bukan merupakan penyebab kesadahan air. Salah satu cara yang bisa adigunakan adalah filtrasi. . Mn. maka senyawa-senyawa itu cenderung untuk memisah dari larutan dalam bentuk endapan atau presipitat yang akhirnya menjadi kerak. Bidang pengolahan limbah Zeolit yang telah diaktifkan baik secara fisika dengan pemanasan maupun secara kimia dengan penambahan asam atau basa mampu meredam / menurunkan kandungan logam Fe. Tidak semua zeolit bisa digunakan. B.senyawa kalsium dan magnesium bereaksi dengan sabun membentuk endapan dan mencegah terjadinya busa dalam air. Zn. Selain itu juga mampu menurunkan kandungan amoniak dalam air buangan. Zeolit yang diletakkan sebagai filter dan akaa dileati oleh air sadah akan bereaksi kontinu sesuai persamaan reaksi berikut : Na – Zeolit + CaCl2 → Ca – Zeolit + 2NaCl Dari reaksi di atas terliihat bahwa antara kation Ca dan Na dipertukarkan. Untuk memperoleh air bersih yang layak dikonsumsi diperlukan suatu cara untuk mengatasi kasadahan air tersebut. dan dengan sifat yang dimiliki zeolit dapat berperan baik sebagai penyaring air sadah untuk memperoleh air bersih. dan Pb yang terdapat dalam air tanah. untuk hal ini zeolit jenis klinoptilolit yang kationnya adalah Na dapat digunakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->