P. 1
Tutorial on-Track Easy Recovery

Tutorial on-Track Easy Recovery

|Views: 2,799|Likes:
Published by mahjonk

More info:

Published by: mahjonk on Mar 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

TUTORIAL ON-TRACK EASY RECOVERY PROFESIONAL Pendahuluan Kehilangan data, seringkali merupakan masalah serius apalagi jika data

tersebut sangat berharga, menyangkut arsip perusahaan, data pribadi, tugas kuliah maupun yang lain. Keuntungan data dalam bentuk digital adalah data tersebut lebih mudah ditemukan kembali dengan beberapa tool yang tersedia. Berbeda dengan data dalam hardcopy yang seringkali untuk menemukannya kembali dibutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak. Di jagat dunia maya ini, bisa kita temukan banyak tool untuk recovery data baik yang gratisan maupun berbayar. Salah satu tool yang cukup handal untuk menangani hal tersebut adalah On-Track Easy Recovery Profesional. Meskipun fitur lengkap tool ini berbayar tetapi untuk versi trialnya sudah sangat mencukupi untuk kita gunakan dalam kondisi yang tidak terlalu darurat. Selain fiturnya yang lengkap, tool ini juga relatif mudah digunakan dengan interface yang sederhana namun interaktif.

Disk Diagnostic

1. Drive Test Digunakan untuk mengecek kondisi hard-drive. Di dalamnya ada dua pilihan yakni Quick Diagnostic untuk melakukan pengecekan secara umum dan Full Diagnostic untuk melakukan pengecekan keseluruhan. 2. Smart Test SMART merupakan singkatan dari SelfMonitoring, Analysis and Reporting Technology berfungsi untuk mencegah hilangnya data dengan memprediksi kegagalan drive menggunakan alghoritma khusus. 3. Size Manager Untuk mengetahui secara detail informasi penggunaan hard-drive. 4. Jumper Viewer Untuk mengetahui penempatan jumper pada IDE/ATA hard-drive. Untuk menggunakannya anda memerlukan koneksi internet. 5. Partition Test Untuk menganalisa struktur file system pada drive. 6. Data Advisor Untuk membuat tool guna mengecek kondisi system computer pada sebuah disket. Untuk menjalankan menu-menu di atas, anda tinggal melakukan klik pada pilihan dan tekan next untuk pilihan-pilihan berikutnya.

Pengunaan Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada On-Track Easy Recovery versi 6.04.

Data Recovery

bisa anda buka folder lost file. Untuk mempermudah pencarian, anda bisa menggunakan filter option untuk membatasi pencarian kepada format-format tertentu, berdasar kondisi baik buruknya data, atau berdasarkan ukuran.

1. Advanced Recovery Untuk mengembalikan data dengan berbagai pilihan. Pertama klik Advanced Recovery, selanjutnya pilih salah satu drive anda di mana terdapat data yang mau dikembalikan. Klik Advanced Option untuk pilihan lebih lanjut. Di sini anda bisa menentukan scan drive dimulai dari dan sampai sector ke berapa, file system yang digunakan pada drive anda, setting partisi, dan pilihan recovery dengan menyertakan data yang memiliki berbgai macam atribut invalid atau tidak. Setelah pengaturan selesai, klik OK untuk kembali ke form sebelumnya. Klik next dan tunggu beberapa saat untuk mengetahui hasilnya.

2. Deleted Recovery Untuk mengembalikan data yang terhapus. Langkah pertama seperti halnya pada Advanced Recovery, anda bisa memilih drive yang diinginkan. Secara default scan drive akan dilakukan secara quick tetapi untuk lebih komplitnya anda bisa centak pilihan complete scan. Pilihan filter yang tersedia hanya berdarkan extensi data.

Hasil yang ditampilkan akan terstruktur seperti pada windows explorer. Ada bisa mencari data anda pada masing-masing folder, atau untuk mencari data yang sudah terhapus

3. Format Recovery Untuk mengembalikan data pada drive yang terformat. Salah satu keunggulan OnTrack Easy Recovery Pofesional terletak pada fitur ini. Dari pengalaman yang penulis alami, tool ini mampu mengembalikan data pada

hard-disk yang terformat sampai mendekati 100 %. Tentunya hal itu berdasarkan kondisi fisik dari masing-masing hard-disk yang terformat, tetapi dibandingkan dengan beberapa tool recovery lain, tool ini mampu bekerja lebih sempurna. Yang perlu anda lakukan hanya memilih drive yang terformat dan tentukan file system sebelum drive tersebut terformat. Klik next dan tunggu hasilnya. 4. Raw Recovery Fitur ini bekerja dengan menscan semua sector drive yang corrupt menggunakan algoritma pencarian signature file. Fitur ini merupakan usaha terakhir ketika struktur pada drive tersebut benar-benar rusak. Cukup pilih drive, tentukan file type dan klik next. 5. Resume Recovery Ketika anda menggunakan fitur-fitur ini untuk mengembalikan data, akan ada pilihan untuk menyimpan hasil recovery sebagai resume yang bisa digunakan ketika menggunakan fitur-fitur ini lagi. 6. Emergency Diskette Untuk membuat emergency boot diskette yang bisa digunakan untuk mengembalikan data meskipun kita tidak bisa booting ke windows. Cara kerjanya cukup sederhana. Masukkan disket pada floppy disk, pilih emergency diskette dan ikuti perintah selanjutnya dengan menekan next.

File Repair

Access Repair Excel Repair Power Point Repair Word Repair Zip Repair Lima fitur ini memiliki cara kerja yang sama. Tinggal anda pilih jenis data yang mau diperbaiki kemudian pilih lokasi data tersebut berada. Tentukan juga lokasi penempatan data setelah diperbaiki. Klik next dan selesai. Sebagai tambahan fitur-fitur ini tidak bisa berjalan ketika ada aplikasi serupa yang sedang aktif. Jadi misalnya anda mau memperbaiki file word, pastikan semua aplikasi word anda tertutup.

1. 2. 3. 4. 5.

Email Repair

Crisis Center

1. Outlook Repair Memperbaiki file Microsoft outlook yang corrupt. 2. Outlook Express Repair Memperbaiki file Microsoft outlook express yang corrupt. Software Updates

1. Crisis Information Berisi alamat-alamat website yang bisa anda kunjungi untuk informasi dan technical support terkait On-Track Easy Recovery Profesional. 2. Remote Data Recovery Untuk mengembalikan data melalui modem atau internet dengan bantuan engineer dari On-Track Easy Recovery Profesional. 3. In-Lab Data Recovery Untuk mengembalikan data dengan mengirim hard-drive anda ke lab On-Track Easy Recovery Profesional untuk ditangani secara langsung oleh para ahlinya. 4. Exclusive Offers Berisi informasi tentang penawaranpenawaran special oleh On-Track Easy Recovery Profesional melalui website mereka.

1. Product News Untuk mengecek fitur-fitur terbaru yang ditambahkan pada On-Track Easy Recovery Profesinal. Untuk menggunakannya anda memerlukan koneksi internet. 2. Easy Update Untuk mengupdate On-Track Easy Recovery Profesional secara otomatis via internet.

Penulis bernama lengkap Riwayatul Mahya. Saat ini masih aktif kuliah di jurusan Teknik Informatika UIN Malang . Alamat email burtuqolbali@gmail.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->