You are on page 1of 8

FRAKSI LEMAK DARAH ( Kolesterol, Trigliserida, HDL, LDL,VLDL

)
K3LH Lipid yang dikenal sebagai lemak darah terdiri dari kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid, yang terikat dengan protein dalam jumlah yang bervariasi. Lipoprotein-lipoprotein ini diklasifikasikan sebagai kilomikron, lipoprotein berdensitas sangat rendah ( VLDL ), lipoprotein berdensitas rendah (LDL) dan lipoprotein berdensitas tinggi ( HDL ). Apa lipid itu ? Istilah lipid meliputi senyawa-senyawa heterogen, termasuk lemak dan minyak yang umum dikenal dalam makanan, malam, fosfolipid,sterol dan ikatan lain sejenis yang terdapat dalam makanan dan tubuh manusia. Apa lemak itu ? Lemak adalah segolongan senyawa hidrofobik yang sangat penting untuk penyimpanan bahan pembakaran, untuk membentuk struktur membran, pembawa vitamin-vitamin yang larut dalam lemak, sebagai hormon dan sebagai pengemban oligosakarida. Apa fungsi lemak ? Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, sumber asam lemak esensial ( asam linoleat dan linolenat ), alat angkut vitamin larut lemak, penghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai pelumas, untuk memelihara suhu tubuh dan pelindung organ tubuh. Sebagai sumber energi selama ini kita hanya mengenal karbohidrat padahal lemak merupakan energi paling padat yang menghasilkan 9 kkalori,untuk tiap gram atau 2 ½ kali lebih besar dari karbohidrat dengan berat yang sama. Sebagai simpanan lemak, lemak merupakan cadangan energi paling besar. Simpanan ini berasal dari konsumsi berlebihan salah satu atau kombinasi zatzat energi : karbohidrat, lemak dan protein. Lemak tubuh pada umumnya disimpan sebagai berikut,: 50% di jaringan bawah kulit ( subkutan ), 45% di sekeliling organ dalam rongga perut dan 5% di jaringan intramuskuler. Apa itu kolesterol ? Kolesterol ( C27H45OH ) adalah alkohol steroid, semacam lemak ditemukan dalam lemak hewani, minyak, empedu, susu, kuning telur, sebagian besar disintesis oleh hati dan bahan bakunya diperoleh karbohidrat,protein atau lemak. Jumlah yang disintesis bergantung kebutuhan tubuh dan jumlah yang diperoleh dari makanan. yang yang dari pada

Berapa nilai ideal kolesterol dalam darah ? Nilai ideal kolesterol dalam darah untuk dewasa sampai dengan 200 mg/dl ( 200-240 mg/dl masuk dalam risiko sedang, dan lebih dari 240 mg/dl risiko tinggi jantung koroner ), sedangkan untuk bayi 90 -130 mg/dl dan anak 130 – 170 mg /dl. ( lebih dari 185 mg/dl risiko tinggi ) Apa pengaruhnya pada pembuluh darah bila kadar kolesterol tinggi ?

Peningkatan kolesterol dapat menyebabkan ateroskeloris. Apa yang mempengaruhi kadar Trigliserida dalam darah/plasma ? Kadar trigliserida dalam plasma banyak dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat dan kegemukan. vitamin A. stres berat. Urut-urutan perubahan makanan untuk menurunkan kolesterol darah menurut prioritas adalah jumlah lemak. Anak 10 – 135 mg/dl.Keberadaan dalam pembuluh darah pada kadar tinggi akan cenderung membuat endapan/ kristal/ lempengan yang akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah. Apa itu Trigliserida ? Merupakan senyawa yang terdiri dari 3 molekul asam lemak yang teresterisasi menjadi gliserol. disintesis dari karbohidrat dan disimpan dalam bentuk lemak khewani. merupakan penyebab utama penyakit arteri dibanding kolesterol. Sumber utama kolesterol adalah hati. hiperlipoproteinemi dan sindrom nefrotik. fenotiazin. minyak dan lemak mengandung lemak jenuh. Dewasa tua ( >50 tahun ) s/d 190 mg/dl. Faktor makanan apa yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol darah ? Faktor makanan yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol darah dalam hal ini Low Density Lipoprotein/ LDL adalah lemak total.D. pankreatektomi. tergantung jumlah kolesterol yang dimakan dan kemampuan tubuh untuk mengimbanginya dengan mensintesis lebih sedikit. Kolesterol makanan sebetulnya hanya sedikit meningkatkan kolesterol darah. ginjal. . Dengan mengurangi lemak total dalam makanan. jumlah energi total akan ikut berkurang. lemak jenuh dan energi total. Sumber makanan apa saja yang banyak mengandung kolesterol ? Kolesterol hanya terdapat didalam makanan asal khewan. Dalam serum dibawa oleh lipoprotein. Jenis lemak apa yang harus dikurangi ? Jenis lemak yang dikurangi ini hendaknya lemak jenuh. sulfonamid dan fenitoin. lemak jenuh dan kolesterol. kehamilan trimester III. dan bayi 5 -40 mg/dl. Ikan sedikit sekali mengandung kolesterol. Dapat juga disebabkan oleh obat pil KB. dan kuning telur. namun kandungannya berbeda-beda. Apakah mungkin tidak ada asupan kolesterol atau asupan kolesterol tidak berlebih kadar kolesterol dalam darah jadi tinggi ? Hal itu dimungkinkan pada penderita penyakit-penyakit seperti hipotiroidisme. sirosis bilier. epinefrin. susu penuh dan keju serta udang dan kerang. Untuk rinciannya bisa dilihat pada tabel di halaman terakhir. DM. Peningkatan trigliserida biasanya diikuti oleh peningkatan VLDL Berapa nilai normal trigliserida dalam darah ? Nilai normal triglisetida dalam darah untuk dewasa muda s/d 150 mg/dl. Setelah itu daging. Jenis makanan apa saja yang banyak mengandung lemak jenuh ? Hampir semua sumber protein.

dan metformin. asam askorbat/Vitamin C. tapi juga dapat meningkatkan HDL. Down’s sindrom. Apa yang mempengaruhi peningkatan HDL ? Peningkatan HDL dapat dipengaruhi oleh obat aspirin. . kontrasepsi. Partikel ini berdiameter 8-10 mikron. Berbeda dengan obat-obat anti kolesterol/antilipemik/antilipid golongan tertentu selain fungsi utamanya menurunkan LDL. DM tak terkontrol. fosfolipid 30% dan protein 20%. Bila kurang dari 35 mg/dl masuk dalam risiko tinggi penyakit jantung koroner. Berperan Berapa nilai normal HDL dalam darah ? Nilai normal HDL dalam darah untuk Laki-laki lebih dari 55 mg/dl. sedangkan peningkatan kadar trigliserida terjadi juga pada penyakit-penyakit lipoproteinemi. LDL dikenal sebagai lemak/kolesterol yang jahat. kombinasi lemak dan protein.sirosis alkoholik. dan Wanita lebih dari 65 mg/dl. HDL dikenal sebagai lemak/kolesterol yang baik Apa fungsi/tugas HDL itu ? HDL bertugas membawa kolesterol seperti ikan sapu-sapu. mengandung kadar protein 45%. Penurunan kadar trigliserida serum dapat terjadi juga karena kongenital. fenotiazin dan sulfonamide juga penyakit DM. trigliserida 5%. dibentuk baik oleh hati maupun usus. dari jaringan ke hepar/hati. 35-45 mg/dl risiko sedang dan lebih dari 60 mg/dl risiko rendah. Apa fungsi/tugas LDL ? LDL bertugas membawa kolesterol dan fosfolipid ke berbagai jaringan untuk sintesis membran sel Berapa nilai normal LDL dalam darah ? . penyakit hipertiroid dan juga oleh obat-obat seperti . penformin. hipotiroid. hipotiroidisme. hipertensi. fosfolipid 30% dan kolesterol 20%. cortisone. trombosis serebral. sindrom nefrotik. Kadar HDL yang tinggi dihubungkan dengan ketahanan terhadap ateroskelrosis. LDL merupakan lipoprotein Beta yang mempunyai andil utama terjadinya aterosklerosis dan penyakit arteria koronaria. tetapi mengandung kolesterol dan ester kolesterol 40%. Atromid-S (kofribat).Apakah kadar trigliserida dalam plasma hanya dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat dan kegemukan ? Kandungan karbohidrat dan kegemukan tidak selalu mempengaruhi kadar trigliserida. hanya mengandung trigliserida 10%. nefrotik dan eklamsia. Apa itu LDL ( Low Density Lipoprotein ) ? LDL adalah lipoprotein dalam plasma dengan partikel berdiameter 20-25 mikron. dan kehamilan serta obat pil KB terutama estrogen Apa itu HDL ( High Density Lipoprotein ) ? Merupakan salah satu dari tiga komponen lipoprotein.

biji-bijian. daging dan ayam gemuk. namun dikalangan medis yang banyak dipakai dari golongan statin dan fibrat Golongan Statin merupakan first line agent pada umumnya dapat menurunkan LDL 18 -60%. sementara diet akan menurunkan kolesterol total 10 – 30% . LDL. Lebih dari 160 mg/dl masuk dalam risiko tinggi penyakit jantung koroner. dan lemak hewan ( lemak daging dan ayam ). Termasuk lipoprotein beta yang andil besar dalam arteriosklerosis dan Penyakit jantung koroner. fosfolipid 20%. Sedangkan golongan selain Statin ( second line agent ) seperti resin/ sequestran dapat menurunkan LDL 15-30% dan meningkatkan HDL 3-5% . tiap-tiap individu kelainannya berbeda.Nilai normal LDL dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl. . krim. kacang tanah. jagung dsb ). golongan fibrat dapat menurunkan LDL 5-20% dan Trigliserida 20-50% serta meningkatkan HDL 10-35%. ezetimibe. kacang kedelai. VLDL. Trigliserida 7-30%. kolesterol 18% dan protein 7%. serta meningkatan HDL 5-15%. susu. 130-159 mg/dl risiko sedang dan kurang dari 130 mg/dl risiko rendah. Sayur dan buah ( kecuali alpokat ) sangat sedikit mengandung lemak. Apa itu VLDL ? ( Very Low Density Lipoprotein ) VLDL Merupakan lipoprotein plasma dengan partikel berdiameter 30-50 mikron yang mengandung trigliserida 55%. biasanya diberikan obat-obat antilipemik/antikolesterol. golongan nicotinic acid dapat menurunkan LDL 5-25% dan Trigliserida 20-50% serta meningkatkan HDL 15-35%. Lalu apakah perlu obat antilipemik ? Bila hiperlipidemia/hiperkolesterol tidak bisa dikendalikan dengan diet. Apakah kelainan kolesterol tiap-tiap individu berbeda ? Ya. Tabel Hiperlipidemia : Fenotip lipoprotein. HDL atau gabungan diantara lima tersebut yang digolongkan menjadi 5 tipe seperti tabel dibawah ini. Sumber lemak lain adalah kacang-kacangan. Antilipemik apa yang sebaiknya diberikan ? Ada beberapa macam antilipemik/antilipid/antikolesterol di Indonesia. Sumber lemak dan lipida lain terdapat dalam bahan makanan apa saja ? Sumber utama lemak adalah minyak tumbuh-tumbuhan ( minyak kelapa. keju dan kuning telur. mentega. Tergantung fenotipe lipoprotein mana yang harus ditekan/ diturunkan/diobati. Apakah penerapan diet rendah lemak dapat mengembalikan pada keadaan yang normal ? Pada banyak kasus. diet saja tidak akan menurunkan kadar lipid darah. resin. karena 75 – 85% kolesterol serum berasal dari endogeneus. Apa fungsi/tugas VLDL ? Tugas VLDL sebagai transpor trigliserida dari hepar/hati ke jaringan hepatik/hati. asam nikotinat. kelapa sawit. namun perubahan diet harus tetap dijalankan. serta makanan yang dimasak dengan lemak atau minyak. namun dapat dibagi sebagai asam fibrat.Trigliserida. statin. ada yang hanya terjadi peningkatan Kolesterol. margarin.

INOBES. o Dapat menurunkan LDL 5-20% o Dapat meningkatkan HDL 10-35% o Dapat menurunkan Trigliserida 20-50% o Reaksi pemakaian : tidak napsu makan. (GEMFIBROZIL) . LIFEN. MODALIM. LOPID.sakit kepala.Peningkatan kilomikron dan peningkatan Tidak umum trigliserida IIA Peningkatan lipoprotein densitas rendah ( LDL ) dan peningkatan kolesterol IIB Peningkatan lipoprotein sangat rendah (VLDL). susah BAB. FENOFIBRATE. IV. FIBRALIP.NUFALEMZIL. peningkatan kolesterol dan trigliserida III Peningkatan yang cukup dari kolesterol dan Tidak umum trigliserida IV Peningkatan VLDL dan trigliserida sangat Sangat umum meningkat V Peningkatan kilomikron. ZUMAFIB. YOSENOB. CLOFIBRATE. HYPOFIL.CIPOFIBRATE. dan trigliserida Tidak umum Tipe II dan IV sering berkaitan dengan penyakit arteri koroner Jika demikian pemberian obat-obatan anti lipemik harus disesuaikan dengan tipe/golongan kelainan kolesterol/lipoprotein itu ? Ya. o Untuk VLDL dan trigliserida yang tinggi o LDL dapat turun dan HDL meningkat o Untuk hiperlipidemia tipe II (VLDL.LDL). LIPITROP.)* Derivat GEMFIBROZIL Nama Obat/Merk Dagang : (DETRICHOL. Sangat umum meningkatkan LDL. LAPIBROZ.kelelahan. LIPANTHYL. VLDL. TRICHOL. MERSIKOL. LOWLIP.V . myalgia. Obat-obat anti lipemik / antilipid/ antikolesterol harus disesuaikan dengan tipe/golongan yang diidapnya. LIPIRA.gatal/merah pada kulit. FETINOR. mual. TROLIP. nyeri lambung . FELOSMA. LOKOLES.IV. HYPERCHOL. V. Target utama adalah LDL yang dimanage/ dikontrol. vertigo. KLOFIBRAT Nama Obat/Merk Dagang : (EVOTHYL. ( ada baiknya konsultasikan dengan dokter ) TABEL OBAT-OBATAN ANTILIPEMIK/ANTILIPID/ANTIKOLESTEROL Golongan/Nama Obat Pemakaian dan pertimbangan Untuk LDL yang tinggi Dapat menurunkan LDL 15-30% Dapat meningkatkan HDL 3-5% o Reaksi pemakaian : Rasa tidak enak pada saluran cerna. THEOFIBRATE. rasa tidak enak di lambung.D dan K akibat menurunnya absorbsi o Untuk mengurangi reaksi pemakaian biasanya dimulai dengan dosis rendah dan peningkatan bertahap o Untuk VLDL dan trigliserida yang tinggi. kembung dsjnsnya o Dapat mengakibatkan defisiensi vitamin A. kemungkinan disfungsi ereksi o Tidak boleh dipakai sewaktu hamil o Dapat terbentuk batu empedu dalam pemakaian jangka panjang Tip e I Lipid Utama Keterangan Derivat : CHOLESTYRAMIN COLESEVELAM COLESTIPOL Nama Obat/ Merk Dagang : o QUESTRAN * Golongan : RESIN Golongan : FIBRATES Derivat : BEZAFIBRATE. III.PROGEMZAL. hiperlipidemia tipe II (VLDL).ETOFIBRATE.

kecuali tocopheryl & tocotrienols tidak ada laporan reaksi pemberian dari obat tsb. nyeri pada gaster.2 1.4 5.9 6. gatal.4 16.5 10.1 3.5 8.7 21. arthalgia. NORMOVAT. TOCOPHERYL NICOTINATE. sakit kepala. cramps.0 14.6 2.nyeri lambung.RENABRAZIN.NOVALES. ENICO.4 3. TOCOTRIENOLS *) Nama Obat Yang Beredar di Pasaran / Merk Dagang KANDUNGAN ASAM LEMAK DALAM BEBERAPA JENIS MAKANAN Komposisi makanan dalam 100 gram berat bersih Asam lemak jenuh Asam lemak tak jenuh palmitat stearat total Total oleat linolea Laint lain g 1.CRESTOR.PONTIZOC.6 g 0.2 2.0 0.0 11. NICOTINIC ACID Nama Obat/Merk Dagang : ( BIOCHOLES.diare. LACTO B NIASPAN ) * o Untuk VLDL dan LDL yang meningkat Hiperlipidemia tipe II.7 7. o Untuk LDL dan kolesterol yang meningkat dan untuk meningkatkan HDL ( tipe II ) o Dapat menurunkan LDL 18-60% o Dapat meningkatkan HDL 5-15% o Dapat menurunkan Trigliserida 7-30% o Reaksi pemberian : myalgia.6 g 0.7 g 1.2 15.VAZIM.9 0.DETROVEL. Golongan : STATIN Derivat : ATORVASTATIN. diare.SIMCHOL. ROSUVASTATIN. PROBUCOL. LESCOL.5 makanan lema k g 3. III.SIM VASTATIN. KITOLES.VALEMIA. LAIN-LAIN  BENFLOUREX.JUSTIN.8 10.KOLESKOL.9 2.3 g 1.2 6. dan merah-merah pada kulit. ESVAT.0 6.LOF ACOL. SELVIM.5 6. nyeri lambung & kembung. IV & V Dapat menurunkan LDL 5-25% o Dapat meningkatkan HDL 15 35% o Dapat menurunkan Trigliserida 20-50% o Reaksi pemberian : rasa terbakar.SINOVA.8 1. ZILOP)* o Reaksi pemakaian sama dengan golongan fibrat Golongan : ASAM NIKOTINAT Derivat : ACIPIMOX.CHOLESTAT.9 8.MEVALOTIN.ZOCOR.mual.RECHOL.SIMCOR. MERSIVA.5 1.LIPOVAS.2 g 0.4 13. OMEGA-3 FISH OIL.8 3.4 Asi Ayam Daging babi Daging biri-biri Daging sapi .RENDAPID.CHOLESPAR.3 1. Reaksi pemberian pada umumnya sama yaitu gangguan pada saluran cerna. VASTER.LOVATROL.4 g 1.MEVACOL.2 0. FLUVASTATIN.0 2.8 25. sakit kepala.NICERITROL.LIPINORM. CHOLVASTIN. DIALAC.ETHICOL. LOVASTATIN.1 35.NICOMOL.SIMBADO. SCANTIPID.SIMVASTATIN Nama Obat/Merk Dagang : (ATORSAN. ZOVAST )* EZETIMIBE Ezetrol* o Hiperkolesterolemia primer o Diberikan bersama Statin o Dapat menurunkan LDL 15-20% o Reaksi pemberian : sakit kepala.PRAVASTATIN.LOTYN. merah pada kulit.VIDASTAT.LIPITOR. PRAVACHOL.

1 0.0 1.3 1.3 3.8 2.0 14.1 13.7 10.2 0.2 1.2 9.1 26.6 1.0 4.2 3.8 56.8 46.1 1.4 0.0 100.1 12.1 0.7 3.3 37.2 0.8 19.0 3.2 39.6 4.1 1.2 2.7 9.9 2.4 0.1 87.0 7.3 3.0 2.0 8.1 33.2 2.7 1.Ikan makarel Ikan tuna Kacang kedelai Kacang tanah Kelapa ( lembaga ) Lemak babi Mentega Minyak biji kapas Minyak jagung Minyak kc kedelai Minyak kc tanah Minyak kelapa Minyak kelapa sawit Minyak kelapa sawit (lembaga) Minyak sekam/padi Minyak wijen Minyak zaitun Susu sapi Telur ayam 12.1 18.3 40.3 57.7 3.9 47.9 79.4 16. .3 0.5 5.9 13.1 6.9 8.2 14.4 31.1 5.1 24.0 19.0 7.8 0.9 1.0 5.6 1.0 22.8 74.7 35.5 0.6 49.9 5.1 100.5 0.0 100.6 76.0 17.9 9.4 11.0 8.0 40.8 50.4 1.7 15.9 4.5 39.0 100.3 1.5 100.7 37.7 14.7 8.2 1.0 10.5 Sumber : FAO/UN/1977.7 0.3 3.2 2.2 14.7 10.6 22.0 47.7 2.1 0.7 49.0 100. Dietary Fats and Oil.0 80.2 39.6 5.4 4.3 0.4 2.9 20.7 21.6 83.5 9.1 22.2 4.0 100.8 26.9 2.0 80.0 23.0 9.1 71.5 0.5 0.2 1.6 8.0 100.0 100.0 100.9 1.5 15.1 69.3 1.0 1.4 50.9 2.6 80.2 1.4 81.4 42.9 1.2 0.0 1.8 28.5 0.8 2.4 0.0 100.3 0. Rome 1977.7 10.5 11.

2 0 0M g K o le ste ro l tin g g ia ka nm e n g a kib a tka np e n ya kit m e n d a d a k se p e rti H ip e rte n si.09 .S tro ke . S u m b e r: G E N E R A LH O S P IT A L . ke m a tia n . J a n tu n g .W A R N IN G K A N D U N G A NK O L E S T E R O LD A R IP E R10 g rM A K A N A N N o 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 6 2 7 2 8 2 9 3 0 3 1 3 2 3 3 3 4 3 5 3 6 3 7 3 8 N a m aM a ka n a n( 1 0g r) P u tih T e lo rA ya m T e rip a n g( H a iso m) U b u r-U b u r S u su S a p iN o nF a t D a g in gA ya mP ilih a nT a n p aK u lit D a g in gB e b e kP ilih a nT a n p aK u lit Ika nS u n g a iB ia sa D a g in gS a p iP ilih a nT a n p aL e m a k D a g in gK e lin ci D a g in gK a m b in gT a n p aL e m a k Ika nE ko rK u n in g D a g in gA sa p (H a m ) Ig aS a p i D a g in gS a p i B u ru n gD a ra Ika nB a w a l D a g in gS a p iB e rle m a k G a jih S a p i G a jih K a m b in g K e ju S o sis D a g in g K e p itin g U d a n g K e ra n g/ S ip u t B e lu t S a n ta nK e la p a S u su sa p i S u su sa p iC re a m C o kla t/C a ca o M e n te g a/ M a rg a rin J e ro a nS a p i K e ra n gP u tih / R e m is / T ira m T e lo rA ya m J e ro a nK a m b in g C u m i-C u m i K u n in gT e lo rA ya m O ta kS a p i T e lo rB u ru n gP u yu h K o le ste ro l(M g) 0 0 0 0 5 0 5 0 5 5 6 0 6 5 7 0 8 5 9 8 1 0 0 1 0 5 1 1 0 1 2 0 1 2 5 1 3 0 1 3 0 1 4 0 1 5 0 1 5 0 1 6 0 1 6 0 1 8 5 1 8 5 2 5 0 2 8 0 2 9 0 3 0 0 3 8 0 4 5 0 5 0 0 6 1 0 1 1 7 0 2 0 0 0 2 3 0 0 3 6 4 0 K a te g o ri S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S eh at S e ka li-se ka li S e ka li-se ka li S e ka li-se ka li S e ka li-se ka li S e ka li-se ka li S e ka li-se ka li H a ti-h a ti H a ti-h a ti H a ti-h a ti H a ti-h a ti H a ti-h a ti H a ti-h a ti H a ti-h a ti B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a B erb ah ay a P a n ta n g P a n ta n g P a n ta n g P a n ta n g K e te ra n g a n: K o le ste ro lN o rm a ld a la md a ra h: 1 6 0.S IN G A P O R E K3LH/Hiperkes/medjuly.