P. 1
BANK Perbankan

BANK Perbankan

|Views: 3|Likes:

More info:

Published by: Nurulnoe Cacok Hidayati on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

BANK MILIK PEMERINTAH

Bank Negara Indonesia (BNI)

Berdiri sejak tahun 1946, BNI yang dahulu dikenal sebagai Bank Negara Indonesia , merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Kemampuan BNI untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan, sosial budaya serta teknologi dicerminkan melalui penyempurnaan identitas perusahaan yang berkelanjutan dari masa ke masa. Hal ini juga menegaskan dedikasi dan komitmen BNI terhadap perbaikan kualitas kinerja secara terus menerus. Melalui semangat perjuangan yang berakar pada sejarahnya, BNI bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi negeri , serta senantiasa menjadi kebanggaan negara. Pada tanggal 27 Agustus 2009, Bank BNI menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sebagai Bank Penyimpan Margin, Dana Kompensasi dan Dana Jaminan melalui Surat Perjanjian No.14/Per-KBI/VIII/2009 dan No.DIR/051 tanggal 27 Agustus 2009 setelah sebelumnya mendapatkan rekomendasi dari Bank Indonesia pada tanggal 11 Maret 2009 dan persetujuan BAPPEBTI sebagai otoritas tertinggi perdagangan berjangka pada tanggal 9 Juli 2009 No.32/BAPPEBTI/KP/7/2009

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965. Dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948. Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. Pada waktu itu melalui PERPU No. Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural. Dalam ketentuan baru itu. kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Bank Indonesia Urusan Koperasi.. Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan Pemerintah Republik Indonesia. BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim). Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank ini. Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). berdasarkan Peraturan Pemerintah No. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum. Pada tahun 2003. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undangundang No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI. Berdasarkan Undang-Undang No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Setelah berjalan selama satu bulan. keluar Penpres No. sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. yang masih digunakan sampai dengan saat ini . Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No.Sejarah Pada periode setelah kemerdekaan RI. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia.

Bank Mandiri senantiasa mencari peluang bisnis yang saling menguntungkan guna menciptakan sinergi. empat bank pemerintah — yaitu Bank Bumi Daya. PT Bank Mandiri Tbk sebagai Bank terbesar di Indonesia. Bank Sinar Harapan Bali yang bergerak di bidang perbankan mikro dan Mandiri Tunas Finance yang bergerak di bidang multi-finance. dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Bank Mandiri telah berkomitmen untuk memberikan keunggulan layanan perbankan dan untuk menyediakan solusi keuangan yang luas di investasi dan Syariah produk serta bancassurance untuk pribadi dan kita milik perusahaan. Mandiri AXA Financial Service yang bergerak di bidang asuransi. Sampai dengan hari ini. Bank Mandiri juga didukung oleh beberapa perusahaan anak untuk meningkatkan performa unitunit bisnis strategisnya. diantaranya Mandiri Sekuritas yang bergerak di bidang investment banking. usaha kecil dan mikro pelanggan. dan lebih dari 27. sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.305 karyawan yang menyebar di antara cabang-cabang domestik lebih dari 1. diantaranya Corporate Banking.Bank Mandiri Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998.526 dan 7 cabang luar negeri dan kantor perwakilan. Commercial Business Banking. Micro & Retail Banking. Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia. Bank Dagang Negara. membangun aliansi sekaligus memperkuat bisnis pendukungnya melalui perusahaan anak Bank Mandiri. . Pada bulan Juli 1999. Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia — dilebur menjadi Bank Mandiri. Bank Syariah Mandiri yang bergerak di bidang perbankan syariah. Treasury & International Banking serta Consumer Finance. dengan aset yang telah berkembang hingga lebih dari Rp 501 triliun hari ini. komersial.

Tersedianya fasilitas kredit kebaikan (Al-Qardhul Hasan) yang diberikan secara Cuma-Cuma. 70 tahun 1992. Mendorong kegiatan investasi serta menghambat simpanan yang tidak produktif melalui sistem operasi profit and loss sharing.Diterapkannya sistem bagi hasil sebagai pengganti bunga. proteksi asuransi. Pendiri lebih menyukai bentuk lembaga keuangan. Pernyataan ini diperkuat juga oleh Peraturan Pemerintah No. . disamping melakukan kegiatan usaha secara konvensional dapat juga melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah. Lembaga keuangan syariah maupun bank Muamalat. maupun bank Islam (bank Muamalat) merupakan bagian dari manajemen keuangan modern. pengelola bank dan nasabahnya. antara lembaga keuangan dengan bank muamalat memiliki persamaan yaitu sebagai badan usaha yang bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan dan pendanaan maupun investasi. Bank umum menurut UU No. Sedangkan untuk mendirikan sebuah bank. Pada dasarnya lembaga keuangan. sebagai lembaga keuangan Islam dan alternatif pengganti bank-bank konvensional memiliki ciri-ciri keistimewaan sebagai berikut : Adanya kesamaan ikatan emosional yang kuat antara pemegang saham. dan penyediaan sistem pembayaran melalui mekanisme transfer dana. program pensiun. tentang perubahan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) menjadi bank umum. Konsep (build in concept) berorientasi pada kebersamaan. sehingga akan berdampak positif dalam menekan cost push inflation dan persaingan antar bank.BANK MILIK SWASTA Bank Muamalat Bank muamalat atau bank Islam ialah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah Islam sedangkan lembaga keuangan dapat dikatakan sebagai badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk asset keuangan atau tagihan (claim) serta asset non finansial atau asset riil dan memberikan pelayanan jasa dalam bentuk skim tabungan (depositori). bank konvensional. diperlukan capital adequacy ratio (CAR) 8% berdasarkan rasio kecukupan modal perbankan. Jika dilihat dari dua pengertian diatas. 7 Tahun 1992. mungkin hal ini disebabkan karena lapangan maupun orientasi usahanya masih dalam lingkup yang kecil.

Mengembangkan produksi. Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya.Memerangi kemiskinan dengan membina golongan ekonomi lemah dan tertindas. pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi No. serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. 165/PAD/KDK 13. melalui bantuan hibah yang dilakukan bank secara produktif. dulu disebut De Javasche Bank) adalah bank sentral Republik Indonesia. 53/BH/KDK 13. mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. . tepatnya setelah disahkannya UU No. BI mempunyai satu tujuan tunggal.32/1. kebijakan perundang-undangan ini diperkuat oleh Keputusan Menteri Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa. yang kemudian berubah menjadi UU No. keberadaan bank muamalat sudah ada sejak pertengahan tahun 1992. serta izin usaha dari Menteri Keuangan untuk beroperasi dengan prinsip bagi hasil seperti bank perkreditan rakyat (BPR) Syariah Bank International Indonesia (BII) Bank Indonesia (BI. Meratakan pendapatan melalui sistem bagi hasil dan kerugian. yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Sebagai bank sentral. Penerapan sistem bagi hasil yang tidak membebani biaya diluar kemampuan nasabah dan akan terjamin adanya “keterbukaan”. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.2/V/1999. Fungsi dan Usaha Bank Muamalat Di Indonesia.32/1. menggalakkan perdagangan dan memperluas kesempatan kerja melalui kredit pemilikan barang atau peralatan modal dengan pembayaran tangguh dan pembayaran cicilan. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek. 7 Tahun 1992 sebagai dasar hukum. baik yang diberikan kepada bank itu sendiri maupun kepada peminjam. Menciptakan alternatif kehidupan ekonomi yang berkeadilan dalam kehidupan modern.2/XII/1998. 10 Tahun 1998.

Pada 3 tahun berikutnya. Bank Danamon Bank Danamon Indonesia didirikan pada tahun 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Pada tahun 2000.Bank Take Over). Bank ini menjadi bank pertama yang memelopori pertukaran mata uang asing di tahun 1976 dan tercatat sahamnya di bursa sejak tahun 1989. Bank Danamon mengalami restrukturisasi besar-besaran mulai dari bidang manajemen. . Pada tahun 1976 nama bank ini berubah menjadi Bank Danamon Indonesia. Darmin Nasution menjabat posisi sebagai Gubernur BI menggantikan Boediono yang menjadi Wakil Presiden. Pada saat inilah Bank Danamon mulai muncul sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia. Pada tahun 1997. Bank Danamon kembali melebarkan sayapnya dengan menjadi bank utama dalam penggabungan 8 Bank BTO lainnya. organisasi. integritas sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia dan sikap profesional dalam menjalankan tugasnya sebaga salah satu bank terbesar di Indonesia (atau lebih dikenal dengan istilah TRIP). Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. beberapa bank BTO akhirnya digabung menjadi satu dengan Bank Danamon sebagai salah satu bagian dari rencana restrukturisasi BPPN. pemerintah melalui BPPN melakukan rekapitalisasi Bank Danamon sebesar Rp 32 milyar dalam bentuk Surat Hutang Pemerintah (Government Bonds). tanggung jawab kepada masyarakat. sumber daya manusia. Pada tahun 1999. sebagai akibat dari krisis finansial di Asia. Pada tahun yang sama. Untuk periode 2008-2013. Usaha keras yang dilakukan ini akhirnya berbuah hasil dalam membentuk pondasi dan infrastruktur bagi Bank Danamon dalam tujuannya untuk meraih pertumbuhan yang maksimal berdasarkan transparansi kerja.BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Bank Danamon mengalami kesulitan likuiditas dan akhirnya oleh pemerintah ditaruh di bawah pengawasan BPPN atau Badan Penyehatan Perbankan Nasional (dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama IBRA) sebagai Bank yang diambil alih (BTO . anggaran dasar and logo perusahaan. sistem informasi.

Direktur Utamanya saat ini adalah David Martin Fletcher. Pada 2004. Pada awal berdiri.Pada tahun 2003. Bank Danamon yang kemudian dikenal dengan nama Danamon mulai menggerakan masyarakat Indonesia lewat kampanye Untuk Anda. Pemegang Saham saat ini dimiliki konsorsium Standard Chartered Bank dan PT Astra Internasional Tbk. Bank Mega . Bisa. dijual ke Konsorsium PT Astra International Tbk dan Standard Chartered Bank . pada 2004.di bawah kendali Temasek Holdings. Sejak tahun 2008. bank ini dimiliki mayoritas BPPN. Bank Danamon diambil alih mayoritas kepemilikan sahamnya oleh konsorsium Asia Finance Indonesia --. Dengan hadirnya manajemen baru. Bank Permata memiliki Unit Usaha Syariah. maka dicanangkanlah penata ulangan model bisnis dan strategi usaha Bank Danamon dalam usahanya untuk terus melakukan perubahan total dalam disain yang sudah dirancang untuk menjadikan Bank Danamon sebagai salah satu bank nasional terkemuka di Indonesia dan bank pemain utama di kawasan Asia. Danamon meluncurkan program reality Semangat Bisa. Bahkan sejak 2010. Season 1 dari Semangat Bisa ditayangkan oleh Trans 7 serta dipandu oleh Pandji Pragiwaksono dan Season 2 ditayangkan oleh Global TV serta dipandu oleh Soraya Hylmi. Bank Permata Bank Permata merupakan salah satu bank nasional di Indonesia.

selanjutnya pada tahun 1992 berubah nama menjadi PT. Bank Mega dimiliki oleh publik dan berubah namanya menjadi PT. akan lebih mudah dikenal melalui logo perusahaan yang baru tersebut. Bank Mega mencuat sebagai salah satu bank yang tidak terpengaruh oleh krisis dan tumbuh terus tanpa bantuan pemerintah bersama-sama dengan Citibank. Berawal dari sebuah usaha milik keluarga bernama PT. Deutche Bank dan HSBC. Mega Bank dan melakukan relokasi Kantor Pusat ke Jakarta. Mega Bank menjadi PT. Dalam rangka memperkuat struktur permodalan maka pada tahun yang sama PT. Bank Mega melaksanakan Initial Public Offering dan listed di BEJ maupun BES. Bank Mega.Bank Mega (IDX: MEGA) adalah perusahaan Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Dan pada tahun 2000 dilakukan perubahan nama dari PT. Seiring dengan perkembangannya PT. Dengan demikian sebagian saham PT. Bank ini berbasis di Jakarta dan merupakan bagian dari CT Corp. Pada saat krisis ekonomi. Untuk lebih meningkatkan citra PT. Bank Karman yang didirikan pada tahun 1969 dan berkedudukan di Surabaya. Para Global Investindo dan PT. Mega Bank pada tahun 1996 diambil alih oleh PARA GROUP (PT. Mega Bank. . Didirikan pada tahun 1969. Para Rekan Investama). Direktur utamanya saat ini adalah Johannes Bambang Kendarto. Bank Mega Tbk.lalu pindah ke Jakarta dan bernama Mega Bank pada 1992.1996 bank ini diambil Para Group. Slogan dari Bank ini adalah: Mega Tujuan Anda Berawal dari bank keluarga bernama Bank Karman yang berdiri pada 1969 di Surabaya. pada bulan Juni 1997 melakukan perubahan logo dengan tujuan bahwa sebagai lembaga keuangan kepercayaan masyarakat.Lalu melakukan IPO dan perubahan nama serta logo.

Ketiga segmen ini merupakan pilar bisnis Bank Bukopin.Pada 1993 berbadan hukum Perseroan Terbatas. Operasional Bank Bukopin kini didukung oleh lebih dari 280 kantor yang tersebar di 22 provinsi di seluruh Indonesia yang terhubung secara real time on-line. Bank Bukopin pernah jadikan Cherry Belle sebagai bintang iklan [1] Bank Bukopin menfokuskan diri pada segmen UMKMK. . kehandalan teknologi informasi.1989 menjadi Bukopin.2 tahun kemudian normal kembali. kompetensi sumber daya manusia dan praktek tata kelola perusahaan yang baik.Bermula dari Bank berbadan hukum Koperasi yang bernama Bank umum Koperasi Indonesia. Landasan ini memungkinkan Bank Bukopin melangkah maju dan menempatkannya sebagai suatu bank yang kredibel. Bank Bukopin pernah jadikan Cherry Belle sebagai bintang iklan [1] Sekilas Bank Bukopin Bermula dari Bank berbadan hukum Koperasi yang bernama Bank umum Koperasi Indonesia. yang didukung oleh sistem pengelolaan dana yang optimal. saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi bank yang masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari sisi aset.1997 mendapat status Bank Devisa. Bank Bukopin juga telah membangun jaringan micro-banking yang diberi nama “Swamitra”.1999 masuk rekapitalisasi. Seiring dengan terbukanya kesempatan dan peningkatan kemampuan melayani kebutuhan masyarakat yang lebih luas.1989 menjadi Bukopin.Bank Milik Koperasi Bank Bukopin Bank Bukopin (IDX: BBKP) adalah salah satu bank swasta di Indonesia.Pada 1993 berbadan hukum Perseroan Terbatas. dengan pelayanan secara konvensional maupun syariah. Bank Bukopin telah mengembangkan usahanya ke segmen komersial dan konsumer.2 tahun kemudian normal kembali.1997 mendapat status Bank Devisa. Bank Bukopin didirikan pada tanggal 10 Juli 1970.1999 masuk rekapitalisasi.

Keberhasilan membangun kepercayaan tersebut akan mampu membuat Bank Bukopin tetap tumbuh memberi hasil terbaik secara berkelanjutan. Keseluruhan kegiatan dan program yang dilaksanakan pada akhirnya berujung pada sasaran terciptanya citra Bank Bukopin sebagai lembaga perbankan yang terpercaya dengan struktur keuangan yang kokoh. Dengan struktur permodalan yang semakin kokoh sebagai hasil pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) pada bulan Juli 2006. sehat dan efisien.yang kini berjumlah 543 outlet. sebagai wujud program kemitraan dengan koperasi dan lembaga keuangan mikro. Bank Bukopin terus mengembangkan program operasionalnya dengan menerapkan skala prioritas sesuai strategi jangka pendek yang telah disusun dengan matang. produk yang beragam serta mutu pelayanan dengan standar yang tinggi. Penerapan strategi tersebut ditujukan untuk menjamin dipenuhinya layanan perbankan yang komprehensif kepada nasabah melalui jaringan yang terhubung secara nasional maupun internasional. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->