STEP BY STEP MENGINSTALL SISTEM OPERASI LINUX

Linux Mint “Helena”
by Mauren Fitri I.D

Menjalankan Linux Mint
o Masukkan CD Linux Mint ke dalam CDROM/DVDROM anda pada saat boot pertama ketika computer dihidupkan. Pastikan BIOS anda sudah diseting agar bisa 1

Saat boot pertama cd. akan muncul menu Welcome screen Linux Mint yang secara otomatis akan masuk kedalam sistemnya jika dalam 10 detik user tidak menekan tombol enter. 2 .diboot lewat CD. Welcome screen Linux Mint Selamat anda telah sukses menjalankan Linux Mint secara LiveCD.

jika PC anda memiliki RAM 256 MB. penulis merekomendasikan untuk menyediakan space kosong didalam harddisk anda sebesar 6 GB ditambah partisi SWAP memori. buatlah SWAP memori sebesar 512 MB. SWAP memori 2x lebih besar dari main memori atau RAM Personal Computer (PC) anda.Desktop Linux Mint • Menginstall Linux Mint ke dalam Harddisk Anda Untuk menginstall Linux Mint kedalam harddisk anda. 3 . Sebagai contoh.

dimana kita juga dapat memilih bahasa yang akan dipakai dalam proses instalasi. Pilih forward untuk melanjutkan. 4 .• Langkah-langkah Instalasi Linux Mint o Klik icon install pada desktop anda Klik icon ini untuk mengginstal Linux Mint. o Setelah itu akan tampil halaman Welcome Screen.

kemudian lanjutkan dengan mengklik forward.o Pilih kota dan zona waktu dari negara yang anda tempati. dengan mengklik pada map dunia atau bisa juga melalui combo box ”selected city” . Anda dapat memilih kota dan zona waktu tersebut. 5 .

6 . pilih layout sesuai tipe keyboard anda.o Pada keyboard layout.

pilih "specify partition manually (advance)". Memilih opsi ini karena lebih aman karena kalau kita mau membuat dual OS Linux Mint dengan OS lainnya semisal Windows. 7 .o Disini adalah tahap pembuatan partisi.

o Jika hardisk Anda masih kosong. ikuti langkah berikut. Langkah membuat partisi root: klik pada free space -> klik New Partition Table o 8 . Namun apabila hardisk Anda sudah ada isinya maka siapkan dulu free space untuk root dan swap linux Mint.

9 . dan masukkan tanda / (Root) pada combo box Mount Point. pilih filesystem Ext4 Journaling file system.o Pada combo box Use as. kemudian berilah tanda checkbox pada menu Format the partition.

10 . Lanjutkan saja dengan memilih forward.o Untuk partisi yang satunya tidak perlu diedit. karena sudah langsung terdekteksi sebagai partisi SWAP.

o Setelah kita membuat partisi untuk root dan swap. maka hasilnya seperti gambar diatas. 11 .

Seperti yang terlihat pada contoh dalam gambar diatas. 12 .o Selanjutnya masukkan nama. username dan password anda.

favorites dan beberapa informasi lainnya. Dan mengkorfirmasikan apakah anda ingin migrasikan beberapa informasi pribadi dari sistem operasi lain tersebut. Setelah anda selesai pilih forward. 13 . Informasi tersebut mencakup bookmarks.o Sistem instalasi akan mendeteksi sistem operasi lain yang ada di komputer anda. contacts.

Jika anda yakin semuanya sudah benar lanjutkan dengan memilih tombol install.o Linux Mint telah siap diinstall. pastikan semua setingannya sudah benar seperti langkah-langkah yang sudah dibahas di atas. Persiapan Install 14 .

Restarlah komputer dengan memilih tombol ”Restar now”. 15 . akan tampil box konfirmasi yang menyatakan bahwa instalasi sudah selesai.Proses install o Setelah proses instalasi selesai.

maka Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Loginlah menggunakan username dan password yang telah anda buat pada saat mengginstal Linux Mint.o Setelah proses instalasi selesai. 16 .

17 . anda akan disuguhi screen selamat datang pada linux mint.o Pertama kali anda login kedalam sistem Linux Mint.

id Untuk kritik.o Selamat! Anda telah sukses menggistal Linux Mint Helena kedalam sistem komputer anda.linuxmint.mazumam.web. Kini anda sudah memiliki dua sistem operasi dalam satu harddisk silakan eksplorasi lebih lanjut.doscom.com 18 . Referensi http://www.org http://maurenfitri. e-mail Blog : mauren@doscom.org : http://mauren.com http://www. saran dan masukkan bisa dialamatkan ke e-mail atau blog penulis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful