You are on page 1of 1

Perbedaan Eritema Multiforme, Steven-Johnson Syndrome, dan Toxic Epidermal Necrolysis

Penyebab Eritema Multiforme Belum pasti diketahui. Faktor-faktor penyebabnya selain alergi terhadap obat sistemik, ialah peradangan oleh bakteri dan virus tertentu, rangsangan fisik, misalnya sinar matahari, hawa dingin, dan penyakit keganasan <10 % Steven-Johnson Syndrome (SJS) Penyebab utamanya adalah alergi obat (>50%) sebagian kecil karena infeksi, vaksinasi, penyakit graft-versus-host, neoplasma, dan radiasi Toxic Epidermal Necrolysis (TEN) Penyebabnya sama dengan Steven- Johnson Syndrome (paling banyak disebabkan oleh obat)

Luas permukaan tubuh Bagian yang terkena Gambaran khas

< 10 %

>30%

Kulit dan kadang-kadang selaput lendir

Trias kelainan; kulit, selaput lendir di orifisium, dan mata (paling sering mukosa mulut dan genital, jarang pada hidung dan anus) Berbentuk iris (target lesion) yang terdiri dari 3 Bervariasi; eritema, vesikel/bula, dapat bagian, yaitu bagian tengah berupa vesikel disertai purpura. Vesikel dan bula kemudian atau eritema yang keungu-unguan, dikelilingi pecah sehingga menjadi erosi yang luas. Dapat oleh lingkaran konsentris yang pucat dan juga disertai nefritis dan onikolisis. kemudian lingkaran merah.

Mengenai kulit hampir seliruh tubuh, dapat mengenai selaput lendir orifisium dan mata Epidermolisis generalisata, dapat disertai kelainan pada selaput lendir dan mata. Adanya nikolskiy sign (jika kulit ditekan dan digeser, maka kulit akan terkelupas)

Komplikasi

Jarang

Komplikasi tersering ialah bronkopneumonia. Komplikasi lain kehilangan cairan/darah, gangguan keseimbangan dan elektrolit, dan syok

Komplikasi pada ginjal berupa nekrosis tubular akut dan glomerulonefritis. Komplikasi lain sama dengan SJS