AKHLAQ DALAM KELUARGA

  

Birrul walidain Tanggung jawab orang tua kpd anak Silaturrahiem dengan karib kerabat

menjaga dan memelihara diri kita. kali ini kita akan memundurkan waktu sejenak dan melihat apa yang terjadi pada diri kita tatkala kita berada di dalam rahim ibunda kita. Sungguh Engkau-lah Tuhan kami Yang Maha Pengasih. Kasih Sayang-Nya meliputi seluruh alam semesta. Sungguh begitu Agungnya Sang Ilahi membentuk. .Renungan Untuk Kita Para sahabat yang aku cintai.

Prosesnya dijelaskan secara bertahap dimulai dari minggu ke 8.Sahabatku. foto-foto di bawah ini memperlihatkan proses apa saja yang terjadi pada sang janin hingga pada akhirnya ia menjadi seorang manusia. . Mari Sahabatku kita mulai perjalanan ini.

” (QS 3:6)  “Kemudian kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (Al-Muk’minun 23:12)  .  Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.Dalilnya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”  “Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya.

APAKAH KAMU TIDAK MENGETAHUI….DAN TERHADAP DIRIMU SENDIRI.? .

DARI APA ENGKAU DICIPTAKAN….? .

.ENGKAU DICIPTAKAN DARI SETETES AIR YG HINA….

. .ENGKAU DICIPTAKAN DARI SARI PATI DARI TANAH….

.

.

hal ini dijelaskan dalam AlQuran surat Al-Isra’ ayat 23 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaikbaiknya. ……….Birrul walidain Pengertian Birrul Walidain : berbuat kebajikan kepada orang tua.” .

Kedudukan Al-Birru Walidain Menempati kedudukan yang istimewa dalam islam dgn alasan: 1. 2. Allah menempatkan perintah ihsan kepada Orang tua setelah perintah larangan mempersekutukan Allah. Allah Mewasiatkan kpd umat manusia untuk berbuat ihsan kpd Ibu Bapak: .

Rasullah saw mengaitkan keridhaan dan kemarahan Allah SWT dgn keridhan dan kemarahan orang tua . Rasullah saw meletakan durhaka kpd dua orang tua sbg dosa besar no 2 setelah syirik 6. 5. Rasullah meletakan birrul walidain sebagai amalan nomor 2 terbaik sesudah tepat pada waktunya. Allah SWT meletakan perintah berterimakasi kpd Ibu Bapak langsung sesudah perintah berterimaksi kepada Allah SWT 4.3.

3. Menghormati dan memuliakan orang tua dengan sepenuh rasa terimakasi dan sayang atas jasa-jasa keduannya yang tidak mungkin bisa dinilai dengan apapun. Mengikuti keinginan orang tua dlm berbagai aspek kehidupan. pekerjaan. rahmat dan lain . baik masalah pendidikan. jodoh maupun maslah lainnya selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam.Bentuk-bentuk Birrul Walidain 1. Mendoakan ibu bapak semaga diberi Allah SWT keampunan. 2. Membantu Orang tua secara fisik dan materiil 4.

Setelah orang tua meninggal dunia. mendoakannya . Melaksanakan wasiatnya 4. Melunasi hutang-hutangnnya 3. birrul walidain masih bisa diteruskan dengan cara antara lain: 1. 2. Meneruskan silaturrahim yang dibinanya di waktu hidup 5. Memuliakan sahabat-sahabatnya dan 6.5. menyelenggarakan jenazahnya dgn sebaik – baiknya.

.Uququl Walidain Pengetiannya adalah mendurhakai kedua orang tua. Durhaka kepada kedua orang tua adalah dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah SWT. sehingga azabnya disegerakan Allah di dunia. Berdasarkan Hadits Nabi Durhaka kepadab Orang Tua adalah termasuk dosa besar.

Seseorang muslim tidak menggantungkan diri sepenuhnya . tetapi jangan bertawakal kepada ikhtiar .TAWAKAL Tawakal diartikan membebaskan hati dari segala ketergantungan kepada selain Allah dan menyerahkan keputusan segala sesuatunya kepada Allah. Firman Allah dalam surat Almaidah ayat 23 dan At-Thaghabun ayat 13 Tawakal harus diawali dg kerja keras dan usaha yg maksimal atau ikhtiar .

SYUKUR Adalah memuji si pemberi nikmat atas kebaikan yang telah dilakukannya. Mengakui nikmat dalam batin 2. sangat bermanfaat sekali untuk mendapatkan ketenangan batin. Membicarakannya secara lahir 3.Hikmah Tawakal. Syukur hamba berkisar pada 3 macam yaitu : 1. Menjadikannya sebagai sarana untuk taat kepada Allah .

melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib. . atau kesadaran seseorang muslim bahwa dia selalu dalam pengawansan Allah SWT 059. menanti dan mengamati.MURAQABAH Muraqabah diartikan menjaga. mengawal. dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula). dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering. tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful