You are on page 1of 2

Tumbuhan ini merupakan tanaman menahun, berambut halus, tegak, tinggi mencapai 1 m, berbau tajam, menyenangi tanah yang

cukup lembab dan kaya humus, tumbuh liar di hutan dan ladang, jenis yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat; Artemisia argyi Levl. Et. Vant. Nama daerah Sumatera :barucina, sudamala. Jawa :beungharkucicing, jukutlokot mala (Sunda), suketgajahan (Jawa), broboskebo (Surabaya). Jakarta :daunmanis, cam cao. Maluku :kolo, goro-goro (Ternate). Namaasing Hia, ai ye (C), ngaicuru, nhangai (T), mugwort, felon herb, moxa, wormwood, St. Johns plant (I). Nama simplisia Artemisiae vulgaris Folium (daun barucina) Uraian Tumbuhan Baru Cina Regnum: Plantae

Division: Angiosperms Tumbuhan asal cina ini berambut halus dan berbau tajam, menyenangi Eudicots tanah yang cukup lembap dan kaya humus . Dapat ditemukan tumbuh (unranked): Asterids liar di hutan dan di ladang sampai 3.000 m dpl. Artemisia adalah jenis Class: barucina yang ditanam di pekarangan sebagai tumbuhan obat. Semak, Order: Asterales menahun, setengah berkayu, percabangan banyak, beralur dan Family: Asteraceae berambut, tumbuh tegak, tinggi mencapai 1 m. Daun tunggal, Artemisia berbentuk bulat telur dengan tepi berbagi menjari, ujung meruncing, Genus: A. vulgaris kedua permukaan berambut halus, warna permukaan atas hijau, Species: bawahnya hijau keputihan, duduk berseling, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm. bunga majemuk dalam bonggol, kecil-kecil, warnanya kuningmuda, tersusun dalam rangkaian berbentuk malai yang tumbuh merunduk, keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai. Buah kotak, bentuk jarum, kecil, cokelat . Biji kecil , cokelat. Barucina merupakan salah satu tumbuhan obat yang berkhasiat untuk pengobatan penyakit pada perempuan. Sering dimasak dengan daging berlemak sebagai sayuran. Seperti daun adas, barucina merupakan satu dari 9 tumbuhan obat sacral di Anglo Saxon. Perbanyakan dengan setek atau biji. KLASIFIKASI :Barucina disebut Artemisia vulgaris L. yang termasuk ke dalam family Compositae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jukut lokatmala, suket gajahan atau daunsudamala. SIFAT KIMIAWI :Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l: Minyak menguap, alpha amirin, fenenol,dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene,1quebrachitol. Akar dan batang mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogialkohol, ridentin.

Ensiklopedia Tanaman Obat

Page 23

EFEK FARMAKOLOGIS :Tumbuhan ini bersifat: rasa dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, mengatur menstruasi. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat.Herba ini masuk meridian ginjal, parudan limpa. PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalamans ecara turun temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit penyakit sebagai berikut : 1. Badan lemas sehabis melahirkan.Pohon barucina 4 pohon, rebus dalam 6 gelas air sampai tersisa 2 gelas . Diminum sehari 2 kali 1 gelas sebelum makan. 2. Lemah syahwat. Biji barucina 15 45 gr digiling halus, makan. 3. Ayan (epilepsi). Segenggam akar Artemisia tambah 1 ibu jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi dua gelas. Sehari 2 kali 1 gelas. 4. Sakit tenggorokan. Herba segar ditumbuk, peras, minum airnya. 5. Disentri . Barucina tambah jahe segar,direbus sampai kental, minum 3x. 6. Menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada saat menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur. Tanaman 10 30 gr, rebus, minum. 7. Mencegah keguguran, pergerakan janin berlebihan. Tanaman 10 30 gr, rebus, minum 8. Mempermudah persalinan, susah punya anak.Tanaman10 30 gr, rebus, minum. 9. Muntah darah (haematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectalhaemorrhagia) PERHATIAN :Bagi yang tidak cocok, minum rebusan Artemisia argyi mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak di lambung, mual, muntah, mencret, danpusing. Gejala ini dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak daun Artemisia argyi.

Nama Kelas No

: Muhammad Ilyas Arradya :X8 : 12

Ensiklopedia Tanaman Obat

Page 24