TURBIN GAS

Gas-turbine engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya. Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas. Prinsip Kerja Sistem Turbin Gas (Gas-Turbine Engine)

Udara masuk kedalam kompresor melalui saluran masuk udara (inlet). Kompresor berfungsi untuk menghisap dan menaikkan tekanan udara tersebut, sehingga temperatur udara juga meningkat. Kemudian udara bertekanan ini masuk kedalam ruang bakar. Di dalam ruang bakar dilakukan proses pembakaran dengan cara mencampurkan udara bertekanan dan bahan bakar. Proses pembakaran tersebut berlangsung dalam keadaan tekanan konstan sehingga dapat dikatakan ruang bakar hanya untuk menaikkan temperatur. Gas hasil pembakaran tersebut dialirkan ke turbin gas melalui suatu nozel yang berfungsi untuk mengarahkan aliran tersebut ke sudu-sudu turbin. Daya yang dihasilkan oleh turbin gas tersebut digunakan untuk memutar kompresornya sendiri dan memutar beban lainnya seperti generator listrik, dll. Setelah melewati turbin ini gas tersebut akan dibuang keluar melalui saluran buang (exhaust). Secara umum proses yang terjadi pada suatu sistem turbin gas adalah sebagai berikut:

1. Pemampatan (compression) udara di hisap dan dimampatkan 2. Pembakaran (combustion) bahan bakar dicampurkan ke dalam ruang bakar dengan udara kemudian di bakar. 3. Pemuaian (expansion) gas hasil pembakaran memuai dan mengalir ke luar melalui nozel (nozzle).

4. Pembuangan gas (exhaust) gas hasil pembakaran dikeluarkan lewat saluran pembuangan. Pada kenyataannya, tidak ada proses yang selalu ideal, tetap terjadi kerugiankerugian yang dapat menyebabkan turunnya daya yang dihasilkan oleh turbin gas dan berakibat pada menurunnya performa turbin gas itu sendiri. Kerugian-kerugian tersebut dapat terjadi pada ketiga komponen sistem turbin gas. Sebab-sebab terjadinya kerugian antara lain:
• • • •

Adanya gesekan fluida yang menyebabkan terjadinya kerugian tekanan (pressure losses) di ruang bakar. Adanya kerja yang berlebih waktu proses kompresi yang menyebabkan terjadinya gesekan antara bantalan turbin dengan angin. Berubahnya nilai Cp dari fluida kerja akibat terjadinya perubahan temperatur dan perubahan komposisi kimia dari fluida kerja. Adanya mechanical loss, dsb.

Klasifikasi Turbin Gas Turbin gas dapat dibedakan berdasarkan siklusnya, kontruksi poros dan lainnya. Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari:
• •

Turbin gas siklus tertutup (Close cycle) Turbin gas siklus terbuka (Open cycle)

Perbedaan dari kedua tipe ini adalah berdasarkan siklus fluida kerja. Pada turbin gas siklus terbuka, akhir ekspansi fluida kerjanya langsung dibuang ke udara atmosfir, sedangkan untuk siklus tertutup akhir ekspansi fluida kerjanya didinginkan untuk kembali ke dalam proses awal. Dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu : 1. Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft) Turbin jenis ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri. 2. Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft) Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses. Siklus-Siklus Turbin Gas Tiga siklus turbin gas yang dikenal secara umum yaitu: 1. Siklus Ericson Merupakan siklus mesin kalor yang dapat balik (reversible) yang terdiri dari dua proses isotermis dapat balik (reversible isotermic) dan dua proses isobarik dapat balik (reversible isobaric). Proses perpindahan panas pada proses isobarik berlangsung di dalam komponen siklus internal (regenerator), dimana effisiensi termalnya adalah : hth = 1 – T1/Th, dimana T1 = temperatur

kayu atau minyak. Pada siklus Bryton tiap-tiap keadaan proses dapat dianalisa secara berikut: Proses 1 ke 2 (kompresi isentropik). pembuangan panas pada tekanan konstan ke udara. Kerja yang dibutuhkan oleh kompresor: Wc = ma (h2 – h1). kompresornya digerakkan oleh turbin dengan perantaraan rantai roda gigi. Jumlah kalor yang dilepas: QR = (ma + mf) (h4 – h1) Perkembangan Gas Turbin Disain pertama turbin gas dibuat oleh John Wilkins seorang Inggris pada tahun 1791. Daya yang dibutuhkan turbin: WT = (ma + mf) (h3 – h4). Proses 3 ke 4. Tetapi usaha tersebut dihentikan karena terbentur pada masalah konstruksi ruang bakar dan tekanan gas pembakaran yang berubah sesuai beban. Pada tahun 1872. Holzworth. Stolze merancang sistem turbin gas yang menggunakan kompresor aksial bertingkat ganda yang digerakkan langsung oleh turbin reaksi tingkat ganda. dibuat suatu sistem turbin gas yang mencoba menggunakan proses pembakaran pada volume konstan. yang terdiri dari dua proses isotermis dapat balik (isotermal reversible) dengan volume tetap (isokhorik). Siklus Stirling Merupakan siklus mesin kalor dapat balik. sesuai dengan konsepsi H. Siklus Brayton ini terdiri dari proses kompresi isentropik yang diakhiri dengan proses pelepasan panas pada tekanan konstan. Proses 2 ke 3. sehingga saat ini siklus ini yang sangat populer digunakan oleh pembuat mesin turbine atau manufacturer dalam analisa untuk performance upgrading. “Societe des . Tahun 1904. Sistem tersebut bekerja dengan gas hasil pembakaran batu bara. pemasukan bahan bakar pada tekanan konstan.buang dan Th = temperatur panas. Jumlah kalor yang dihasilkan: Qa = (ma + mf) (h3 – h2). 2. Proses 4 ke 1. ekspansi isentropik didalam turbin. Tahun 1908. Siklus Brayton Siklus ini merupakan siklus daya termodinamika ideal untuk turbin gas. F. Efisiensi termalnya sama dengan efisiensi termal pada siklus Ericson. 3. Dr.

Compressor Section. dan beberapa komponen pendukung lainnya. merupakan penyaringan udara awal yang dipasang pada inlet house. Main Filter. pada tahun 1935 sistem turbin gas mengalami perkembangan yang pesat dimana diperoleh efisiensi sebesar kurang lebih 15%. Selanjutnya. berfungsi untuk mengkompresikan udara yang berasal dari inlet air section hingga bertekanan tinggi sehingga pada saat terjadi pembakaran dapat menghasilkan gas panas berkecepatan tinggi yang dapat menimbulkan daya output turbin yang besar. udara yang telah melewati penyaring ini masuk ke dalam kompresor aksial. Bagian ini terdiri dari: 1. Inertia Separator. Inlet Bellmouth. Pre-Filter. Sedangkan komponen pendukung turbin gas adalah starting equipment. merupakan blade yang berfungsi sebagai pengatur jumlah udara yang masuk agar sesuai dengan yang diperlukan 2. cooling system. 2. merupakan penyaring utama yang terdapat pada bagian dalam inlet house. berfungsi untuk membersihkan debu-debu atau partikel yang terbawa bersama udara masuk. compressor section. combustion section. Air Inlet Section. berfungsi untuk membagi udara agar merata pada saat memasuki ruang kompresor. turbine section. Pesawat pancar gas yang pertama diselesaikan oleh “British Thomson Houston Co” pada tahun 1937 sesuai dengan konsepsi Frank Whittle (tahun 1930). 3. Komponen utama pada bagian ini adalah aksial flow compressor. Berikut ini penjelasan tentang komponen utama turbin gas: 1. merupakan tempat udara masuk dimana didalamnya terdapat peralatan pembersih udara. dan exhaust section. Aksial flow compressor terdiri dari dua bagian yaitu: . Air Inlet Housing. Temperatur gas pembakaran yang masuk sekitar 450 C dengan tekanan 45 atm dan kompresornya langsung digerakkan oleh turbin. Berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang terbawa dalam udara sebelum masuk ke kompresor. lube-oil system.Turbomoteurs” di Paris membuat suatu sistem turbin gas yang konstruksinya berdasarkan disain Armengaud dan Lemate yang menggunakan bahan bakar cair. Komponen Turbin Gas Turbin gas tersusun atas komponen-komponen utama seperti air inlet section. Inlet Guide Vane. 5. 6. 4.

4. berfungsi untuk memercikkan bunga api ke dalam combustion chamber sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat terbakar. Fungsi dari keseluruhan sistem adalah untuk mensuplai energi panas ke siklus turbin. 5. 3. Ignitors (Spark Plug). 7. Compressor Stator. Merupakan bagian dari casing gas turbin yang terdiri dari: 1. berfungsi sebagai tempat masuknya bahan bakar ke dalam combustion liner. berfungsi untuk meratakan nyala api pada semua combustion chamber. 4. 2. Discharge Casing. merupakan alat yang dipasang untuk mendeteksi proses pembakaran terjadi. Forward Compressor Casing. Combustion Chamber. Fuel Nozzle. berfungsi untuk mengarahkan dan membentuk aliran gas panas agar sesuai dengan ukuran nozzle dan sudu-sudu turbin gas. tie bolt dan sudu-sudu yang disusun kosentris di sekeliling sumbu rotor.1. merupakan bagian dari casing yang mengarahkan udara masuk ke inlet bellmouth dan selanjutnya masuk ke inlet guide vane. bagian casing yang didalamnya terdapat empat stage kompresor blade. Merupakan bagian dari kompresor aksial yang berputar pada porosnya. . 2. Pada bagian ini terjadi proses pembakaran antara bahan bakar dengan fluida kerja yang berupa udara bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. merupakan bagian casing yang berfungsi sebagai tempat keluarnya udara yang telah dikompresi. Compressor Rotor Assembly. Combustion Liners. Rotor ini memiliki 17 tingkat sudu yang mengompresikan aliran udara secara aksial dari 1 atm menjadi 17 kalinya sehingga diperoleh udara yang bertekanan tinggi. berfungsi sebagai tempat terjadinya pencampuran antara udara yang telah dikompresi dengan bahan bakar yang masuk. Aft Casing. Flame Detector. stubshaft. 6. Combustion Section. bagian casing yang didalamnya terdapat compressor blade tingkat 5-10. Sistem pembakaran ini terdiri dari komponen-komponen berikut yang jumlahnya bervariasi tergantung besar frame dan penggunaan turbin gas. Hasil pembakaran ini berupa energi panas yang diubah menjadi energi kinetik dengan mengarahkan udara panas tersebut ke transition pieces yang juga berfungsi sebagai nozzle. 3. Komponenkomponen itu adalah : 1. 2. terdapat didalam combustion chamber yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya pembakaran. Cross Fire Tubes. 3. Transition Fieces. Inlet Casing. Bagian ini tersusun dari wheels.

5. menghubungkan accessory gear dengan HP turbin rotor. Exhaust section terdiri dari beberapa bagian yaitu : (1) Exhaust Frame Assembly. Jaw Cluth. Pada exhaust area terdapat 18 buah termokopel yaitu. Komponen-komponen pada turbin section adalah sebagai berikut : 1. 4X02 dan 4X03) Gas Expansion Turbine (Starting Turbine) 2. Dari daya total yang dihasilkan kira-kira 60 % digunakan untuk memutar kompresornya sendiri. Turbin Section. Starting Equipment. Berfungsi untuk memindahkan daya dan putaran dari poros yang bergerak ke poros yang akan digerakkan. Turbin section merupakan tempat terjadinya konversi energi kinetik menjadi energi mekanik yang digunakan sebagai penggerak compresor aksial dan perlengkapan lainnya. berfungsi untuk mengatur aliran gas panas ke second stage turbine wheel. yaitu: 1. (PG-9001C/H dan KGT 4X01. (PG –9001A/B) Induction Motor. Exhaust section adalah bagian akhir turbin gas yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas panas sisa yang keluar dari turbin gas. Turbin Rotor Case 2. Accessory Gear Coupling. 3. Second Stage Nozzle dan Diafragma. Second Stage Turbine. sebelum dibuang ke atmosfir gas panas sisa tersebut diukur dengan exhaust thermocouple dimana hasil pengukuran ini digunakan juga untuk data pengontrolan temperatur dan proteksi temperatur trip. dan (2)Exhaust gas keluar dari turbin gas melalui exhaust diffuser pada exhaust frame assembly. 2. Ada tiga jenis coupling yang digunakan. berfungsi untuk mengkonversikan energi kinetik dari aliran udara yang berkecepatan tinggi menjadi energi mekanik berupa putaran rotor. dan sisanya digunakan untuk kerja yang dibutuhkan. 4. First Stage Turbine Wheel. Coupling dan Accessory Gear. Jenis-jenis starting equipment yang digunakan di unit-unit turbin gas pada umumnya adalah : • • • Diesel Engine. sedangkan diafragma berfungsi untuk memisahkan kedua turbin wheel. First Stage Nozzle. Adapun beberapa komponen penunjang dalam sistem turbin gas adalah sebagai berikut: 1. . berfungsi untuk memanfaatkan energi kinetik yang masih cukup besar dari first stage turbine untuk menghasilkan kecepatan putar rotor yang lebih besar.4. menghubungkan starting turbine dengan accessory gear dan HP turbin rotor. yang berfungsi untuk mengarahkan gas panas ke first stage turbine wheel. Berfungsi untuk melakukan start up sebelum turbin bekerja. lalu mengalir ke exhaust plenum dan kemudian didifusikan dan dibuang ke atmosfir melalui exhaust stack. 5. 12 buah untuk temperatur kontrol dan 6 buah untuk temperatur trip. Exhaust Section.

Untuk mendapatkan kondisi tersebut diatas maka sistem ini dilengkapi dengan knock out drum yang berfungsi untuk memisahkan cairan-cairan yang masih terdapat pada fuel gas. merupakan pompa lube oil yang digerakkan oleh tenaga listrik. Emergency Lube Oil Pump.3. menghubungkan LP turbin rotor dengan kompressor beban. Temperatur Regulation Valve 5. merupakan pompa yang beroperasi jika kedua pompa diatas tidak mampu menyediakan lube oil. yaitu: • • • Main Lube Oil Pump. Lube Oil Cooler 3. Off base Water Cooling Unit 2. Udara dipakai untuk mendinginkan berbagai komponen pada section dan bearing. 3. Lube Oil System. beroperasi apabila tekanan dari main pump turun. Auxilary Lube Oil Pump. Load Coupling. Fuel gas yang digunakan sebagai bahan bakar harus bebas dari cairan kondensat dan partikel-partikel padat. Fuel System. Sistem pendingin yang digunakan pada turbin gas adalah air dan udara. Lube oil disirkulasikan pada bagian-bagian utama turbin gas dan trush bearing juga untuk accessory gear dan yang lainnya. merupakan pompa utama yang digerakkan oleh HP shaft pada gear box yang mengatur tekanan discharge lube oil. Cooling System. Komponen-komponen utama dari cooling system adalah: 1. Main Cooling Water Pump 4. 5. Lube oil system berfungsi untuk melakukan pelumasan secara kontinu pada setiap komponen sistem turbin gas. Auxilary Water Pump 6. Lube oil system terdiri dari: • • • • • • • Oil Tank (Lube Oil Reservoir) Oil Quantity Pompa Filter System Valving System Piping System Instrumen untuk oil Pada turbin gas terdapat tiga buah pompa yang digunakan untuk mensuplai lube oil guna keperluan lubrikasi. 4. Bahan bakar yang digunakan berasal dari fuel gas system dengan tekanan sekitar 15 kg/cm2. Low Cooling Water Pressure Swich Maintenance Turbin Gas .

karena operasional turbine gas sangat tergantung dari kondisi daerah operasional. Sejak awal abad 18 kincir air banyak dimanfaatkan . dan mengukur peralatan-peralatan yang beroperasi dengan menentukan perubahan yang terjadi pada bagian utama. Corrective Maintenance. dan juga akibat langkah pengoperasian yang salah. 3. diantaranya adalah: 1. Modification Maintenance. karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir). Shut Down Maintenance. Kerusakan yang timbul biasanya terjadi karena keausan dan ketuaan akibat pengoperasian yang terus-menerus. Pekerjaan yang berhubungan dengan disain suatu peralatan atau unit. Kegiatan perawatan yang dilakukan terhadap peralatan yang sengaja dihentikan pengoperasiannya. 4. Suatu kegiatan perawatan yang direncanakan baik itu secara rutin maupun periodik. Kegiatan monitor. • 2. Predictive Maintenance. Semua pabrik pembuat turbine gas telah menetapkan suatu ketetapan yang aman dalam pengoperasian sehingga turbine selalu dalambatas kondisi aman dan tepat waktu untuk melakukan maintenance. Suatu kegiatan perawatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk memperbaiki equipment yang rusak saja dalam satu unit. Turning Around Maintenance. atau disebut juga peralatan-peralatan yang tidak mengganggu jalannya operasi. 6. Modifikasi bertujuan menambah kehandalan peralatan atau menambah tingkat produksi dan kualitas pekerjaan. serta menambahkan komponen-komponen yang sesuai dan juga menambahkan material-material yang cocok. Preventive maintenance dibagi menjadi: • Running Maintenance. Kegiatan perawatan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan atau kelainan pada peralatan sehingga tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Unit produksi tetap melakukan kegiatan. Perawatan yang dilakukan dengan memperbaiki perubahan kecil yang terjadi dalam disain.Maintenance adalah perawatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan terlalu cepat terhadap semua peralatan di pabrik. Perawatan terhadap peralatan yang sengaja dihentikan pengoperasiannya. 5. karena apabila perawatan dilakukan tepat pada waktunya akan mengurangi down time dari peralatan. Preventive Maintenance. Maintenance pada turbine gas selalu tergantung dari faktor-faktor perasional dengan kondisi yang berbeda disetiap wilayah. 7. Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik. Tenaga air (Hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air atau turbin air yang memanfaatkan adanya suatu air terjun atau aliran air di sungai. menguji. Perawatan yang dilakukan terhadap peralatan yang tidak kritis. apakah peralatan tersebut berjalan dengan normal atau tidak. Repair Maintenance. baik yang sedang beroperasi maupun yang berfungsi sebagai suku cadang. Break Down Maintenance. TURBIN AIR Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat. Secara umum maintenance dapat dibagi dalam beberapa bagian.

Melalui Trafo Utama (Main Transformer). aliran air memasuki Rumah Keong (Spiral Case). penggergajian kayu dan mesin tekstil. 2. Setelah Katup Utama dibuka. Berdasarkan prinsip kerja turbin dalam mengubah energi potensial air menjadi energi mekanis. Airnya ditampung dalam waduk yang kemudian dialirkan melaui Pintu Pengambilan Air (Intake Gate) yang selanjutnya masuk ke dalam Terowongan Tekan (Headrace Tunnel). Sebelum memasuki Pipa Pesat (Penstock). turbin air dibedakan menjadi dua kelompok yaitu turbin impuls dan turbin reaksi.sebagai penggerak penggilingan gandum. Poros turbin yang berputar tersebut dikopel dengan poros Generator sehingga menghasilkan energi listrik. B. Sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Thermodinamika BAB II PEMBAHASAN Turbin air dikembangkan pada abad 19 dan digunakan secara luas untuk pembangkit tenaga listrik. energi listrik disalurkan melewati Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV ke konsumen melalui Gardu Induk. Memasuki abad 19 turbin air mulai dikembangkan. TUJUAN Adapun tujuan dari penulisan makalah ini. air harus melewati Tangki Pendatar (Surge Tank) yang berfungsi untuk mengamankan pipa pesat apabila terjadi tekanan kejut atau tekanan mendadak yang biasa disebut sebagai pukulan air (water hammer) saat Katup Utama (Inlet Valve) ditutup seketika. Tabel 1. Aliran air yang bergerak memutar Turbin dan dari turbin. Aliran sungai dengan sejumlah anak sungainya dibendung dengan sebuah Dam. air mengalir keluar melalui Pipa Lepas (Draft Tube) dan selanjutnya dibuang ke Saluran Pembuangan (Tail Race). yakni: 1.1 Pengelompokan Turbin impulse turbines high head Pelton Turgo reaction turbines medium head cross-flow multi-jet Pelton Turgo Francis propeller Kaplan low head cross-flow .. Turbin air mengubah energi potensial air menjadi energi mekanis. Energi mekanis diubah dengan generator listrik menjadi tenaga listrik. Menjelaskan tentang pemanfaatan turbin air dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air.

2) dengan P adalah daya (watt) yaitu Q adalah kapasitas aliran adalah densitas air Selain memanfaatkan air jatuh hydropower dapat diperoleh dari aliran air datar. karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir). penggergajian kayu dan mesin tekstil. Memasuki abad 19 turbin air mulai dikembangkan.Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat.3) dengan v adalah kecepatan aliran air Daya air yang tersedia dinyatakan sebagai berikut : . Sejak awal abad 18 kincir air banyak dimanfaatkan sebagai penggerak penggilingan gandum. Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air atau turbin air yang memanfaatkan adanya suatu air terjun atau aliran air di sungai. Dalam hubungan dengan reservoir air maka head adalah beda ketinggian antara muka air pada reservoir dengan muka air keluar dari kincir air/turbin air. Besarnya tenaga air yang tersedia dari suatu sumber air bergantung pada besarnya head dan debit air. Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik.1) dapat dinyatakan sebagai : Dengan mensubsitusikan P terhadap dan mensubsitusikan terhadap maka : (1. Tenaga air (Hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. sehingga persamaan (1.1) dengan m adalah massa air h adalah head (m) g adalah percepatan gravitasi Daya merupakan energi tiap satuan waktu . Total energi yang tersedia dari suatu reservoir air adalah merupakan energi potensial air yaitu : (1. Dalam hal ini energi yang tersedia merupakan energi kinetik (1.

Energi yang dibangkitkan dapat digunakan secara langsung. merupakan jenis PLTA menengah yang mampu mensuplai listrik untuk 8.4) atau dengan menggunakan persamaan kontinuitas maka (1. perputaran turbin menyebabkan perputaran poros rotor pada generator. Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai pembangkit listrik tenaga air serta keberadaan potensi energi air yang masih belum digunakan.000 orang. Kemudian generator mengkonversi daya mekanik tersebut dari turbin ke dalam tenaga elektrik. mulai yang berbentuk “mikro-hidro” dengan kemampuan mensupalai untuk beberapa rumah saja sampai berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang. Photo dibawah ini menunjukkan PLTA di Sungai Wisconsin. Sistem tersebut memiliki kapasitas yang sepadan dengan 56 kW energi listrik.5) dengan A adalah luas penampang aliran air Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan salah satu pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan berupa air. aliran air dan angin merupakan sumber energi mekanik yang dapat digunakan selain energi yang dibangkitkan dari tenaga hewan. Jenis PLTA bermacam-macam. Beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa penggunaan kincir air untuk pertanian. Prancis. Turbin mengkonversi tenaga gerak jatuh air ke dalam daya mekanik. disimpan dalam baterai ataupun digunakan untuk memperbaiki kualitas listrik pada . Sistem tenaga air mengubah energi dari air yang mengalir menjadi energi mekanik dan kemudian biasanya menjadi energi listrik. Salah satu keunggulan dari pembangkit ini adalah responnya yang cepat sehingga sangat sesuai untuk kondisi beban puncak maupun saat terjadi gangguan di jaringan. pompa dan fungsi lainnya telah ada sejak 300 SM di Yunani. meskipun peralatanperalatan tersebut kemungkinan telah digunakan jauh sebelum masa itu. PLTA merubah energi yang disebabkan gaya jatuh air untuk menghasilkan listrik. pembangkit listrik tenaga air ini juga telah ada sejak dahulu kala.(1. Air mengalir melalui kanal (penstock) melewati kincir air atau turbin dimana air akan menabrak sudu-sudu yang menyebabkan kincir air ataupun turbin berputar. Perkembangan penggunaan energi dari air yang mengalir kemudian berkembang secara berkelanjutan sebagaimana dicontohkan pada desain tenaga air yang menakjubkan pada tahun 1600-an untuk istana Versailles dibagian luar Paris. Ketika digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Selain kapasitas daya keluarannya yang paling besar diantara energi terbarukan lainnya. Tenaga air telah berkontribusi banyak bagi pembangunan kesejahteraan manusia sejak beberapa puluh abad yang lalu. Pada masa-masa antara jaman tersebut hingga revolusi industri.

Di samping pembangkit listrik tenaga air yang berkapasitas besar yang telah ada. Jumlah daya listrik yang dapat dibangkitkan pada suatu pusat pembangkit listrik tenaga air tergantung pada ketinggian (h) dimana air jatuh dan laju aliran airnya. Gambar 2 memperlihatkan pembangkitan energi listrik dari air dunia yang meningkat secara dinamis tiap tahunnya. Karena turbin dan peralatan elektro-mekanis lainnya memiliki efisiensi yang lebih rendah dari 100% (biasanya 90% hingga 95%). Daya teoritis kasar (P kW) yang tersedia dapat ditulis sebagai: Daya yang tersedia ini kemudian akan diubah menggunakan turbin air menjadi daya mekanik. yang biasanya didefinisikan kapasitasnya lebih besar dari 30 MW. ukuran kanal tidak dapat dibuat besar secara sembarangan karena laju air q yang melalui kanal tergantung dari laju pengisian air pada reservoir air di belakang bendungan. Selama musim kering. Ketinggian (h) menentukan besarnya energi potensial (EP) pada pusat pembangkit (EP = m x g x h). yang menghasilkan lebih dari 22% listrik dunia (2564 TWh/tahun pada 1998). pembangkit listrik tenaga air merupakan sumber listrik yang menghasilkan lebih 90% kebutuhan energi listriknya. salju. Hampir semua proyek pembangkit listrik tenaga air memiliki skala yang besar. daya keluaran akan lebih kecil dari daya optimal karena laju air q dapat lebih besar. ketinggian air pada reservoir dapat berkurang karena jumlah air dalam reservoir lebih sedikit. 27. pembangkit listrik tenaga air berkontribusi sebesar 520 TWh listrik pada tahun 1998. Fasilitas pembangkit listrik tenaga air harus di desain untuk menyeimbangkan aliran air yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik dan jumlah air yang mengisi reservoir melalui sumber alami seperti curahan hujan. Gambar 1. Selama musim hujan. Laju aliran air adalah volume dari air (m3) yang melalui penampang kanal air per detiknya (q m3/s). dimana terdapat 678.jaringan. tergantung dari laju air yang masuk ke dalam reservoir. Pembangkit listrik tenaga air merupakan aplikasi energi terbarukan yang terbesar dan paling matang secara teknologi. Gambar 2. masih terdapat ruang untuk pengembangan lebih jauh dimana diperkirakan hanya sekitar 10% dari total potensi air di dunia yang telah digunakan. dan aliran air lainnya. daya listrik yang dibangkitkan akan lebih kecil dari energi kasar yang tersedia. Pembangkitan listrik tenaga air umumnya Laju q dimana air jatuh dari ketinggian efektif h tergantung dari besarnya luas penampang kanal. Pada sejumlah negara di Afrika dan Amerika Selatan. ketinggiannya dapat naik kembali karena air yang masuk dari berbagai aliran air yang mengisi bendungan. Di lain pihak. Pembangkitan energi listrik tenaga air dunia dalam TWh [5]. Volume air pada reservoir dan ketinggian h yang bersangkutan. atau sekitar 19% dari energi listrik di Eropa (sehingga menghindari emisi dari sejumlah 70 juta ton CO2 per tahun-nya). Di eropa barat.900 MW merupakan pembangkit skala kecil yang menghasilkan listrik 115 TWh/tahun. Gambar 1 menunjukkan pusat pembangkit listrik tenaga air pada umumnya. Dalam hal ini.000 MW kapasitas daya listrik yang terpasang di seluruh dunia. . Jika luas penampang kanal terlalu kecil. Tabel 1 menampilkan perbandingan antara beberapa ukuran pembangkit listrik tenaga air.

Air sungai ini kemudian disalurkan ke bangunan air PLTA. Ditinjau dari cara membendung air. Jawa Barat. air sungai dialihkan dengan menggunankan dam yang dibangun memotong aliran sungai. PLTA dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu : 1. seperti yang telah dilakukan oleh tim PALAPA – HME ITB di kampung Cilutung dan Awilega. PLTA run off river PLTA dengan kolam tando (reservoir) Pada PLTA run off river.Tabel 1. maka pada musim hujan di mana debit air sungai besarnya melebihi kapasitas penyaluran air bangunan air PLTA.5 GW dengan membendung sungai Yangtse di Cina dan merupakan PLTA terbesar di dunia saat ini. Dengan adanya penimbunan air terlebih dahulu dalam kolam tando. Selanjutnya air di kolam tando disalurkan ke bangunan air PLTA. Seperti sungaisungai besar maupun kecil yang terdapat di berbagai daerah. Untuk dapat memanfaatkan potensi dari sungai ini. pembangkit jenis ini sangat berharga karena memiliki pembangkitan listrik yang fleksibel untuk mengikuti perubahan beban yang terduga maupun yang tak terduga. selisih kekurangan air . desa Jayamukti kabupaten Garut. Kapasitas beberapa pembangkit energi listrik tenaga air Air yang tersimpan dapat digunakan ketika dibutuhkan. Di Indonesia terdapat banyak sekali potensi air yang masih belum dimanfaatkan. maka kita perlu membendung sungai tersebut dan airnya disalurkan ke bangunan air PLTA. Hal ini merupakan peluang yang bagus untuk pengembangan energi listrik di daerah khususnya daerah yang belum terjangkau energi listrik. Pengembangan dapat dilakukan dalam bentuk mikrohidro ataupun pikohidro yang biayanya relatif kecil. Di perkirakan bahwa 20% hingga 25% dari potensi air skala besar di dunia telah dikembangkan. JENIS-JENIS PLTA Potensi tenaga air didapat pada sungai yang mengalir di daerah pegunungan. air dapat ditampung dalam kolam tando.Pada PLTA dengan kolam tando (reservoir). Pembangkit listrik tenaga air berskala besar telah berkembang dengan baik dan digunakan secara luas. Oleh karena itu. Pada tahun 2008 telah dibangun proyek Three Gorges Dam yaitu PLTA dengan skala 22. baik secara terus-menerus (jika ukuran reservoirnya cukup besar) atau hanya saat beban listrik sangat dibutuhkan (beban puncak). air sungai dibendung dengan bendungan besar agar terjadi penimbunan air sehingga terjadi kolam tando. Keuntungan dari pengaturan penyimpanan air ini tergabung dengan kapabilitas alami dari pembangkit listrik tenaga air yang memiliki respon yang cepat dalam ukuran menit terhadap perubahan beban. Pada musim kemarau di mana debit air sungai lebih kecil daripada kapasitas penyaluran air bangunan air PLTA. Proyek ini dapat dilakukan secara mandiri. Pembangunan PLTA berskala besar membutuhkan biaya awal yang besar sementara biaya operasinya sangat kecil. Hal ini berbeda dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil seperti batu bara dan diesel. A. Pembangkit listrik tenaga air skala besar merupakan sumber energi terbarukan yang paling diinginkan berdasarkan ketersediaan dan fleksibilitas dari sumber energinya. 2.

8 kg/m2) h : head (m) 2. B. Jumlah energi listrik yang bisa dibangkitkan dengan sumber daya air tergantung pada dua hal. yaitu jarak tinggi air (head) dan berapa besar jumlah air yang mengalir (debit). Besarnya energi potensial yaitu: Ep = m . harus melalui beberapa tahapan perubahan energi. tetapi PLTA run off river biaya pembangunannya lebih murah daripada PLTA dengan kolam tando (reservoir). Inilah keuntungan penggunaan kolam tando pada PLTA. karena kolam tando memerlukan bendungan yang besar dan juga memerlukan daerah genangan yang luas. h Dimana: Ep : Energi Potensial m : massa (kg) g : gravitasi (9. daya yang dapat dibangkitkan tergantung pada debit air sungai. Hal ini tidak dapat dilakukan pada PLTA run off river. PRINSIP PLTA DAN KONVERSI ENERGI Pada prinsipnya PLTA mengolah energi potensial air diubah menjadi energi kinetis dengan adanya head. yaitu akibat adanya perbedaan ketinggian. yaitu: 1. Pada PLTA run off river. karena Sungai Asahan mengalir dari Danau Toba. lalu energi kinetis ini berubah menjadi energi mekanis dengan adanya aliran air yang menggerakkan turbin. Gambar Skema Konversi Energi PLTA Untuk bisa menghasilkan energi listrik dari air. g . Contoh mengenai hal ini yaitu PLTA Asahan yang menggunakan Danau Toba sebagai kolam tando.ini dapat diatasi dengan mengambil air dari timbunan air yang ada dalam kolam tando. Energi Potensial Energi potensial yaitu energi yang terjadi akibat adanya beda potensial. lalu energi mekanis ini berubah menjadi energi listrik melalui perputaran rotor pada generator. Jika ada sungai yang mengalir keluar dari sebuah danau. maka dapat dibangun PLTA dengan menggunakan danau tersebut sebagai kolam tando. Energi Kinetis .

Energi Mekanis Energi mekanis yaitu energi yang timbul akibat adanya pergerakan turbin. Airnya ditampung dalam waduk yang kemudian dialirkan melaui Pintu Pengambilan Air (Intake .Energi kinetis yaitu energi yang dihasilkan akibat adanya aliran air sehingga timbul air dengan kecepatan tertentu. Energi Listrik Ketika turbin berputar maka rotor juga berputar sehingga menghasilkan energi listrik sesuai persamaan: El = V . v Dimana:Ek : Energi kinetis m : massa (kg) v : kecepatan (m/s) 3. Besarnya energi mekanis tergantung dari besarnya energi potensial dan energi kinetis. t Dimana: El : Energi Listrik V : tegangan (Volt) I : Arus (Ampere) t : waktu (s) C. v . t Dimana: Em : Energi mekanis T : torsi ω : sudut putar t : waktu (s) 4. I . yang dirumuskan Ek = 0.5 m . CARA KERJA PLTA Aliran sungai dengan sejumlah anak sungainya dibendung dengan sebuah Dam. Besarnya energi mekanis dirumuskan: Em = T . ω .

air mengalir keluar melalui Pipa Lepas (Draft Tube) dan selanjutnya dibuang ke Saluran Pembuangan (Tail Race). Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan. Poros turbin yang berputar tersebut dikopel dengan poros Generator sehingga menghasilkan energi listrik. danau. Dam berfungsi untuk menampung air dalam jumlah besar karena turbin memerlukan pasokan air yang cukup dan stabil. Setelah Katup Utama dibuka. Travo yang digunakan adalah travo step up. D. aliran air memasuki Rumah Keong (Spiral Case). gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. dll. Pelton. air harus melewati Tangki Pendatar (Surge Tank) yang berfungsi untuk mengamankan pipa pesat apabila terjadi tekanan kejut atau tekanan mendadak yang biasa disebut sebagai pukulan air (water hammer) saat Katup Utama (Inlet Valve) ditutup seketika. KOMPONEN-KOMPONEN PLTA 1. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin. atau tempat rekreasi. generator dan transmisi.6 miliar kubik. Bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pusat Listrik Tenaga Air. Kaplan. Jenis bendungan antara lain: 1. energi listrik disalurkan melewati Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV ke konsumen melalui Gardu Induk. Turbin terdiri dari berbagai jenis seperti turbin Francis. Bendungan Beton a) Bendungan Gravitasi b) Bendungan Busur c) Bendungan Rongga . Turbin berfungsi untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik. Transmisi berguna untuk mengalirkan listrik dari PLTA ke rumah – rumah atau industri. Sebelum listrik kita pakai tegangannya di turunkan lagi dengan travo step down. Memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet didalam generator sehingga terjadi pergerakan elektron yang membangkitkan arus AC. Melalui Trafo Utama (Main Transformer).Gate) yang selanjutnya masuk ke dalam Terowongan Tekan (Headrace Tunnel). Perputaran turbin ini di hubungkan ke generator. Komponen – kompnen dasar PLTA berupa dam. Selain itu dam juga berfungsi untuk pengendalian banjir. Generator dihubungkan ke turbin dengan bantuan poros dan gearbox. dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin. turbin. BENDUNGAN Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk. Sebelum memasuki Pipa Pesat (Penstock). Aliran air yang bergerak memutar Turbin dan dari turbin. a. Travo digunakan untuk menaikan tegangan arus bolak balik (AC) agar listrik tidak banyak terbuang saat dialirkan melalui transmisi. contoh waduk Jatiluhur yang berkapasitas 3 miliar kubik air dengan volume efektif sebesar 2.

yaitu rotor dan stator. yaitu: 1. maka akan timbul magnet. maka turbin air didesain sesuai dengan karakteristik dan jumlah aliran airnya. Putaran Putaran rotor dipengaruhi oleh frekuensi dan jumlah pasang kutub pada rotor. c. poros. Karena sumber air yang bervariasi. Bendungan Kayu 1. Sedangkan sudu-sudu pada turbin kaplan berfungsi sebagai sudu-sudu jalan. Berikut ini merupakan berbagai jenis turbin yang biasa digunakan untuk PLTA. sehingga jika turbin berputar maka rotor juga ikut berputar. atau dari aliran sungai bawah tanah. diantaranya sudu (runner). bantalan (bearing). Dalam hal ini proses penurunan tekanan air terutama terjadi didalam sudu-sudu aturnya saja (nosel) dan sedikit sekali (dapat diabaikan) terjadi pada sudu-sudu jalan (mangkok-mangkok runner). Magnet yang berputar memproduksi tegangan di kawat setiap kali sebuah kutub melewati “coil” yang terletak di stator. Agar generator bisa menghasilkan listrik. posisi sudunya tetap (tidak bisa digerakkan). GENERATOR Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanis. sesuai dengan . Menurut momentum air turbin dibedakan menjadi dua kelompok yaitu turbin reaksi dan turbin impuls. Prinsip Kerja Turbin Reaksi yaitu Sudu-sudu (runner) pada turbin francis dan propeller berfungsi sebagai sudu-sudu jalan. TURBIN Turbin merupakan peralatan yang tersusun dan terdiri dari beberapa peralatan suplai air masuk turbin. Bendungan Urugan a) Bendungan Urugan Batu b) Bendungan Tanah 3. katup utama (inlet valve). sedangkan turbin impuls bekerja karena kecepatan air yang menghantam sudu. pipa pesat (penstock). posisi sudunya bisa digerakkan (pada sumbunya) yang diatur oleh servomotor dengan cara manual atau otomatis sesuai dengan pembukaan sudu atur. Turbin reaksi bekerja karena adanya tekanan air. Jika kutub ini dialiri arus eksitasi dari Automatic Voltage Regulator (AVR).Air yang digunakan untuk membangkitkan listrik bisa berasal dari bendungan yang dibangun diatas gunung yang tinggi. ada tiga hal yang harus diperhatikan. 1. alat pengaman. dan distributor listrik. Rotor terletak satu poros dengan turbin.2. rumah turbin (spiral chasing). pipa lepas (draft tube). Prinsip Terja Turbin Pelton berbeda dengan turbin rekasi Sudu-sudu yang berbentuk mangkok berfungsi sebagai sudu-sudu jalan. posisinya tetap (tidak bisa digerakkan). b. Generator terdiri dari dua bagian utama. Proses penurunan tekanan air terjadi baik pada sudu-sudu atur maupun pada sudu-sudu jalan (runner blade). Lalu tegangan inilah yang kemudian menjadi listrik. Rotor terdiri dari 18 buah besi yang dililit oleh kawat dan dipasang secara melingkar sehingga membentuk 9 pasang kutub utara dan selatan. Bendungan Kerangka Baja 4.

generator dibedakan menjadi empat. maka didapat nilai putaran rotor sebesar 333 rpm. Kumparan Banyak dan besarnya jumlah kumparan pada stator mempengaruhi besarnya daya listrik yang bisa dihasilkan oleh pembangkit 1.persamaan: η = 60 . Magnet Magnet yang ada pada generator bukan magnet permanen. Jika lilitan tersebut dialiri arus eksitasi dari AVR maka akan timbul magnet dari rotor. dengan frekuensi system sebesar 50 Hertz. melainkan dihasilkan dari besi yang dililit kawat. Sehingga didapat persamaan: E=B.V. Menurut jenis penempatan thrust bearingnya.L Dimana: E : Gaya elektromagnet B : Kuat medan magnet V : Kecepatan putar L : Panjang penghantar Dari ketiga hal tersebut. makin besar pula nilai kemagnetannya. sehingga agar beban yang dihasilkan sesuai. yaitu: • • Jenis biasa – thrust bearing diletakkan diatas generator dengan dua guide bearing. makin kecil pula nilai kemagnetannya. Makin besar arus yang masuk. 1. Jenis Payung (Umbrella Generator) – thrust bearing dan satu guide bearing diletakkan dibawah rotor. f / P dimana: η : putaran f : frekuensi P : jumlah pasang kutub Jumlah kutub pada rotor di PLTA Saguling sebanyak 9 pasang. . yang bernilai tetap adalah putaran rotor dan kumparan. sedangkan makin kecil arus yang masuk. yaitu dengan mengatur jumlah arus yang masuk. maka yang bisa diatur adalah sifat kemagnetannya.

• • Jenis setengah payung (Semi Umbrella Generator) – kombinasi guide dan thrust bearing diletakkan dibawah rotor dan second guide bearing diletakkan diatas rotor. Generator yang digunakan di Saguling adalah jenis Setengah Payung. contoh waduk . BAB III PENUTUP KESIMPULAN Komponen – kompnen dasar PLTA berupa dam. Dam berfungsi untuk menampung air dalam jumlah besar karena turbin memerlukan pasokan air yang cukup dan stabil. Selain itu dam juga berfungsi untuk pengendalian banjir. generator dan transmisi. turbin. Jenis Penunjang Bawah – thrust bearing diletakkan dibawah coupling.

Turbin angin ini pada awalnya dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan para petani dalam melakukan penggilingan padi. dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin. dll. Turbin terdiri dari berbagai jenis seperti turbin Francis. Travo digunakan untuk menaikan tegangan arus bolak balik (AC) agar listrik tidak banyak terbuang saat dialirkan melalui transmisi. Belanda. Perputaran turbin ini di hubungkan ke generator. . Prinsip dasar kerja dari turbin angin adalah mengubah energi mekanis dari angin menjadi energi putar pada kincir. Turbin angin adalah kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. minyak bumi) sebagai bahan dasar untuk membangkitkan listrik. lalu putaran kincir digunakan untuk memutar generator.Jatiluhur yang berkapasitas 3 miliar kubik air dengan volume efektif sebesar 2.dll). yang akhirnya akan menghasilkan listrik. turbin angin masih lebih dikembangkan oleh para ilmuwan karena dalam waktu dekat manusia akan dihadapkan dengan masalah kekurangan sumber daya alam tak terbaharui (Contoh : batubara. gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar.PLTU. Umumnya daya efektif yang dapat dipanen oleh sebuah turbin angin hanya sebesar 20%-30%. Kaplan. Turbin berfungsi untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik. dan negara-negara Eropa lainnya dan lebih dikenal dengan Windmill. Turbin angin terdahulu banyak dibangun di Denmark.6 miliar kubik. Sebelum listrik kita pakai tegangannya di turunkan lagi dengan travo step down. Perhitungan daya yang dapat dihasilkan oleh sebuah turbin angin dengan diameter kipas r adalah : dimana adalah kerapatan angin pada waktu tertentu dan adalah kecepatan angin pada waktu tertentu. Pelton. dll. Memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet didalam generator sehingga terjadi pergerakan elektron yang membangkitkan arus AC. Generator dihubungkan ke turbin dengan bantuan poros dan gearbox. Kini turbin angin lebih banyak digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan listrik masyarakat. Travo yang digunakan adalah travo step up. dengan menggunakan prinsip konversi energi dan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu angin. keperluan irigasi.2 atau 0. Transmisi berguna untuk mengalirkan listrik dari PLTA ke rumah – rumah atau industri. Walaupun sampai saat ini pembangunan turbin angin masih belum dapat menyaingi pembangkit listrik konvensonal (Contoh: PLTD. Jadi rumus di atas dapat dikalikan dengan 0.3 untuk mendapatkan hasil yang cukup eksak.

karena terdapat berbagai macam sub-sistem yang dapat meningkatkan safety dan efisiensi dari turbin angin. Dampak dari kerusakan akibat putaran berlebih diantaranya : overheat. Generator ini akan menghasilkan energi listrik maksimal pada saat bekerja pada titik kerja yang telah ditentukan. Kehadiran angin diluar diguaan akan menyebabkan putaran yang cukup cepat pada poros generator. Ketika poros generator mulai berputar maka akan terjadi perubahan fluks pada stator yang akhirnya karena terjadi perubahan fluks ini akan dihasilkan tegangan dan arus listrik tertentu. 2. kawat pada generator putus karena tidak dapat menahan arus yang cukup besar. Ketika beban penggunaan daya listrik masyarakat meningkat atau ketika kecepatan angin suatu daerah sedang menurun. 3. Brake System Digunakan untuk menjaga putaran pada poros setelah gearbox agar bekerja pada titik aman saat terdapat angin yang besar. maka . Biasanya Gearbox yang digunakan sekitar 1:60. sehingga jika tidak di atasi maka putaran ini dapat merusak generator. Penyimpan energi Karena keterbatasan ketersediaan akan energi angin (tidak sepanjang hari angin akan selalu tersedia) maka ketersediaan listrik pun tidak menentu. Singkatnya. (mengacu pada salah satu cara kerja generator) poros pada generator dipasang dengan material ferromagnetik permanen. Setelah itu disekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang membentuk loop. yaitu : 1. Oleh karena itu digunakan alat penyimpan energi yang berfungsi sebagai back-up energi listrik. Generator Ini adalah salah satu komponen terpenting dalam pembuatan sistem turbin angin.Sebenarnya prosesnya tidak semudah itu. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh generator ini berupa AC(alternating current) yang memiliki bentuk gelombang kurang lebih sinusoidal. 4. Generator ini dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Prinsip kerjanya dapat dipelajari dengan menggunakan teori medan elektromagnetik. Alat ini perlu dipasang karena generator memiliki titik kerja aman dalam pengoperasiannya. rotor breakdown. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan ini disalurkan melalui kabel jaringan listrik untuk akhirnya digunakan oleh masyarakat. Gearbox Alat ini berfungsi untuk mengubah putaran rendah pada kincir menjadi putaran tinggi.

Penyimpanan energi ini diakomodasi dengan menggunakan alat penyimpan energi.kebutuhan permintaan akan daya listrik tidak dapat terpenuhi. Turbin angin sumbu tegak (misalnya turbin angin Darrieus) Turbin angin sumbu horizontal wzTooltipfLayoutInCell1fAllowOverlap1fBehindDocument0fIsButton1fHidden0fLayoutInCell1 . Oleh karena itu kita perlu menyimpan sebagian energi yang dihasilkan ketika terjadi kelebihan daya pada saat turbin angin berputar kencang atau saat penggunaan daya pada masyarakat menurun. Aki 12 volt. Jenis turbin angin Jenis turbin angin ada 2. maka diperlukan inverter untuk mengubah gelombang DC yang dikeluarkan oleh aki menjadi gelombang AC. Contoh sederhana yang dapat dijadikan referensi sebagai alat penyimpan energi listrik adalah aki mobil. agar dapat digunakan oleh rumah tangga. Turbin angin sumbu horizontal 2. Rectifier-inverter Rectifier berarti penyearah. Rectifier dapat menyearahkan gelombang sinusodal(AC) yang dihasilkan oleh generator menjadi gelombang DC. Karena kebanyakan kebutuhan rumah tangga menggunakan catu daya AC .5 jam pada daya 780 watt. 5. Oleh karena itu diperlukan rectifier-inverter untuk mengakomodasi keperluan ini. yaitu : 1. sedangkan dari generator dihasilkan catu daya AC (Alternating Current). 65 Ah dapat dipakai untuk mencatu rumah tangga (kurang lebih) selama 0. Inverter berarti pembalik. Rectifier-inverter akan dijelaskan berikut. Kendala dalam menggunakan alat ini adalah alat ini memerlukan catu daya DC (Direct Current) untuk meng-charge/mengisi energi. Ketika dibutuhkan daya dari penyimpan energi(aki/lainnya) maka catu yang dihasilkan oleh aki akan berbentuk gelombang DC. Aki mobil memiliki kapasitas penyimpanan energi yang cukup besar.

010009000003d70300000000c40200000000c402000026060f007e05574d464301000000000001 00178000000000010000005c050000000000005c050000010000006c0000000000000000000000 130000000e000000000000000000000070020000d401000020454d46000001005c0500000f0000 0001000000000000000000000000000000000400000003000040010000f0000000000000000000 00000000000000e2040080a90300460000002c00000020000000454d462b014001001c00000010 0000000210c0db01000000600000006000000046000000a80100009c010000454d462b22400400 0c000000000000001e4009000c00000000000000244001000c0000000000000030400200100000 00040000000000803f214007000c0000000000000008400005f4000000e80000000210c0db01000 000000000000000000000000000000000000100000089504e470d0a1a0a0000000d49484452000 0000f0000000b0800000000852c88800000000274524e5300ff5b9122b500000002624b474400ff 878fccbf000000097048597300000af000000af00142ac34980000000774494d4507d50402121111 f7653d8b0000004f4944415408d763f8ffffffb9bd70f08c01c8af6e990205d97bc1fc6bffa1a08730ff d9debdd54bf7eefd0ee3efcd061914f51eceef013192d78241319c3f0702eea1aaffff9fe1d95630f80e e50300a942843ddf8fa68f0000000049454e44ae4260820840010824000000180000000210c0db0 1000000030000000000000000000000000000001b400000400000003400000001000000020000 00000000bf000000bf0000704100003041030000000000008000000080ffff9f4100000080000000 80feff6f412100000008000000620000000c00000001000000150000000c0000000400000015000 0000c00000004000000460000001400000008000000544e50500601000051000000ac000000000 0000000000000130000000e000000000000000000000000000000000000000f0000000b0000005 .

000000030000000800000002c000000000000008600ee00140000000f000000280000000f000000 0b0000000100010000000000000000000000000000000000000000000000000000000000ffffff0 0ff004703ff000000c3fe494cc3feffffff061b04ff0646031806490318060100180600001ffe00001ff e0000510000007c0100000000000000000000130000000e0000000000000000000000000000000 00000000f0000000b000000500000007c000000cc000000b000000000000000c60088001400000 00f000000280000000f0000000b000000010008000000000000000000000000000000000015000 0000000000000000000ffffff00cecece00bdbdbd00e6e6e6007b7b7b0084848400949494006b6b6b 00d6d6d6008c8c8c00a5a5a500f7f7f7005a5a5a00efefef0063636300adadad00737373009c9c9c00 dedede00b5b5b500041414141414140c01010101010101000308070707070d0e01010101010101 44030a010101010f121212121212121343030a010101010f101010101010110342030807070707 0d0e01010101010a0300040303050b03030c01010101010a030001010105090101010101010101 0a0300010101050901010101010101010a03ff010101050901010101010101010a0300010101050 60707070707070707080300010101020303030303030303030304444600000014000000080000 00544e5050070100004c000000640000000000000000000000130000000e000000000000000000 0000140000000f0000002900aa0000000000000000000000803f00000000000000000000803f000 0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000220000000c000000f fffffff460000001c00000010000000454d462b024000000c000000000000000e000000140000000 000000010000000140000000400000003010800050000000b0200000000050000000c020f00140 0030000001e00040000000701040004000000070104003b000000410b8600ee000b000f0000000 0000f00140000000000280000000f0000000b00000001000100000000000000000000000000000 00000000000000000000000000000ffffff00ff004703ff000000c3fe494cc3feffffff061b04ff064603 1806490318060100180600001ffe00001ffe0000a3000000410bc60088000b000f00000000000f00 140000000000280000000f0000000b000000010008000000000000000000000000000000000015 0000000000000000000000ffffff00cecece00bdbdbd00e6e6e6007b7b7b0084848400949494006b6 b6b00d6d6d6008c8c8c00a5a5a500f7f7f7005a5a5a00efefef0063636300adadad00737373009c9c 9c00dedede00b5b5b500041414141414140c01010101010101000308070707070d0e0101010101 010144030a010101010f121212121212121343030a010101010f10101010101011034203080707 07070d0e01010101010a0300040303050b03030c01010101010a03000101010509010101010101 01010a0300010101050901010101010101010a03ff010101050901010101010101010a030001010 105060707070707070707080300010101020303030303030303030304440c00000040092900aa0 00000000000000f00140000000000040000002701ffff030000000000 .

Konstruksi menara yang besar dibutuhkan untuk menyangga bilah-bilah yang berat. [Kelebihan TASH • Dasar menara yang tinggi membolehkan akses ke angin yang lebih kuat di tempat-tempat yang memiliki geseran angin (perbedaan antara laju dan arah angin antara dua titik yang jaraknya relatif dekat di dalam atmosfer bumi. Diperkirakan besar biaya transportasi bisa mencapai 20% dari seluruh biaya peralatan turbin angin. Sebagian besar memiliki sebuah gearbox yang mengubah perputaran kincir yang pelan menjadi lebih cepat berputar. TASH yang tinggi bisa memengaruhi radar airport. Kelemahan TASH • Menara yang tinggi serta bilah yang panjangnya bisa mencapai 90 meter sulit diangkut. kecepatan angin meningkat sebesar 20%. membutuhkan derek yang yang sangat tinggi dan mahal serta para operator yang tampil. Turbin berukuran kecil diarahkan oleh sebuah baling-baling angin (baling-baling cuaca) yang sederhana. Vermont Turbin angin sumbu horizontal (TASH) memiliki poros rotor utama dan generator listrik di puncak menara. bilah-bilahnya bisa ditekuk sehingga mengurangi wilayah tiupan mereka dan dengan demikian juga mengurangi resintensi angin dari bilah-bilah itu. dan karena di saat angin berhembus sangat kencang. sedangkan turbin berukuran besar pada umumnya menggunakan sebuah sensor angin yang digandengkan ke sebuah servo motor. Di sejumlah lokasi geseran angin. bilah-bilah itu diletakkan di depan menara pada jarak tertentu dan sedikit dimiringkan. sebagian besar TASH merupakan mesin upwind (melawan arah angin). mesin downwind (menurut jurusan angin) dibuat karena tidak memerlukan mekanisme tambahan agar mereka tetap sejalan dengan angin. Meski memiliki permasalahan turbulensi. Karena turbulensi menyebabkan kerusakan struktur menara. gearbox. turbin biasanya diarahkan melawan arah anginnya menara. dan realibilitas begitu penting. Bilah-bilah turbin dibuat kaku agar mereka tidak terdorong menuju menara oleh angin berkecepatan tinggi.Turbin angin megawatt pertama di dunia berada di Castleton. setiap sepuluh meter ke atas. Sebagai tambahan. Karena sebuah menara menghasilkan turbulensi di belakangnya. Ukurannya yang tinggi merintangi jangkauan pandangan dan mengganggu penampilan • • • • . dan generator. TASH yang tinggi sulit dipasang.

lansekap. • • • Berbagai varian downwind menderita kerusakan struktur yang disebabkan oleh turbulensi. Turbin Angin Sumbu Vertikal wzTooltipfLayoutInCell1fAllowOverlap1fBehindDocument0fIsButton1fHidden0fLayoutInCell1 010009000003d70300000000c40200000000c402000026060f007e05574d464301000000000001 00178000000000010000005c050000000000005c050000010000006c0000000000000000000000 130000000e000000000000000000000070020000d401000020454d46000001005c0500000f0000 0001000000000000000000000000000000000400000003000040010000f0000000000000000000 00000000000000e2040080a90300460000002c00000020000000454d462b014001001c00000010 0000000210c0db01000000600000006000000046000000a80100009c010000454d462b22400400 0c000000000000001e4009000c00000000000000244001000c0000000000000030400200100000 00040000000000803f214007000c0000000000000008400005f4000000e80000000210c0db01000 000000000000000000000000000000000000100000089504e470d0a1a0a0000000d49484452000 0000f0000000b0800000000852c88800000000274524e5300ff5b9122b500000002624b474400ff 878fccbf000000097048597300000af000000af00142ac34980000000774494d4507d50402121111 f7653d8b0000004f4944415408d763f8ffffffb9bd70f08c01c8af6e990205d97bc1fc6bffa1a08730ff d9debdd54bf7eefd0ee3efcd061914f51eceef013192d78241319c3f0702eea1aaffff9fe1d95630f80e e50300a942843ddf8fa68f0000000049454e44ae4260820840010824000000180000000210c0db0 1000000030000000000000000000000000000001b400000400000003400000001000000020000 . TASH membutuhkan mekanisme kontrol yaw tambahan untuk membelokkan kincir ke arah angin.

00000000bf000000bf0000704100003041030000000000008000000080ffff9f4100000080000000 80feff6f412100000008000000620000000c00000001000000150000000c0000000400000015000 0000c00000004000000460000001400000008000000544e50500601000051000000ac000000000 0000000000000130000000e000000000000000000000000000000000000000f0000000b0000005 000000030000000800000002c000000000000008600ee00140000000f000000280000000f000000 0b0000000100010000000000000000000000000000000000000000000000000000000000ffffff0 0ff004703ff000000c3fe494cc3feffffff061b04ff0646031806490318060100180600001ffe00001ff e0000510000007c0100000000000000000000130000000e0000000000000000000000000000000 00000000f0000000b000000500000007c000000cc000000b000000000000000c60088001400000 00f000000280000000f0000000b000000010008000000000000000000000000000000000015000 0000000000000000000ffffff00cecece00bdbdbd00e6e6e6007b7b7b0084848400949494006b6b6b 00d6d6d6008c8c8c00a5a5a500f7f7f7005a5a5a00efefef0063636300adadad00737373009c9c9c00 dedede00b5b5b500041414141414140c01010101010101000308070707070d0e01010101010101 44030a010101010f121212121212121343030a010101010f101010101010110342030807070707 0d0e01010101010a0300040303050b03030c01010101010a030001010105090101010101010101 0a0300010101050901010101010101010a03ff010101050901010101010101010a0300010101050 60707070707070707080300010101020303030303030303030304444600000014000000080000 00544e5050070100004c000000640000000000000000000000130000000e000000000000000000 0000140000000f0000002900aa0000000000000000000000803f00000000000000000000803f000 0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000220000000c000000f fffffff460000001c00000010000000454d462b024000000c000000000000000e000000140000000 000000010000000140000000400000003010800050000000b0200000000050000000c020f00140 0030000001e00040000000701040004000000070104003b000000410b8600ee000b000f0000000 0000f00140000000000280000000f0000000b00000001000100000000000000000000000000000 00000000000000000000000000000ffffff00ff004703ff000000c3fe494cc3feffffff061b04ff064603 1806490318060100180600001ffe00001ffe0000a3000000410bc60088000b000f00000000000f00 140000000000280000000f0000000b000000010008000000000000000000000000000000000015 0000000000000000000000ffffff00cecece00bdbdbd00e6e6e6007b7b7b0084848400949494006b6 b6b00d6d6d6008c8c8c00a5a5a500f7f7f7005a5a5a00efefef0063636300adadad00737373009c9c 9c00dedede00b5b5b500041414141414140c01010101010101000308070707070d0e0101010101 010144030a010101010f121212121212121343030a010101010f10101010101011034203080707 .

turbin sumbu tegak sering dipasang lebih dekat ke dasar tempat ia diletakkan. Kelebihan ini sangat berguna di tempat-tempat yang arah anginnya sangat bervariasi. ini merupakan titik optimal bagi energi angin yang maksimal dan turbulensi angin yang minimal. tidak dibutuhkan mekanisme yaw. Kelebihan utama susunan ini adalah turbin tidak harus diarahkan ke angin agar menjadi efektif. Tapi ini menyebabkan sejumlah desain menghasilkan tenaga putaran yang berdenyut. Karena sulit dipasang di atas menara. generator serta gearbox bisa ditempatkan di dekat tanah. Drag (gaya yang menahan pergerakan sebuah benda padat melalui fluida (zat cair atau gas) bisa saja tercipta saat kincir berputar. Sebuah TASV bisa diletakkan lebih dekat ke tanah.07070d0e01010101010a0300040303050b03030c01010101010a03000101010509010101010101 01010a0300010101050901010101010101010a03ff010101050901010101010101010a030001010 105060707070707070707080300010101020303030303030303030304440c00000040092900aa0 00000000000000f00140000000000040000002701ffff030000000000 Turbin angin Darrieus30 m di Kepulauan Magdalen Turbin angin sumbu vertikal/tegak (atau TASV) memiliki poros/sumbu rotor utama yang disusun tegak lurus. TASV memiliki sudut airfoil (bentuk bilah sebuah baling-baling yang terlihat secara melintang) yang lebih tinggi. Karena bilah-bilah rotornya vertikal. Aliran udara di dekat tanah dan obyek yang lain mampu menciptakan aliran yang bergolak. diantaranya kebisingan dan bearing wear yang akan meningkatkan biaya pemeliharaan atau mempersingkat umur turbin angin. membuat pemeliharaan bagianbagiannya yang bergerak jadi lebih mudah. yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan getaran. VAWT mampu mendayagunakan angin dari berbagai arah. Jika tinggi puncak atap yang dipasangi menara turbin kira-kira 50% dari tinggi bangunan. seperti tanah atau puncak atap sebuah bangunan. Dengan sumbu yang vertikal. memberikan keaerodinamisan yang tinggi sembari . sehingga yang tersedia adalah energi angin yang sedikit. [Kelebihan TASV • • • • Tidak membutuhkan struktur menara yang besar. jadi menara tidak perlu menyokongnya dan lebih mudah diakses untuk keperluan perawatan. Kecepatan angin lebih pelan pada ketinggian yang rendah.

Kebanyakan TASV mempunyai torsi awal yang rendah. Biasanya TASV mulai menghasilkan listrik pada 10km/jam (6 m. TASV yang ditempatkan di dekat tanah bisa mengambil keuntungan dari berbagai lokasi yang menyalurkan angin serta meningkatkan laju angin (seperti gunung atau bukit yang puncaknya datar dan puncak bukit). Kabel yang dikaitkan ke puncak bantalan meningkatkan daya dorong ke bawah saat angin bertiup.h. dan membutuhkan energi untuk mulai berputar. .p.) TASV biasanya memiliki tip speed ratio (perbandingan antara kecepatan putaran dari ujung sebuah bilah dengan laju sebenarnya angin) yang lebih rendah sehingga lebih kecil kemungkinannya rusak di saat angin berhembus sangat kencang. TASV tidak harus diubah posisinya jika arah angin berubah. Sebuah TASV yang menggunakan kabel untuk menyanggahnya memberi tekanan pada bantalan dasar karena semua berat rotor dibebankan pada bantalan. • • • • • • [Kekurangan TASV • • • • Kebanyakan TASV memproduksi energi hanya 50% dari efisiensi TASH karena drag tambahan yang dimilikinya saat kincir berputar. TASV memiliki kecepatan awal angin yang lebih rendah daripada TASH. TASV bisa didirikan pada lokasi-lokasi dimana struktur yang lebih tinggi dilarang dibangun.mengurangi drag pada tekanan yang rendah dan tinggi. TASV tidak mengambil keuntungan dari angin yang melaju lebih kencang di elevasi yang lebih tinggi. • Desain TASV berbilah lurus dengan potongan melintang berbentuk kotak atau empat persegi panjang memiliki wilayah tiupan yang lebih besar untuk diameter tertentu daripada wilayah tiupan berbentuk lingkarannya TASH. Kincir pada TASV mudah dilihat dan dihindari burung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful