P. 1
asmaul-husna

asmaul-husna

|Views: 910|Likes:
Published by Ferdian Zaman
sebagian dari nama-nama ALLAH SWT, yang perlu kita ketahui
sebagian dari nama-nama ALLAH SWT, yang perlu kita ketahui

More info:

Published by: Ferdian Zaman on Mar 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

Here is a list of 99 names used for Allah in Islam. The most beautiful names belong to Allah: so call on him by them. (7:180).

  Those who believe, and whose hearts find satisfaction in the  remembrance of Allah: for without doubt in the remembrance of Allah do hearts find satisfaction. (13:28)

1. AR­RAHMAN 2. AR­RAHIEM 3. AL­MALIK 4. AL­QUDDUS 5. AS­SALAAM 6. AL­MUKMIN 7. AL­MUHAIMIN 8. AL­AZIZ 9. AL­JABBAR 10. AL­MUTAKABBIR 11. AL­KHALIK 12. AL­BARI' 13. AL­MUSHAWWIR 14. AL­GHAFFAR 15. AL­QOHHAR 16. AL­WAHHAB 17. AR­ROZZAQ 18. AL­FATTAH 19. AL­'ALIEM 20. AL­QOBIDH 21. AL­BASITH 22. AL­KHOFIDH 23. AR­ROFI' 24. AL­MU'IZZ 25. AL­MUDZILL 26. AS­SAMIE' 27. AL­BASHIER 28. AL­HAKAM 29. AL­'ADLU 30. AL­LATHIEF 31. AL­KHOBIER 32. AL­HALIEM 33. AL­'ADHIEM 34. AL­GHAFUR 35. ASY­SYAKUR 36. AL­'ALIY 37. AL­KABIER 38. AL­HAFIEDZ 39. AL­MUQIET 40. AL­HASIEB

­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­

Yang Maha Pemurah. Yang Maha Penyayang. Yang Maha Kuasa dan Merajai. Yang Maha Suci dari Sifat Kekurangan. Yang Maha Sejahtera (memberi keselamatan), Maha Suci dari Sifat Buruk. Yang membenarkan rasul­rasulNYA dan menepati janjiNYA; Yang Memberi keamanan kepada MakhlukNYA. Yang memperhatikan, menjaga serta menaungi hamba­hambaNYA dalam segala keadaan. Yang Maha Kuat dan Mengalahkan segala sesuatu dan tidak dapat dikalahkan oleh apapun. Yang dapat Memaksakan KehendakNYA atas semua MakhlukNYA; Yang Maha Perkasa. Yang patut Dipuja karena keagungan Sifat­SifatNYA; Yang Memiliki Kebesaran. Maha Pencipta; Yang Maha Kuasa Menciptakan segala sesuatu. Yang menjadikan segala sesuatu. Yang Memberi Rupa dan Bentuk kepada segala sesuatu. Yang Maha Kuasa Menutupi segala kesalahan Hamba­HambaNYA dengan mengampuni dosa2 mereka. Yang dapat Menaklukkan segala sesuatu; Yang dapat memaksakan segala yang menjadi kehendakNYA. Yang Maha Kuasa Memberi segala sesuatu kepada MakhlukNYA. Yang Memberi Rezeki. Yang Maha Kuasa Membuka Perbendaharaan RahmatNYA kepada semua Makhluk. Yang Maha Mengetahui. Yang Maha Kuasa Menyempitkan. Yang Maha Kuasa Melapangkan. Yang Maha Kuasa Merendahkan Martabat siapa saja yang dikehendaki olehNYA. Yang Maha Kuasa Mengangkat Martabat siapa saja yang diehendaki olehNYA. Yang meninggikan derajat siapa saja yang dikehendaki olehNYA. Yang menghinakan kedudukan siapa saja yang dikehendaki olehNYA. Yang Maha Mendengar. Yang Maha Melihat. Yang menetapkan keputusanNya atas segala sesuatu. Yang Maha Adil,. Yang Maha Mengetahui segala rahasia yang samar dan pelik; Yang bersifat santun dan lembut kepada Hamba­HambaNYA. Yang Maha Mengetahui Hakekat segala sesuatu. Yang tetap dapat menahan amarah. Yang Maha Besar; Yang Maha Luhur; Yang Maha Agung. Yang Maha Pengampun. Yang Maha Mensyukuri Hamba­HambaNYA yang taat dengan memberikan pahala atas setiap perbuatan yang baik. Yang Maha Tinggi MartabatNYA. Yang Maha Besar. Yang Memelihara dan Menjaga semua makhluk­makhlukNYA. Yang Menjadikan segala apa yang dibutuhkan oleh makhlukNYA., seperti makanan, minuman dsb Yang memberi kecukupan dengan kadar perhitungan yang tepat.

41. 42. 43. 44. 45. 46. 47. 48. 49. 50. 51. 52. 53. 54. 55. 56. 57. 58. 59. 60. 61. 62. 63. 64. 65. 66. 67. 68. 69. 70. 71. 72. 73. 74. 75. 76. 77. 78. 79. 80. 81. 82. 83. 84. 85.

AL­JALIEL AL­KARIEM AR­RAQIEB AL­MUJIEB AL­WASI' AL­HAKIEM AL­WADUD AL­MAJIED AL­BA'ITS ASY­SYAHIED AL­HAQ AL­WAKIEL AL­QOWIYU AL­MATIENU AL­WALIYU AL­HAMIED AL­MUHSHI

­ Yang memiliki segala sifat­sifat kebenaran dan kebesaran. ­ Yang Maha Mulia, yang melimpahkan karunia kepada makhluk­makhlukNYA tanpa diminta sebelumnya. ­ Yang Selalu Mengawasi dan Memperhatikan segala sesuatu dan tidak satupun yang luput dari PegawasanNYA. ­ Yang dapat mengabulkan do'a hamba­hamabaNYA. ­ Yang Maha Luas kekayaanNYA dan pemberianNYA kepada hamba­hambaNYA. ­ Yang Maha Bijaksana. ­ Yang Mencintai dan Mengasihi. ­ Yang Maha Mulia dan Maha Besar kemurahanNYa kepada hamba­hambaNYA. ­ Yang Maha Kuasa Membangkitkan siapa saja yang sudah wafat. ­ Yang menyaksikan segala sesuatu. ­ Yang Haq; Yang Maha Benar; Yang Menunjukkan Kebenaran. ­ Yang dapat mengurusi dan menyelesaikan segala urusan hamba­hambaNYA. ­ Yang Maha Kuat lagi Perkasa. ­ Yang Maha Kokoh dan Maha Sempurna kekuatanNYA. ­ Yang Maha Melindungi dan Menolong serta membela hamba­hambaNYA. ­ Yang Patut dipuja dan dipuji. ­ Dengan IlmuNYA yang meliputi segala sesuatu, Dia menghitung dan memelihara segala sesuatu, baik yang besar maupun yang kecil sekalipun, hingga tiada suatupun yang luput dari perhitungan dan pemeliharaanNYA. AL­MUBDI'U ­ Yang menjadikan segala sesuatu dari tiada. AL­MU'IED ­ Yang mengembalikan lagi segala sesuatu yang telah lenyap. AL­MUHYI ­ Yang Maha Kuasa Menghidupkan apapun yang sudah mati. AL­MUMIET ­ Yang Maha Kuasa mematikan apapun yang hidup.. AL­HAYYU ­ Yang Maha Tetap Hidup. AL­QOYYUM ­ Yang berdiri sendiri dan tetap mengurusi makhluk­makhlukNYA. AL­WAAJID ­ Yang Maha Kaya dengan Penemuan dan dapat melaksanakan segala sesuatu yang dikehendaki. AL­MAAJID ­ Yang Mempunyai Kemuliaan dan Maha Tinggi dari segala Kekurangan. AL­WAAHID ­ Yang Maha Tunggal. AL­AHAD ­ Yang Maha Esa. ASH­SHOMAD ­ Yang menjadi tujuan segala makhluk dan tempat meminta sesuatu yang menjadi kebutuhan mereka. AL­QODIR ­ Yang sanggup melaksanakan semua hal yang dikehendaki. AL­MUQTADIR ­ Yang sangat berkuasa, kekuasaanNYA menguasai segala yang kuasa. AL­MUQODDIM ­ Yang Maha Kuasa Mendahulukan. AL­MU'AKHKHIR ­ Yang Maha Kuasa Mengakhirkan. AL­AWWAL ­ Yang pertama adanya sebelum segala sesuatu ada. AL­AAKHIR ­ Yang tetap ada setelah segala sesuatu musnah (berakhir). ADH­DHAHIR ­ Yang dahir ­ Yang dapat dilihat kekuasaanNYA. AL­BATHIN ­ Yang batin ­ Yang tidak dapat dilihat ZatNYA. AL­WAALI ­ Yang mengendalikan dan menguasai segala macam urusan makhluk. AL­MUTA'AAL ­ Yang pencapaianNya berada dipuncak ketinggian yang amat tinggi. AL­BARRU ­ Yang Maha Baik dan membuat segala macam kebajikan. AL­TAUWAAB ­ Yang menerima taubat dan memberi maaf kepada makhluk yang berdosa. AL­MUNTAQIM ­ Yang Maha Kuasa Menindak HambaNYA yang bersalah dengan menyiksa. AL­AFUWWU ­ Yang Maha Memberi Maaf. AR­RO'UF ­ Yang Maha Belas Kasih dan Penyayang. MALIKUL­MULKI ­ Yang memiliki segala kekuasaan di alam ini, dan dengan kekuasaanNYA melaksanakan segala hal yang dikehendaki. DZUL JALAALI wal IKROM­ Yang memiliki sifat kebesaran, Keagungan, Kemuliaan serta Kemurahan.

86. 87. 88. 89. 90. 91. 92. 93. 94. 95. 96. 97. 98. 99.

AL­MUQSITHU AL­JAAMI'U AL­GHONIYYU AL­MUGHNI AL­MAANI'U ADH­DHAARRU ANN­NAAFI'U AN­NURU AL­HAADI AL­BADIE'U AL­BAQI AL­WARITSU AR­ROSYIEDU ASH­SHOBURU

­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­

Yang Maha Adil dalam HukumNYA. Yang dapat mengatur dan mengumpulkan segala sesuatu. Yang tidak membutuhkan sesuatu apapun. Yang dapat memberikan segala kebutuhan makhluk dan Maha Kuasa Memberikan Kekayaan kepada HambaNYA. Yang dapat mencegah dan mempertahankan sesuatu. Yang dapat mendatangkan bahaya dan memberikan kemelaratan. Yang dapat memberikan manfaat. Yang memberi cahaya kepada segala sesuatu. Yang memberi petunjuk. Yang menciptakan alam semesta dalam bentuk yang indah yang belum pernah dibuat oleh siapapun. Yang Maha Kekal WujudNYA. Yang tetap ada setelah segala makhluk tiada. Yang Maha Pandai dan Bijaksana. Yang Maha Sabar.

Nama­nama ini sesuai dengan yang tercantum dalam Hadis­Syarief riwayat Abu Hurairah ra., yaitu Rasulullooh s.a.w. bersabda, "Bagi Allah ada sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, sungguh DIA itu witir (ganjil), barangsiapa yang dapat menghitung (menentukan jumlahnya), maka ia akan masuk surga. Sumber: AT­TAHBIER FIT TADZ KIER oleh ABDUL KARIM BIN HAWAZIN AL­QUSYAIRI (Makna Tersembunyi di balik NAMA­NAMA INDAH). Bila ada yang salah tolong dikoreksi, dan mudah­mudahan bermanfaat bagi kita bersama, amin ya Mujieb ya Robbal Alamin. Billahi taufik walhidayah WW.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->