TUTORIAL

Ilmu Perilaku

. Pane  Roy manurung  Amanda surbakti  Vika asmeta  Ropita sari munthe  Setiawati  Diki sinaga  Aaron franklyn S.A1O  Arita silalahi  Amay sarah anggara  Merillin cahyandini  Januardo abednego  Iance  Imam S.

Kedua orang tuanya kelihatan tidak mempunyai masalah dan keduanya bekerja dengan kedudukan yang lumayan yang mengakibatkan kesibukan yang banyak menyita waktu mereka . Selain itu pemuda ini menjadi sering berbohong. sering mencuri uang orang tuanya. pelajar SMU datang kepraktek dokter diantar oleh orang tuanya dengan keluhan akhir-akhir ini tidak bisa atau mampu untuk berkonsentrasi belajar dan akibatnya dia menjadi sering bolos sekolah.PEMICU seorang pemuda usia 16 tahun.

DEFENISI MASALAH  Tidak bisa/mampu berkonsentrasi belajar  Sering berbohong. mencuri uang orang tua  Kedua orang tuanya terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing .

ANALISA MASALAH  Karena usianya yang masih 16 tahun (masa pubertas)  Kurangnya bimbingan ortu  Pengaruh lingkungan  Stres yang timbul dari kurangnya perhatian ortu  Untuk menutupi masalahnya  Kurangnya komunikasi antara ortu dan anak  Kurang membagi waktu untuk berkumpul bersama keluarga .

GALI KONSEP  Kenakalan remaja .

LEARNING OBJECTIVE  Pembagian periode perkembangan anak  Hubungan antara anggota keluarga dan lingkungan  Cara ortu menghadapi sikap anak yang berada pada masa remaja awal?  Hal-hal apa saja yang diakibatkan oleh kenakalan remaja?  Hal apa saja yang dapat mengakibatkan terjadinya kenakalan remaja?  Pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan kepada pasien?  Apa hubungan kesibukan ortu dengan perilaku anak? .

KUMPULAN INFORMASI 1. Periode perkembangan manusia         Periode dalam kandungan (prenatal) Periode bayi Periode kanak-kanak awal (early childhood) Periode kanak-kanak akhir (late childhood) Periode remaja (adolescence) Periode dewasa awal (early adulthood) Periode dewasa madya (middle adulthood) Periode usia lanjut (late adulthood) .

 Hubungan .

KESIMPULAN Orang tua sangat berpengaruh pada perkembangan anak .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful