P. 1
USG (2)

USG (2)

|Views: 1|Likes:

More info:

Published by: Syukron Ma'mun Haris on Mar 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2014

pdf

text

original

MAKALAH SENSOR & TRANDUSER

“USG”

Disusun Oleh : SUMAWARDI 11.04.061

PROGRAM STUDI D-III TEKNIK ELEKTROMEDIK SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIDYA HUSADA SEMARANG 2012

1

Salah satu contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer. USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik. Baru pada awal tahun 1940. tepatnya sekira tahun 1920-an. gelombang ultrasonik dinilai memungkinkan untuk digunakan sebagai alat mendiagnosis suatu penyakit. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan. prinsip kerja gelombang ultrasonik mulai diterapkan dalam bidang kedokteran. salah satunya adalah USG (Ultra sonografi). Dewasa ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Austria. Dalam hal ini yang dimanfaatkan adalah kemampuan gelombang ultrasonik dalam menghancurkan sel-sel atau jaringan “berbahaya” ini kemudian secara luas diterapkan pula untuk penyembuhan penyakit-penyakit lainnya. Hal tersebut disimpulkan berkat hasil eksperimen Karl Theodore Dussik. seorang dokter ahli saraf dari Universitas Vienna. Misalnya. Penggunaan ultrasonik dalam bidang kedokteran ini pertama kali diaplikasikan untuk kepentingan terapi bukan untuk mendiagnosis suatu penyakit. seorang 2 . Bersama dengan saudaranya. thyrotoxicosis. terapi untuk penderita arthritis. asma. Pada awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemudian bertahun-tahun setelah itu. dan bahkan terapi untuk penderita angina pectoris (nyeri dada). Freiderich. ulcus pepticum (tukak lambung). yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor. haemorrhoids. elephanthiasis (kaki gajah). LATAR BELAKANG Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesat terutama dalam dunia IT (Informatic Technology). bukan lagi hanya untuk terapi.BAB I PENDAHULUAN A.

menyempurnakan alat temuan Dussik. Mereka melakukan investigasi terhadap sel-sel kanker dengan alat ultrasonik. teknologi transduser/alat pemindai digital. Oleh sebab itu mereka kemudian menyebutnya sebagai Tissue Radar Machine (mesin radar untuk deteksi jaringan). 2. dan transrectal. berkolaborasi dengan John Reid. John Julian Wild. Kemudian George Ludwig. dan penentuan jenis kelamin janin dalam kandungan (Fetal Anatomic Sex Assignment/FASA). transduser/alat pemindai jenis Amode transvaginal. B. transduser dua dimensi dan tiga dimensi modern penghasil tampilan gambar jaringan yang lebih fokus. Prinsip alat-alat tersebut mengacu pada sistem radar. ahli fisika Amerika. Dengan menggunakan transduser (kombinasi alat pengirim dan penerima data). ahli bedah Inggris yang bekerja di Medico Technological Research Institute of Minnesota. MASALAH Masalah Yang Akan Dibahas Dalam Makalah Ini Adalah 1. Beberapa hasil penelitian lanjutan yang cukup penting dalam bidang obstetri ginekologi Gantara lain ditemukannya metode penentuan ukuran janin (fetal biometry). hasil pemindaian masih berupa gambar dua dimensi yang terdiri dari barisan titiktitik berintensitas rendah. Tahun 1949. seorang teknisi dari National Cancer Institute.ahli fisika. berhasil menemukan lokasi sebuah tumor otak dan pembuluh darah pada otak besar dengan mengukur transmisi pantulan gelombang ultrasonik melalui tulang tengkorak. Beberapa jenis alat yang dibuat untuk kepentingan investigasi tersebut antara lain B-mode ultrasound. Bagaimana pemanfaatan new media dalam bidang kesehatan? Berapa komponen alat yang di pakai dalam mesin USG? Berapa jenis periksaan kesehatan dengan menggunakan mesin USG? 3 . 3.

Pemanfaatan New Media di bidang kesehatan Komponen alat yang di pakai dalam mesin USG Jenis-jenis pemeriksaan USG 4 . TUJUAN Tujaun dari makalah ini dalah untuk mengetahui: 1. 3.C. 2.

Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat. Gelombang ultrasonic adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bias didengar oleh mausia. sebelumnya kita perlu mengetahui definisi darigelombang ultrasonic itu sendiri. Kelebihan gelombang ultrsonik yang tidak 5 . Seperti yang kita ketahui bahwa dibidang kedokteran. Kemudian gelombang tersebut diproses sedemikian rupa dalam komputer sehingga bentuk tampilan gambar akan terlihat pada layar monitor. Pekembangan New Media Dalam Bidang Kesehatan Ultra sonography Dalam bagian pengantar telah dijelaskan secara singkat mengenai cara kerja dari USG yang mempergunakan alat yang disebut transduser dimana di dalam USG gelombang ultrasonik akan melalui proses sebagai berikut. bersifat langsung dan mudah difokuskan. tetapi pada tekstil dan busa dapat didengar. gelombang akan diterima transduser. Dalam hal in gelombang ultrasonik merupakan gelombang diatas frekuensi suara. pertama. menjadi dasar bekerjanya peralatan MI.BAB II A. Perkembangan tranduser ultrasonik dengan kemampuan resolusi yang baik. yaitu kira-kira diatas 20 kilohertz. USG merupakan suatu metode diagnostik dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Reflektifitas dari gelombang ultrasonik ini dipermukaan cairan hampir sama dengan permukaan padat. diikuti dengan makin majunya teknologi komputer digital serta perangkat lunak pendukungnya. membuat pengolahan citra secara digital dimungkinkan dalam USG. Sebelum membahas lebih jauh tentang USG. tanpa membuat sayatan atau luka (non-invasive). dikenal istilah Ultrasonography (USG). Oleh karena itu USG memerlukan komputer untuk menyempurnakan hasil yang ditampilkan. Ultrasonography adalah salah satu dari Produk teknologi medical imaging yang dikenal sampai saat ini Medical imaging (MI) adalah suatu teknik yang digunakan untuk mencitrakan bagian dalam organ atau suatu jaringan sel (tissue) pada tubuh. cair dan gas. Interaksi antara fenomena fisik tissue dan diikuti dengan teknik pendetektian hasil interaksi itu sendiri untuk diproses dan direkonstruksi menjadi suatu citra (image).

Ketiga. Pemahaman mengani sifat fisik gelombang ultrasonik sangat diperlukan di dalam pemeriksaan USG. Ini adalah komponen yang dipegang dokter atau tenaga medis. transducer. cara pemakaian & cara pemeriksaan alat USG. Alat ini berfungsi mengubah pantulan gelombang suara menjadi gambar di monitor. 3. Untuk memahami efek biologik & segi keamanan dalam penggunaan alat diagnostik USG yang dewasa ini masih perlu dipantau B. Jarak suatu benda yang memanfaatkan delay gelombang pantul dan gelombang datang seperti padasistem radar dan deteksi gerakan oleh sensor pada robot atau hewan. Di dalam transduser terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang yang disalurkan oleh transduser.dapoat didengar. Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang akusitik (gelombang pantulan) sehingga fungsi kristal disini adalah untuk mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang elektronik yang dapat dibaca oleh komputer sehingga dapat diterjemahkan dalam bentuk gambar. monitor. 1. Komponen Dalam Mesin USG Pada prinsipnya. Tugasnya mirip dengan central proccesing unit (CPU) pada komputer personal. Untuk membuat interpretasi gambaran USG & mengenal berbagai gambaran artefak yang ditimbulkan. seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat. Kedua. 6 . bersifat langsung dan mudah difokuskan. Untuk mengetahui prinsip kerja. Alat ini berfungsi memunculkan gambar. Pertama. 2. Transduser Transduser adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa. antara lain : 1. mesin USG sendiri. ada tiga komponen mesin USG. Fungsinya adalah mengalirkan gelombang suara dan menerima pantulannya dan mengubah gelombang akusitik ke sinyal elektronik.

75% adalah molekul air. kemudian berkembang pemanfaatannya untuk keperluan MI.kira lebih dari 20 ribu kali dari kuat medan magnet bumi. sehingga total dari momen magnet tersebut tidak menghasilkan informasi yang dapat dimanfaatkan. Untuk membuat suatu citra jaringan sel yang 7 .2. Mesin USG Mesin USG merupakan bagian dari USG dimana fungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang. Monitor Monitor yang digunakan dalam USG 3. Dalam medan magnet yang relative kuat. Tetapi karena orientasi yang acak. momen magnet tiap atom hidrogen dapat dibuat sejajar dengan arah medan magnet yang digunakan. sehingga menghasilkan momen magnet yang dapat dibayangkan seperti batang magnet yang kecil. dimana atom hidrogen adalah salah satu komponen penyusun molekul air. Karena tiap atom hidrogen secara alami berputar (spinning). kira. karena pada dasarnya tubuh manusia . Mesin USG adalah CPUnya USG sehingga di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sama seperti pada CPU pada PC Cara Usg Merubah Gelombang Menjadi Gambar Dimulai dari pemahaman akan adanya satu interaksi inti atom dengan medan magnet di sekitar tahun 1940-an.

8 . USG 4 Dimensi Sebetulnya USG 4 Dimensi ini hanya istilah untuk USG 3 dimensi yang dapat bergerak (live 3D). Gambar yang tampil mirip seperti aslinya. sementara pada USG 4 Dimensi. Permukaan suatu benda (dalam hal ini tubuh janin) dapat dilihat dengan jelas. Jadi pasien dapat melihat lebih jelas dan membayangkan keadaan janin di dalam rahim. Kalau gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis. 3. untuk memaksa orientasi momen magnet yang telah sejajar berubah dari posisi awal. Beberapa jenis pemeriksaan USG Adapun jenis pemeriksaan USG ada 4 jenis yaitu sebagai berikut 1. 2. Kualitas gambar yang baik sebagian besar keadaan janin dapat ditampilkan. Begitupun keadaan janin dari posisi yang berbeda.diinginkan. pulsa dalam radio frequency (RF) ditrasmisikan dari antena khusus. gambar janinnya dapat “bergerak”. USG 2 Dimensi Menampilkan gambar dua bidang (memanjang dan melintang). USG 3 Dimensi Dengan alat USG ini maka ada tambahan 1 bidang gambar lagi yang disebut koronal. C. Ini dimungkinkan karena gambarnya dapat diputar (bukan janinnya yang diputar).

USG Doppler Pemeriksaan USG yang mengutamakan pengukuran aliran darah terutama aliran tali pusat.Berikut ini adalah gambar USG 4 dimensi 4. .Doppler arteri umbilikalis. Berikut adalah salah satu gambar hasil digital color Doppler USG 9 . .Gerak napas janin (minimal 2x/10 menit). .Reaktivitas denyut jantung janin.Indeks cairan ketuban (normalnya 10-20 cm).Tonus (gerak janin). Alat ini digunakan untuk menilai keadaan/kesejahteraan janin. . Penilaian kesejahteraan janin ini meliputi: .

Melihat fungsi dan cara kerja USG. dapat dikatakan bahwa kinerja USG identik dengan scanner secara umum yang membedakan hanyalah data yang diterima. 10 . USG menerima data berupa gelombang sedangkan scanner menerima data berupa barang.

USG menerima data berupa gelombang sedangkan scanner menerima data berupa barang. dapat dikatakan bahwa kinerja USG identik dengan scanner secara umum yang membedakan hanyalah data yang diterima.BAB III KESIMPULAN Melihat fungsi dan cara kerja USG. 11 .

uns.com http://elis.ac.blog.id/2009/09/30/pemanfaatan-gelombang-ultrasonik-dalam-usg/ 12 .google.DAFTAR PUSTAKA www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->