P. 1
40799552-Injeksi-Gas-CO2

40799552-Injeksi-Gas-CO2

|Views: 1|Likes:
Published by Andriani Rini

More info:

Published by: Andriani Rini on Apr 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

Anggota Kelompok  Yanuar Kristiawan  Rafki Abdul Rasyid  Endra Kusuma  Aldriek Douglas (113080065) (113080084) (113080090) (113080094) .

* Mekanisme Injeksi CO2 * Sifat – sifat CO2 * Sumber Gas CO2 * Kelebihan dan Kekurangan injeksi CO2 .

.

 Proses pelaksanaannya sama seperti pada proses EOR lainnya. yaitu dengan menginjeksikan sejumlah gas CO2 yang telah direncanakan melalui sumur-sumur injeksi yang telah ada. . kemudian minyak yang keluar diproduksikan melalui sumur produksi. Mekanisme dasar injeksi CO2 adalah bercampurnya CO2 dengan minyak dan membentuk fluida baru yang lebih mudah didesak dari pada minyak reservoir awal.

 Injeksi slug CO2 diikuti air  Injeksi slug CO2 dan air secara bergantian  Injeksi slug CO2 dan air secara simultan .Ada 4 jenis mekanisme injeksi CO2  Injeksi CO2 secara kontinyu selama proyek berlangsung.

.

01 g mole  Tekanan Kritis : 1073 psia  Temperatur Kritis : 87. berbentuk cairan pada tekanan 300 Psia dan temperatur 100°F. dan berbentuk padatan (dry ice) pada temperatur yang sangat rendah.  Berat Molekul : 44.cair.8 °F  Densitas (0°F. Jika tekanan diturunkan sampai dibawah tekanan saturasi akan berbentuk sebagai gas. CO2 termasuk zat tiga fasa (gas.5 lb/gal . 300 psia) : 8. atau padat).

Molekul CO2 .

.

.

sedangkan yang lainnya seperti hidrogen sulfida berbahaya dan berbau serta menimbulkan permasalahan lingkungan. . Gas yang tersedia juga harus relatif murni sebab beberapa gas seperti metana dapat meningkatkan tekanan yang diperlukan untuk bercampur. baik yang berasal dari sumur yang memproduksi gas CO2 yang relatif murni ataupun yang berasal dari pabrik yang mengolah gas hidrokarbon yang mengandung banyak CO2 sebagai kontaminan.  Sumber yang lain adalah kumpulan gas (stack gas) dari pembakaran batubara (coal fired).  Sumber CO2 alami adalah yang tebaik.

.1977).  Gas CO2 yang dilepaskan dari pabrik amonia cenderung dapat dikumpulkan dalam sebuah area industrial yang tersedia. Alternatif lain adalah gas yang dilepaskan dari pabrik amonia.  Tidak memerlukan pemurnian. Beberapa kelebihan sumber tersebut adalah :  Pabrik amonia dan lapangan minyak yang dapat didirikan berdekatan. karena CO2 yang diperoleh mempunyai kemurnian 98 % (Pullman kellog.

.

4. 1. 2. 3. Injeksi CO2 bertindak sebagai solution gas drive sekalipun fluida tidak bercampur sempurna. Permukaan fluida campur (miscible front) jika rusak akan memperbaiki diri. penguapan dan pemindahan kromatologi. Membentuk fluida bercampur dengan minyak karena ekstraksi. .Kelebihan Injeksi CO2 mengembangkan minyak dan menurunkan viskositas.

CO2 mudah larut di air menyebabkan air mengembang dan menjadikannya bersifat agak asam. 7. 8. CO2 akan bercampur dengan minyak yang telah berubah menjadi fraksi C2-C6. 9. . CO2 dapat diperoleh dari gas buangan atau dari reservoir yang mengandung CO2. CO2 merupakan zat yang tidak berbahaya. gas yang tidak mudah meledak dan tidak menimbulkan problem lingkungan jika hilang ke atmosfir dalam jumlah yang relatif kecil.5. 6. Ketercampuran/miscibility dapat dicapai pada tekanan diatas 1500 psi pada beberapa reservoir.

Setelah fluida tercampur terbentuk.Kekurangan Kelarutan CO2 di air dapat menaikkan volume yang diperlukan selama bercampur dengan minyak. . viskositas minyak lebih rendah dari pada minyak reservoir sehingga menyebabkan fingering dan penembusan yang belum waktunya. 2. 3. 1. Untuk mengurangi fingering maka diperlukan injeksi slug water. Viskositas yang rendah dari setiap gas CO2 bebas pada tekanan reservoir yang rendah akan menyebabkan penembusan yang lebih awal pada sumur produksi sehingga mengurangi effisiensi penyapuan.

Sumber CO2 biasanya tidak diperoleh ditempat yang berdekatan dengan proyek injeksi CO2 sehingga memerlukan pemipaan dalam jarak yang panjang. 7. Diperlukan injeksi dalam jumlah yang besar (5 – 10 MCF gas untuk memproduksi satu STB minyak). CO2 dengan air akan membentuk asam karbonik yang sangat korosif. . 6. Injeksi alternatif slug CO2 dan air memerlukan sistem injeksi ganda dan hal ini akan menambah biaya dan kerumitan sistem. 5.4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->