You are on page 1of 2

BAB I PENDAHULUAN

A. Skenario ADUH... NENEKKU JATUH Seorang wanita, geriartri, dengan berat badan 55 kg, Tb 153 cm, tiba-tiba jatuh. Nafsu makan menurun, keinginan untuk minum berkurang. Sejak 3 hari yang lalu lutut kanan pasien terasa sakit jika di gerakkan sehingga pasien kesulitan berjalan, dan sering bengka-bengkak pada kedua kaki. Penderita juga mengeluhkan mata kabursejak usia 60 tahun, dan pendegaran sudah mulai berkurang. Penderita selama ini tinggal sendirian di rumah dengan pencahayaan kurang. Tiga tahun ini penderita sering lupa. Pada pemeriksaan fisik di dapatkaaannn tekanan darah 190/80 mmHg. Pada hasil laboratorium kadar gula darah sewaktu 250mg/dl, hb= 8,1 gr%, kreatin 2,3 mg/dl. Hasil pemeriksaaan rutin: proteinuria +2. Terapi yang didapat adalah meloxicam 2x 75 mg dan dexametasom 3 x 1 tablet, antalgin 3x1 tablet untuk mengurangi rasa nyeri, bisoprolol 1x10 mg, furosemid 1-0-0. B. Rumusan Masalah 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Bagaimana proses menua? Fisologi menua? Patofisologi dari keluhan yang di derita pasien? Interpretasi dari hasil pemerikasaan laboratorium pasien? Apakah terapi yang di berikan sudah tepat? Hipertensi, osteoartitis dan diabetes melitus pada geriartri? Farmakodinamik dan farmakokinetik dari kortikosteroid?

C. tujuan Penulisan 1. 2. 3. 4. Mengetahui proses penuaan. Menjelaskan patofisiologi dari proses penuaan. Menjelaskan interpretasi dari pemerikasaan klinis. Menjelaskan hipertensi, osetoartitis pada geriartri.

D. Manffat penulisan 1. Mahasiswa mengetahui proses penuaan 2. Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaaan klinis pada geriartri. 3. Mahasiswa mampu menyusun data dari symptom, pemeriksaan fisik, prosedur klinis dan pemeriksaaan laboratorium untuk mengambil kesimpulan suatu diagnosis penyakit gerarti. 4. Mahasiswa dapat merancang manajemen penyakit geriarti. 5. Mahasiswa dapat merancang tindakan preventif penyakit geriatri dengan mempertimbangankan faktor pencetus.