You are on page 1of 4

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS) JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UMM SEMESTER GENAP 2012/2013 A. Identitas Matakuliah 1.

Matakuliah 2. Sandi 3. Kredit/Jam Semester 4. Disajikan pada jenjang 5. Sifat Matakuliah 6. Matakuliah prasyarat 7. Nama dosen pengampu : : : : : : : Pengantar Bioteknologi BIO 2/2 S-1 Pendidikan Biologi MKK Mikrobiologi, Biologi sel, Akhmad Sukri, S.Pd.,M.Pd.

B. Standar Kompetensi: Memahami hakikat dan prinsip-prinsip Bioteknologi sebagai ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. C. Kompetensi Dasar: 1. Menjelaskan prinsip-prinsip dan pengembangan bioteknologi. 2. Menjelaskan prinsip-prinsip bioteknologi di bidang farmasi dan kedokteran, pertanian, peternakan, lingkungan, mikroba, akuakultur, pangan dan gizi dan manfaatnya bagi kesejahteraan manusia. 3. Mengkaji masalah-masalah dalam bioteknologi yang berkaitan dengan agama, etika dan sosial-budaya. D. Deskripsi Materi: Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bioteknologi dan aplikasinya di bidang farmasi dan kedokteran, pertanian, peternakan, lingkungan, mikroba, akuakultur, pangan dan gizi dan manfaatnya bagi kesejahteraan manusia. E. Pelaksanaan Perkuliahan 1. a. Metode perkuliahaan Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Klarifikasi. b. Sumber Belajar Buku teks, jurnal hasil penelitian, informasi dalam publikasi online. 2. Pengalaman Belajar a. Tatap muka 16 x 2 jam kuliah b. Tugas terstruktur 1. Membuat makalah 2. Membuat artikel c. Tugas Mandiri Akses internet F. Kepustakaan 1. Thieman, W. J. and Palladino, M. A. 2004. Introduction of Biotechnology. San Francisco: Pearson Benjamin Cummings. 2. Clark, D.P.,& Pazdernik, N.J. 2012. Biotechnology. USA: APCell Press.

G. Rencana Kegiatan Perkuliahan

klarifikasi Presentasi. klarifikasi 6 7 KUIS Bioteknologi di bidang Peternakan Presentasi. Metode yang digunakan dalam tanaman transgenik (kloning tanaman. Transformasi sel bakteri dan seleksi antibiotik dari bakteri rekombinan 3. informasi asesmen Pengantar bioteknologi Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Ceramah. Aplikasi praktis di lapangan (vaksin untuk tanaman. teknik resistensi herbisida pada tanaman) 3. klarifikasi . Produksi antibodi Ceramah dan diskusi Presentasi. diskusi. Kloning hewan (kelebihan dan kekurangan) 2. vaksin. Pengenalan kloning gen manusia 4. Pengenalan gen dan genom 1. Tanaman transgenik bagi kesehatan manusia 1. Elektroforesis gel 5. diskusi. Menjelaskan pembuatan antibodi. tanya jawab 2 3 Pengenalan teknologi DNA rekombinan 4 Bioteknologi di bidang Farmasi dan kedokteran 5 Bioteknologi di bidang pertanian 1. Menjelaskan proses terapi gen pada manusia 3. Pengertian dan tipe-tipe bioteknolgi 2. Enzim restriksi dan DNA plasmid sebagai vektor 2. PCR (Polymerase Chain Reaction) 1. gene guns. informasi strategi sajian. diskusi. fusi protoplas.Pertem -uan ke 1 Topik Pengantar perkuliahan: Informasi kurikulum dan hand-out. pestisida genetik. Sejarah. diskusi. klarifikasi Presentasi. Leaf fragment technique. Menjelaskan teknologi stem sel 1. dan berbagai hormon melalui teknologi DNA rekombinan 2. Teknik-teknik dalam transgenik Hewan 3. teknik kloroplast dan teknologi antisense) 2.

3. manusia pada hewan (antibodi monoklonal) Mikroorganisme sebagai alat (enzim mikroba. etika dan sosial-budaya Menjelaskan proses pengolahan makanan melalui pemanfaatan mikroorganisme (bioteknologi konvensional) seperti 1. Pengenalan bioteknologi di bidang akuatik 2. diskusi. klarifikasi Presentasi. klarifikasi Presentasi. klarifikasi . biosensor. mentega Presentasi. diskusi. diskusi. tranformasi bakteri. protein terapeutik. klarifikasi 10 11 UTS Bioteknologi di bidang Aquakultur 12 Tinjauan Bioteknologi dari sudut Agama. klarifikasi Presentasi. 9 Bioteknologi di bidang Lingkungan 1. environmental remidiation) Mengkaji masalah-masalah dalam bioteknologi yang berkaitan dengan agama. Aplikasi medis bioteknologi akuatik (obat-obatan dari laut. Sosial dan Budaya Bioteknologi di bidang Pangan dan Gizi 13 1.8 Bioteknologi mikroba 1. Engineering E. dan biosensors) Presentasi. kloning dan teknik ekpresi) Penggunaan mikroba dalam berbagai aplikasi (produksi makanan. diskusi. 2. Pengolahan produk susu (yoghurt. 2. 4. Aplikasi lingkungan bioteknologi akuatik (antifouling agent. keju. monitoring kesehatan dan penyakit manusia) dan non medis (bimasa dan bioprosesing) 3. diskusi. Mikroba sebagai senjata biologis Pengenalan bioremidiasi Dasar-dasar bioremidiasi Strategi bioremidiasi tanah dan air Aplikasi berbagai jenis bakteri untuk membersihkan lingkungan (PetroleumEating Bacteria. 3. coli to clean heavy metals.

siapa yang menjawab dan jawaban yang diberikan. Tentukan: siapa penyaji. 4. DAFTAR ISI. Masing-masing dapat berfungsi ganda (dalam arti sebagai penjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lain). BAB III (Pembahasan). 15 16 Rangkuman materi UAS dan sebagainya) 2. pertanyaan yang diajukan. Hasil sajian dilaporkan dalam bentuk makalah yang berisi COVER (Judul Tulisan. Pada saat penyajian: a. Menjelaskan teknikteknik dasar rekayasa genetika dan Human Genome Project 2. melalui sajian makalah dan tampilan pada saat presentasi serta keaktifan dalam setiap kegiatan diskusi. Catat: nama penanya. Etika dan rekayasa genetik Seluruh bab Presentasi. 16 Januari 2013 Akhmad Sukri. Artikel dapat berupa materi-materi dalam perkuliahan atau masalah-masalah bioteknologi yang sedang update untuk dibahas. Setiap individu dan kelompok akan dinilai secara autentik. 2. BAB I (Latar Belakang. klarifikasi Ceramah. b. tape. moderator dan sekretaris kelompok. dan BAB IV (Kesimpulan dan Saran) dan DAFTAR RUJUKAN. Anggota Kelompok). diskusi. Good luck semoga sukses!! Malang. dan publikasi online yang dapat dipercaya. c. kecap. Pemanfaatan teknologi dalam pengolahan makanan (poin1 dan 2) 1. Format penilaian kinerja dan seluruh penilaian perkuliahan dapat dilihat pada Lampiran 1. anggur) 3. 5. Rumusan Masalah dan Tujuan Penulisan). Tugas terstruktur berupa artikel dikumpulkan setelah selesai perkuliahan selama satu semester. Bahan sajian (dalam bentuk abstrak) harus sudah diterima oleh peserta diskusi selambatlambatnya 3 hari sebelum sajian. uji apakah jawabanya saudara benar atau tidak setelah penyajian. Artikel berupa kajian kepustakaan yang ditunjang dengan minimal 5 sumber rujukan jurnal nasional dan bila perlu jurnal internasional. Sumber rujukan harus berasal dari buku teks. BAB II (Kajian Pustaka). M. improvisasi Catatan: 1.14 Teknik-teknik dasar Rekayasa Genetika dan Human Genome Project. diskusi. 3. Produk makanan non susu (tempe.Pd. . artikel dalam jurnal.