Oleh: Joko Prima Atmaja Rio Putra Pratama

dapat diterima dan dijangkau oleh masyarakat  Penilaian Kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja/ prestasi Puskesmas . merata. Puskesmas adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh. terpadu.

3. 2. . Informasi analisis kinerja Puskesmas dan bahan masukan dalam penyusunan rencana kegiatan Puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten/ kota untuk tahun yang akan datang. Mendapatkan gambaran tingkat pencapaian hasil cakupan dan mutu kegiatan serta manajemen Puskesmas pada akhir tahun kegiatan.  Tujuan Khusus 1. Mengenai pencatatan dan pelaporan evaluasi kinerja Puskesmas. Tujuan Umum kinerja Puskesmas Mengetahui dan menganalisis evaluasi di Puskesmas Putri Ayu.

Dinas kesehatan kabupaten/ kota dapat menetapkan dan mendukung kebutuhan sumberdaya Puskesmas dan urgensi pembinaan Puskesmas  . Menetapkan tingkat urgensi suatu kegiatan 4). mengetahui tingkat pencapaian (prestasi) kunjungan dibandingkan dengan target yang harus dicapainya. Melakukan identifikasi dan analisis masalah 3). 2).Manfaat Evaluasi Kinerja Puskesmas 1).

 Penetapan .target Puskesmas: Target Puskesmas yaitu tolok ukur dalam bentuk angka nominal atau persentase yang akan dicapai Puskesmas pada akhir tahun.

 Waktu pelaksanaan penilaian di Puskesmas dan DINKES Kab/Kota: o Pra Penilaian Kinerja Puskesmas o Penilaian Kinerja Puskesmas o Pasca Penilaian Kinerja Puskesmas .

 Cara Pengumpulan Data a. Pemeriksaan/ pengecekan catatan/ notulen . Data dalam laporan evaluasi kinerja puskesmas Putri Ayu b.

Data hasil pengukuran/ penilaian mutu pelayanan Puskesmas . 2. 1. Jenis Data: Data pencapaian hasil kegiatan Puskesmas Data pelaksanaan Puskesmas 3.

Komponen mutu pelayanan Puskesmas . Komponen pelaksanaan pelayanan kesehatan yang terdiri dari b. Komponen manajemen Puskesmas c. Pengumpulan Data 2.Teknis Pelaksanaan 1. Pengolahan Data Variabel Penilaian a.

Kategori Kinerja Kurang  Promosi Kesehatan  Kesehatan IBU.Kategori Kinerja Baik  Kesling  Upaya kesehatan lanjut usia  Upaya kesehatan mata 2. Identifikasi Masalah Dan Alternatif Pemecahan Masalah 1. Anak dan KB  Upaya perbaikan gizi masyarakat  Upaya pencegahan pemberantasan dan penyakit menular .

Anak dan KB ◦ Pelayanan keluarga berencana (32.87 %) .19 %)  Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular ◦ Penderita positif malaria yang diobati sesuai standar (8. Promosi kesehatan ◦ Penyuluhan Prilaku Hidup Sehat (25.54 %)  Upaya perbaikan gizi masyarakat ◦ Balita naik BB nya (30.51 %)  Kesehatan IBU.42 %) ◦ Bayi mendapat asi eksklusif (26.

 Tidak semua evaluasi kinerja Puskesmas berada dalam 1 laporan pencatatan. Semua pencatatan dan pelaporan evaluasi kinerja Puskesmas pada tiap program berjalan cukup baik. Masalah atau kendala yang dihadapi berupa satu orang tidak hanya bertanggung jawab terhadap satu bagian saja oleh karena itu sering terjadi  terlambatnya pengumpulan data ke bagian sistem informasi komputer (SIK). .

. Untuk mengatasi masalah atau kendala yang dihadapi dalam pembuatan evaluasi kinerja Puskesmas di Tanjung Pinang sebaiknya diberikan pelatihan. sanksi atau pun penambahan petugas agar pembuatan evaluasi kinerja puskesmas berjalan dengan sesuai dan tepat waktu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful