Effect of Support on the Photocatalytic Degradation of Textile Effluents Using Nb2O5 and ZnO: Photocatalytic Degradation of Textile Dye

Oleh: F.F. Brites; V.S. Santana; dan N.R.C Fernandes-Machado

PENDAHULUAN Industri Tekstil berkembang pesat Kebutuhan zat warna semakin bertambah Metode Baru Advanced Oxidation Processes (AOPs) melibatkan aktivasi semikonduktor Salah satunya Fotokatalis TiO2 AOPs menggunakan energi cahaya untk menghasilkan intermediet yg reaktif dgn potensi oksidasi/reduksi yg tinggi. kemudian menyerang/ menghancurkan senyawa yg mencemari Zat warna nonbiodegradable. beban organik beracun dan volume limbah besar Kelemahannya partikelnya sangat kecil dan terbatas pada sebagian besar limbah kertas Pengolahan Konvensional ZnO dan Nb2O5 memiliki band gap mirip TiO2 serta Nb2O5 lebih aktif untuk limbah cair Pengaruh pendukung pada Degradasi Fotokatalitik dari Limbah Tekstil Menggunakan ZnO dan Nb2O5: Degradasi Fotokatalitik Zat .

Untuk mengetahui Analisis Uji Fotokatalitik 3. Untuk mengetahui Karakterisasi Fotokatalis 2. Untuk Mengetahui Kinetika Reaksi Fotokatalitik .TUJUAN 1.

Preparasi dan Karakterisasi Fotokatalis 3. Preparasi Limbah Sintesis 2.1. Uji degradasi Fotokatalitik Effect of Support on the Photocatalytic Degradation of Textile Effluents Using Nb2O5 and ZnO: Photocatalytic Degradation of Textile Dye .

Preparasi Limbah Sintesis Larutan Encer Reaktif Biru 222 (0-10 mg/L) Penentuan kurva kalibrasi antara konsentrasi dan absorbansi Larutan Encer Reaktif Biru 222 (10 dan 100 mg/L) Uji fotokatalitik .

Preparasi dan Karakterisasi Fotokatalis Preparasi Katalis Nb2O5 Asam niobik ditambahkan Preparasi Katalis ZnO Zink nitrat dilarutkan Larutan asam oksalat 0.5 mol/L diagitasi pada 70oC Wet Impregnation Air deionisasi Menghasilkan 4 katalis Nb2O5/CA Nb2O5/NaX ZnO/CA ZnO/NaX Kalsinasi pada 500oC selama 5 jam Adsorpsi Fisik N2 Analisis Tekstural Difraksi XRD .

Uji Degradasi Fotokatalitik Lampu Uap merkuri 250 W tanpa penutup kaca (pada bagian atas reaktor) Katalis 0.5 gram (pada bagian bawah reaktor) Pewarna reaktif biru BF (10 dan 100 mg/L) 500 mL diiradiasi selama 30 menit dalam Reaktor Gelas Pirex Suhu di pertahankan sekitar 280 C Setelah itu pH di ukur dengan pH meter digital dan dikumpulkan disaring dengan membran milipori dan dianalisis dengan UV-VIS pada 614 nm dan antara 200-800 nm Sampel .

Effect of Support on the Photocatalytic Degradation of Textile Effluents Using Nb2O5 and ZnO: Photocatalytic Degradation of Textile Dye .

Karakterisasi Fotokatalis Tabel 1. Sifat Tekstural Katalis dan Pendukungnya .

Pola XRD dari katalis dengan CA . Pola XRD dari katalis dengan Zeolit NaX Gambar 2.Karakterisasi Fotokatalis Gambar 1.

Degradasi Fotokatalitik Larutan Zat warna 10 mg/L menggunakan ZnO/NaX dan ZnO/CA .Analisis Uji Fotokatalitik Gambar 3. Degradasi Fotokatalitik Larutan Zat warna 10 mg/L menggunakan Nb2O5/NaX dan Nb2O5/CA Gambar 4.

Degradasi Fotokatalitik Larutan Zat warna 100 mg/L menggunakan ZnO/NaX dan ZnO/CA .Analisis Uji Fotokatalitik Gambar 5.

Analisis Uji Fotokatalitik Gambar 5. Degradasi Fotokatalitik Larutan Zat warna 100 mg/L menggunakan ZnO/NaX dan ZnO/CA .

Spektra UV VIS sampel larutan 100 mg/L dengan katalis ZnO/NaX 5% . Spektra UV VIS sampel larutan 10 mg/L dengan katalis ZnO/NaX 5% Gambar 7. Spektra UV VIS sampel larutan 10 mg/L dengan katalis ZnO/CA 5% Gambar 8.Analisis Uji Fotokatalitik Gambar 6.

Setelah integrasi. itu menjadi: Tabel 2 menyajikan hasil percobaan yang dilakukan dengan zat warna sintetis pada konsentrasi 10 mg/L yang dikuti kinetika reaksi orde pertama-semu. hukum laju dapat disederhanakan mengingat bahwa KC dan kinetika dapat dianggap sebagai laju orde pertama : Dimana kap adalah konstanta laju dari reaksi orde pertama-semu.Kinetika Reaksi Fotokatalitik Untuk larutan encer (≤50 mg/L). .

. itu menjadi: Tabel 3 menyajikan hasil percobaan yang dilakukan dengan zat warna sintetis pada konsentrasi 100 mg/L yang dikuti kinetika reaksi orde nol.Kinetika Reaksi Fotokatalitik Untuk larutan terkonsentrasi. Hukum laju dapat disederhanakan mengingat KC>>1 dan kinetika dapat dianggap sebagai orde nol: Dimana kap adalah konstanta laju dari reaksi orde pertama-semu. Setelah integrasi.

mengikuti kinetika orde nol. . Nb2O5/NaX mereduksi warna hanya 60% untuk larutan 10 mg/L. Karbon aktif kurang efektif dalam fotodegradasi zat warna. 3.1. Larutan encer lebih mudah terdegradasi. sedangkan degradasi larutan yang lebih pekat. yang berperan dalam adsorpsi air. mengikuti kinetika reaksi orde pertama-semu. karena mampu mendegradasi zat warna tekstil sebesar 98% dan 50% untuk larutan 10 dan 100 mg/L. 2. sedangkan NaX menunjukkan aktivitas fotokatalis tinggi karena kadar aluminium tinggi. Sifat hidrofilik dari zeolit meningkatkan pembentukan radikal hidroksil dari OH-(produksi hidrogen peroksida pada permukaan katalis). meskipun luas permukaan yang besar. ZnO/NaX lebih efisien untuk fotokatalitik.