DEMOKRASI

SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

KHAIRUL KHATAMY

dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak. tirani dan juga demokrasi. kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik. Negara kota tersebut memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda.500 negara kota (poleis) yang kecil dan independen. Dalam demokrasi tersebut. yang diketahui oleh hampir semua orang. tidak ada perwakilan dalam pemerintahan sebaliknya setiap orang mewakili dirinya sendiri dengan mengeluarkan pendapat dan memilih kebijakan. Paket pembaruan konstitusi yang ditulisnya pada 594 SM menjadi dasar bagi demokrasi di Athena namun Solon tidak berhasil membuat perubahan. Sedang demokrasi adalah keputusan berdasarkan suara terbanyak. Berbicara mengenai demokrasi adalah memperbincangkan tentang kekuasaan. Diantaranya terdapat Athena. melawan siapapun yang berusaha melanggar hakhak itu.Penggagas dari demokrasi tersebut pertama kali adalah Solon.000 penduduk Athena. penduduk Athena di Yunani membentuk sistem pemerintahan yang merupakan cikal bakal dari demokrasi modern. bentuk sederhana dari demokrasi telah ditemukan sejak 4000 SM di Mesopotamia. seorang penyair dan negarawan. hanya seperlimanya yang dapat menjadi rakyat dan menyuarakan pendapat mereka. Ia adalah sistem manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia. bangsa Sumeria memiliki beberapa negara kota yang independen. seorang bangsawan Athena.Ketika itu.Yunani kala itu terdiri dari 1. Pelaku utama demokrasi adalah kita semua. setiap orang yang selama ini selalu diatasnamakan namun tak pernah ikut menentukan. monarki. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi. negara kota yang mencoba sebuah model pemerintahan yang baru masa itu yaitu demokrasi langsung. Sejarah demokrasi Sebelum istilah demokrasi ditemukan oleh penduduk Yunani. . ada yang oligarki. Menjaga proses demokratisasi adalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki. atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. dan untuk rakyat. Demokrasi pada dasarnya adalah aturan orang (people rule). menjaga hak-hak itu agar siapapun menghormatinya.Di setiap negara kota tersebut para rakyat seringkali berkumpul untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan keputusan pun diambil berdasarkan konsensus atau mufakat. oleh rakyat. Barulah pada 508 SM. Namun dari sekitar 150.DEMOKRASI Demokrasi adalah sebuah pemerintahan dari rakyat. Demokrasi baru dapat tercapai seratus tahun kemudian oleh Kleisthenes.

Selain itu. seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka. .Di era modern sistem ini menjadi tidak praktis karena umumnya populasi suatu negara cukup besar dan mengumpulkan seluruh rakyat dalam satu forum merupakan hal yang sulit.Sistem demokrasi langsung digunakan pada masa awal terbentuknya demokrasi di Athena dimana ketika terdapat suatu permasalahan yang harus diselesaikan. Demokrasi perwakilan atau tidak langsung Dalam demokrasi perwakilan.Dalam sistem ini. sistem ini menuntut partisipasi yang tinggi dari rakyat sedangkan rakyat modern cenderung tidak memiliki waktu untuk mempelajari semua permasalahan politik negara.Bentuk-bentuk demokrasi Secara umum terdapat dua bentuk demokrasi yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi.[5] Demokrasi langsung Demokrasi langsung merupakan suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. seluruh rakyat berkumpul untuk membahasnya.

Persamaan di depan hukum. Hak-hak minoritas.Prinsip-prinsip demokrasi. dapat ditinjau dari pendapat Almadudi yang kemudian dikenal dengan "soko guru demokrasi". Pembatasan pemerintah secara konstitusional. ekonomi. prinsip-prinsip demokrasi adalah: Kedaulatan rakyat. . kerja sama. dan politik. Nilai-nilai toleransi. Jaminan hak asasi manusia.Prinsip-prinsip demokrasi Rakyat dapat secara bebas menyampaikan aspirasinya dalam kebijakan politik dan sosial.Menurutnya. Pluralisme sosial. adil dan jujur. pragmatisme.Prinsip demokrasi dan prasyarat dari berdirinya negara demokrasi telah terakomodasi dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proses hukum yang wajar. dan mufakat. Pemilihan yang bebas. Kekuasaan mayoritas. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful