You are on page 1of 2

Analisa Rangkaian Pre Amp Mic

Rangkaian pre amp mic berfungsi sebagai penguat sinyal/tegangan , pada rangkaian diatas merupakan rangkaian pre amp mic dengan sinyal input berupa microphone dynamic , transistor yang digunakan menggunakan tipe C945 , dengan β = 10 , dan RE = 0 . Dengan kata lain perbesaran yang dilakukan sebesar 10 , gambar gelombang dapat dilihat dibawah ini : Frekuensi = 1Khz :

Dapat dilihat pada grafik diatas , gambar gelombang input lebih kecil dari gelombang output , terjadi perbesaran pada gelombang output . Tetapi geombang output membalik fase 180 derajat , atau dapat dikatakan sebagai negatif feed back . Terdapat sebuah potensiometer

yang berfungsi untuk mengatur perbesaran gelombang , yang sering kita ketahui sebagai volume suara , besar atau kecil . Untuk kapasitor keramik yang berada pada sumber input , digunakan untuk memblok tegangan DC , supaya tidak terjadi distorsi, kemudian pada kaki kolektor terdapat kapasitor elektrolit yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerugian gelombang output akibat adanya arus DC . Kapasitor terakhir , berfungsi meregulasi gelombang , sehingga distorsi yang terjadi tidak terlalu besar .