.

mengapa harga Premium dan Solar kali ini harus naik. Namun. yaitu Rp 4. tentu Pemerintah menghindari kebijakan yang tidak menyenangkan banyak orang ini.Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar Menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sudah pasti mengundang protes. jauh lebih rendah daripada harga pokoknya. Pemerintah harus menambal kekurangan itu dengan mengambil uang (subsidi) dari Anggaran Pendapatan Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 1 . Berikut ini adalah penjelasan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang memenuhi pikir­ an banyak orang. Banyak orang menilai.500 per liter. mau tak mau Pemerintah terpaksa mengambil langkah yang tidak populer demi kepentingan yang lebih besar. Jika mungkin. pada suatu kondisi tertentu seperti saat ini. Ini adalah kebijakan yang sangat tidak populer. keputusan itu tidak berpihak pada rakyat banyak atau kaum papa. 1. Mengapa pemerintah menaikkan harga Premium dan Solar? Harga jual Premium dan Solar saat ini.

Sedangkan konsumsi Solar dan Premium juga meningkat dari 35. pengeluaran itu akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk keperluan lain. Kenyataannya. Akibatnya. subsidi akan menggelembung di luar kemampuan anggaran nega­ ra. Jika harga minyak dunia terus naik.17 per barel. masyarakat yang kurang mampu bukan konsumen Premium maupun Solar yang terbesar. infrastruktur lain yang sangat diperlukan masyarakat atau untuk peningkat­ an pelayanan pendidikan. Harga minyak dunia dan konsumsi dalam negeri yang semakin melonjak tinggi belakangan ini membuat subsidi untuk Premium dan Solar menjadi semakin besar. Dalam menghitung APBN 2012.dan Belanja Negara (APBN).8 juta kiloliter pa­ da 2010 menjadi 38. dermaga. misalnya pembangunan ja­ lan. subsidi untuk Solar dan Premium sepanjang 2012 akan melonjak dari Rp 123. Pemerintah dan DPR menyepakati harga minyak mentah Indonesia sebesar US$ 90 per barel sebagai patokan. Sebab. Masyarakat yang kurang mampu akan menikmati manfaat lebih besar jika harga Premium dan Solar lebih tinggi.1 triliun. kapal perintis.5 juta kiloliter pada 2011 lalu. Padahal. selama Februari ra­ ta­rata harga minyak mentah Indonesia saat ini sudah US$ 122. jembatan. 2 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar .6 triliun menjadi Rp 191.

Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 3 .

yang bilangan ok­ tannya lebih tinggi dan oleh karenanya kualitasnya lebih baik. Di bawah ini adalah perbandingan harga Premium dengan harga ba­ han bakar serupa di beberapa negara tetangga. Memangnya harga Premium dan Solar di Indonesia lebih murah dibanding dengan harga di negara-negara lain? Karena ada subsidi. harga jual Premium dan Solar di dalam negeri jauh lebih murah daripada harga barang yang se­ rupa di negara­negara tetangga. 2. 4 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Yang mendapatkan manfaat dari subsidi adalah para penyelundup dan penyeleweng.Harga jual Solar dan Premium yang terlalu rendah diban­ ding harganya di luar negeri juga cenderung mendorong penyelundupan dan penyelewengan Solar dan Premium yang seharusnya diperuntukkan konsumen dalam negeri. Itu sebabnya. para pe­ nyelundup justru menikmati perbedaan harga ini seraya merugikan keuangan negara dan kita semua. Memang ada perbedaan kualitas antara bensin yang dijual di sini dengan bensin di beberapa negara itu. Namun. sama halnya dengan Premium di Indonesia. bensin di negara tetangga yang diperban­ dingkan adalah bensin berkualitas terendah yang terse­ dia di pasar.

Namun. pada saat yang sama pengeluaran negara juga turut melonjak.500 Rp 5.3 triliun1. se­ 1 Peningkatan pengeluaran ini berasal dari kenaikan subsidi BBM sebesar Rp 2.90 Baht 41.50 S$ 2.147 Rp 15.37 triliun.51 P 56. yakni Rp 4. dengan asumsi kurs Rp 9. Perhitungannya.753 Rp 12. Namun kenaikan US$ 1 per barel itu juga meningkatkan pengeluaran negara dalam jumlah yang lebih besar.150 Rp 4. akan menaikkan penerimaan sebesar Rp 3. jika harga minyak naik. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 5 . dana bagi hasil untuk daerah Rp 470 miliar dan kenaikan anggaran pendidikan secara otomatis sebesar Rp 720 miliar.500 RM 1. konversi kurs menggunakan kurs tengah BI Maret 2012 3. penerimaan negara juga naik. subsidi listrik Rp 280 miliar.453 Rp 12.695 Disubsidi Disubsidi Tidak Disubsidi Tidak Disubsidi Tidak Disubsidi Catatan: Catatan: Harga bensin per 12 Maret 2012. Indonesia kan negara penghasil minyak.83 triliun. Jadi. setiap kenaik­ an harga sebesar US$ 1 per barel.Negara Indonesia (RON 88) Malaysia (RON95) Thailand (Blue Gasoline 91) Filipina (unleaded) Singapore (Grade 92) Harga Eceran Bensin dalam Mata Uang Lokal Harga Eceran Bensin dalam Rp Harga Eceran Tersebut Disubsidi/ Tidak Disubsidi Rp 4. secara netto.000 per dolar. jika harga mi­ nyak naik bukankah penerimaan Pemerintah naik? Betul.

500 menjadi Rp 6. sejak kenaikan harga yang terakhir pada Mei 2008. Namun.1 juta kilo liter per tahun. harga jual Premium dan Solar juga tidak berubah selama hampir empat tahun terakhir.3 ribu barel per hari dengan konsumsi BBM bersubsidi sebesar 38. Artinya. termasuk minyak tanah. jika harga minyak mentah tidak melonjak tinggi harga jual BBM bersubsidi bisa turun? Betul.000 per liter. harga BBM bersubsidi juga bisa turun jika harga minyak mentah rendah. 4. 6 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar .tiap ada kenaikan harga minyak sebesar US$ 1 per barel. produksi minyak sudah turun menjadi 900 ribu barel per hari sementara konsumsi BBM bersubsidi.2 juta kilo liter per tahun. Sebagai perbandingan. Pemerintah terpaksa menaikkan harga Premium dari Rp 4. Dari sini terlihat jelas bahwa penerimaan dari migas se­ makin kecil karena produksinya menurun sementara sub­ sidinya justru makin meningkat karena konsumsi semakin besar. pada 2008 lalu produksi minyak kita masih 930. Tak boleh dilupakan. Beban totalnya tinggal mengalikan jumlah ini dengan berapa US$ kenaikan harga minyak yang terjadi2. menu­ rut data DJA Kementerian Keuangan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menurunkan harga 2 Ini terjadi karena produksi minyak kita terus menurun. malah naik dengan tajam menjadi di atas 40. Pada saat itu. APBN harus menanggung beban tambahan Rp 900 mili­ ar. pada Mei 2008 harga rata­rata minyak mentah Indonesia menca­ pai US$ 121 per barel. Sebagai gambaran. Pada 2011 lalu. per 1 Desember 2008.

Untuk mengantisipasi me­ lonjaknya defisit anggaran. pada 15 Januari 2009. Per Februari 2012. serangkaian kebijakan op­ timalisasi anggaran ini dapat menghemat Rp 183. Seja­ lan dengan penurunan harga minyak mentah Indonesia.17 per barel. 5. Se­ jak saat itu. Secara total. serta memanfaatkan sisa anggaran lebih (SAL) tahun lalu. Inilah sebabnya Pemerintah mengusulkan RAPBN­ Perubahan 2012.500 per liter karena rata­rata harga minyak mentah Indonesia sejak Januari­Desember 2008 sudah turun menjadi US$ 95. Presiden SBY juga menurunkan lagi harga jual Premium menjadi Rp 5.500 per liter. di luar menaikkan harga Premium dan Solar? Pemerintah tidak hanya menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. jauh di atas patokan US$ 90 per barel dalam APBN 2012.6 triliun. harga minyak mentah Indo­ nesia sudah menyentuh US$ 122.87 per barel. Apakah Pemerintah tidak mencari solusi lain. harga Premium dan Solar tidak pernah naik kendati harga minyak mentah Indonesia kembali melon­ jak tinggi. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 7 . optimali­ sasi penerimaan negara dari pajak maupun non­pajak.Premium menjadi Rp 5. juga ada serangkaian kebi­ jakan mulai dari penghematan pengeluaran.000 per liter (15 Desember 2008) dan sekali lagi menjadi Rp 4.

Penghematan belanja secara besar­besaran itu dilaku­ kan dengan mengurangi pengeluaran belanja pegawai. perjalanan dinas non operasional. 6.di mana Rp 53. Kalau Pemerintah bisa mengurangi defisit dengan menghemat anggaran. mengapa masih harus menaikkan harga Premium dan Solar? Alasan pengurangan subsidi untuk Premium dan Solar 8 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Pemerintah justru mengusulkan untuk menggunakan seba­ gian dari penghematan subsidi untuk meningkatkan be­ berapa program kesejahteraan rakyat dan infrastruktur.8 triliun di antaranya berasal dari penghe­ matan subsidi BBM. dan tidak akan menganggu rencana pembangunan proyek­ proyek infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Usulan pemotongan belanja Pemerintah ini mencapai Rp 60. pemo­ tongan belanja Pemerintah itu terbatas pada dana non­ operasional sehingga tidak akan menurunkan kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan dan sebagainya. Kendati melakukan penghematan besar­besaran.9 triliun. pembelian barang non operasional maupun honorarium.

Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 9 .

lebih hemat dan ramah lingkung­ an. Yakni. dan lebih awet. secara rata­rata rumah tangga kaya menikmati subsidi bensin 10 kali lipat lebih besar daripada rumah tangga miskin. lebih benar. lebih berpihak pada si kecil karena subsidi bahan bakar minyak (BBM) justru lebih membantu warga kelompok menengah­atas yang sudah berke­ cukupan. Harga Premium dan Solar 10 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Data hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2010 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan. Pemotongan subsidi BBM dengan demikian merupakan pilihan yang lebih bijak dalam membelanjakan uang negara.bukanlah semata­mata untuk menghemat anggaran. lebih berpihak pada si kecil. Setidaknya ada lima alasan penting bagi kita semua un­ tuk berkomitmen mengurangi subsidi BBM. Hasil pe­ motongan subsidi itu dapat dipakai untuk membi­ ayai berbagai program pengentasan kemiskinan dan lebih dinikmati oleh si kecil. Berikut penjelasannya: • Pertama. lebih bermanfaat. • Kedua. Mereka lebih menikmati subsidi karena me­ miliki mobil pribadi. lebih hemat dan ramah lingkungan karena pemangkasan subsidi membuat harga Premium dan Solar menjadi lebih wajar.

.

minyak adalah sumber energi yang langka dan tidak terbarukan. Pa­ dahal. Pemakaian BBM yang berlebihan juga menurunkan kualitas lingkungan hidup kita. terutama gas. lebih bermanfaat karena dana yang seharus­ nya habis untuk subsidi bisa dialihkan pemakaiannya untuk membiayai belanja lain yang lebih berguna ba­ gi rakyat banyak.yang jauh lebih murah dari semestinya mendorong orang boros dan ceroboh dalam mengkonsumsi. lebih benar karena pemangkasan subsidi mengurangi dorongan untuk penyelewengan dan pe­ nyelundupan. selisih harga BBM bersubsidi 12 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Har­ ga BBM yang lebih realistis akan mendorong penghe­ matan dan konversi ke sumber energi lain yang lebih bersih. Anggaran bisa dipakai membiayai berbagai proyek yang memperbaiki kualitas hidup kaum kurang mampu. • Keempat. Pengelu­ aran seperti ini dampaknya bersifat jangka panjang karena merupakan belanja modal atau investasi Pe­ merintah. sekali dipakai habis. • Ketiga. seperti membangun infrastruk­ tur maupun perbaikan layanan pendidikan. Selama ini. Sedangkan subsidi BBM bersifat konsumtif.

harga BBM non-subsidi hampir dua kali lipat jika dibandingkan harga Premium dan Solar. BBM bersubsidi juga memberikan keuntungan besar jika diselundupkan ke luar negeri.dengan BBM non-subsidi yang terlalu besar mendorong terjadinya penyelewengan dan penyelundupan ke luar negeri maupun dipakai oleh pengguna yang tidak ber­ hak. lebih awet karena efek positif pengurangan subsidi premium dan Solar akan terasa dalam jangka waktu cukup lama. Saat ini. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 13 . perbaikan sumber daya manusia. Artinya. Dana yang tadinya untuk subsidi itu dapat dialihkan untuk membiayai investasi infrastruk­ tur. Akibatnya. efek positif pemangkasan subsidi BBM akan meringankan beban negara pada tahun-tahun men­ datang. banyak pelaku industri yang tergoda untuk mengejar keuntungan secara tidak sah dengan membeli BBM ber­ subsidi. Porsi pengeluaran pemerintah berupa subsidi yang kurang tepat sasaran dan berdampak sementara akan menurun. Bukan hanya bagi anggaran 2012 saja. ang­ garan negara berupa subsidi yang semestinya berguna untuk memperbaiki kesejahtera­ an rakyat justru lebih dinikmati penyelundup dan penye­le­weng. • Kelima. serta penang­ gulangan kemiskinan yang efek positifnya lebih bersi­ fat jangka panjang dan permanen.

7. Mengapa kebijakan Pemerintah berubah? 14 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . setiap kenaikan harga minyak selalu menjadi tambahan pendapatan bersih bagi negara. Indonesia sudah menjadi negara impor­ tir minyak dan kita juga sudah keluar dari OPEC. Inilah yang harus kita koreksi dengan cara mengurangi subsidi secara bertahap. kendaraan pribadi jumlahnya terus membesar. organisasi negara­negara pengekspor minyak sejak 2008. Di masa lalu. mengapa sejak dulu selalu ada subsidi BBM? Sejarah pemberian subsidi BBM sudah sangat panjang. Selain itu. Sehingga. dulu konsumsi BBM kita masih sangat rendah dan kendaraan umum adalah konsumen terbesar BBM. Jika subsidi BBM bukan sebuah kebijakan yang baik. Kala itu. Akibatnya subsidi BBM kini salah sasaran karena lebih menguntungkan kelompok masyarakat yang sudah mampu. negara mampu menanggung subsidi BBM karena Indo­ nesia adalah eksportir minyak. Kini. Sebelumnya Pemerintah mengatakan tidak akan menaikkan harga melainkan melakukan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 8. struktur ekonomi Indonesia berbeda.

Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 15 .

pelaksanaan kebijakan pembatasan konsumsi Premium dan Solar tanpa persiapan yang sangat matang serta dukungan infrastruktur dan teknologi yang mema­ dai dapat menimbulkan gejolak di masyarakat. Apakah menaikkan harga Premium dan Solar sekarang bukan kebijakan yang berlebihan? Bukankah ada kemungkinan harga minyak mentah bisa turun lagi. Namun. hasil pengkajian dan masukan banyak pihak menyebut­ kan bahwa pembatasan konsumsi BBM bersubsidi tidak akan mampu mengerem melonjaknya subsidi karena ke­ naikan harga minyak mentah belakangan ini terlalu tajam. Secara teknis. 9. Pemerintah secara intensif menyiapkan kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi. pemerintah 16 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Pembatasan konsumsi BBM bersubsidi tidak mungkin berlaku sekaligus secara serentak di seluruh Indonesia sehingga dampaknya untuk pengurangan subsidi tidak maksimal.Sejak tahun lalu. penerapan dan pengawasan kebijakan ini jauh lebih sulit. Selain itu. Pemicu kenaikan harga minyak mentah kali ini adalah krisis politik di Timur Tengah yang tampaknya belum akan mereda dalam waktu singkat. Maka.

Upaya menu­ runkan subsidi BBM terdiri dari empat langkah yang merupakan satu kesatuan kebijakan. Keempat langkah itu adalah: • Menaikkan harga • Memberikan kompensasi kepada masyarakat • Mengurangi penggunaan BBM bersubsidi • Mengkonversi penggunaan minyak ke gas. namun bagaimana dengan masyarakat yang harus menanggung beban inflasi dan kenaikan harga? Tidak. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 17 . Pemerintah memilih hanya menaikkan harga. sementara harga minyak dunia terus melonjak. Pemerintah tidak hanya menaikkan harga dan memindahkan beban kepada masyarakat. Ini justru lebih merugikan warga berpenghasilan rendah.beranggapan akan lebih baik jika kita bersiap mengha­ dapi kondisi terburuk. anggaran Pemerintah untuk menambal sub­ sidi akan semakin besar. Berbagai perkiraan menunjukkan harga minyak mentah bisa melonjak menjadi US$ 150 hingga US$ 175 per barel jika lalu lintas angkutan minyak mentah di Selat Hormuz tersendat karena ketegangan politik semakin memuncak. Tanpa kenaikan harga jual Premium dan Solar. Jadi. Ini memang cara paling mudah. 10.

terutama bus. tetap berlang­ sung diawali dengan penggunaan pada kendaraan umum. menjadi 14 kali per ta­ hun. dari saat ini sebanyak 12 kali per tahun dengan harga tebus tetap Rp 1. dimulai pada mobil-mobil dinas dan kelak secara ber­ tahap akan diberlakukan secara lebih luas.600 per kilogram. Apa saja paket kompensasi itu? Paket kebijakan kompensasi terdiri dari empat paket: • Penambahan frekuensi jatah beras untuk rakyat miskin sebanyak dua bulan. 11. • Pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyara­ kat (BLSM) berupa dana tunai senilai Rp 150. Kenaikan harga Premium dan Solar juga langsung ber­ lanjut dengan pemberian paket-paket kompensasi. Tu­ juan pemberian kompensasi itu adalah meredam dam­ pak inflasi dan penurunan daya beli masyarakat yang biasanya terjadi dalam waktu beberapa bulan setelah kenaikan harga BBM.Keempatnya adalah paket kebijakan yang kait-me­ ngait dan ada pentahapan pelaksanaannya. Pem­ batasan pemakaian Premium dan Solar. misalnya.000 per 18 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Demikian pula dengan kebijakan konversi ke gas.

agar kenaikan tiket angkutan kelas ekonomi tidak melonjak sejalan dengan kenaikan harga Premium dan Solar. beberapa bulan setelah kenaikan harga. • Penambahan beasiswa untuk rumah tangga miskin se­ lama enam bulan. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 19 . Tujuannya. harga berbagai komoditas serta biaya transportasi akan naik mengikuti kenaikan harga Premium dan Solar. Oleh karena itu. berdasarkan pen­ galaman yang sudah­sudah. • Kompensasi untuk sektor transportasi sebesar Rp 5 triliun. inflasi akan terjadi dalam jangka waktu sementara saja.bulan. Paket­paket itu cukup untuk meredam dampak kenaikan harga Premium dan Solar pada warga dengan tingkat sosial terendah. Pemerintah meran­ cang paket­paket kompensasi yang akan mengalir setelah kenaikan harga BBM bersubsidi. Penerima bantuan ini adalah 18. 12. Namun.5 juta rumah tangga yang mencakup 30% rumah tangga dengan tingkat sosial ekonomi terendah di Indonesia. Apakah paket-paket kompensasi itu cukup untuk meredam dampak kenaikan harga Premium dan Solar pada warga dengan tingkat sosial ekonomi terendah? Dalam jangka pendek.

20 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar .

bukankah ini tidak mendidik dan mendorong orang menjadi malas? Pemberian dana tunai secara langsung merupakan cara yang paling efektif untuk secara cepat meringankan be­ ban masyarakat kurang mampu. cakupan kompensasi sekarang menjangkau 30% rumah tangga dengan tingkat sosial ekonomi terendah di Indonesia. 14.13. dan lebih mencakup semua kelompok masyarakat kurang mampu yang perlu mendapatkan perlindungan dari dampak kenaikan harga BBM. Hasil riset berbagai lembaga penelitian nasional dan Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 21 . lebih tepat sasar­ an. Secara keseluruhan mereka berjumlah 18. penerima kompensasi bukan hanya rumah tangga yang hidup di bawah garis kemiskinan? Betul. Berarti.5 juta rumah tangga. selama beberapa bulan setelah kenaikan harga Solar dan Premium. Mengapa kembali ada pembagian dana tunai. Pemberian dana tunai dapat berlangsung secara lebih cepat. anggota rumah tangga yang ham­ pir miskin dan kelompok pekerja yang berpenghasilan di sekitar upah minimum juga akan mendapat kompensasi berupa dana tunai itu. Jadi. Setiap rumah tangga itu akan meneri­ma kompensasi berupa dana tunai senilai Rp 150.000 per bu­ lan.

Maka. Bagaimana Pemerintah menentukan 30% rumah tangga berpenghasilan terendah di Indonesia yang berhak menerima kompensasi tunai? Apakah ini kampanye terselubung untuk partai tertentu? Tidak ada hubungan antara penerima kompensasi dengan partai. berdasarkan hasil survei Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011 yang berlangsung Juli hingga Desem­ ber lalu. Pelaksana survei ini adalah Badan Pusat Statistik (BPS). BLSM hanyalah kompensasi tambahan dan bersifat sementara yang akan berakhir dalam waktu be­ berapa bulan saja. kelompok. Penetapan 30% rumah tangga berpenghasilan teren­ dah ini berlangsung secara objektif. Patut dicatat. tidak ada insentif bagi rumah tangga kurang mampu untuk malas atau mengurangi jam kerja hanya karena mendapatkan BLSM. atau golongan tertentu. 15.internasional maupun universitas juga membuktikan bahwa program pembagian dana tunai secara lang­ sung semacam BLSM ternyata lebih tepat sasaran ketimbang program­program penanggulangan ke­ miskinan lainnya. bekerjasama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) 22 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar .

bantuan 3 PPLS 2011 menghasilkan data komprehensif dan detail berupa daftar nama 40% rumah tangga berpenghasilan terendah di Indonesia.000 per bulan? Cukupkah? Bantuan per bulan sebesar Rp 150. Ini adalah tambahan pen­ dapatan agar tidak ada penurunan daya beli karena lonjakan inflasi. Mengapa bantuan tunai nilainya Rp 150. PPLS 2011 meng­ hasilkan data yang lebih baik dari survei sebelumnya karena menggunakan hasil Sensus Pen­ duduk 2010 sebagai informasi awal mengenai penghasilan sebuah rumah tangga.3 16. Data ini lebih baik kualitasnya daripada data yang dipakai untuk pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 2005 dan 2008 lalu. Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 23 . data hasil PPLS 2011 bukanlah hasil survei yang terburu­buru dan khusus dibu­ at untuk membagikan BLSM. bantuan itu tidak dimaksudkan untuk mengganti pengeluaran satu rumah tangga secara keseluruhan. Petugas survei juga melakukan observasi langsung di lapangan sebelum proses survei dan pengumpulan data berlangsung. Berikutnya.000 itu cukup untuk mencegah penurunan daya beli.yang diketuai Wakil Presiden RI. Jika tak ada pembagian BLSM. Sedapat mungkin. 17. lengkap dengan alamat lengkapnya. rencananya data hasil PPLS 2011 akan dipakai sebagai dasar pelaksanaan berbagai program percepatan penanggulangan kemiskinan. petugas PPLS 2011 melakukan konsultasi dengan rumah tangga miskin yang dapat memberikan informasi tambahan mengenai rumah tangga miskin di sekitarnya yang belum tercakup dalam data awal. Bagaimana cara pembagian dan mekanisme BLSM? Pembagian BLSM berlangsung melalui kantor­kantor pos di seluruh Indonesia. Jadi. Ingat.

menjadi perhatian utama agar tidak tersendat dan menimbulkan lonjakan harga. setiap kali pembagian nilainya Rp 450. Berikutnya. seperti mengendalikan pasokan uang dan mengatur suku bunga secara seksama agar target inflasi tercapai. 24 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar . Seperti pengalaman sebelumnya. Jadi. kantor pos akan mengirimkan kartu penerima ban­ tuan melalui Kelurahan yang akan meneruskannya ke pengurus RT/RW setempat untuk dibagikan pada rumah tangga yang berhak.000. Sedangkan Bank Indonesia menangani kebijakan moneter. misalnya. Kelancaran distribusi serta persedia­ an komoditas utama. Pencairannya per tiga bulan. Secara kontinyu. Selain kompensasi adakah langkah-langkah lain untuk menanggulangi dampak inflasi? Pemerintah bersama Bank Indonesia selalu berkoordinasi secara erat untuk mengatasi dampak inflasi akibat kenaik­ an harga Premium dan Solar. Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengkoordinasikan seluruh kementerian dan lembaga yang berwenang men­ jaga stabilitas harga. 18.ini sudah cair segera setelah kenaikan harga Solar dan Premium berlaku. rumah tang­ ga penerima dapat mencairkan bantuan tunai itu di kantor­kantor pos kecamatan se suai jadwal yang ditetapkan.

Rp 73. dari optimalisasi anggaran yang juga mencakup pemotongan berbagai belanja non­ope­ rasional Pemerintah serta penurunan subsidi BBM.8 triliun di anta­ ranya dipakai untuk membiayai program­program kompensasi maupun berbagai proyek infrastruk­ tur tambahan. Secara total.19.6 triliun. Ada pula tambahan anggaran untuk pendidikan.2 triliun itu tersaji dalam tabel berikut: Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar 25 . Berbagai tambahan proyek infrastruktur senilai total Rp 18. Dari penghemat an sebesar itu. Apakah Pemerintah akan menghabiskan seluruh dana hasil penghematan subsidi menjadi kompensasi? Tidak semua penghematan anggaran karena berkurang­ nya subsidi akan habis untuk membiayai program kom­ pensasi. Tambah an proyek­proyek infrastruktur itu terutama untuk memperbaiki konektivitas di Indonesia Timur serta mendukung pengembang­ an berba gai pusat­pusat pertumbuhan baru se­ suai dengan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). ada penghematan senilai Rp 183. Akan ada tambahan belanja di bidang infra­ struktur dan perbaikan layanan publik yang memakai sebagian hasil penghematan anggaran itu.

5 1.Tambahan Proyek-Proyek Infrastruktur Deskripsi Konektivitas Indonesia Timur • Jalan • Pelabuhan. defisit anggaran dapat melonjak hingga Rp 299 triliun atau 3. Jangan lupa.5 Total Yang tak kalah pentingnya.59% terhadap PDB. Bandara. bahkan terancam bangkrut.1 4.8 1. Triliun) 9. Jika tidak ada serangkaian kebijakan ini.9 18.2 Nilai (Rp. dll Infrastruktur Strategis dan Koridor Ekonomi Infrastruktur untuk Ketahanan Pangan Klaster IV (Perumahan dan Permukiman) Penanganan Banjir 7.23% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).5 0. dari langkah­langkah optimal­ isasi anggaran itu. de­ fisit anggaran terlalu besar adalah sumber masalah yang membuat negara­negara Eropa sekarang terseret ke dalam krisis berkepanjangan.8 triliun atau 2. ***** 26 Menjelaskan Kenaikan Harga Premium dan Solar .4 2. secara keseluruhan defisit anggaran akan turun menjadi Rp 109.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful