LAPORAN PENYULUHAN ASI EKSKLUSIF DUSUN SANTAN DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL A.

Pelaksanaan Hari/ tanggal Waktu Tempat Penanggung jawab B. Topik Topik penyuluhan adalah ASI Eksklusif C. PERSIAPAN KEGIATAN 1. Berkoordinasi dengan tokoh masyarakat mengenai acara perkumpulan warga. 2. Menghubungi pemilik tempat sebagai tempat kegiatan yang akan dilangsungkan. 3. Meminta izin kepada ketua pengajian untuk melakukan penyuluhan usai dilakukan kegiatan mengaji. D. SASARAN Sasarannya adalah Ibu-ibu pengajian seaman Qur’an. E. ALAT BANTU 1. Leaflet F. KEGIATAN 1. Pembukaan 2. Penyampaian Materi 3. Diskusi dan Tanya Jawab 4. Penutup : Selasa, 1 Mei 2012 : Pukul 20.00 WIB : Rumah Ibu Hj. Istihani : Rr. Fitriyana Kesumaningsih

J. Evaluasi Proses Peserta penyuluhan antusias dengan penyuluhan yang diberikan.G. I. . HAMBATAN Saat dilakukan penyuuhan bersamaan dengan ramah tamah (memakan hidangan yang telah disajikan tuan rumah) sehingga peserta kurang berkonsentrasi. Hormone tersebut adalah hormone kortisol yang dapat menghambat pengeluaran ASI ibu. b. EVALUASI a. Penyuluhan dilakukan oleh mahasiswa Saat penyuluhan muncul pertanyaan: 1) Ada warga yang habis melahirkan anak kembar sesar. Lama kegiatan Kegiatan penyuluhan ini berlangsung kurang lebih selama 25 menit dengan rincian sebagai berikut: Pembukaan Evaluasi : 5 menit : 5 menit Ceramah dan Tanya jawab: 20 menit H. KEKUATAN Kegiatan penyuluhan didukung oleh pemuka agama dan peserta penyuluhan sangat antusias dengan penyuluhan yang diberikan ditandai dengan banyaknya tanggapan dari para peserta penyuluhan. Evaluasi Struktur Kegiatan pemberitahuan diadakan penyuluhan dilakukan langsung saat acara akan dimulai yang dibacakan oleh pembawa acara pengajian. mengapa ASInya tidak keluar? Jawab: ASI yang belum keluar kemungkinan disebabkan oleh hormon yang dikeluarkan tubuh akibat rasa nyeri dan kecemasan yang dihadapi ibu.

c. Evaluasi Hasil Peserta dapat menyebutkan pengertian ASI eksklusif Peserta dapat menyebutkan jangka waktu terbaik untuk pemberian ASI eksklusif Peserta dapat menyebutkan manfaat pemberian ASI eksklusif Peserta dapat menyebutkan ASI eksklusif dibandingkan dengan susu sapi .