Meraih masa depan berkualitas bersama Sekolah Pascasarjana IPB

BIOTEKNOLOGI TANAH DAN Koordinator Mayor : DwiLINGKUNGAN Andreas Santosa
Ketua Program Studi / Koordinator Mayor: Dwi Andreas Santosa, Dr
Staf Pengajar:
A. M. Fauzi, Prof, Dr F. Hazra, Ir, MSc M. Ardiansyah, Dr R. Widyastuti, Dr Widodo, Dr D.A. Santosa, Dr G. Djajakirana, Dr M. Yani, Dr S. Wiyono, Dr Syaiful Anwar, Dr D. Murdiarso, Prof, Dr I. Anas, Prof, Dr R. Saraswati, Dr Widiatmaka, Dr Untung Sudadi, Dr Giyanto, Dr

Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan mayor Bioteknologi Tanah dan Lingkungan adalah (1) pengusaan ilmu dasar dan terapan untuk eksploitasi dan pemanfaatan organisme tanah, (2) penguasaan bioteknologi untuk mengatasi permasalahan terkait dengan lahan dan lingkungan, (3) meningkatkan kemampuan melaksanakan penelitian mandiri dan kelompok dalam bidang bioteknologi tanah dan lingkungan, dan (4) mampu menyelesaikan masalah lahan dan pencemaran lingkungan dengan pendekatan bioteknologi.

Kompetensi lulusan S2
Menjadi ahli bioteknologi yang memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan sumberdaya hayati tanah, mengembangkan dan memproduksi pupuk hayati, mengembangkan organisme tanah untuk berbagai penggunaan, serta remediasi lingkungan tercemar.

KURIKULUM
Program Magister Sains
Kode
PPS STK TSL TSL 500 511 641 643

Mata Kuliah
Mata Kuliah Wajib SPs (6 SKS) Bahasa Inggris Analisis Statistik Mata Kuliah Wajib Mayor (26 SKS) Fisiologi dan Genetika Mikrob Tanah Keragaman Hayati Tanah dan Potensinya

SKS
3(3-0) 3(2-2) 3(2-3) 2(2-0)

Semester
Genap Ganjil Ganjil Ganjil 1

Katalog 2012 -

). siklus karbon. Organisme tanah (akar tanaman. Gunawan Djajakirana Rahayu Widyastuti TSL 609 Kebijakan Lingkungan Global 3(3-0) Memberikan pemahaman mengenangi kesepakatan internasional tentang masalah lingkungan dunia dan negoisasi serta kebijakan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). dinamika komunitas biologi tanah. Dekomposisi dan daur hara dalam tanah (Dekomposisi serasah dan iklim. tanah tercemar. mikrofauna tanah.).).Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor Kode TSL TSL TSL TSL TSL TSL PPS PPS TSL TSL TSL TSL TSL 640 645 646 644 642 601 690 699 648 647 609 505 649 Mata Kuliah Mikrobiologi dan Bioteknologi Tanah Teknologi Produksi Organisme Tanah Teknologi Pupuk Hayati Bioteknologi Lingkungan Rekayasa Genetika Mikrob Kolokium Seminar Penelitian dan Tesis Mata Kuliah Pilihan Mayor (9 SKS) Pengelolaan Limbah Pertanian dan Teknologi Pengomposan Bioteknologi dan Keamanan Hayati Kebijakan Lingkungan Global Ekologi Tanah Bioteknologi Pertambangan dan Reklamasi Lahan SKS 3(2-3) 3(2-3) 2(1-3) 3(2-3) 2(2-0) 1 1 6 Semester Ganjil Genap Ganjil Genap Ganjil Ganjil/Genap Ganjil/Genap Ganjil/Genap Genap 2(2-0) 3(3-0) 2(2-0) 3(3-0) Genap Ganjil Ganjil Ganjil JUMLAH SKS 41 SILABUS MATA KULIAH TSL 505 Ekologi Tanah 2(2-0) Lingkungan tanah (tanah sebagai sumber energi dan hara bagi organisme tanah. fauna-mikroba. pengaruh mikorhiza terhadap stress air. dll. 2 . siklus belerang. siklus nitrogen.Katalog 2012 .). Perkembangan ekologi tanah di masa mendatang (peranan tanah dalam perubahan global dan siklus karbon global. dll. dll. pengaruh organisme terhadap dekomposisi. pemanasan global dan perubahan iklim. Membahas mengenai upaya konservasi lingkungan dunia: konvensi perubahan iklim. Interaksi ekologi diantara biota tanah (interaksi tanaman-mikroorganisme. sifat-sifat tanah yang berpengaruh terhadap kehidupan organisme). biodiversitas dan ekologi tanah). Ekologi dari lingkungan tanah yang ekstrem (stress air. tanah sebagai habitat organisme tanah. mikroorganisme tanah. fauna-tanaman. konvensi keanekaragaman hayati. Kebijakan nasional dalam mengadopsi masalah lingkungan dunia dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. dll.

operon individu. vektor bakteriofag. sifat dasar vektor plasmid. penggabungan molekul DNA. Dwi Andreas Santosa Giyanto Katalog 2012 - 3 . khamir dan fungi. transformasi DNA ke mikrob. ekofisiologi. adaptasi genetik. koordinasi reaksi metabolisme. gen penambat N2. pelarut P. serta pengantar bioinformatika. strategi kloning. Dwi Andreas Santosa Iswandi Anas Rahayu Widyastuti TSL 641 Fisiologi dan Genetika Mikrob Tanah 3(2-3) Mata kuliah Fisiologi dan Genetika Mikrob Tanah membahas berbagai materi meliputi komposisi dan organisasi sel bakteri. primer untuk PCR dan kloning produk PCR. ligase dan linker. aplikasi dan monitoring pelepasan mikrob berguna ke lingkungan. pemanfaatan limbah pertanian serta teori. rekayasa genetika bakteri tanah. sistem multigen dan regulasi global. PCR. konstruksi pustaka gen dan kloning cDNA. prinsip dan teknologi pengomposan.Meraih masa depan berkualitas bersama Sekolah Pascasarjana IPB M. Ardiansyah Iswandi Anas Widiatmaka Daniel Murdiarso TSL 640 Mikrobiologi dan Bioteknologi Tanah 3(2-3) Mata kuliah Mikrobiologi dan Bioteknologi Tanah membahas berbagai materi meliputi fisiologi dan genetika mikrob tanah. pemanfaatan mikrob berguna asal tanah yang meliputi penambat N 2. rekayasa genetika diazotrof. teknik. genom. Dwi Andreas Santosa Fahrizal Hazra Suryo Wiyono TSL 642 Rekayasa Genetika Mikrob 2(2-0) Mata kuliah Rekayasa Genetika Mikrob membahas berbagai materi meliputi teknik dasar rekayasa genetika mikrob. fisiologi dan genetika bakteri penambat N2 dan bakteri tanah lainnya. biosintesis dan reaksi pembentukan energi. regulasi ekspresi gen. pendegradasi selulosa dan mikrob yang berperan dalam proses biogenesis tanah. pertumbuhan sel dan populasi. katagori dan konstruksi vektor plasmid. struktur dan fungsi organel sel. sistem restriksi dan anti-restriksi. pertukaran genetik dan rekombinasi. biokimia mikrob tanah. enzim asal tanah. streptomyces. penyusunan materi sel dan polimerisasi.

3) Fungsi Ekologi dari Tanah dan Hubungannya dengan Keragaman Hayati Tanah. Azotobacter. produksi pupuk hayati. 4) Potensi Keragaman Hayati Tanah. 5) Jenis-jenis Produksi Bimassa: Batch Culture. 3) Substrat yang digunakan. Fungi. Iswandi Anas (PJ) Rahayu Widyastuti 4 . Seleksi dan Perbaikan Strain. Rahayu Widyastuti Rasti Saraswati Suryo Wiyono TSL 646 Teknologi Pupuk Hayati (BIOFERTILIZER) 2(2-3) Uraian lengkap mengenai berbagai macam mikrob tanah yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai biofertilizer (seperti Rhizobium. deteksi dan pengendalian patogen di limbah. Kebutuhan Karbon dan Energi. 7) Penutup. bioteknologi perombakan minyak bumi dan turunannya. bioremediasi senyawa xenobiotik. 4) Aspek Fisiologis: Pertumbuhan.Katalog 2012 . 6) Konservasi dan Pengelolaan Keragaman Hayati Tanah. penggunaan pupuk hayati dalam pertanian secara luas dan dalam memproduksi organic products. Kebutuhan Nutrisi. Dwi Andreas Santosa Anas M. pembuatan inokulan. bioreaktor. bioteknologi limbah pertambangan. preservasi dan pengujian pupuk hayati. Karakteristik Biomassa Sel Tunggal. Fauzi Muhammad Yani TSL 645 Teknologi Produksi (mikro) Organisme Tanah 3(2-3) 1) Pendahuluan. 7) Penutup. Rahayu Widyastuti Widodo TSL 644 Bioteknologi Lingkungan 3(2-3) Mata kuliah Bioteknologi Lingkungan membahas berbagai materi meliputi pengantar ke bioteknologi lingkungan. 2) Lingkungan Tanah: Habitat Mikroba Tanah. Mengukur Keragaman Hayati Tanah dan Fungsinya. Continuous Culture. metoda isolasi dan seleksi yang konvensional dan modern. Kebutuhan Oksigen. Karbon sebagai Substrat Mikroba Tanah. Azospirillum. Mikroba Tanah untuk Produksi Bimassa. mikoriza). bioteknologi penanganan logam berat. dan antagonists. bioteknologi perombakan plastik. 6) Contoh-Contoh Produksi Biomassa. Mikrob Pelarut Fosfat. 5) Indikator dan Penilaian Keragaman Hayati Tanah: Indikator Biologi untuk Kesehatan tanah. pengendalian mikroorganisme dalam sumber air dan air minum. 2) Mikroba Tanah: Bakteri.Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor TSL 643 Keragaman Hayati Tanah dan Potensinya 2 1) Pendahuluan. Selain tatap muka di kelas mahasiswa dikenalkan teknik dasar bioteknologi lingkungan melalui praktikum di laboratorium. Paramater Fisik dan Kimia. Algae. metoda dan teknik kultivasi mikrob untuk mengatasi pencemaran lingkungan. dan teknologi penanganan polusi udara dan polutan indoor. Fed-Batch Culture.

teknologi pengomposan. Bioteknologi untuk mempengaruhi karbon tanah (dengan cara merubah komposisi kimia tanaman dan mikroorganisme yang mengontrol dekomposisi sisa-sisa tanaman). pembuatan pupuk berbasis bahan organik. desulfurisasi batubara bersulfur tinggi dan peningkatan perolehan minyak bumi dengan bantuan mikroorganisme atau enzim serta penerapan pendekatan ilmu biologi terkini lainnya di bidang pertambangan. Prosedur pengaturan pelepasan GMO ke lingkungan. meningkatkan efisiensi penggunaan hara. penilaian kualitas kompos/pupuk organik dan pembuatan berbagai pupuk berbasis bahan organik. industri pengelolaan hasil pertanian). evaluasi pupuk organik/kompos. Pengaruh modifikasi genetik pada organisme terhadap kemampuan berkompetisi dengan organisme di alam. kehutanan. Iswandi Anas Rahayu Widyastuti TSL 649 Bioteknologi Pertambangan dan Reklamasi Lahan Kuliah ini terdiri atas dua topik utama. pengelolaan tanah/lahan. perikanan. penanaman dan pemeliharaan tanaman reklamasi utama. serta pemantauan dan evaluasi kegiatan reklamasi lahan pascatambang. peternakan. berbagai macam dan potensi limbah pertanian (pertanian. tanaman yang mampu memproduksi insektisidanya sendiri. yaitu ilmu biologi dan bioteknologi untuk industri pertambangan serta reklamasi lahan pasca penambangan. Untung Sudadi Syaiful Anwar Dwi Andreas Santosa Katalog 2012 - 5 . Modifikasi genetik pada tanaman untuk tujuan tertentu (tanaman tahan herbisida. Topik kedua membahas karakteristik dan karakterisasi lahan. peningkatan kualitas kompos (pupuk organik). perkebunan. dll). perataan dan penyiapan lahan. Keprihatinan umum terhadap introduksi GMO ke dalam ekosistem. penanaman cover crop. Topik pertama membahas berbagai pendekatan bioteknologi untuk peningkatan perolehan penambangan logam. Gunawan Djajakirana Dwi Andreas Santosa TSL 648 Pengelolaan Limbah Pertanian dan Teknologi Pengomposan 2(2-0) Manfaat pengelolaan limbah pertanian.Meraih masa depan berkualitas bersama Sekolah Pascasarjana IPB TSL 647 Bioteknologi dan Keamanan Hayati 2(2-0) Perkembangan bioteknologi.

Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor 6 .Katalog 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful