You are on page 1of 6

HAND OUT

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL LAPORAN Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Disusun oleh Ahmad Zaenal Andrea Aji Asep Suhendar Hendi Junianto : Program Studi Akuntansi PENGERTIAN POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL .

dan pertahanan keamanan. Lahirnya UU No. politik. Pemerintahan daerah diberikan kewenangan untuk memanfaatkan sumber keuangan sendiri . dan otonomi terbatas kepada daerah provinsi.22 Tahun 1999 sebagai salah satu wujud politik dan strategi nasional. Strategi nasional dilaksanakan pimpinan pemerintah nondepartemen sesuai dengan bidangnya atas petunjuk presiden. Politik adalah kegiatan yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari seleksi prioritas antara dari sistem negara alternatif yang dan upaya-upaya dalam keputusan mengenai penyusunan ditentukan. Sebagai konsekuensinya. Strategi nasional merupakan sasaran yang hendak dicapai oleh rakyat indonesia dalam rangka pelaksanaan strategi nasional yang meliputi bidang hukum. ekonomi. beberapa pengambilan tujuan-tujuan melaksanakan tujuan itu diperlukan kebijakan-kebijakan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian atau alokasi dari sumber-sumber yang ada.  Strategi nasional adalah strategi yang mencakup strategi besar dan diorientasikan oleh pada para upaya menteri optimalisasi dan pelaksanaan lembaga pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Kebijakan Otonomi Daerah pada hakekatnya adalah upaya pemberdayaan dan pendemokrasian kehidupan masyarakat yang diharapkan dapat memenuhi aspirasi berbagai pihak dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan negara serta hubungan Pusat dan Daerah. yang memberikan dua bentuk otonomi kepada dua daerah. skala Untuk dan telah mewujudkan tujuan itu. sosial budaya. maka kewenangan pemerintah pusat dibatasi. yaitu otonomi luas kepada daerah kabupaten/ kota.

Beberapa pendekatan yang kita gunakan disini adalah aspek politik. hal ini akan sangat berpengaruh terhadap upaya mempersatukan bangsa dan negara. Pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya lokal akan dapat ditingkatkan dimana pada akhirnya . agama. Peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah akan membawa pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat di Daerah.  Dari dan aspek ekonomi . pemberian otonomi dan kewenangan kepada Daerah eksistensi merupakan Daerah suatu wujud dari pengakuan dan kepercayaan Pusat kepada Daerah.  Dari aspek politik . dan pertahanan keamanan. Melalui Otonomi Daerah diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para pelaku ekonomi di daerah. kebijakan Otonomi Daerah merupakan pengakuan terhadap keanekaragaman Daerah. Dengan pengakuan tersebut Daerah akan merasa setara dan sejajar dengan suku bangsa lainnya. OTONOMI DAERAH DAN PROSPEKNYA DI MASA MENDATANG Untuk mengetahui prospek ke depan otonomi daerah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan. Pengakuan Pusat terhadap keberagaman Daerah merupakan suatu nilai penting bagi eksistensi Daerah. sosial budaya. ekonomi. nilai-nilai sosial dan budaya serta potensi lainnya yang terkandung di daerah.dan didukung dengan perimbangan keuangan antara pusat dan daerah. kebijakan Otonomi Daerah akan dan memberikan kesempatan bagi Daerah untuk mengembangkan meningkatkan perekonomiannya. Pengakuan Pusat terhadap serta kepercayaan dengan memberikan kewenangan yang luas kepada Daerah akan menciptakan hubungan yang harmonis antara Pusat dan Daerah.  Dari aspek sosial budaya . baik itu suku bangsa.

ingin Tumbuhnya hubungan dan kepercayaan Daerah terhadap Pusat mengeliminir gerakan separatis memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemberian kewenangan kepada Daerah akan akan menumbuhkan dapat kepercayaan Daerah terhadap yang Pusat.  Dari aspek pertahanan dan keamanan .kekayaan budaya lokal akan memperkaya khasanah budaya nasional. . kebijakan Otonomi Daerah memberikan kewenangan kepada masing-msing daerah untuk memantapkan kondisi Ketahanan daerah dalam kerangka Ketahanan Nasional.

Seringkali pemerintah tidak memperhitungkan masalah kelestarian sumber daya tersebut. kabupaten pentingnya tetapi Yang dan juga perlu kota mempertimbangkan dilakukan adalah ditumbuhkan kesadarannya pendekatan pembangunan yang berkelanjutan dalam melaksanakan kewenangankewenangan yang dimilikinya.DAMPAK OTONOMI DAERAH TERHADAP LINGKUNGAN Yang menjadi permasalahan adalah dalam pemanfaatan sumber daya alam. setiap daerah diberikan kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah tersebut. Sebab dengan adanya otonomi daerah. Apabila kita melihat kondisi yang ada saat ini bahwa para elite politik yang ada di daerah-daerah belum memiliki visi pembangunan daerah yang berkelanjutan. lingkungan. yaitu pembangunan yang mempertimbangkan tidak hanya aspek pertumbuhan masalah bagaimana ekonomi kelestarian mengenai pemerintah semata. .