You are on page 1of 6

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Topik Hari/ Tanggal Waktu Penyaji Tempat A.

: Senam Rematoid Artritis : Sabtu/ 16 Mei 2010 : Pukul 09.00 s.d selesai : Kelompok II (dua) : Panti Tresna Werda Warga Tama, Indaralaya TUJUAN 1. Tujuan Umum Setelah mengikuti proses penyuluhan ini, klien diharapkan mampu memahami hal-hal yang berkaitan dengan reumatoid arthritis serta dapat mempraktekkan senam rematik. 2. Tujuan Khusus Setelah mengikuti proses penyuluhan ini, klien diharapkan mampu : a. Mengenal reumatoid artritis b. Mengetahui penyebab rematik c. Mengetahui tanda dan gejala rematik d. Mempraktekkan senam rematik B. SASARAN Lansia di Panti Tresna Werdha Warga Tama, Indralaya. C. GARIS-GARIS MATERI a) Pengertian reumatoid artritis b) Penyebab reumatoid artritis c) Tanda dan gejala reumatoid artritis d) Gerakan-gerakan senam rematik D. PELAKSANAAN KEGIATAN No. 1. 2. Kegiatan Pembukaan Isi Penyuluh • Menjelaskan rheumatoid arttritis • Menjelaskan pengertian reumatoid arthritis • Menjelaskan Penyebab reumatoid arthritis • Mendengarkan Peserta • Mendengarkan • Mendengarkan Waktu 2 menit 23 menit

MEDIA DAN ALAT 1. MATERI leaflet flipchart Balon/bola kecil . 2. Tanya Jawab F.• Menjelaskan tanda dan gejala reumatoid arthritis • Mendengarkan • Mempraktekk an satu persatu gerakan senam • Memperhatikan. Gerakan (praktek) 3. METODE 1. mempraktekkan 3. Ceramah 2. Penutup rematik • Mengajukan pertanyaan kepada keluarga seputar materi yang telah disampaikan • Meminta klien mempraktekkan kembali gerakangerakan senam rematik • Memberikan reward (aplaus dan pujian) • Membuat kesimpulan • Menyampaikan salam penutup • Menjawab pertanyaan 5 menit • Mempraktekkan • Tersenyum • Memperhatikan dan mendengarkan • Menjawab salam E. 3.

siku. meskipun sendi yang lebih besar seringkali terkena juga Artritis erosif  sifat radiologis penyakit ini. kasus ini sering menyerang bagian siku (bursa olekranon) atau sepanjang permukaan ekstensor lengan bawah. tetapi dapat dibagi dalam 3 bagian. Sendi mungkin mengalami ankilosis disertai kehilangan kemampuan bergerak yang total Rematoid nodul  merupakan massa subkutan yang terjadi pada 1/3 pasien dewasa. pada usia 25-35 tahun. Lambat laun membengkak. kekakuan berlangsung tidak lebih dari 30 menit dan dapat berlanjut sampai berjam-jam dalam sehari. pergelangan tangan. panas merah. subluksasi sendi metakarpofalangea. Sendi yang lebih besar mungkin juga terserang yang disertai penurunan kemampuan fleksi ataupun ekstensi. ETIOLOGI Penyebab dari artritis rhematoid belum dapat ditentukan secara pasti. Tanda dan gejala setempat  Sakit persendian disertai kaku terutama pada pagi hari (morning stiffness) dan gerakan terbatas. deviasi jari-jari. panggul. Kronik  Ciri khas rematoid artritis       . kaki. yaitu: 1. Infeksi dengan kecenderungan virus III. bentuknya oval atau bulat dan padat. deformitas boutonniere dan leher angsa. DEFINISI Rhematoid artritis adalah peradangan yang kronis sistemik. rahang dan bahu.I. II. progresif dan lebih banyak terjadi pada wanita. TANDA DAN GEJALA 1. Paling sering mengenai sendi kecil tangan. Mekanisme imunitas (antigen antibodi) seperti interaksi IgG dari imunoglobulin dengan rhematoid faktor 2. Kekakuan ini berbeda dengan kekakuan osteoartritis yang biasanya tidak berlangsung lama. pergelangan tangan. Faktor metabolik 3. lutut. lemah Poli artritis simetris sendi perifer  Semua sendi bisa terserang. Peradangan sendi yang kronik menyebabkan erosi pada pinggir tulang dan ini dapat dilihat pada penyinaran sinar X Deformitas  pergeseran ulnar.

berat badan turun. . PENATALAKSANAAN Tujuan utama terapi adalah: 1. Meringankan rasa nyeri dan peradangan 2. anemia. kadar salisilat serum yang diharapakan adalah 20-25 mg per 100 ml Natrium kolin dan asetamenofen  meningkatkan toleransi saluran cerna terhadap terapi obat Obat anti malaria (hidroksiklorokuin. Selain tanda dan gejala tersebut diatasterjadi pula perubahan bentuk pada tangan yaitu bentuk jari swan-neck. Perubahan pada sendi diawali adanya sinovitis. b. dan terakhir ankilosis tulang IV. edema karena kongesti.d 25 tablet perhari. ankilosis fibrosa. Istirahat Latihan fisik Panas Pengobatan Aspirin (anti nyeri)dosis antara 8 s. klorokuin) dosis 200 – 600 mg/hari  mengatasi keluhan sendi. nyeri pada saat istirahat maupun saat bergerak. memiliki efek steroid sparing sehingga menurunkan kebutuhan steroid yang diperlukan. anoreksia Bila ditinjau dari stadium. Tanda dan gejala sistemik  Lemah. demam tachikardi. 2. Mencegah atau memperbaiki deformitas Program terapi dasar terdiri dari lima komponen dibawah ini yang merupakan sarana pembantu untuk mecapai tujuan-tujuan tersebut yaitu: 1. c. 3. Memperatahankan fungsi sendi dan kapasitas fungsional maksimal penderita. berlanjut pada pembentukan pannus. 4. deformitas dan ganggguan fungsi secara menetap. a. c) Stadium deformitas Pada stadium ini terjadi perubahan secara progresif dan berulang kali. 3. bengkak. dan kekakuan.2. maka pada RA terdapat tiga stadium yaitu: a) Stadium sinovitis Pada stadium ini terjadi perubahan dini pada jaringan sinovial yang ditandai adanya hiperemi. b) Stadium destruksi Pada stadium ini selain terjadi kerusakan pada jaringan sinovial terjadi juga pada jaringan sekitarnya yang ditandai adanya kontraksi tendon.

Yaitu. Gerakan inti 1 merupakan gerakan low impact yang bermanfaat meningkatkan kerja jantung dan paru-paru. menyebabkan kerusakan sendi. pengidap penyakit yang menyerang sendi tersebut bisa dihindarkan dari kecacatan. 5. senam bisa dilaksanakan dengan duduk maupun berdiri. posisi pesenam duduk atau tidur. Bila ingin mendapatkan hasil maksimal. Arthrotomi. Tetapi. pembedahan dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan memperbaiki fungsi. pembedahan dengan cara membuat kembali dataran pada persendian. penguatan kerja jantung dan paru-paru. koordinasi. Misalnya kekakuan dan nyeri sendi. penguatan otot. dan diakhiri dengan pendinginan. gerakan inti 2 terfokus pada terapi fleksibilitas sendi-sendi. serta ketahanan otot. Sementara itu. dilakukan pelenturan sendi-sendi besar maupun sendi-sendi kecil. Arthrodesis. Gerakan senamnya sama. terapi obat plus disarankan melakukan senam rematik. Caranya. selain melakukan senam. termasuk kelemahan dan ketegangan otot Senam rematik dimulai dari pemanasan. peregangan otot. V. Pada senam tersebut. pilihan olahraga tambahan lain adalah bersepada. e. SENAM REMATIK Rematik memang sulit disembuhkan secara total. Sinovektomi. latihan luas gerak sendi. untuk mencegah artritis pada sendi tertentu. . Hanya. gerak menjaga postur tubuh. Kualitas hidupnya dapat ditingkatkan. Senam tersebut bisa dilakukan dengan posisi apa pun. Garam emas Kortikosteroid Nutrisi  diet untuk penurunan berat badan yang berlebih Bila Rhematoid artritis progresif dan. Misalnya sendi jari atau sendi pergelangan tangan Gerakan senam rematik mencakup delapan komponen gerak. Misalnya berenang. Selain berenang. stretching. 2. yaitu dengan membuka persendian. senam rematik merupakan jenis senam ringan yang berfungsi mengatasi keluhan yang biasa muncul. Pembedahan dan indikasinya sebagai berikut: 1. untuk mempertahankan fungsi sendi dan untuk mencegah timbulnya kembali inflamasi. inti 2. seseorang bisa membarenginya dengan jenis olahraga lain. Arthroplasty. inti 1. Tetapi. jika sendi-sendi besar (seperti sendi panggul atau lutut) tubuh tak cukup kuat menahan berat badan. Juni. Bisa berdiri. mengatakan. Olahraga air baik untuk pengidap rematik karena menggerakkan seluruh sendi. latihan keseimbangan.d. fisioterapis RS PHC Surabaya. sering dilaksanakan pada lutut. 3. tumit dan pergelangan tangan. 4.

Punggung membungkuk. Lakukan 2x8 hitungan. Dua tangan di pinggang. Inti 1) Inti 1 Berjalan di tempat. sejajar bahu. Lakukan 2x8 hitungan. Angkat dua tangan ke atas. lalu kembali ke posisi semula. tangan diputar ke kanan dan ke kiri. Kepala menunduk ke depan dan ke belakang. dilanjutkan tangan kiri dibuka ke samping. 2) Pemanasan 2 Berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Tangan kanan dibuka ke samping sejajar bahu. Lakukan 1x8 hitungan. lalu pindah ke posisi kanan. Telapak tangan menggenggam bola. 2) Inti 2 Berjalan di tempat. Lakukan dua kali. b. Pergelangan tangan ditekuk ke bawah dan ke atas. Kaki ditekuk. lalu menoleh ke samping kiri dan kanan. Namun. Dua tangan di samping tubuh. 6) Inti 6 Bola dipegang di depan dada. Pindah bola ke samping kiri. Tangan dikatupkan ke samping tubuh. lalu kembali ke posisi tegak dengan bola di depan dada. Kembalikan bola ke posisi tengah. Dua tangan di depan. Tahan sampai empat hitungan. 5) Inti 5 Bola dipegang di depan dada. Telapak tangan meremas-remas bola. Tahan dua hitungan. 3) Inti 3 Berjalan di tempat. Durasinya 30-60 menit. konsultasi dulu kepada dokter sebelum melakukannya untuk menghindari risiko cedera. Kaki rapat. Lakukan 2x8 hitungan. lalu diangkat ke atas. Dua tangan di depan dada.Senam rematik dilakukan rutin 3-5 kali seminggu. Tangan diputar ke dalam. lalu posisi di depan dada. Lalu. Lakukan dua kali. Kembalikan bola ke tengah. yang perlu diingat. . 1) Pemanasan Pemanasan 1 Berdiri tegak. Gerakan-gerakan: a. 4) Inti 4 Bola dipeluk di depan dada. Lakukan dua kali. Lakukan 2x8 hitungan.