You are on page 1of 4

AYUNAN

I. GETARAN1. Pengertian Getaran Getaran adalah gerak bolak-balik atau gerak periodik disekitar titik tertentu secara periodik. Gerak Periodik adalah suatu getaran atau gerakan yang dilakukan benda secara bolak-balik melalui jalan tertentu yang kembali lagi ke tiap kedudukan dan kecepatan setelah selang waktu tertentu. Simpangan adalah jarak antara kedudukan benda yang bergetar pada suatu saat sampai kembali pada kedudukan seimbangnya. Amplitudo adalah simpangan maksimum yang dilakukan pada peristiwa getaran. Perioda adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran penuh. Frekuensi adalah banyaknya getaran penuh yang dapat dilakukan dalam waktu satu detik. 2. Ayunan Sederhana Ayunan sederhana atau disebut bandul melakukan gerakan bolak balik sepanjang busur AB. Waktu yang diperlukan oleh benda untuk bergerak dari titik A ke titik A lagi disebut Satu Perioda. Sedangkan banyaknya getaran atau gerak bolak-balik yang dapat dilakukan dalam waktu satu detik disebut Frekuensi. Frekuensi yang dihasilkan bandul disebut Frekuensi Alamiah. Frekuensi Alamiah adalah frekuensi yang ditimbulkan dari ayunan tanpa adanya pengaruh luar.

Gb. Gaya pd Ayunan Sederhana

Untuk Mengetahui besarnya gaya yang mempengaruhi gerak ayunan dapat digunakan persamaan berikut ini :

Dimana : F : Gaya (N) m : Massa benda (Kg) g : Percepatan gravitasi (ms-2) θ : Sudut simpangan (…o) l : Panjang tali (m) x : Simpangan getar (m)

Simpangan getar (A) dapat diketahui besarnya melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : A : θ : l : Panjang tali (m) Simpangan Sudut getar (Amplitudo) deviasi (m) (…o) Sedangkan perioda getaran pada ayunan sederhana dapat diketahui melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : T : phi : l : g : Percepatan gravitasi (ms-2) Perioda 3. Tentukanlah amplitudo getaran dan gaya pada saat simpangan maksimum serta perioda getarannya! 3.14 (22/7) g : Percepatan gravitasi (ms-2) l : Panjang tali (m) T : Periode getaran (s) SOAL Sebuah bandul memiliki massa 100 gr dengan panjang tali 40 cm.14 Panjang getaran ( tali (S) 22/7) (m) Frekuensi getaran dapat dicari dengan menggunakan persamaan sebagai berikut : Dimana : f : Frekuensi getaran (Hz) phi : 3. Apabila percepatan gravitasi bumi 10 ms-2 dan bandul tersebut diberi sudut simpangan sebesar 10o. Pegas .

Getaran pada pegas memiliki frekuensi alamiah sendiri. Besarnya gaya yang menyebabkan getaran dapat di ketahui melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : F : Gaya (N) k : Konstanta gaya pegas (N/m) x : Simpangan (m) Konstanta gaya pegas dapat diketahui melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : k : Konstanta pegas (N/m) m : Massa benda (Kg) ω : Kecepatan sudut dari gerak pegas Sedangkan untuk mengetahui besarnya frekuensi getarannya melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : f : Frekuensi getaran (Hz) phi: 3.14 Massa getar (22/7) beban . Waktu yang diperlukan oleh benda untuk bergerak dari titik A kembali lagi ke titik A lagi disebut satu perioda dimana besarnya tergantung pada massa beban dan konstanta gaya pegas.14 (22/7) k : Konstanta gaya pegas m : Massa beban Dan besarnya perioda getar dapat diketahui melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : T phi m k : Konstanta gaya pegas SOAL : : : Perioda 3.

Energi mekanik adalah jumlah dari energi kinetik dan energi potensial. Tentukanlah simpangan maksimu. Dari keadaan setimbangannya pegas ditarik dengan gaya 2N. Besarnya energi potensial dari benda yang bergetar secara periodik dapat diketahui melalui persamaan sebagai berikut : Dimana : Ep : Energi Potensial k : Konstanta gaya pegas y : Simapangan getaran . Hukum Kekekalan Energi Mekanik Pada Getaran Besarnya energi mekanik dari suatu benda yang bergerak secara periodik adalah tetap. Di dalam setiap getaran energi potensial dan energi kinetik besarnya selalu berubah-ubah tetapi memiliki jumlah yang tetap. periode getarannya dan frekuensi getarannya 4.Sebuah pegas dengan tetapan gaya pegas sebesar 50 N/m dengan massa beban sebesar 50 gr.