You are on page 1of 5

PATOMEKANISME WAHAM

PENDAHULUAN Sebelumnya digunakan istilah paranoia untuk waham. Yang merupakan turunan dari bahasa Mesir yang artinya pikiran. Dalam ilmu kedokteran jiwa, dikatakan bahwa waham sering dijumpai pada penderita gangguan mental yang merupakan salah satu dari gejala gangguan isi pikir. Gangguan waham memiliki karakter pengembangan dari satu jenis waham atau beberapa macam waham yanhg terkait yang dimana biasanya bertahan lama atau bahkan seumur hidup. Waham memiliki banyak jenis. Pada gangguan waham menetap, waham yang ditemui sifatnya lebih wajar untuk terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya waham pada gangguan waham menetap lebih tersistematis dan gangguan ini muncul apabila ada stressor yang cukup signifikan.

ETIOLOGI Seperti kebanyakan gangguan psikiatri lainnya, penyebab gangguan utama delusional adalah tidak diketahui. Selain itu, pasien yang sekarang diklasifikasikan menderita gangguan delusional kemungkinan memiliki suatu kelompok kondisi yang heterogen.dengan waham sebagai gejala yang menonjol. Konsep inti tentang penyebab gangguan delusional adalah pernbedaannya dari skizofernia dan gangguan mood. Disamping itu gangguan delusional mempunyai onset yang lebih lambat dari skizofernia dan mempunyai predominansi wanita yang jauh lebih sedikit daripada yang ditemukan pada gangguan mood.

Faktor Biologis Berbagai kondisi nonpsikiatrik dan zat dapat menyebabkan waham, jadi menyatakan bahwa factor biologis yang jelas dapat menyebabkna waham. Tetapi tidak semua orang dengan tumor otak misalnya, memiliki waham. Factor unik yang masih belum dimengerti di dalam otak dan kepribadian pasien adalah kemungkinan relevan dengan patofisiologi spesifik dari gangguan delusional.

biasanya seseorang yang terkenal seperti bintang film atau atasan ditempat kerja o Usaha untuk menghubungi objek waham melalui kunjungan. khususnya laki-laki. melakukan konflik dengan hokum dalam usaha mereka mengejar objek didalam waham mereka atau dalam usaha yang salah jalan untuk membebaskan diri mereka dari suatu bahaya yang dikhayalkan. makamereka mungkin percaya bahwa mereka benar-benar diikuti. seakan-akan diikuti.Gangguan waham juga mungkin timbul sebagai respon normal terhadap pengalaman abnormal di dalam lingkungan system saraf tepi atau system saraf pusat. Waham Erotomanik o Pasien merasa dicintai mati-matian oleh orang lain. telepon. dan penyangkalan. hadiah o Beberapa orang denga gangguan ini. Freud juga percaya bahwa homoseksualitas bawah sadar adalah penyebab waham cemburu. Teori psikodinamika spesifik tentang penyebab dan evolusi gejala waham adalah anggapan tentang orang hipersensitif dan mekanisme ego spesifik: format reaksi. jika pasien memiliki pengalaman sensorik. Macam-Macam Waham a. Jadi sebagai contoh. proyeksi. sejumlah bermakna pasien delusional tidak memiliki kecenderungan homoseksualitas dan tidak memiliki gejala paranoid atau waham. Dia percaya bahwa laki-laki pasien paranoid menduga istrinya mencintai laki-laki dengan siapa pasien merasa tertarik secara seksual. bukannya gejala dari gangguan. surat. Sebagai contoh: seorang lakilaki dengan gangguan waham mungkin berusaha membunuh suami dari seorang wanita yang dianggapnya jatuh cinta kepada dirinya o Orang yang terkena seringkali ditemukan hidup terisolasi dan menarik diri o Mereka biasanya hidup sendirian dan mempunyai kontak seksual yang terbatas . Sigmun Freud percaya bahwa waham adalah bagian dari proses penyembuhan. Bukti klinis tidak mendukung tesis Freud. Faktor Psikodinamika Para dokter praktek memiliki bukti kuat bahwa banyak pasien dengan gangguan ini memiliki suatu kondisi social terisolasi dan pencapaian sesuatu dalam kehidupannya tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Waham Cemburu o Waham bahwa pasangan seksual pasien tidak jujur o Mempermasalahkan kesetiaan pasangan o Laki-laki lebih sering terkena disbandingkan wanita o Onset sering kali mendadak dan gejala menghilang hanya setelah perpisahan atau kematian pasangan o Waham cemburu dapat menyebaban penyiksaan verbal dan fisik yang bermakna terhadap pasangan dan bahkan dapat menyebabkan pembunuhan pasangan o Hampir selalu orang dengan waham berkelahi dengan pasangan atau kekasihnya dan mungkin mengambil langkah yang tidak biasanya untuk menghadapi ketidaksetiaan yang dikhayalkannya o Usaha tersebut dapat berupa membatasi otonomi dengan memaksa pasangan atau kekasihnya untuk tidak pernah meninggalkan rumah tanpa ditemani. Waham Kebesaran o Disebut juga sebagai Megalomania o Bentuk yang paling umum adalah keyakinan bahwa seseorang memiliki bakat atau wawasan yang luar biasa o Merupakan waham peningkatan kemampuan. dimata-matai. diracuni atau diberi obat. difitnah secara kejam. secara rahasia mengikuti pasangan atau kekasihnya d. seperti : disekongkoli. diusik atau dihalang-halangi dalam mengejar tujuan jangka panjang o Hinaan kecil dapat diperbesar dan menjadi pusat system waham o Orang dengan waham kejar serinng kali membenci dan marah dan mereka mungkin melakukan kekerasan terhadap orang lain yang diyakininya akan menyerang dirinya . Waham Kejar o Waham kejar mungkin sederhana atau terperinci dan biasanya berupa tema tunggal atau sejumlah tema yang berhubungan. pengetahuan. identitas atau hubungan khusus dengan dewa atau orang terkenal c.b. dicurigai. diikuti. kekuatan.

lama totalnya adalah relative singkat disbanding periode waham e. Waham yang tidak aneh (yaitu melibatkan situasi yang terjadi dalam kehidupan nyata. Gangguan adalah bukan Karena efek fisiologis langsung suatu zat (misalnya obat yang disalhgunakan. Menurut PPDGJ-III criteria diagnostic untuk gangguan waham menetap adalah: . Fourth Edition . b. Jika episode mood telah terjadi secara bersama-sama dengan waham. atau dikhianati oleh pasangan atau kekasih atau menderita sesuatu penyakit) selama sekurangnya satu bulan. mulut atay vagina dan waham bahwa bagian tubuh tertentu seperti usus besar tidak berfungsi DIAGNOSIS Menurut Diagnostic Manual of Mental Disorders. Terlepas dari pengaruh waham atau percabangannya. virus. Catatan: halusinasi taktil dan cium mungkin ditemukan pada gangguan delusional jika berhubungan dengan tema waham. Kriteria A untuk skizofrenia tidak pernah dipenuhi.e. ditulari infeksi. seperti sedang diikuti. d. c. fungsi tidak terganggu dengan jelas dan kacau. Waham Somatik o Juga dikenal sebagai psikosi Hipokondriakal Monosimpaatomatik o Waham yang paling sering diderita adalah infeksi (sebagai contohnya: bakteri. Text Revision (DSM-IV) criteria diagnostic untuk gangguan delusional adalah: a. parasit) o Waham tentang bau badan yang berasal dari kulit. dicintai jarak jauh. diracuni. suatu medikasi atau sudatu kondisi medis umum).

Ganguan yang bukan buatan didalam diagnosis banding adalah skizofrenia. Waham tersebut harus sudah ada sedikitnya tiga bulan lamanya dan harus bersifat khas pribadi bukan budaya setempat. dapat memberikan gambarann suatu gangguan delusional. TERAPI a. PERAWATAN DI RUMAH SAKIT · Deperlukan pemeriksaan medis dan neurologis yang yang lengkap pada diri pasien untuk menentukan apakah terdapat kondisi medis nonpsikiatrik yang menyebabkan gangguan delusional . 4. Waham pada awal perjalanan penyakit yang menyebabkan demensia. Diagnosis banding psikiatrik untuk ganguan delusional adalah berpura-pura dan gangguan buatan serta gejala psikologis yang menonjol. Waham merupakan satu-satunya ciri klinis yang khas atau gejala yang paling menonjol. gangguan obsesi kompulsif. gangguan mood. Tidak boleh ada bukti-bukti tentang adanya penyakit otak. siar pikiran. 2. dengan syarat bahwa waham-waham tersebut menetap pada saat-saatp tidak terdapat gangguan afektif itu. Tidak boleh ada halusinasi auditorik atau hanya kadang-kadang saja ada dan bersifat sementara. 5. Delirium dapat dibedakan dengan adanya fluktuasi tingkat kesadaran atau gangguan kemampuan kognitif. Gejala depresif atau bahkan suatu episode depresif lengkap mungkin terjadi secara intermitten. 3. seperti demensia pada tipe Alzheimer.1. gangguan somatoform. penumpukan afek. tetapi tes fisioneurologis biasanya mendeteksi gangguan kognitif. Tidak ada riwayat gejala-gejala skizofrenia (waham dikendalikan. dsb) DIAGNOSIS BANDING Delirium dan demensia perlu dipertimbangkan didalam diagnosis banding pasien dengan waham. dan gangguan kepribadian paranoid.