Jika telah menderita Diabetes ?

Dapat mengontrol gula darahnya dengan: • Pengaturan pola makan dan berolah raga secara teratur. Makan berat 3xsehari + makan ringan 3xsehari.  Penyandang Diabetes dianjurkan untuk berobat dan kontrol teratur ke dokter  Pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dan melakukan pemeriksaan darah dan air seni berkala  Memeriksakan matanya secara teratur minimal 1 kali dalam setahun. Diabetes meningkatkan resiko katarak dan kebutaan.

4. Gagal ginjal, 5. Kerusakan syaraf

Berapakah target gula darah yang harus dicapai oleh penyandang Diabetes ?
• Gula darah sebelum makan : 60 -126 mg/dl • Gula darah 2 jam setelah makan : 140200 mg/dl • Gula darah sebelum tidur : 110-150 mg/dl

Bagaimana mencegah diabetes?

cara

1. Makan makanan bergizi 2. Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan/ kegemukan. 3. Olah raga teratur

Apakah Diabetes dapat disembuhkan?

DIABETES MELITUS

Komplikasi

1. Stroke 2. Penyakit jantung dan hipertensi 3. Katarak dan Kebutaan,

Diabetes tidak dapat sembuh, tapi gula darah dapat dikontrol dalam batas normal. Sehingga pasien dapat kembali bekerja dan beraktifitas layaknya orang sehat.

Diabetes tipe 1 Penderitanya adalah anak-anak & remaja. Terutama yang mempunyai riwayat keluarga Diabetes. kegemukan. Gejala Diabetes  Haus dan minum banyak . riwayat diabetes dalam keluarga. Penderita biasanya berusia lebih dari 40 tahun. gemuk dan punya Dokter Muda Kepaniteraan Klinik Rotasi II Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang 2011  Lapar dan banyak makan  Sering kencing  Berat badan menurun  Mata kabur  Luka sukar sembuh  Sering kesemutan  Sering gatal pada kulit. saluran kencing dan gusi  Nyeri atau kebas pada tangan atau kaki  Badan terasa lemah  Mudah mengantuk  Ejakulasi Dini Apa itu Diabetes ? Diabetes = Penyakit Gula adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah atau hormon yang dihasilkan tidak mencukupi atau hormon tidak bekerja dengan baik. pola hidup tidak sehat. 2.Tipe Diabetes 1. Diabetes tipe 2 Jenis terbanyak. Siapa saja yang dapat menderita Diabetes ? Dapat terjadi pada semua orang. dan usia tua.

Bagaimana memastikan menderita Diabetes/tidak ? Bila hasil pemeriksaan sebagai berikut :  Gula darah puasa ≥126 mg/dl  Gula darah sewaktu ≥ 200 mg/dl  Gula darah 2 jam setelah pemberian larutan glukosa 75 gram (pada tes toleransi glukosa oral) memberikan hasil ≥ 200 mg/dl. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful