You are on page 1of 18

GRAND DESIGN

PROGRAM KERJA BIDANG KAJIAN STRATEGIS (KASTRAT)

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS TADULAKO
PERIODE 2013-2014 Berjuang Dengan Hati, Totalitas dan Integritas

4. dan egaliter. MISI 1.A. Merealisasikan Hasil Kajian Kastrat HMPD FKIK Untad dalam bentuk aksi dan pencerdasan. Mengoptimalkan Fungsi Kastrat HMPD FKIK Untad sebagai analisator dan problem solver dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian Mahasiswa terhadap isu – isu strategis baik itu internal maupun eksternal HMPD FKIK Untad 2. VISI DAN MISI KASTRAT HMPD FKIK UNIVERSITAS TADULAKO PERIOE 2013-2014 VISI Menjadikan Kastrat HMPD FKIK Untad sebagai wadah pergerakan mahasiswa yang aktif. toleran. kritis dan solutif dalam satu totalitas perjuangan yang berbasis kebutuhan dinamisasi isu internal maupun ekternal HMPD FKIK Untad. proporsional. Memperkuat. mengefektifkan. . Memberikan pemahaman kepada Anggota HMPD FKIK Untad terhadap isu-isu strategis yang aktual dalam aktivitas kajian strategis dengan mengembangkan sikap moderat. dan mengefisienkan sistim keorganisasian Kastrat HMPD FKIK Untad menuju optimalisasi kerja Bidang Kastrat HMPD FKIK Untad 3.

Kata kata yang dibuat lebih tebal merupakan inti dari kajian strategis. Bidang Kajian Strategis (Kastrat) berfungsi sebagai bidang yang mengkaji atau menelaah isu baik itu yang menyangkut kehidupan kampus maupun masyarakat umum sehingga isu yang dianalisis tersebut bisa menjadi poros gerakan mahasiswa setempat dalam menunjukkan langkah nyata bisa berupa artikel pencerdasan. menyelidiki. Menurut kamus besar bahasa indonesia. Bidang Kastrat secara umum adalah bagian dari organisasi kemahasiswaan yang turut berkontribusi dalam pergerakan mahasiswa dengan peran dan fungsi kastrat dalam ranah kesehatan. kajian merupakan hasil mengkaji. menelaah: ~ baik buruk suatu perkara. maka definisinya adalah “suatu aktivitas menelaah-menganalisis suatu hal dan menjadikannya sebagai landasan untuk merencanakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan”. bertalian. mempelajari. advokasi kebijakan publik bahkan aksi jikalau memang langkah terakhir ini yang bisa merubah kebijakan publik yang telah berlaku atau belum di wilayah tertentu. atau baik letaknya. berdasar strategi. Strategis berarti berhubungan. mengkaji memiliki arti sebagai kegiatan belajar. Sehingga bila kedua kata ini diartikan secara satu kesatuan yang kerap kita sebut kastrat. memikirkan (mempertimbangkan dsb). . menguji.B. memeriksa. sosialisasi. strategi sendiri adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. PENJABARAN BIDANG KASTRAT HMPD FKIK UNIVERSITAS TADULAKO 1) Definisi Kastrat merupakan akronim dari Kajian Strategis.

non–pendidikan dokter (pendidikan dokter masuk ranahnya pendpro). dan kebijakan di ranah politik nilai (nilai ideal. audiensi. Berkaitan untuk Bidang Kastrat ruang lingkup Kampus. Serta melakukan sistim pengawalan yang berkesinambungan dan terkoordinasi terhadap keterlaksanaan hasil kajian dan penindaklanjutan hasil pengkajian oleh pihak-pihak yang terkait. Bidang pendidikan profesi (pendpro) yang mengkaji masalah pendidikan dokter. Sementara isu eksternal atau masyarakat umum contohnya yaitu kebijakan kesehatan di kota / wilayah kita berada. pemilik kepentingan (aliansi). MDG’s dan lain – lain. dsb. opini. humanisme. kebenaran. Ranah isu yang dikaji utamanya adalah kesehatan. ranah isunya adalah Isu yang menyangkut kehidupan kampus atau bisa disebut isu internal contohnya adalah regulasi serta transparansi beasiswa untuk mahasiswa baru maupun lama.). mediasi. SJSN. JAMKES MAS.2) Tugas Pokok Merujuk pada kepanjangannya. dan stakeholder (petisi. dan masih banyak lagi. demonstrasi. dll. pembentukan kampus bebas asap rokok maupun kawasan terbatas merokok. maka tugas pokoknya adalah mengkaji atau menelaah isu baik itu internal maupun eksternal sehingga isu yang dianalisis tersebut bisa menjadi poros gerakan mahasiswa dalam menunjukkan langkah nyata bisa berupa propaganda (pencerdasan) kepada publik (artikel. Internship. . intelektualitas. sedangkan Kastrat membahas isu-isu kesehatan seperti Sistim Kesehatan Nasional (SKN). negosiasi). Sistim Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dengan polemik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). kurikulum KBK dengan PBLnya. sosialisasi).

dan berdiskusi dengan mengamalkan7K. menulis.3) Fungsi    Sebagai motor pengkajian dalam membangun pemikiran kritis mahasiswa terhadap isu-isu strategis baik internal maupun eksternal kampus Sebagai ujung tombak pencerdasan mahasiswa terhadap isu-isu strategis baik internal maupun eksternal kampus Sebagai motor pengawalan keterlaksanaan hasil kajian dan penindaklanjutan hasil pengkajian oleh pihak-pihak yang terkait. yaitu:        Ketaqwaan Kedisiplinan Kejujuran Kerja keras Kerja sama Kekeluargaan Keharmonisan . 4) Budaya Kerja Budaya kerja Kastrat adalah membaca.

Koordinator Bidang Oleh : Ihwan Ukhrawi Aly    TIM AKSI DAN PENCERDASAN Penanggung jawab segala kegiatan Bidang Kastrat HMPD FKIK Untad Menyusun visi dan misi. yaitu: 1. serta program kerja Bidang Kastrat selama satu tahun kepengurusan bersama staf Bidang Kastrat Melakukan evaluasi tiap program kerja .5) Pembagian Tugas A. Struktur Bidang KOORDINATOR BIDANG TIM KAJIAN Pembagian tugas Bidang Kajian Strategis.

Menghidupkan media Kastrat Membuat pertimbangan aksi.2. Mengawal berlangsungnya kajian isu. b. Menyelenggarakan kajian tentang isu strategis (rapat atau kunjungan). Tim Aksi dan Pencerdasan Oleh : Algivar Dial Prima Daud dan Andi Nur Ardiah      Mencerdaskan kepada publik secara umum dan mahasiswa PSPD FKIK Untad secara khusus tentang isu yang sedang berkembang. Amdi Lolo dan Mutia Nur Rahmi     Komandan isu dan moderator rapat kajian. Staf Bidang Kastrat a. Tim Kajian Oleh : Fandhy P. Menindaklanjuti hasil kajian. Menyusun hasil kajian Menampung dan mendokumentasikan isu. .

Soulmate bertugas saling mnegingatkan soulmatenya tentang agenda rapat himpunan/bidang/umum atau setiap kegiatan dari Kastrat HMPD FKIK Untad 2.B. Berdasarkan Soulmate Untuk Saling mengingatkan antar pengurus terkait tanggung jawabnya sebagai Pengurus Bidang Kastrat MPD FKIK Untad TIM KAJIAN Fandi dan Mutia KOORDINATOR BIDANG Ihwan TIM AKSI DAN PENCERDASAN Algivar dan Diah Tugas Soulmate : 1. . Soulmate juga bertugas saling mengingatkan berkaitan sebagai penanggung jawab proker ataupun tugasnya sebagai pengurus.

Veteran 4. FB : Ihwaand ukhrawii alii 6. No. Nama Lengkap : Ihwan ukhrawi aly 2. 24 e : 082187369859 : Algivar Dial Prima Daud : AlgivarDialPrmaDaud (givar2) : algivar dial prima daud : adpd.id : Tim Aksi dan Pencerdasan . Merpati. jabatan : Algivar dial prima daud : 16 agustus 1993 : Jl. 28 September 1993 3. TTL 3. jabatan : Koordinator Bidang 1. no.co. Email 9.jazzy@yahoo.C.aly 8. Alamat : Jl. No. lorong 2 b. Twitter 7.HP : 085255567823 5. Nama Lengkap 2.id 9.HP 5. Skype : Ihwan. Email : ihwan_aly@yahoo. TTL : Poso. Alamat 4. Skype 8. PENGURUS BIDANG KASTRAT HMPD FKIK UNVIERSITAS TADULAKO PERIODE 2013-2014 PENGURUS BIDANG KASTRAT HMPD FKIK UNTAD PERIODE 2013-2014 1. FB 6.co. Twitter : @ihwanwanbeck 7.

com : Tim Kajian . Skype 8. No. No.id : Tim Kajian : Andi Nur Ardiah R : pare-pare 26 oktober 1993 : perdos blok B 11 / y : 081241117603 : diah ::: diiaahaishite@gmail. Email 9. FB 6.HP 5. jabatan 1. TTL 3.1. jabatan : Fandhy P. Twitter 7. Andi Lolo : dili. TTL 3.HP 5. Twitter 7. Palapa no. Nama Lengkap 2. Twitter 7. Alamat 4. Skype 8. Alamat 4. FB 6. TTL 3. 31 oktober 1993 : Jl. 35 : 085657159540 : mutia nur rahmi ::: mutianurrahmi@gmail. Garuda II lrg. 14 juli 1993 : Jl. Purnawirawan no. Email 9.com : Tim Aksi dan Pencerdasan : Mutia Nur Rahmi : palu. jabatan 1.HP 5.21 B : 085342990901 : vandhy indp : @vandhyindp : Vandhy_Indp : fandhy_2539242@yahoo. Nama Lengkap 2. FB 6. Alamat 4.co. Skype 8. Email 9. Nama Lengkap 2. No.

b Indikator Keberhasilan Kajian DBD 1. Terdapat minimal 1 isu internal sebagai isu strategis dalam jangka waktu 1 bulan. dan egaliter. PROGRAM KERJA Program Kerja Bidang Kajian dan Strategis (Kastrat) HMPD FKIK UNTAD Peridoe 2013-2014 merupakan program kerja yang disusun berdasarkan asa kebutuhan anggota HMPD FKIK UNTAD dan sinergis dengan Visi Misi HMPD FKIK UNTAD 1. FMB (Forum Mahasiswa Berbicara) a Tujuan 1. DBD (Diskusi Bersama Dekanat) b. Internal a. Menghasilkan pemikiran kritis . .solutif terhadap isu-isu internal yang menjadi permasalahan melalui partisipasi lintas angkatan mahasiswa program studi pendidikan dalam bentuk rekomendasi kepada satkeholder (dekanat) 3.1. moderat.D. toleran. Kajian : 1. dan dipandang strateigs untuk dilakukan pengkajian. 2. Memfokuskan ruang lingkup kajian strategis dengan mengembangkan sikap. Memberikan Pemahaman kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan dokter tentang isu-isu internal kampus yang beredar. proporsional.

 Di bulan pertama. Anggaran Penyelenggaraan Organisasi dll. 2. Hasil rekomendasi dari tiap angkatan tersebut akan di tindaklanjuti bersama antara Kastrat HMPD dan .2. Terbentuknya rekomendasi dari hasil kajian internal untuk disampaikan kepada stakeholder dalam jangka waktu 2 bulan. kemahasiswaan. Maka dari itu. 3. yang akan menjadi rekomendasi hasil kajian angkatan. Terbentuknya kesepakatan pencapaian solusi yang kritis dan solutif berkaitan tentang permasalahan dari hasil kajian antara mahasiswa bersama stakeholder (dekanat). C Sasaran Kegiatan Mahasiswa Program Studi Pendidikan dokter d Perencanaan Pelaksanaan Proker  Diskusi Bersama Dekanat (DBD) Perencanaan Program Kerja Kajian DBD (Diskusi Bersama Dekanat) pada awalnya dilatar belakangi begitu banyaknya isu-isu yang beredar didalam bebrbagai aspek misalnya akademik. dibuatnya kajian DBD ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk meminta kejelasan isu strategis tersebut kepada pemangku kebijakan (stakeholder) dalam hal ini kepada pihak Jajaran dekanat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. diharapkan terdapatnya satu atau lebih isu strategis yang menjadi permasalahan yang dimana posisi bidang Kastrat sebagai Fasilitator dalam mensosialisasikan isu tersebut di lintas angkatan mahasiswa PSPD FKIK Untad. sehingga diharapkan dari hasil sosialisasi ini tiap angkatan menindaklanjuti isu-isu tersebut. Terbentuknya rekomendasi dari hasil kajian FMB sebagai evaluasi dari hasil kajian DBD.  Dibulan Kedua. Konsep Proker ini adalah berlangsung rutin selama dua bulan sekali. untuk memutuskan pandangan umum dan pandangan khususnya tentang isu tersebut. Terlaksananya Sosialisasi Isu Internal sebagai isu strategis dari Pengurus Kastrat kepada masing-masing angkatan dalam ruang lingkup mahasiswa program studi pendidikan dokter. Kajian FMB 1.

Perwakilan Angkatan. e Alokasi Anggaran   f   DBD (Diskusi Bersama Dekanat) : Rp. 750.000. yang nantinya rekomendasi tersebut akan disampaikan ketika Diskusi Bersama Dekanat (DBD) antara Pihak Dekanat Bersama Kastrat HMPD dan Perwakilan Angkatan. Untuk dibuatkan Rekomendasi Umum Mahasiswa PSPD FKIK Untad menyikapi isu yang menjadi permasalahan. yang dimana dalam FMB ini. pada intinya merupakan sebuah Forum Formal yang dibuat sebagai evaluasi dari Proker DBD(Diskusi Bersama Dekanat). 4.  Forum Mahasiswa Berbicara (FMB) Perencanaan Program Kerja FMB (Forum Mahasiswa Berbicara) ini.000 FMB (Forum Mahasiswa Berbicara) : Rp. akan diundang seluruh mahasiswa program studi pendidikan dokter beserta jajaran petinggi dekanat fakultas.000 Timeline DBD (Diskusi Bersama Dekanat) Bulan Juni – Oktober 2013 (2 bulan sekali) FMB (Forum Mahasiswa Berbicara) Bulan Desember 2013 g Penanggung Jawab Tim Kajian .

1. Memberikan Pemahaman kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan dokter sebagai insan kesehatan tentang isu-isu kesehatan yang berkembang di Indonesia khususnya di kota Palu. Kualitatif :  Diskusi berjalan tidak lancar dan tidak menghasilkan solusi bagi masalah yang didiskusikan ( 1 )  Diskusi berjalan tidak lancar namun menghasilkan solusi bagi masalah yang didiskusikan ( 2 )  Diskusi berjalan lancar dan menghasilkan solusi bagi masalah yang didiskusikan ( 3 ) . Menghasilkan pemikiran kritis .2. Kuantitatif :  Diikuti oleh ≤ 25 peserta (1)  Diikuti oleh 26-30 peserta (2)  Diikuti oleh lebih dari 30 peserta (3) b. 2.solutif terhadap permasalahan kesehatan melalui partisipasi mahasiswa profesi kesehatan di Kota Palu pada umumnya dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tadulako pada khususnya. b Indikator Keberhasilan a. Eksternal Kajian Seputar Kesehatan Indonesia (KRESENDO) a Tujuan 1.

Oleh karena itu. Implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).Tingkat Keberhasilan :    5-6 : Berhasil 3-4 : Cukup berhasil 2 : Kurang berhasil c Sasaran Kegiatan Mahasiswa Kesehatan se-Kota Palu pada umumnya. tentunya kita harus berperan aktif dalam menyikapi permasalahan-permasalahan kesehatan. konsep kegiatannya berupa Seminar dengan penekanan metode diskusi. Tema seminar sendiri. Kajian Seputar Kesehatan Indonesia ini. dianggap perlu untuk mengevaluasi pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan Kota Palu yang nantinya akan menghasilkan pemikiran kritis dan analisis terhadap kebijakan pemerintah dalam sektor kesehatan. akan di kondisikan sesuai kebutuhan isu strategis kesehatan nasional ataupun yang berdampak langsung bagi kota palu. . Dll diharapkan dari pemaparan presentasi seminar tersebut. khususnya yang ada di Palu. dalam hal ini Bidang Kastrat merekomendasikan tema seminarnya adalah Rencana Strategis dan Tantangan Upaya Percepatan Pembangunan Kesehatan Kota Palu. Upaya Pemerintah dalam pencapaian Millenium Developments Goals (MDGs) Kesehatan di Kota Palu. pada awal tahun 2014 (Bulan Januari). dalam sesi diskusinya bisa lebih lancar dan dapat menghasilkan solusi yang didiskusikan. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Untad pada khususnya. d Perencanaan Pelaksanaan Proker Perencanaan Pelaksanaan Proker ini dilatar belakangi karena Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Untad Sebagai mahasiswa profesi kesehatan.

kemahasiswaan dll.e Alokasi Anggaran Rp.000 f Timline Bulan Januari 2014 g Penanggung Jawab Tim Aksi dan Pencerdasan 2. Media Kastrat : Sendawa (Selebaran Propaganda Mahasiswa) a Tujuan Sebagai media Publikasi dan Pencerdasan kepada Mahasiswa PSPD sebagai anggota HMPD FKIK Untad terkait Isu-isu yang sedang Berkembang ( dalam dunia kesehatan (Tematik).) .5. serta Isu-isu kampus yang dipandang urgen untuk dipublikasikan (Kebijakan Universitas ataupun dekanat serta Permasalahan Kampus misalnya akademik.000.

Sistem Jaminan Sosial Nasional. (1) Tingkat Keberhasilan :    3 : Berhasil 2 : Cukup Berhasil 1 : Kurang Berhasil c Sasaran Kegiatan Mahasiswa PSPD FKIK Untad d Perencanaan Pelaksanaan Proker 1. sehingga jumlah Media Kastrat (SENDAWA) yang diterbitkan selama satu tahun kepengurusan adalah 12 kali.b Indikator Keberhasilan Terbitnya Media Kastrat (SENDAWA) adalah sekali sebulan. (2)  Jumlah penerbitan Media Kastrat (SENDAWA) < 8 kali selama kepengurusan. sehingga jumlah Media Kastrat yang diterbitkan selama satu tahun kepengurusan adalah 12 kali (3)  Jumlah penerbitan Media Kastrat (SENDAWA) 8-10 kali selama kepengurusan. MDGs dll) serta Isu-isu kampus yang dipandang urgen untuk dipublikasikan (Kebijakan Universitas ataupun dekanat serta Permasalahan Kampus misalnya akademik. Tematik. kemahasiswaan dll) . Maka dengan ini indikator keberhasilan yang dapat diukur adalah :  Jumlah penerbitan Media Kastrat (SENDAWA) adalah sekali sebulan. Perencanaan: program ini menjadi sebuah program yang mendukung Aksi dan Pencerdasan yang dilakukan Kastrat HMPD FKIK Untad berkaitan tentang Isu-isu yang sedang Berkembang dalam dunia kesehatan (misalnya.

akan diterbitkan sekali sebulan. Penerbitan Media Kastrat yang bernama SENDAWA ini. e Alokasi Anggaran Rp. Media elektronik (melalui jejaring sosial. Media Massa Kampus (Media Tadulako dll). Majalah Kampus dll). Media publikasinya adalah Media yang telah difasilitasi kampus (Mading. 3.000 f Timeline Sepanjang Kepengurusan (Tiap Bulan) g Penanggung Jawab Tim Aksi dan Pencerdasan . Sifat sebagai penyalur yaitu menyalurkan seluruh hasil kajian (rekomendasi) Kastrat wilayah HMPD FKIK Untad kepada Mahasiswa PSPD dalam bentuk pamflet maupun tulisan (artikel).2. website dll). 350. sehingga jumlah Media Kastrat (SENDAWA) yang diterbitkan selama satu tahun kepengurusan yakni ada 12 bulan berjalan adalah 12 kali.