You are on page 1of 5

WORKPLAN

HEMATOLOGI

Oleh:

NISA KHAIRATI SYUKRI 0907101010145 A-01

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2009

Cairan yang tidak mengandung unsur fibrinogen disebut Serum Darah. sampah dan air) 2. Secara umum fungsi darah adalah: 1. lipid. Protein dalam erum inilah yang bertindak sebagai Antibodi terhadap adanya benda asing (Antigen). Dibawah normal disebut Anemia Bila kadar Hb. Globulin dan Fibrinogen. Volume darah lebih kurang 5 liter atau sekitar 6%-7% dari berat badan. Plasma ini mencapai 55% dari darah. Transportasi (sari makanan. Eritrosit berusia 120 hari.0-17. dimana haem adalah yang memberi warna merah pada darah dan globin adalah protein darah.5 gr/dl Wanita dewasa 12. Plasma Darah Plasma darah merupakan cairan yang membawa suatu bahan nutrisi. 2. faktor makanan.3 gr/dl Bila kadar Hb. Karena itu eritrosit mempunyai protein khusus yaitu hemoglobin yang bersifat mengikat oksigen yang dilakukan dalam kapiler-kapiler paru. mineral.5 gr/dl Infant 10.5 juta eritrosit tiap milimeter kubik dan pada wanita 4. jenis kelamin. karbohidrat. Plasma adalah cairan berwarna kuning muda yang didapat dengan cara memutar sejumlah darah yang sebelumnya ditambah dengan antikoagulan. Laki-laki dewasa 13.3 gr/dl Baby 15. hemoglobin ini pada manusia konsentrasinya berbeda-beda tergantung pada umur.3-15. karbondioksida. oksigen.8-12.TINJAUAN PUSTAKA Hematologi adalah ilmu yang mempelajari tentang darah dan jaringan pembentuk darah. Hemoglobin adalah struktur darah yang terdiri dari Haem dan Globin.5-5 juta eritrosit tiap milimeter kubik. protein.6 µm dan dengan ketebalan 1. pH regulator) Komponen darah: A. B.1-14.9 µm.2-23. Imunologi (mengandung antibodi tubuh) 4. enzim dan substansi lainnya. Pada pria terdapat 5-5. dan lain-lain. Homeostasis (mengatur keseimbangan zat. Leukosit (Sel darah putih) . Diatas normal disebut polisitemia.. Fungsi utama eritrosit adalah sebagai media transportasi O2 ke jaringan dan CO2 dari jaringan ke paru.8 gr/dl Anak-anak 11. Termoregulasi (pengatur suhu tubuh) 3. Dalam plasma darah juga terlarut garam anorganik. Darah merupakan bentuk jaringan ikat khusus yang terdiri atas sel-sel darah dan suatu substansi interseluler cair yaitu plasma darah. Eritrosit ( Sel darah merah) Eritrosit berbentuk cakram bikonkaf dengan diameter 7. vitamin. Sel-sel Darah Sel-sel darah terdiri dari: 1. Plasma terdiri dari air dan protein darah yaitu Albumin.

Fungsi reparatif yaitu fungsi yang memperbaiki / mencegah terjadinya kerusakan terutama kerusakan vaskuler / pembuluh darah. yaitu · Limfosit T : Berperan sebagai imunitas seluler · Limfosit B : Berperan sebagai imunitas humoral (b) Monosit : Leukosit dengan ukuran paling besar Fungsi leukosit yaitu: 1. Bersihkan lokasi dngan kapas alkohol . yaitu : 1. Jumlah pada orang dewasa 200. 3.Sel darah putih mempunyai inti. Penurunan jumlah trombosit disebut trombositopenia. Diproduksi pada sumsum tulang belakang dan berperan dalam proses pembekuan darah. PROSEDUR KETERAMPILAN PENGAMBILAN DARAH KAPILER Alat dan Bahan : • Lokasi: o Dewasa: Jari ke 3 dan ke 4 Lobus telinga o Bayi : tumit dan ibu jari kaki • Prosedur pengumpulan sampel: o Kapas dengan alkohol 70% o Lancet Cara kerja : 1. 2. Trombosit ini berdiameter 2-4 µm. Granulosit : Leukosit yang di dalam sitoplasmanya memiliki granula. Terdiri dari (a) Limfosit : Berfungsi sebagai sel kekebalan tubuh. Fungsi defensip yaitu fungsi untuk mempertahankan tubuh terhadap bendabenda asing termasuk mikroorganisme penyebab infeksi.000-500. Jumlah leukosit dalam darah manusia rata-rata 5000-9000 sel permilimeter kubik. Terdiri dari beberapa jenis. Terdiri dari: (a) Eosinofil: Mengandung granula berwarna merah dan berperan pada reaksi alergi (terutama infeksi cacing) (b) Basofil : Mengandung granula berwarna biru dan berperan pada reaksi alergi (c) Netrofil (Batang dan Segmen) : Disebut juga sel Poly Morpho Nuclear dan berfungsi sebagai fagosit 2.000 sel/µl darah. Jika leukosit diatas normal disebut Leukositosis Jika leukosit dibawah normal disebut Lekopenia. Agranulosit : Leukosit yang sitoplasmanya tidak memiliki granula. Trombosit (Keping darah) Trombosit berbentuk tidak teratur dan tidak mempunyai inti serta dalam peredaran darah tidak berwarna.

dengan meletakkan tabung Hb sedemikian rupa dimana cahaya matahari sebagai latar belakang 7. sampai warna sesuai dengan warna standart 6. PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN a. Metode Sahli Alat dan bahan:  Darah kapiler. kemudian baca kadar Hb. vena dengan antikoagulan  Reagen Hb/ larutan Drabkin ( mengandung Kalium Ferri Sianida dan Kalium Sianida)  Standar Hb  Pipet Hb  Pipe ukur (5 ml)  Tabung reaksi dan rak tabung  Cuvet  Fotometer 1 set TUJUAN BELAJAR 1. masukkan darah kedalam tabung hemometer 3. 4. Isi tabung Hemometer dengan 3-5 tetes HCL 0. Mahasiswa mampu melakukan pengambilan darah kapiler pada ujung jari Mahasiswa mengetahui dan mengerti tentang hemoglobin Mahasiswa memahami pentingnya hemoglobin Mahasiswa mampu memeriksa hemoglobin baik dengan etode sahli ataupun dengan metode Hb. kadar Hb dicatat dengan satuan gr/dl b. vena dengan antikoagulan  HCL 0. lalu keluarkan pipet dari tabung 4. Lap ujung pipet dengan tissue kering. Metode Hb. 3. Sianmeth Alat dan bahan:  Darah kapiler. 3. Tusuk dengan lancet dngan cepat (±sedalam 2mm) usap dengan tissue tetesan darah pertama letakkan ujung pipet pada tetesan darah.1 N  Aquadest  Hb Sahli set Cara kerja: 1. Sianmeth 5. 6. hisap secukupnya bersihkan bekas luka dengan kapas alkohol beri identitas pada sampel. hisap darah sebanyak 20 µl dengan menggunakan pipet Hb. 4. 5. bilas pipet dengan cara menghisap dan memompa berulang. Tambahkan aqudes setetes demi setetes sambil diaduk dengan pengaduk khusus.1 N 2. mahasiswa mampu menghitung jumlah leukosit .2. 2. Biarkan 3-5 menit 5.

com/2009/06/pengertian-hematologi-ilmuyang. Hematologi. Buku Ajar Histologi. Pengertia Hematologi. Pt.ui. Thomas S. Anthony A. 3. 1996. 4. dokter dapat menilai keadaan darah yang tidak normal. http://materihematologi. dengan mengetahui jumlah leukosit dokter dapat mengetahui penyakit apa yang diderita oleh pasien HAL-HAL YANG BELUM DIPAHAMI • • • • • Pada saat pengambilan darah kapiler mengapa harus mengusap tetesn darah pertama dengan tissue? Dalam pemeriksaan hemoglobin metode manakah yang lebih praktis an ekonomis? Dalam pemeriksaan hemoglobin metode manakah yang biasa digunakan oeh para dokter? Bagaimana cara mengisi kamar hitung? Bagaimana cara menghitung leukosit? DAFTAR PUSTAKA Anonim. dokter dapat memastikan penyakit pasien dokter dapat mengetahui kadar hemoglobin dalam darah dokter dapat mengetahui jumlah leukosit dalam darah denga mengetahui kadar Hb. 5. Paparo.ac. http://liemachmad. 2. Penerbit buku kedokteran EGC: Jakarta.wordpress. Rolland leeson. http://kambing.htm Diakses pada tanggal 17 Oktober 2009. .html Diakses pada tanggal 17 Oktober 2009.PENERAPAN KLINIS 1. C. Leson.id/bebas/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Biologi/0069%20Bio%202-6c.blogspot. 2009. Aryadnyani.com/2009/07/01/hematologi/ Diakses pada tanggal 17 Oktober 2009. Hematologi. Liemachmad.