RAGAM BAHASA INDONESIA

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

KELOMPOK 5 Christ.Mulyono Mario Wagiu Rizma Duma Roysimon.Wangkanusa Reinhard Bonke Juvino Pinori Immanuel ch.Pontorondo Mikha.Kaunang

.Berdasarkan Media pengantaranya.PENGERTIAN RAGAM BAHASA Ragam Bahasa adalah variasi Bahasa yang terjadi karena Pemakaian bahasa.

Cara mengekspresikan diri 3.Sebagai alat berintegrasi dan Beradaptasi sosial.Alat komunikasi 2.Sebagai alat kontrol sosial .Fungsi Bahasa 1. 4.

Ragam tulisan 3. Ragam Lisan 2. Ragam Formal 4. Ragam nonformal .Ragam Bahasa terdiri dari : 1.

Ragam Bahasa Indonesia     Berdasarkan Penutur  Dialek  Sosiolek Berdasarkan Sarana  Lisan  Tulis Berdasarkan Pemakaian  Hukum  Ekonomi  Politik  Teknik  Militer  Agama  Komunikasi  Dll Berdasarkan Formal-Nonformal  Formal  Nonformal .

objek) tidak selalu dinyatakan Terikat pada sikon. ruang. predikat. waktu Diksi tidak cermat Dibantu intonasi. mimik . gerak. Ragam Lisan      Ada orang kedua: teman bicara Unsur gramatikal (subjek.Ragam Lisan dan Tulis 1.

predikat. ruang.2. objek) selalu dinyatakan  Tidak terikat pada sikon. waktu  Diksi harus cermat  Dibantu ejaan dan tanda baca . tetapi pembaca  Unsur gramatikal (subjek. Ragam Tulis  Tidak ada teman bicara.

9/3/2008) 2) Internet Masuk Desa. 9/3/2008) 3) Pembahasan APBD 2008 lelet: Saya Tepaksa Ngutang (PK. “Siapa sih lo?” (PK. Pengunaan Bentuk Kata Dinas PU Senang Ngelihat Koban Jalan Berlubang (RM. 23/2/2008) 4) Ngetop dengan ungkapan. 23/2/2008) 1) . Menteri Nuh Ngeblok Situs Porno (RM.Contoh Ragam Lisan a.

Ragam Baku     Kemantapan dinamis Cendekia Seragam Menyimpang dari kebakuan 2. Ragam Nonbaku .Ragam Baku dan Nonbaku 1.

.  Ragam tidak baku (nonbaku) adalah ragam yang menyimpang dari norma baku. Ragam baku adalah ragam yg dilembagakan dan diakui oleh sebagian besar pemakainya sbg bahasa resmi dan sbg kerangka acuan norma bahasa dalam penggunaannya.

Ragam Sosial dan Ragam Fungsional  Ragam sosial adalah ragam bahasa yang disepakati sebagian normanya untuk digunakan di lingkungan sosial terbatas.  Ragam fungsionalprofesional adalah ragam yang dikaitkan dengan profesi. lingkungan kerja. lembaga. . atau kegiatan tertentu.

sturtur).  BI yang baik dan benar adalah BI yang baku.BI yang Baik dan Benar  BI yang baik adalah BI yang digunakan sesuai dengan sikon. siapa teman bicara.  BI yang benar adalah BI yang digunakan sesuai dengan kaidah/norma bahasa (diksi. ejaan. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.