PANCASILA DRS. H. AIDIL FITRI, M. HATTA, MM, M.

Si

ANALISA STRATEGI, SITUASI, DAN KONDISI SUMPAH PRESIDEN DAN SUMPAH DOKTER DITINJAU DARI BENCANA ALAM

c.DISUSUN OLEH: NAMA NPM KELAS : EVA AMANDA R : 110. Meningkatkan kesehatan dengan fasilitas – fasilitas medis serta penyuluhan setempat. SITUASI. Tolong menolong merupakan cerminan bangsa kita. e. Tolong menolong dan gotong royong merupakan landasan sila ke 2. Semua agama di indonesia selalu mengajarkan untuk tolong menolong. Latar Belakang a. Melakukan tindakan diagnosis yang terjadi. b. c. Belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan keterlampilan kesehatan dan mengamalkan sesuai dengan ajaran agama Islam. .2007. Bagaimana cara dan pandangan kita sebagai mahasiswa kedokteran/insan kesehatan dalam upaya penanggulangan bencana di jakarta? Tujuan tindakan a. b. baik pada perorangan dan masyarakat guna memahami penyakit – penyakit apa yang akan timbul dari bencana banjir tersebut. d. DAN KONDISI SUMPAH PRESIDEN DAN SUMPAH DOKTER DITINJAU DARI BENCANA ALAM BAB I PENDAHULUAN 1. Dengan tolong menolong dapat mempercepat evakuasi bencana.103 :A-7 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI JAKARTA ANALISA STRATEGI. 2 3 Adil dan bijaksana dalam melakukan pertolongan.

Masalah banjir merupakan masalah bersama yang harus diselesaikan dengan membuat penyelesaian bersama. Memperagakan kesadaran terhadap nilai sosial. c. c.d. d. Mencari info – info penting mengenai cara penanggulangan bencana alam di Indonesia. POLA FIKIR BAB III a. Nilai instrumental yang berkembang. 4. c. Memberikan kritik dan saran untuk penanggulangan bencana alam di jakarta. e. Mencari dan memahami dari sudut pandang ideologi negara yaitu pancasila. e. 2. b. adat – istiadat yang dapat mempengaruhi keadaan sehat dan keadaan sakit. Pancasila sila ke 1. b. 5 Metode analisa a. 4 Kerangka konsep a. b. Mengumpulkan landasan pustaka yang ada. Setiap bencana akan menimbulkan hikmah persatuan bangsa. BAB V PENUTUP 1. . Memberikan semangat dan dukungan untuk para korban bencana. UUD 1945. d. 5. BAB II LANDASAN PUSTAKA a. Dasar Pancasila yang dikaitkan pada alinea pembukaan UUD. b. Tulus dan ikhlas sangat bermakna dalam menolong sesama. Melihat secara visual atau non visual kejadian alam. c. e. e. d. Memberikan jawaban dan kesimpulan. Kesimpulan a. e. Berlandaskan pada Al – Qur`an dan Al – Hadist tentang kewajiban tolong menolong. keagamaan. GBHN. Melakukan pemaparan sebagai insan kesehatan dalam penanggulangan banjir. 3. Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia. Peran para insan medis. Membandingkan dengan profesi lain dan dikaitkan dengan pancasila. Agama memberikan pengajaran kepada kita agar saling tolong menolong kepada setiap orang yang membutuhkan. Negara kesatuan yang kokoh dalam menghadapi masalah. Indonesia merupakan negara yang berlandaskan ideologi Pancasila. d. b.

Memberikan bantuan dalam bentuk moril maupun materiil. b. Saran a.c. Mendahulukan anak – anak dan ibu – ibu dalam melakukan evakuasi. Membantu korban dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan suatu imbalan. e. Bahu membahu. Tidak mengambil keuntungan dari para korban bencana alam tersebut.gotong royong dalam penanggulangan bencana. Tidak membeda – bedakan. Bersatu dan bekerja sama dalam upaya penanggulangan bencana alam ini. 2. dilakukan dengan adil dan bijaksana dalam pembagian bantuan. . c. d. d. Insan kesehatan harus bertindak dan peduli terhadap bencana banjir. e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful