P. 1
2

2

|Views: 7|Likes:
Published by bubble_in
BBBKKJBKJ
BBBKKJBKJ

More info:

Published by: bubble_in on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2014

pdf

text

original

2.2. 2.2.

1

Hipertensi Kronis Dalam Kehamilan Pengertian

Hipertensi kronik sendiri didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik lebih atau sama dengan 140 mmhg dan atau tekanan darah diastolik lebih atau sama dengan 90 mmhg yang telah ada sebelum kehamilan, yang bertahan sampai lebih dari 20 minggu pasca partus 1 atau setelah 12 minggu menurut kepustakaan yang lain. (Saifuddin, 2010 : 531). Hipertensi pada kehamilan secara epidemiologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : 1. Usia Insidens tinggi pada primigravida muda, meningkat pada primigravida tua. Pada wanita hamil berusia kurang dari 25 tahun insidens > 3 kali lipat. Pada wanita hamil berusia lebih dari 35 tahun, dapat terjadi hipertensi laten. 2. Paritas Angka kejadian tinggi pada primigravida muda maupun tua. Primigravida tua berisiko lebih tinggi untuk pre-eklampsia berat. 3. Faktor keturunan Jika ada riwayat hipertensi, pre-eklampsia, eklampsia pada ibu atau nenek penderita. Faktor risiko meningkat sampai 25%. 4. Faktor gen

2.3.Diduga adanya suatu sifat resesif ( recessive trait ). Aktifitas fisik selama hamil serta istirahat baring yang cukup selama hamil mengurangi kemungkinan atau insidens hipertensi dalam kehamilan. Penelitian lain mengatakan bahwa kekurangan kalsium berhubungan dengan angka kejadian yang tinggi. yang berhubungan dengan penyakit ginjal. Diet / gizi Tidak ada hubungan bermakna antara menu atau pola diet tertentu (WHO). Angka kejadian juga lebih tinggi pada ibu hamil yang mengalami obesitas atau overweight. Iklim / musim Di daerah tropis insidens lebih tinggi 7.2. Diagnosis . Sekunder : 10%. Primer (idiopatik) : 90 % 2. Tingkah laku / sosio-ekonomi Kebiasaan merokok selama hamil memiliki risiko kematian janin dan pertumbuhan janin terhambat. penyakit endokrin (diabetes melitus). 6. 2. penyakit hipertensi dan vaskular 2. 5. Etiologi Etiologi hipertensi kronik dapat dibagi menjadi : 1.2. yang ditentukan genotip ibu dan janin.

riwayat pemakaian obat anti hipertensi. 2. Diperlukan juga adanya pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan laboratorium ( darah lengkap. Opthalmology. Pada janin sendiri dapat terjadi bermacam – macam gangguan sampai kematian janin dimana efek kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah wanita hamil akan merusak sistem vaskularisasi darah. gagal ginjal. Hal ini bisa menyebabkan prematuritas plasental dengan akibat pertumbuhan janin yang lambat dalam rahim. USG).4. Selain itu komplikasi lain yang sangat mengkhwatirkan yaitu terjadinya superimposed preeclampsia dimana hal ini dapat mengakibatkan terjadinya disfungsi hepar. kreatinin. EKG. ureum.Diagnosis pada hipertensi kronik bila ditemukan pada pengukuran tekanan darah ibu ≥ 140/90 mmhg sebelum kehamilan atau pada saat kehamilan mencapai 20 minggu serta didasarkan atas faktor risiko yang dimiliki ibu.2. Penanganan . adanya kelainan ginjal. hipertensi > 4 tahun. SGPT ). Kriteria ini tidak lagi dianjurkan. bahkan apabila angka absolut dibawah 140/90 mmhg. serta tendensi timbulnya perdarahan yang meningkat dan perburukan kearah eclampsia. bahkan kematian janin. umur ibu > 40 tahun. 2. Namun.2. Komplikasi pada ibu dan janin Pada wanita hamil yang mengalami hipertensi kronik terjadi peningkatan angka kejadian stroke. asam urat. Dahulu direkomendasikan bahwa yang digunakan sebagai kriteria diagnosis adalah peningkatan tekanan darah sistolik sebesar 30 mmhg atau diastolik 15 mmhg. yaitu : pernah eklampsia. adanya diabetes mellitus. wanita yang mengalami peningkatan tekanan darah sistolik 30 mmhg atau diastolik 15 mmhg perlu diawasi dengan ketat. sehingga mengganggu pertukaran oksigen dan nutrisi melalui plasenta dari ibu ke janin.3. SGOT. kardiomiopati.

monitoring keseimbangan cairan dan diuresis. Bila didapatkan hipertensi dalam kehamilan sebaiknya segera di rawat di rumah sakit dan diharuskan untuk istirahat total. Pada hipertensi berat kehamilan secepat mungkin diterminasi. menurunkan mortalitas dari janin dengan pemakaian medikamentosa yang minimal. Mortalitas Pada kehamilan disertai dengan hipertensi kronik di Indonesia sendiri masih merupakan penyakit yang meminta korban besar bagi ibu dan bayi. Istirahat total memiliki efek yang baik dimana akan meningkatan aliran darah renal dan utero plasental. 2. Peningkatan aliran darah renal akan meningkatkan diuresis dan mengurangi oedema.Pengelolaan pada wanita hamil dengan hipertensi kronik bertujuan untuk menurunkan risiko kematian maternal. juga monitoring unit feto – placental. sedapat mungkin janin dilahirkan pervaginam. mengobati hipertensi dan melahirkan janin dengan baik harus juga diperhatikan dalam persalinan sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Kematian ibu yang disebabkan oleh gangguan ini berkisar 15. 2.2.7% di USA antara tahun 1991-1999.5.6. Sehingga penatalaksanaan hipertensi ditujukan untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti superimposed preeclampsia. Karena itu pemeriksaan antenatal yang baik dan tersediannya fasilitas rujukan bagi kasus risiko tinggi dapat menurunkan angka kematian maternal. eklampsia. Prognosis . Hal ini berhubungan erat dengan pemeriksaan antenatal serta perawatan ibu hamil yang kurang ditambah dengan fasilitas kesehatan yang minim.2. Pada hipertensi yang ringan dilakukan terapi konservatif.

dan kondisi yang dapat memperburuk selama kehamilan. Dengan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang memadai angka kematian ibu dan anak dapat ditekan.2. Pemeriksaan kehamilan yang berkesinambungan memberi prognosis yang semakin baik. . Saepudin (2006). dibagi dalam 2-3 dosis Pilihan kedua : Nifedipine : 30 – 120 g/hari. Obat antihipertensi Pilihan pertama : Methyldopa : 0.7. Anti Hipertensi Indikasi pemberian antihipertensi adalah : a. prognosis dapat kearah baik maupun kearah perburukan.Dengan disfungsi organ dan desakan diastolik ³ 90 mmHg b.5 – 3.0 g/hari. Risiko rendah hipertensi . dalam slow-release tablet (Nifedipine harus diberikan peroral) Untuk menghindari kejadian komplikasi yang lebih berat bahwa kehamilan dengan masalah kesehatan yang membutuhkan rujukan untuk konsultasi dan atau kerjasama penanganannya seperti hipertensi.Pada kehamilan yang disertai hipertensi kronik. 2. Asal tidak terjadi penyulit serta komplikasi yang lain terhadap proses kehamilan dan kelahiran. anemia berat. pereklamsi.Ibu sehat dengan desakan diastolik menetap ³100 mmHg .

Mengatur diet.10. 2010 : 540). Penanganan Umum 1.2. 2009: 5-6) 2. bengkak tidak hilang setelah beristirahat.2. pandangan mata kabur dll. Hal ini dapat merupakan pertanda anemia. yaitu meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat serta lemak. Oedema pretibial yang ringan sering ditemukan pada kehamilan biasa. Hampir separuh dari ibu-ibu akan mengalami bengkak yang normal pada kaki yang biasanya hilang setelah beristirahat atau meninggikan kaki. 2009:3) 2.8. Oedema yang mengkhawatirkan ialah oedema yang muncul mendadak dan cenderung meluas. bengkak disertai dengan keluhan fisik lainnya. Oedema biasa menjadi menunjukkan adanya masalah serius dengan tanda-tanda antara lain: jika muncul pada muka dan tangan. (Uswhaaja.9. jari tangan dan muka. gagal jantung atau pre-eklampsia.2. Istirahat cukup 2. Kalau keadaan memburuk namun memungkinkan dokter akan mempertimbangkan untuk segera melahirkan bayi demi keselamatan ibu dan bayi (Hendrayani. 3. sehingga tidak seberapa berarti untuk penentuan diagnosis pre-eklampsia. Komplikasi .2. (Saifuddin. Odema Anasarka Oedema ialah penimbunan cairan yang berlebih dalam jaringan tubuh. dan dapat diketahui dari kenaikan berat badan serta pembengkakan kaki. Edema dapat terjadi karena hipoalbuminemia atau kerusakan sel endotel kapilar. seperti: sakit kepala yang hebat.

China : Elsevier Limited http://drdidiksuprayitno. Vicky dkk.:EGC Bick.Pd. William’s Obstetri. 2008.Gary dkk. Handbook of Contraception and Reproductive Sexual Health. 2004.Asuhan Kebidanan : Persalinan & Kelahiran. Dkk. Ruth. 2006 .com/ diunduh tanggal 01 November 2010 Johnson. Jakarta : JNPKKR Everett.Kondisi ibu disebabkan oleh kehamilan disebut dengan keracunan kehamilan dengan tanda– tanda oedema (pembengkakan) terutama tampak pada tungkai dan muka.Si.2005. Gitamedia Press Departemen Kesehatan RI. Difa.blogspot. Chapman. Suzanne. Praktik kebidanan (skills for midwifery practice): buku ajar.Jakarta. 2005. F. 2006. 2003:2) Bahiyatun. Jakarta :EGC Denis. tekanan darah tinggi dan dalam air seni terdapat zat putih telur pada pemeriksaan urin dan laboratorium. Kamus Istilah Kedokteran. Postnatal Care – Evidence And Guidelines For Management.Debra. S. (Rochjati. Jakarta : EGC . Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. 2009. S.dkk. Buku Acuan Asuhan Persalinan Normal. China : Churchill Livingstone. Jakarta : EGC Cunningham.Buku Ajar Keperawatan Maternitas.T. Wendy. Taylor. 2004. Jakarta :EGC Bobak.

Safrudin.Little. M.dr. Diunduh 12 Desember 2010 Manuaba.2003. Buku Panduan Ilmu Kebidanan Dan Penyakit Kandungan Bagi Bidan.2006.netdoctor.JHPIEGO/MNH PROGRAM .JHPIEGO/MNH PROGRAM ————————————————————.Kes & Hamidah. 200 . dan JHPIEGO/STARH PROGRAM ————————————————————. Jakarta : EGC ——————————-. http://www. 2005.uk. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri Ginekologi dan KB. http://www. DEPKES. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neontal. Buku Kebidanan Komunitas.Pd. S. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal . BKKBN. 2002. dr.2006 . Jakarta : JNPKKR-POGI. Diunduh 12 Desember 2010 Prawirohardjo. MPH. National Anemia Action Cauncil. Jakarta : JNPKKR-POGI. Abdul Bari SPOG. Gaya Hidup di Masa Hamil.co.Kes. Jakarta : EGC Owen P. Jakarta : Kelompok Gramedia. Caesarean section.org/. 2009.Ilmu Kebidanan. Jakarta : JNPKKR/POGI.Jakarta:FKUI Ramaiah. 2001.anemia. dr. Ida Bagus Gde. Jakarta : EGC Saifuddin.Prof.Sarwono.Savitri. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. M. 2010 .

php. Jakarta : YBPSP ———————————————————— 2006. Buku Ilmu Kebidanan.Ns. Buku Saku Bidan. Jakarta : EGC ——————-. Dr.Prof. Buku Ajar Asuhan Kebidanan . Pregnancy. Geneva : WHO Winknjosastro. 2007 . Jakarta : Trans Infomedia WHO.eu/index. Caesarean section (editorial) Diunduh 12 Desember 2010 Varney. 2002. Jakarta : EGC . dr. Ilmu Kandungan.usudigitallibrary. 2002. Childbirth. Diunduh tanggal 01 November 2010 www. Jakarta : YBP-SP www.co. Jakarta : YBPSP Tarwoto.id. 2003.medskills. Gulardi Hanifa SPOG.org. 2007. Helen. Postpartum and Newborn Care : A Guide For Essensial.———————————————————— 2010. Buku Ilmu Kebidanan.wikipedia. Diunduh 12 Desember 2010 http://www. Buku Saku Anemia Pada Ibu Hamil.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->