ANALISA STRATEGI DAN KONDISI LANDASAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMAKNAI PERISTIWA SEJARAH DAN NILAI

BUDAYA KOTA DENPASAR

I.

Pendahuluan a. Latar Belakang Melestarikan budaya bangsa adalah kewajiban setiap warga negara yang memilikinya. Warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang adalah suatu kebanggaan yang dimiliki oleh setiap bangsa di dunia. Di Indonesia ada banyak sekali kebudayaan yang harus dilestarikan dan dijaga hingga akhir jaman. Dilestarikan agar kelak dapat dilihat bahkan dilestarikan atau dipelajari lagi oleh generasi penerus bangsa. Generasi mudalah yang nantinya dapat mengagumi dan menjaga serta menjadi penerus budaya yang terdapat di daerahnya masing-masing. Negara Indonesia yang memiliki berbagai seni kebudayaan yang luhur patutlah bangga dan bersyukur akan segala yang terdapat di dalamnya. Begitu banyaknya kebudayaan yang terdapat di Indonesia membuat para turis dari manca negara yang ramai - ramai datang ke Indonesia untuk melihat pertunjukan-pertunjukan atau pergelaran seni kebudayaan serta budaya-budaya lainnya yang ada. Generasi muda pada saat ini jauh lebih memilih budaya barat di banding dengan budayanya sendiri karena dipengaruhi oleh zaman modern. Salah satu budaya yang harus dilestarikan adalah kebudayaan Kota Denpasar. Karena banyak sekali kebudayaan dan sumber daya yang dimiliki Kota Denpasar, seperti keindahan alam, bangunan bersejarah, tarian tradisional, adat istiadat masyarakat, keragaman bahasa, dan lain-lain. Maka dari itu kita sebagai rakyat Indonesia wajib melestarikan budaya Indonesia seperti budaya di Kota Denpasar.

b. Tujuan Analisa Kepentingan Mahasiswa

Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kota Denpasar 4. Mempelajari kekayaan kebudayaan daerah kota Denpasar dan Bangsa Indonesia. Menumbuhkan rasa nasionalisme dalam jiwa rakyat Indonesia. Meningkatkan apresiasi terhadap seni budaya Bangsa Indonesia khususnya Kota Denpasar.1. 2. 5. Menjadikan generasi muda untuk mewarisi dan memelihara budaya bangsa Indonesia terutama budaya Kota Denpasar 10. 8. 6. Menjaga eksistensi kebudayaan Indonesia yang merupakan identitas bangsa. - Kepentingan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi VISI Terwujudnya Fakultas Kedokteran Islam yang bermutu. 3. 7. Menumbuhkan rasa peduli untuk menjaga kelestarian berbagai budaya Indonesia khususnya kebudayaan Kota Denpasar 9. Menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Memperkenalkan kekayaan budaya Kota Denpasar terhadap Negara Indonesia dan negara lain. terpandang. berwibawa dan mampu berkompetisi di forum nasional dan internasional MISI .

- Kepentingan Pemerintah (Daerah) 1. Meningkatkan kreativitas masyarakat untuk mengembangkan keragaman budaya Kota Denpasar 5. . 3. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan Islam. Terwujudnya pendidikan kedokteran yang bermutu yang diakreditasi baik secara nasional maupun internasional dan menghasilkan dokter muslim yang bermutu dan mengamalkan profesinya sesuai dengan Islam. 2.1. Meningkatkan rasa kebanggaan terhadap kebudayaan nasional. Memperkuat rasa persatuan dan nasionalisme masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan bangsa sendiri. 3. Kepentingan Bangsa dan Masyarakat 1. Meningkatkan harga diri bangsa melalui kebudayaan yang dimiliki Kota Denpasar. 2. Mengembangkan pendidikan kedokteran lanjutan di bidang biomedik. 2. 4. Melaksanakan kajian dan penelitian yang bermutu. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kebudayaan Kota Denpasar. 4. Melestarikan kebudayaan dan sumber daya bangsa dan Kota Denpasar kepada generasi penerus bangsa. Mengembangkan pendidikan kedokteran terpadu yang menekankan pada belajar berdasarkan masalah (problem based learning). 5. Melindungi dan melestarikan khas budaya yang dimiliki sebagai kekayaan sumber daya Kota Denpasar dan bangsa. 4. 3. Memperkenalkan budaya Kota Denpasar dikancah internasional. sehingga menghasilkan pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat bagi kemanusiaan sesuai dengan Islam. Menjaga keaslian budaya dan sumber daya Kota Denpasar di era globalisasi.

Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. 2006. 2. harus menghilangkan mental birokrasi.5. Bersumber dari buku “Modul Pancasila dan Kewarganegaraan”. III. dengan melakukan pemberdayaan kebudayaan lokal guna memfungsikan etos budaya bangsa yang majemuk. • “Negara harus menjalankan pemerintahan yang serba efektif. Hal 15.” Pandji Setijo. Metode Analisa 1. persatua. dan kesatuan dalam kebhinekaan tata budaya bangsa Indonesia”. II. Landasan Teori Pustaka • “Pemahaman Pancasila melalui aspek sejarah memang sangat berguna dalam perwujudan kehidupan masyarakat berbangsa yang didasari dengan nilai kebersamaan. . Hal 81. Bersumber dari buku “Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa”. Pandji Setijo. Menjalankan undang-undang yang telah dibuat pemerintah pusat tentang kewajiban melestarikan dan menjaga kebudayaan. Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. 2006. serta mau membangun sistem budaya dalam hal norma maupun pengembangan iptek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful