STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL

Tuti Nuraini, SKp., M.Biomed. Sri Sugiwati, SSi., MSi.

Tuti N. dan Sri S., FIK 2009

1

SEL

Semua mahluk hidup terdiri dari sel-sel yaitu ruangruang kecil berdinding membran berisi cairan kimia pekat dalam pelarut air. Terdapat dua jenis sel, yaitu sel prokariot dan eukariot. Sel prokariot terdapat pada mikroorganisme sel tunggal, yaitu bakteri dan ganggang hijau-biru (sianobakteri). Sedangkan sel eukariot terdapat pada makroorganisme, yaitu tumbuhan dan hewan dan mikroorganisme, yaitu fungi, ganggang, protozoa. Istilah prokokariot dan eukariot diturunkan dari bahasa Yunani karyon yang berarti kacang, biji, atau inti. Prokariot berarti “pra inti,” dan eukariot berarti “inti yang terbentuk secara baik”. Pada prokariot, senyawa genetik ditempatkan di dalam suatu badan inti atau badan serupa inti yang tidak dikelilingi oleh membran. Eukariot, memiliki inti sel yang amat kompleks oleh selubung Tuti dan N. dan Sri dikelilingi S., FIK 2009 inti yang terdiri dari dua membran.

2

2-5 µm Eukariot 2-100 µm DNA sirkular 70 S + + + DNA linier + + + 80 S + 3 .Perbedaan sel prokariot dan eukariot Ciri-Ciri Ukuran sel : Diameter Struktur genetik : Membran inti Nukleolus Kromosom Struktur sitoplasma: Retikulum endoplasma Mitokondria Lisosom Ribosom Sitoskeleton Dinding sel mengandung peptidoglikan Tuti N. dan Sri S. FIK 2009 Prokariot 0..

1998) Tuti N. FIK 2009 4 . dan Sri S.Struktur organel sel Eukaryote (Starr..

FIK 2009 5 .Struktur sel bakteri (Raven. dan Sri S. 2002) Tuti N..

Mg2+.. • ION ANORGANIK: Na+. fosfat (HPO4²‾). K+.KOMPOSISI KIMIA SEL • AIR → Sekitar 70% dari total massa sel adalah air. dan Sri S. bikarbonat (HCO3‾) → sekitar 1% dari massa sel • BIOMOLEKUL: Karbohidrat. klorida (Cl‾). FIK 2009 6 . protein dan asam nukleat Tuti N. lipid.

membatasi kompartemen internal yang terdiri dari inti sel dan organel-organel sitoplasmik. FIK 2009 7 . dan Sri S. bersifat dinamik dan fluid (cair) Fungsi membran sel: memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan ekstrasekuler. setebal 5 nm →disebut lipid bilayer →yang berfungsi sebagai pemberi struktur dasar dari membran dan berperan sebagai barier yang relatif impermeable dan terdapat sebagian besar molekul larut air Tuti N. Molekul lipid membran diatur sebagai suatu lapisan ganda kontinu..MEMBRAN PLASMA Membran sel sangat penting bagi kehidupan sel.

yang terdiri dari 2 rantai asam lemak hidrofobik dan gugus kepala hidrofilik yang mengandung fosfat.. spingonyelin. Karena ekor asam lemaknya sedikit larut dalam air.LIPID MEMBRAN Komponen utama dari lipid membran adalah fosfolipid. Empat fosfolipid utama yang terdapat pada membran plasma sel mamalia adalah: fosfatidilkolin. dan fosfatidiletanolamin Tuti N. fosfolipid secara spontan membentuk bilayer dalam larutan air. dengan ekor hidrofobik berorientasi pada bagian dalam membran dan gugus kepala polar terekpos ke bagian air. dan Sri S. fosfatidilserin. FIK 2009 8 . Fosfolipid merupakan molekul amfipatik.

FIK 2009 9 . 2000) Tuti N.Model membrane plasma (Mader. dan Sri S..

Tuti N. keadaan ini jarang terjadi.. dan Sri S. ♣ Flip-flop →molekul fosfolipid bermigrasi dari monolayer yang satu kemonolayer lainnya.Molekul-molekul fosfolipid bilayer dapat bergerak dengan dua cara: ♣ Rotasi ♣ Difusi lateral →molekul fosfolipid bertukar tempat dengan molekul sebelahnya dalam suatu monolayer. FIK 2009 10 .

2002) Tuti N. dan Sri S.Gerakan molekul fosfolipid bilayer (Campbell. FIK 2009 11 ..

Melekul kolesterol menyisip ke dalam bilayer dengan gugus hidroksil polarnya terletak dekat gugus kepala hidrofilik dari fosfolipid dan cincin hidrokarbon dari kolesterol berinteraksi dengan rantai asam lemak. FIK 2009 12 .. dan Sri S. Tuti N. sehingga membuatnya lebih sulit untuk tertata secara rapat dari pada asam lemak jenuh. sehingga menjaga fluiditas membran pada temperatur rendah. lipid yang mengandung asam lemak tidak jenuh memiliki fluiditas yang lebih tinggi dari pada asam lemak jenuh →karena asam lemak tidak jenuh. sehinnga menjadi rigid (kaku). Interaksi ini menurunkan mobilitas bagian luar asam lemak. Misalnya.Fluiditas (kecairan) dari lipid bilayer tergantung pada komposisi dan temperaturnya. memiliki ikatan rangkap yang dapat melekuk. Penyisipan kolesterol juga merintangi interaksi di antara rantai asam lemak.

. 2002) Tuti N.Kolesterol. FIK 2009 13 . dan Sri S. protein integral & perifer menyisip pada lipid bilayer (Campbell.

Tuti N.PROTEIN MEMBRAN Protein merupakan komponen penyusun lainnya dari membran. dan Sri S. FIK 2009 14 . yang menyusun 25-75% dari massa membran sel. ♣ Protein membran peripheral →tidak disisipkan ke dalam lipid bilayer. umumnya melalui interaksi dengan protein membran integral. menggambarkan membran sebagai fluid mosaic. diusulkan oleh Jonathan Singer dan Garth Nicolson (1972). tetapi berasosiasi dengan membran secara tidak langsung. Protein membran dibagi menjadi dua kelompok. Model dari struktur membran.. berdasarkan sifat dari asosiasinya di dalam lipid bilayer: ♣ protein membran integral →tertanam secara langsung di dalam lipid bilayer. dengan protein disisipkan ke dalam lipid bilayer.

seperti air.PERMEABILITAS LIPID BILAYER BEBAS PROTEIN Sejumlah molekul akan berdifusi melintasi lipid bilayer bebas protein menuruni gradien konsentrasinya. Lipid bilayer tidak permeabel terdapat molekul bermuatan (ion) →karena muatan dan tingkat hidrasi yang tinggi dari ion menyebabkannya tidak 15 Tuti N. dan urea. Gliserol berdifusi lambat. Laju difusi tergantung pada ukuran molekul dan kelarutannya dalam lipid. Semakin kecil molekul dan semakin mudah larut dalam lipid →semakin cepat berdifusi melintasi lipid bilayer. Molekul nonpolar kecil. dan Sri S. seperti O₂dan CO₂ larut dalam lipid bilayer. etanol. FIK 2009 dapat memasuki fase hidrokarbon dari bilayer . jika ukurannya cukup kecil. dan dengan cepat melintasi lipid bilayer. Molekul polar tidak bermuatan juga berdifusi dengan cepat melintasi bilayer. sedangkan glukosa tidak dapat berdifusi..

yang terdapat dalam dua jenis. asam amino. menggunakan protein carrier.. FIK 2009 16 . dan berbagai metabolit sel yang tidak dapat dilewati pada lipid bilayer sintetik. atau transporter) mengikat zat terlarut spesifik untuk ditransport melintasi membran.PROTEIN TRANSPORT MEMBRAN-CARRIER DAN CHANNEL Seperti lipid bilayer sintetik. dan Sri S. nukleotida. zat terlarut spesifik (biasanya ion anorganik) dapat melintasi pore. yaitu: 1. memerlukan energi ATP. Channel protein →tidak mengikat zat terlarut. Tuti N. Carrier protein (disebut juga carrier. membran sel dapat melewati air dan melekul nonpolar secara difusi sederhana. seperti ion. gula. tetapi membentuk hydrophilic pores yang meluas melintasi lipid bilayer: ketika pore terbuka. permease. Membran sel juga dapat melewati berbagai molekul polar. Transport aktif →pergerakan solute melawan gradien konsentrasi. 2. Protein mebran yang bertanggung jawab untuk mentransfer zat terlarut tersebut disebut protein transport membran. • • Proses melintasi membran dengan menggunakan protein transport membran disebut transport pasif (difusi terfasilitasi).

. FIK 2009 17 . 2002) Tuti N.Fungsi membran protein (Campbell. dan Sri S.

Pompa Natrium Kalium (Campbell. dan Sri S. 2002) Tuti N. FIK 2009 18 ..

TRANSPORT AKTIF B. FIK 2009 untuk mengikat dan mengangkut nutrien polar tertentu atau produk akhir metabolik melintasi membran. melawan gradien kosentrasi. sedangkan konsentrasi ion Natrium intraselular lebih rendah dari pada ekstraselular →Disebabkan oleh adanya sistem transport aktif yang memompa ion Na+ keluar sel dan memompa ion K+ ke dalam sel. 19 . dan Sri S. Memerlukan asupan energi Ada 2 tipe umum dari sistem transport aktif. Glukosa dan asam amino adalah makromolekul polar yang dapat melintasi membran sel →Disebabkan membran sel memiliki carrier protein.. Tranpost glukosa dan asam amino. yang berfungsi Tuti N.Proses pergerakan substansi dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah konsentrasi tinggi →bergerak melawan gradien konsentrasi. yaitu: A. yang hampir dimiliki oleh seluruh sel. Transport ion K+ dan Na+ Konsentrasi ion Kalium di dalam sel (intraselular) lebih tinggi dari pada di luar sel (ekstraselular).

dan Sri S. 2000) Tuti N. FIK 2009 20 .Transport Aktif (Mader..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful