You are on page 1of 3

CATATAN KEPERAWATAN Tanggal Implementasi

Mengadakan pendekatan kepada klien , menyapa selamat siang dan mengulurkan tangan. Memperkenalkan nama. Respon : Klien tidak mau mengulurkan tangan, memandang curiga dan tidak senang terhadap perawat. Menanyakan siapa nama klien Respon : Klien menjawab dan menyebut namanya, mengulurkan tangan dengan malas. Menyapa selamat pagi kepada klien dan menanyakan apakah sudah mandi dan makan pagi. Respon : Klien tidak menjawab dan menatap tajam sambil tetap tiduran. Memperkenalkan dan membantu mandi dan makan. Respon : Klien diam dan tidak menjawab, oleh suami dimotivasi untuk mau mandi di kamar mandi karena semalam klien ngompol. Klien dinaikkan ke kursi roda dan dibawa suaminya untuk mandi, dan makan. klien untuk mengingat perkenalan hari sebelumnya. Memotivasi klien untuk mau DO : Klien mampu berinteraksi dengan sekitar dengan baik Klien masih lemah, penampilan rapi, mampu melakukan ADL secara mandiri dengan bantuan minimal Rencana pulang ASS : Masalah teratasi PLn : Rencana dihentikan DS : Klien mengatakan sekarang sudah lebih enak dari pertama kali masuk. Klien mengatakan akan melakukan kontrol secara teratur dan dirumah akan tetap aktif dengan sekitar.

Evaluasi

Mengajak klien untuk main bersama pasien lain di ruang olahraga untuk melemaskan persendian dan relaksasi. Respon : Klien diam, dibujuk suami dan dituttun ikut ke ruang oleh raga. Klien tidak melakukan aktivitas di lapangan, hanya menonton dan tersenyum bila ada tingkah laku klien lain yang lucu. Melakukan pengkajian lanjutan kepada suami klien dan klien, membuat kontrak waktu. Menjelaskan tujuan pertemuan. Respon : Klien tersenyum dan lebih rileks, menyetujui pertemuan. Merawat luka bakar pada kaki kiri klien. Klien istirahat. Memberikan informasi tentang penyakit yang diderita oleh klien dan pentingnya perawatan yang terus setelah pulang ke rumah, hal-hal yang dapat memicu klien kambuh. Respon : Klien dan keluarga mengerti dan mau melakukan seperti apa yang disarankan perawat. Menyapa selamat pagi kepada klien dan menjabat tangan klien. Klien terlihat sudah segar, baju daster dan rambut tidak tersisir rapi jalan-jalan ditemani suami.

Respon ; Klien menyapa dengan sapaan selamat pagi dan menjabat tangan perawat. Mengajak klien untuk terapi kerja menjahit atau yang lainnya. Respon : klien menolak dan mau jalan-jalan saja. Memotivasi klien untuk ikut bergabung dengan teman-teman yang lein, tidak hanya dengan suaminya saja. Respon : Klien mengangguk, Klien terlihat ngobrol dengan teman satu kamarnya. Merawat luka bakar klien Mengajak klien untuk olah raga, Respon : Klien mau dengan ditemani suami, klien mau main bulutangkis, dan senam pagi. Klien istirahat.