2013

Si. BAPAK BUPATI BANYUWANGI Di BANYUWANGI Dengan Hormat.Nomor Lamp Hal : 08/ADM/KT-ST/II/2013 : 1 (bendel) proposal : Permohonan Bantuan Hand Traktor TA. Sehubungan dengan kurang optimalnya peningkatan produksi tanaman padi. SP Ir. SARBINI SAHWAN. 19570412 198003 1 016 . Pembina NIP. YOGA ANANTA B. 2014 Kepada Yth. AHMAD MUSAIRI Camat Srono. 25 Pebruari 2013 Ketua Kelompok Tani Sekretaris SUWANDI Mengetahui. MOCH. Srono. M. Kepala Desa Parijatah Wetan NUR HASYIM Penyuluh Pertanian Desa Parijatah Wetan H. akibat keterbatasan alat pengolah tanah dan keterbatasan ketersediaan air irigasi Untuk itu kami mengharap kepada Bapak Bupati Banyuwangi agar memberikan bantuan dana untuk pengadaan Alsintan berupa Hand Traktor (proposal terlampir) Demikian permohonan kami atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

maka akan terasa dampaknya pada peningkatan produktivitas. Keterlambatan pengolahan tana akibat kurangnya alat dan mesin pengolah tanah dan keterbatasan ketersediaan air irigasi. Jumlah mesin pengolah tanah dan pompa air yang ada di masyarakat jumlahnya sangat terbatas dibandingkan dengan kebutuhan petani 3. Hal ini berarti bahwa jika kegiatan kelompok tani aktif. merupakan tolak ukur keberhasilan pembangunan pertanian di daerah tersebut. Perencanaan tanam 3. Latar Belakang Kelompok Tani sebagai wadah organisasi petani sehamparan dalam merencanakan kegiatan bersama-sama khususnya usaha tani.A. Perencanaan pengairan 6. sangat merugikan petani karena dapat menurunkan produksi. Kegiatan kelompok Tani yang dimaksud adalah: 1. maka keberhasilan usaha pertanian sudah pasti dapat dirasakan. Perencanaan panen dan pasca panen Jika seluruh kegiatan bisa dilaksanakan oleh kelompok tani. hal ini sering dihadapi petani yang disebabkan karena beberapah hal. Perencanaan pola tanam 2. Keterbatasan jumlah anggota kelompok tani yang memiliki ketrampilan mengoperasionalkan alat dan mesin pertanian . antara lain: 1. Perencanaan pemupukan 8. Perencanaan pengendalian hama penyakit 7. Perencanaan pengolahan tanah 5. Keterbatasan modal yang dimiliki oleh kelompok tani dalam pengadaan alat dan mesin pertanian 2. Perencanaan penggunaan bibit 4. terutama menyangkut keberadaan hama dan penyakit.

: 15 Ha. : Tanaman Padi : Tanaman Padi : Tanaman Palawija .Dalam kegiatan usahatani budidaya padi. sementara ketersediaan alat dan mesin pertanian yang berfungsi untuk mengolah tanah jumlahnya sangat terbatas sehingga dikhawatirkan akan menjadi penyebab mundurnya jadwal tanam yang berdampak merugikan petani khususnya dan dapat menghambat peningkatan produksi beras nasional pada umumnya. Potensi Pertanian Luas areal Kelompok Tani “SIDO TANI” 85 Ha. Tanah Sawah Tanah Tegal/Pekarangan : 70 Ha. Untuk menyediakan sarana dan prasarana pengolahan tanah sesuai dengan kebutuhan dan tepat waktu 2. Tujuan 1. pengolahan tanah merupakan bagian yang vital. pada saat ini guna meningkatan produksi beras nasional para petani di desa Parijatah Wetan mengadakan musyawarah untuk menentukan jadwal tanam dalam rangka pengelolaan tanaman terpadu sehingga perlu dukungan alat mesin pertanian pengolah tanah khususnya untuk mendukung jadwal tanam tepat waktu. Untuk menjamin terlaksana pola tanam tepat waktu sesuai jadwal tanam yang sudah ditentukan C. B. Profil Kelompok Tani “SIDO TANI” 1. Secara Geografis Kelompok Tani “SIDO TANI” didirikan tahun 2006 berada di Desa Parijatah Wetan yang merupakan daerah yang strategis untuk pertanian. 2. khususnya pertanian Tanaman Pangan yaitu padi dan palawija. masyarakat tani pada umumnya menggunakan pola tanam : a) Musim Hujan b) Musim Kemarau I c) Musim Kemarau II Luas lahan .

Memberikan dampak peningkatan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dengan mengupayakan ketepatan waktu pengolahan tanah . Dengan pola usahatani tersebut di atas diharapkan dengan adanya bantuan alat mesin pertanian pengolah tanah untuk mendukung peningkatan produksi padi pada khususnya. Manfaat Bantuan Hand Traktor dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1. 3. Teknologi Budidaya Kelompok Tani “SIDO TANI” dan masyarakat tani desa Parijatah Wetan dalam bercocok tanam padi sebagian sudah menggunakan padi varietas unggul baru. Berkembangnya kegiatan agribisnis di pedesaan sehingga memberikan lapangan kerja di pedesaan 4. Meningkatkan pelayanan kelompok pada anggotanya 2. Pada saat ini untuk meningkatkan produksi beras nasional selain menggunakan benih dengan varietas unggul. di desa Parijatah Wetan telah dilakukan kegiatan SL – PTT Padi secara swadaya yang didampingi oleh POPT dan Penyuluh yang ada di wilayah desa Parijatah Wetan. Meningkatkan kemampuan petani anggota dalam hal penerapan teknologi pertanian sehingga mampu melaksanakan ushatani dengan produktivitas tinggi dan berkelanjutan 2.Keadaan Irigasi sawah pada wilayah Kelompok Tani “SIDO TANI” adalah Irigasi Teknis. Memberi dampak menumbuhkembangkan perekonomian pertanian di pedesaan 3. Mendukung program nasional dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan D. Kelompok Tani “SIDO TANI” didirikan dengan tujuan antara lain: 1. Meningkatkan pendapatan kelompok tani sehingga turut meningkatkan kesejahteraan anggota dan pengembangan usaha ekonomi pertanian 3.

Kepala Desa Parijatah Wetan NUR HASYIM Penyuluh Pertanian H. MOCH. Pembina NIP. YOGA ANANTA B. Penutup Demikian proposal permohonan bantuan Hand Traktor bagi kelompok tani “SIDO TANI” disusun semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan terwujud dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat dalam rangka mendukung peningkatan produksi pangan melalui peningkatan teknologi dan efisiensi kegiatan budidaya pertanian yang berkelanjutan. Srono Ketua Kelompok Tani Sekretaris SUWANDI Mengetahui. Srono. SP Ir. 19570412 198003 1 016 .Si. 25 Pebruari 2013 Kelompok Tani “SIDO TANI” Desa Parijatah Wetan – Kec.E. M. SARBINI SAHWAN. AHMAD MUSAIRI Camat Srono.

PONIJAN 8. BASUNI 18. SUPARDI 2. Penelitian dan Pengembangan Sie. PAIDI 16. Sarana dan Prasarana Sie. HERIYANTO 14. Budidaya/Agronomi Sie. PONARI 17. HOLILIK 15. SUGIONO Kepala Desa Parijatah Wetan Penyuluh Pertanian H. AHMAD SAJID 10. SUCIPTO 12. ASMUNI 3. AGUS 5. SUPANGGIH 19. BANDI 6. AHMAD MUSAIRI YOGA ANANTA B. SUDARSONO 13. MARIYADI 9. WAGINI 4. LEGIMAN 7. Agroindustri dan Pemasaran Pembantu Umum Anggota Tetap : 1. SP . GIANTO 11.PELINDUNG: KEPALA DESA PARIJATAH WETAN Ketua Sekretaris Bendahara : SUWANDI : NUR HASYIM : MISNADI : BAMBANG : SULIYANTO : ROMZAH : MARIYADI : SLAMET Sie.

000. Srono Ketua Bendahara SUWANDI MISNADI . HAND TRAKTOR 1 PAKET 25.- 25.000. 25.000. .- Srono.- JUMLAH (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) 25.000.000.Harga (Rp) 1.000.000.000.KELOMPOK TANI : SIDO TANI DESA/KELURAHAN : PARIJATAH WETAN KECAMATAN KABUPATEN : SRONO : BANYUWANGI TAHUN ANGGARAN : 2014 NO Uraian Kegiatan Volume Harga Satuan (Rp) Jml. 25 Pebruari 2013 Kelompok Tani “SIDO TANI” Desa Parijatah Wetan – Kec.JENIS ALAT : HAND TRAKTOR KEBUTUHAN BIAYA : Rp.