RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LABORATORIUM (RPPL

)
Satuan Pendidikan/jurusan/prodi Nama mata kuliah Kode SKS Semester Materi pokok Waktu Dosen : Prodi D-III Kebidanan Malang : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) : Bd. 301 : 4 (T= 1, P = 3) : II : pemeriksaan albumin dan reduksi : 1 x 120 menit : Endyka E.F

Disusun Oleh : Endyka Erye Frety NIM 1102410009 DIV Kebidanan Pendidik POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MALANG JURUSAN KEBIDANAN PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN MALANG TAHUN 2012

Identitas Mata Kuliah Satuan Pendidikan/jurusan/prodi Nama mata kuliah Kode SKS Semester Materi pokok Waktu Dosen : Prodi D-III Kebidanan Malang : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) : Bd. III. IV. Materi pokok Pemeriksaan albumin dan reduksi B. Pengertian pemeriksaan albumin dan reduksi urine 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LABORATORIUM (RPPL) I. Materi Ajar A. P = 3) : II : pemeriksaan albumin dan reduksi : 1 x 120 menit : Endyka E. 301 : 4 (T= 1.F II. Persiapan Alat dan bahan pemeriksaan albumin dan reduksi 6. Tujuan pemeriksaan albumin dan reduksi urine 3. Cara kerja pemeriksaan albumin dan reduksi urine 7. Sub materi pokok 1. Jenis penggunaan urine 5. Standar Kompetensi Bidan memberi asuhan antenatal bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan dalam kehamilan yang meliputi deteksi dini. Prinsip pemeriksaan albumin dan reduksi urine 4. Interpretasi hasil pemeriksaan albumin urine . pengobatan atau rujukan dari komplikasi tertentu Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu melaksanakan pemeriksaan laboratorium sederhana pada ibu hamil yang terdiri dari pemeriksaan albumin dan reduksi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan Matrik RPP Aspek Kompetensi Dasar/ sub pencapaian Indikator Kompetensi K A P Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu K4 melaksanakan menjabarkan pengertian pemeriksaan pemeriksaan albumin laboratorium sederhana dan reduksi pada ibu hamil yang terdiri dari pemeriksaan albumin dan reduksi. Mahasiswa mampu K4 menjabarkan tujuan pemeriksaan albumin dan reduksi Mahasiswa mampu menggunakan prinsip pemeriksaan albumin dan reduksi K3 Waktu 95 menit Metode Ceramah. Power Point. Demonstrasi dan redemonstrasi Media Media : LCD. 8. Demonstrasi dan redemonstrasi Ceramah. Demonstrasi dan redemonstrasi Ceramah. SOP pemeriksaan albumin dan reduksi Media : LCD.V. Power Point. Power Point. SOP Evaluasi - - - Mahasiswa mampu K4 membedakakan Jenis penggunaan urine untuk pemeriksaan albumin dan reduksi Mahasiswa mampu mempersiapkan Alat dan bahan pemeriksaan P3 - Ceramah. diskusi. diskusi. Demonstrasi dan redemonstrasi Ceramah. Demonstrasi redemonstrasi . SOP pemeriksaan albumin dan reduksi Media : LCD. diskusi. Power Point. SOP pemeriksaan albumin dan reduksi Media : LCD. diskusi. diskusi. Power Point. SOP pemeriksaan albumin dan reduksi Media : LCD.

Media : diskusiDemons LCD.albumin dan reduksi dengan tepat dan redemonstrasi Mahasiswa mampu melakukan cara kerja pemeriksaan albumin dan reduksi urine dengan terkoordinasi P4 Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil pemeriksaan albumin urine dengan tepat P3 Mahasiswa mampu Menerapkan hal-hal yang perlu diperhatikan K3 pemeriksaan albumin dan reduksi Alat : perlengkapan laboratorium albumin dan reduksi Ceramah. LCD. SOP Redemontrasi redemonstrasi - . Power trasi dan Point. Media : diskusi. Power Demonstrasi Point. Power Demonstrasi Point. LCD. SOP redemonstrasi pemeriksaan albumin dan reduksi perlengkapan laboratorium albumin dan reduksi Ceramah. SOP dan pemeriksaan redemonstrasi albumin dan reduksi Alat : perlengkapan laboratorium albumin dan reduksi Ceramah. Media : diskusi.

Menjelakan pengertian pemeriksaan albumin dan reduksi 2. Menjelaskan alat dan bahan dalam pemeriksaan albumin dan reduksi 7. Memberi kesempatan penganggung jawab tiap-tiap kelompok untuk melakukan pemeriksaan albumin dan reduksi diamati oleh dosen dan mahasiswa dengan menggunakan checklist. Membagi kelas menjadi 4 kelompok untuk melakukan re-demonstrasi pemeriksaan albumin dan reduksi dan menunjuk salah satu mahasiswa menjadi penanggung jawab kelompok 9. Memeriksa absensi mahasiswa 4. Memotivasi mahasiwa tentangpentingnya penguasaan pembelajaran laboratorium albumin dan reduksi Kegiatan inti 1.dalam pemriksaan albumin dan reduksi urine VI. Memberi umpan balik kepada tiap-tiap mahasiswa setelah melakukan re-demonstrasi pemeriksaan albumin dan reduksi 11. Memperkenalkan diri 3. 10. Memberikan aplikasi pemerikasaan albumin dan reduksi dalam konteks nyata 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 6. Memberi salam 2. Menjelakankan tujuan pemeriksaan albumin dan reduksi 3. Melakukan demonstrasi pemeriksaan albumin dan reduksi 8. Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya 6. Menjelaskan prinsip pemeriksaan albumin dan reduksi 4. dan redemonstrasi pemeriksaan albumin dan reduksi Waktu 15 menit Langkah –langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan Pembelajaran Pembelajaran Pendahuluan 1. Menjelaskan jenis urine untuk pemeriksaan albumin dan reduksi 5. Menyimpulkan bersama-sama pembelajaran yang telah disampaikan Penutup 1. Apersepsi : menggali pengetahuan mahasiwa tentang pemeriksaan laboratorium apa saja yang perlu dilakukan pada ibu hamil 5. Memberikan kesempaatan mahasiswa untuk bertanya 12. Memberikan penugasan kepada untuk mahasiswa melakukan pemeriksaan albumin dan 95 menit 10 menit .

Memberikan salam VII. 3. Penilaian Redemonstasi Sumber IBI. Jakarta : IBI Depkes RI. Depkes RI WHO. Jakarta : EGC VIII.reduksi di luar jam pembelajaran. Jakarta. 2003. 2011. Pedoman teknik dasar untuk laboratorium kesehatan. Standar Pelayanan Kebidanan. . Petunjuk Pemeriksaan Laboratorium Puskesmas. 1992.