P. 1
Tugas Bahasa Indonesia Makalah Rokok

Tugas Bahasa Indonesia Makalah Rokok

|Views: 576|Likes:
Published by Evira Tiyakusuma
rokok
rokok

More info:

Published by: Evira Tiyakusuma on Apr 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2014

pdf

text

original

TUGAS BAHASA INDONESIA

K.D. Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti dan alasan.

DISUSUN OLEH : KELOMPOK 2 KELAS : VIII-A

SMP NEGERI 2 JOMBANG

TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Hanif Caesar Rahmat Rizal Fahmi Alhadi S.W. 2.Nama Kelompok : 1. Almira Tiyakusuma Aprilia Rizki Wulandari Desak Made Alvenia S. 4. 5. 3. (01) (02) (07) (16) (27) .

selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan selama kami mengerjakan tugas ini.Pd. Kami merasa bahwa tugas ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. 2 Februari 2011 Penyusun. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Purnomo S. untuk itu kami mohon maaf . . kritik dan saran sangat kami harapkan.Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami bisa menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia ini dengan baik dan lancar.Pd. Demi sempurnanya hasil penulisan dalam tugas ini. Tugas Bahasa Indonesia ini yaitu membuat makalah tentang larangan merokok yang diberikan oleh Bapak Purnomo S. Jombang.

Pertanyaan diberikan secara bergantian. 4. 3. 8. Mengangkat tangan jika ingin bertanya. . Tidak cepat marah dan tersinggung apabila dikomentari pendapatnya. Tidak memonopoli pembicaraan.Tata Tertib Diskusi 1. Tidak memaksakan pendapat. 6. Pertanyaan diberikan secara lisan. 5. Bila memberikan pertanyaan. harus singkat dan jelas. Tidak memotong pembicaraan. 7. 2.

3. Sigaret : rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Rokok berdasarkan proses pembuatannya : a. b. c. 2. sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. cengkeh.Bahaya Merokok 1. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual. bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok.3. Sejak beberapa tahun terakhir. Kawung : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren. Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau. Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana. Cerutu : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.2 Rokok berdasarkan bahan baku atau isi : a. 3. Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika. jarang sekali dipatuhi). Pada abad 16. Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Pengertian rokok Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. c. Jenis-jenis rokok Rokok berdasarkan bahan pembungkus : a. misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan. Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. d. Klobot : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung. Sejarah rokok Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika. 3. b. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. .

Surya Slim. Mesin pembuat rokok. Clas Mild. FORMIC ACID : cairan tidak berwarna. NIKOTIN : cairan berminyak tidak berwarna. 3. Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. 4. dll. dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak.4. LA Light. a. Zat-zat berbahaya pada rokok 1. 3. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Sayangnya. b. berakibat seseorang akan kekurangan oksigen. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian : a. material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida. KARBON MONOXIDA : gas yang tidak berbau. 4. Pada SKM. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. biasanya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan. Rokok berdasarkan penggunaan filter. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok. Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Djarum Super. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. 5. U Mild. 3. Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh.5. . ACROLEIN : zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Sederhananya. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres. Contoh: Gudang Garam Filter Internasional.b. b. Star Mild. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. 2. lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar. dll. AMMONIA : gas yang tidak berwarna. Contoh: A Mild. tajam baunya. terdiri dari nitrogen dan hidrogen. belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. satu pres berisi 10 pak.

10. 5. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan . Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.6. 14. nikotin. sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. PHENOL : zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zatzat organik misalnya kayu dan arang. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin. karbon monoksida. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. 15. 7. HYDROGEN SULFIDE : gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. 9. FORMALDEHYDE : gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. TAR : cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. METHANOL : cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. 13. 3. Dampak Negatif rokok 1. METHYL CHLORIDE : merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. 12. dsb. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme. ACETOL : zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian. NITROUS OXIDE : gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen). 11. tidak berbau dan tidak ada rasa. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian. 2. 8. HYDROGEN CYANIDE : gas tidak berwarna. PYRIDINE : cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. 4.

6. yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa. sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker. 5. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya. 5. sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. maka beberapa penduduk di Indonesia akan kehilangan pekerjaan karena di-PHK. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya. Karena itulah apabila ada larangan merokok. . Kesimpulan Ternyata rokok selain membawa dampak yang positif juga membawa dampak negatif. 6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa. Dampak positifnya antara lain pabrik rokok banyak menyerap tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran berkurang sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat merusak kesehatan. Dampak positif merokok Pabrik rokok di Indonesia banyak menyerap tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran berkurang.rokok asing yang berasal dari luar negeri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->