P. 1
Copy of LEARNING Tatap Muka Ke 3

Copy of LEARNING Tatap Muka Ke 3

|Views: 1|Likes:
Published by Diiah Tiiass

More info:

Published by: Diiah Tiiass on Apr 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2014

pdf

text

original

E- Learning Tatap Muka ke 3

INFORMASI AKUNTANSI UNTUK AKUNTANSI MANAJEMEN

Akuntansi manajemen pada dasarnya adalah ilmu yang menekankan jasa akuntan manajemen, untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan fungsifungsinya dan bagaimana cara pemberian jasanya kepada manajemen? Secara garis bisa digambarkan sebagai berikut: Pertama: akuntansi manajemen akan

mengumpulkan informasi-informasi akuntansi yang dibantu oleh bagian-bagian tertentu. Kedua: informasi-informasi tersebut selanjutnya diolah akuntan manajemen untuk perencanaan, pengarahan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Terakhir: menyajikan dalam bentuk laporan yang memadai agar bisa digunakan oleh manajemen. Pertanyaan berikutnya. Informasi yang bagaimana yang dibutuhkan oleh akuntansi manjemen dalam pemberian jasa tersebut? Pada dasarnya informasi yang bersifat kuantitatif keuangan atau paling tidak bisa dikuantitatifkan dalam bentuk keuangan. Untuk lebih jelasnya sebelum kita mempelajari garis besar dari bentuk informasi-informasi yang ada dalam perusahaan di dalam perusahaan informasiinformasi itu bisa digambarkan sebagai berikut.
INFORMASI

Terdiri dari
Informasi Kuantitatif Informasi Akuntansi Informasi Kuantitatif Informasi non Akuntansi

Terdiri dari
Informasi Operasi Laporan Keuangan Akuntansi Manjemen

Gambar 1.4

Maksudnya bahwa informasi operasi akan menghasilkan dua jenis informasi akuntansi: Pertama: laporan keuangan yaitu informasi akuntansi akuntansi untuk pihak-pihak di luar perusahaan (ekstern): Kedua: akuntansi manajemen yaitu informasi akuntansi untuk pihak yang ada dalam perusahaan (manajemen). utang. dan kalau dilihat lebih jauh dari gambar 1.4 tersebut jelas bahwa informasi akuntansi manajemen adalah informasi kuantitatif finansial yang berhubungan dengan laporan keuangan. mesin dan peralatan lainnya. Ada beberapa jenis informasi kuantitatif. Satu set dari rekening sebagai media pencatatan hasil-hasil operasi akan mempermudah penyajian laporan keuangan karena rekening merupakan rekap dari transaksi- . dalam gambar 1. antara lain: catatan barang yang dipesan oleh langganan. catatan jumlah piutang.Dari gambar 1. terdapat juga catatan tentang harga beli dan lokasi gedung. percakapan. berapa upah yang sudah dibayarkan dan berapa yang teutang. Perbedaan antara informasi akuntansi dengan informasi kuantitatif lainnya adalah informasi dinyatakan dalam bentuk uang. berita dalam surat kabar adalah contoh informasi non kuantitatif. catatan tentang perintah produksi yang berhubungan dengan pesanan tersebut. sedang informasi kuantitatif lainnya belum tentu dalam bentuk uang.4 tersebut tampak bahwa laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen berasal dari informasi operasi. Informasi bisa berisi informasi kuantitatif atau non kuantitatif misalnya. Laporan keuangan merupakan klasifikasi dan ringkasan dari informasi operasi. Akuntansi manajemen terutama berhubungan dengan informasi kuantitatif. Informasi operasi adalah informasi mengenai operasi perusahaan secara terinci. berapa besarnya upah karyawan. diantaranya akuntansi. kas yang ada di bank dan sebagainya. Semua informasi tersebut merupakan informasi perusahaan. Dalam informasi akuntansi yang terdiri dari tiga bentuk informasi dimana ketiga informasi tersebut akan menggambarkan semua kegiatan dalam perusahaan yang berhubungan dengan akuntansi.4 ditunjukkan dengan tanda panah dari informasi operasi menuju laporan keuangan dan akuntansi manajemen. program televisi.

Dalam akuntansi keuangan apa yang disebut biaya (cost) punya arti yang tunggal. Jenis-jenis Informasi Akuntansi Untuk Manajemen Informasi yang dibutuhkan oleh akuntansi manajemen dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning.transaksi selama periode tertentu (penjelasan tentang rekening dan penyusunan laporan yang lengkap telah dibahas dalam akuntansi keuangan). tetapi manajemen hanya berkepentingan pada laporan ringkasan dari hal-hal tersebut. directing dan controlling. sedang piutang dalam neraca adalah ringkasan dari piutang-piutang dalam rekening piutang pada saat tertentu. Ringkasan informasi yang berhubungan dengan akuntansi manajemen merupakan bagian daripada informasi operasi. semua ini merupakan summary dari informasi operasi. Berapa tiap karyawan mendapat gaji. Jumlah pendapatan dari hasil penjualan yang dilaporkan dalam laporan rugi-laba adalah ringkasan dari jumlah penjualan selama periode akuntansi. manajemen tidak berkepentingan dengan data yang kecil-kecil. berapa hutang langganan yang bernama Abas dan sebagainya adalah urusan karyawan yang menangani bagianbagian tersebut. dan tersebar. berapa saldo kas hari ini. tapi menginginkan ringkasan dari data tersebut. Dalam akuntansi keuangan informasi yang dibutuhkan dan dikumpulkan merupakan proses yang sudah diatur oleh prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum dan seluruhnya menggunakan persamaan dasar: Aktiva = Utang + Modal Kredit = Debit Sedangkan dalam akuntansi manajemen proses penyajian informasi didasarkan pada prinsip dan cara-cara yang berbeda-beda untuk tujuan yang berbeda-beda pula dengan dasar informasi yang disampaikan dari kondisi tertentu belum tentu cocok untuk kondisi yang lain. Berbeda dengan informasi yang dibutuhkan dan penyajian informasi tersebut dengan akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen. perincian dari informasi operasi juga merupakan sumber dari informasi akuntansi manajemen. menurut prinsip Akuntansi Indonesia “ Biaya (cost) adalah jumlah pengeluaran dan beban-beban yang diperkenankan langsung atau tidak .

Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting) Biaya penuh (full cost) dari suatau item adalah jumlah seluruh biaya langsung yang berkenan dengan item tersebut di tambah bagian yang layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tak langsung. Disamping .00 dan menggunakan tenaga kerja langsung. Biaya penuh (full cost) dari kipas angin. Jumlah persediaan dalam neraca adalah biaya penuh dari harga pokok persediaan tersebut.000.000.00 (termasuk biaya tetap) maka biaya penuh dari kipas angin adalah Rp 25. ditambah biaya material dan upah langsung yang berhubungan dengan perakitan kipas angin tersebut. Akuntansi biaya penuh (full cost accounting) Akuntansi biaya diferensial (differential accounting) Akuntansi pertanggungan jawaban (responsibility accounting) Ketiga informasi akuntansi ini lebih jauh dan merupakan pokok pembahasan selanjutnya. Harga penjualan dalam laporan rugi-laba adalah biaya penuh dari item yang dijual tersebut. ditambah lagi dengan biaya penggunaan jasa dari departemen services serta bagian yang layak dibebankan dari biaya operasi umum dari departemen services. Sedang dalam akuntansi manajemen “Biaya” punya artian yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya atau pengeterapannya karena di dalam akuntansi manajemen memakai konsep “Pengeterapan biaya yang berbeda untuk tujuan yang berbeda (different cost for different purposes)”. 3.langsung untuk menghasilkan barang atau jasa di dalam kondisi dan tempat dimana barang tersebut dapat dipergunakan atau dijual”. material (suku cadang dan lain-lain) Rp 3. 2.00 serta bagian yang layak dibebankan pada kipas angin dari biaya operasi Rp 5.000.00.000. 1. Ada tiga jenis konstruksi biaya (cost) dalam hubungannya dengan akuntansi manajemen dan ketiga konstruksi biaya ini merupakan informasi akuntansi yang akan mendasari seluruh pembicaraan di dalam akuntansi manajemen: 1. untuk merakit dengan upah Rp 2. Contoh: apabila perusahaan membeli komponen kipas angin Rp 15. Biaya penuh (full cost) erat hubungannya dan selalu dipakai oleh akuntansi keuangan.00.000. dan akan dibicarakan dalam buku ini tetapi sebelumnya dibahas secara singkat informasi akuntansi di atas.

pengguaan jasa tenaga kerja. dengan biaya Rp 10. Semua pemilihan alternatif digambarkan dalam bentuk uang.000.00 Rp 3. pembelian mesin. membeli mesin baru atau tidak dan membeli suku cadang tertentu atau membuat sendiri. Informasi akuntansi untuk kepentingan ini disebut informasi deferensial. dirakit di perusahaan lain Alternatif B. Biaya yang bukan biaya diferensial tidak begitu penting irelevant untuk pengambilan keputusan pemilihan alternatif. Akuntansi deferensial harus dijabarkan dalam bentuk uang. alternatif lain (A) dengan dirakit perusahaan lain. Akuntansi Biaya Diferensial Seringkali perusahaan dihadapkan pada beberapa alternatif yang harus dipilih salah satu atau lebih.000. dirakit di dalam perusahaan sendiri Suku cadang Upah tenaga Rp 5.00 untuk merakit kipas angin tersebut dibutuhkan biaya suku cdbang seharga Rp 5. Seperti pemilihan tempat pembelian bahan.itu biaya penuh juga selalu dipakai untuk dasar penentuan harga jual setelah ditambah laba yang diinginkan. alat dan sebagainya.00 Rp 10. Untuk biaya yang berhubungan dengan akuntansi diferensial disebut biaya yang diferensial (differential cost). Misalnya PT “DINO” harus memilih antara memasang iklan di surat kabar atau tidak menggunakan service tambahan atau tidak.000.00 maka informasi yang bisa disampaikan: Alternatif A. 2.000.000. Biaya diferensial adalah biaya yang berbeda antara satu set kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain. Contoh: PT “DINO” membeli komponen kipas angin dengan harga Rp 15.00 Perbedaan menguntungkan alternatif B = Rp 2.00 .00 Rp 8. Pemilihan alternatif ini disebut “pengambilan keputusan pemilihan alternatif” (alternatif choice decision).000.000.00 (disebut alternatif D). Untuk semua itu untuk memerlukan informasi akuntansi yang akan digunakan dalam membantu untuk menetukan alternatif man yang dipilih. harga bahan.000.000.00 dan upah tenaga Rp 3.

00 tidak tepat dipakai dalam pengambilan keputusan dan bukan merupakan biaya diferensial. manajemen seringkali membuat perencanaan untuk tiap-tiap biaya (Cost Centre).00 dari rencana (anggarannya). Perencanaan senacam ini disebut anggaran (budget) dan pada waktu-waktu tertentu penanggung jawab pusat-pusat biaya melaporkan hasil pelaksanaan centernya.000. dibandingkan dengan rencananya dan akan dilaporkan pada pimpinan yang lebih tinggi.000. karena baik di rakit sendiri maupun di luar tetap harus dikeluarkan dalam jumlah yang sama (tidak relevan).000. setiap pusat baiya akan dipimpin oleh seorang manjer (pimpinan) yang akan bertanggungjawab atas pelaksanaan “perencanaan” yang telah dibuat.00 lebih kecil daripada dirakit di luar analisis ini bisa dipakai untuk pengambilan keputusan. Informasi semacam ini disebut “akuntansi pertanggungjawaban” (Responsibility Accounting). bisa dilihat bahwa kenaikan biaya karena kenaikan biaya suku cadang dan bahan pembantu. Akuntansi Pertanggung jawaban (Responsibility Accounting) Untuk tujuan pengendalian biaya. .000. Olom pertama menunjukkan rencana (anggaran) biaya-biaya yang terjadi dan pendapatan untuk bulan tersebut. Biaya upah buruh dan biayabiaya lain tampak turun. sedang biaya sesungguhnya terlalu tinggi dibanding rencana (anggarannya). kolom kedua adalah pendapatan dan biayabiaya yang sesungguhnya yang terjadi. 3.6 diberikan sebuah contoh laporan hasil pelaksanaan dari pusat biaya yaitu Departemen Pembantu PT “DINO” pada akhir bulan April 1981. Contoh : Dalam Tabel 1.00 dari rencana (anggaran)nya. dan kolom terakhir adalah selisih dari anggaran.Dari analisis tersebut di atas diketahui biaya diferensial dalam perakitan kipas angin pada perusahaan sendiri adalah Rp 2. Dalam contoh ini tampak pendapatan sesungguhnya lebih kecil dari Rp 250. Bila dicatat di sini bahwa biaya pembelian komponen Rp 15. sehingga laba operasi departemen sesungguhnya lebih kecil Rp 480.

Hal-hal tersebut yaitu akuntansi biaya penuh.6 Laporan departemen pembantu pada tabel 1. informasi akuntansi akan dihubungkan dengan fungsi manajemen.000 10.000) 12.000 240.000.000 1.500. . Walaupun masalah poko pada akuntansi manajemen meliputi.6 merupakan salah satu contoh laporan pada akuntansi pertanggungjawaban.000 5. Bali 20-24 Yogya Laporan Pendapatan dan biaya Departemen Departemen Pemabantu Bulan April 1981 ANGGARAN (Rp) Pendapatan dari service Biaya-biaya: .000) (480. tapi untuk memudahkan pemahaman terhadap akuntansi manajemen maka pembicaraan dalam buku ini.000 10.000 200.800.000) TABEL 1.500.000 770.800.PT “DINO” JL.500.000) 30.000 900.730.520.000 SELISIH (Rp) (250.Upah tenaga kerja .Bahan pembantu .000 SESUNGGUHNYA (Rp) 12.250.000 800.Biaya lain-lain Jumlah biaya Laba operasi departemen 4.Penggunaan suku cadang .000 3.000 2. akuntansi biaya diferensial dan akuntansi pertanggungjawaban.000 4.000 660.000 (230.000 (700.000.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->