You are on page 1of 3

GALILEO GALILEI

Galileo Galilei (15 Februari 1564-8 Januari 1642) seorang ahl astronom Tuscan, filsuf dan fisikawan yang terkait erat dengan revolusi ilmiah. Dia telah disebut sebagai “bapak astronomi modern”, sebagai “bapak fisika modern”, dan sebagai “bapak ilmu pengetahuan”. Eksperimenya yang luas dianggap melengkapi tulisan Bacon dalam membangun metode ilmiah modern. Dalam revolusi ilmiah, Galileo mengambil posisi yang tinggi karena telah merintis eksperimen yang kuantitatif dengan menguraikanya secara matematis. Pada saat itu, di Eropa tidak ada metode tersebut. Berdasarkan ekperimen yang telah dilakukan oleh Willam Gilbert, sebelum Galileo, tidak menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada abad ke-20, eksperimen Galileo di tegur oleh beberapa pengarang, khususnya sejarawan Prancis yang terkemuka yaitu Alexandre Koyrafa. Eksperimen yang dilaporkan dalam Dua Ilmu Pengetahuan Baru untuk menetapkan hukum percepatan dari benda yang jatuh, misalnya, perlunya mengukur waktu, yang mana tampaknya tidak mungkin dengan teknologi pada tahun 1600. Menurut Koyrafa, eksperimen hanyalah ilustrasi belaka. Dalam bidang Astronomi, Galileo merupakan salah satu orang yang pertama kali menggunakan teleskop untuk mengamati langit. Berdasarkan gambaran sederhana dari teleskop yang telah ada, dia membuat teleskop dengan perbesaran 8x dan kemudian membuat model-model baru yang perbesarnya bisa mencapai 20x. Dia mempubliksikan pengamatan pertama teleskopnya pada bulan Maret tahun 1610 dalam sebuah risalah singkat yang berjudul Siderus Nuncius (Sideral Messenger). Pada 7 Januari 1610, Galileo menemukan empat satelit terbesar Jupiter, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.Ia juga menemukan bahwa bulan-bulan tersebut muncul dan menghilang, gejala yang ia perkirakan berasal dari pergerakan benda-benda tersebut terhadap Jupiter, sehingga ia menyimpulkan bahwa keempat benda tersebut mengorbit planet. Demonstrasi yang menunjukkan bahwa planet memiliki planet kecil yang mengorbitnya itu tidaklah benar, gambaran yang meliputi banyak hal adalah model geosentris alam semesta, dimana segala sesuatu berputar mengelilingi Bumi. Galileo mencatat bahwa Venus memiliki fase yang lengkap seperti Bulan, karena kecemerlangan Venus yang konstan. Galileo beralasan bahwa Venus tidak dapat mengintari Bumi pada jarak yang tetap. Galileo adalah salah satu orang Eropa pertama yang mengamati bintik matahari, meskipun ada bukti bahwa astronom Cina telah melakukan sebelumya. Keberadaan

yang menunujukkan hal yang sama. Pada tahun 1611. Dalam bidang Fisika. dan Tyco Brahe memperlihatkan adanya perbedaan yang sangat besar pada sistem Geosentris. Neptunus tercatat hanya sebagai sebuah bintang yang redup. ia mengakui bahwa jarak antara puncak bukit mungkin terlalu kecil untuk pengukuran yang bagus. Kemudian. Sebuah perselisihan dalam penemuan bintik matahari ini menyebabkan perseteruan panjang dan pahit dengan Christoph Scheiner. Galileo melakukan percobaan dengan menjatuhkan bola pada bidang miring. Pada jarak kurang dari satu mil. kecepatan awal dan akhir. Dia menetapkan hukum matematika untuk percepatan. seperti permukaan bumi sendiri". Galileo bisa mendeteksi tidak adanya penundaan waktu. Galileo adalah orang pertama yang melaporkan adanya gunung dan lembah di bulan. .bintik matahari menunjukkan perbedaan yang diasumsikan oleh fisafat tua. ia akan membuka penutupnya. bahkan ada sedikit kemungkinan kalau keduanya telah dipukuli oleh David Fabricius dan putranya Johannes. bahwa benta yang berat akan jatuh lebih cepat dibandingkan benda yang lebih ringan. Galileo akan membuka penuupnya. Mereka berdiri di puncak bukit yang berbeda. Dia adalah seorang pelopor dari Eropa yang melakukan eksperiment dengan teliti dan bersikeras mendeskripsikan matematika dari hukum alam. sebanding dengan kuadrat waktu. dan segera setelah asistenya melihat cahaya kilat. pertama kali diketahui oleh Francesso Sizzi. tidak seperti anggapan Aristoteles yang menyatakan bulan adalah bola sempurna. Dia menyimpulkan bahwa : jarak keseluruhan. Galileo mengamati planet Neptunus namun ia tidak menyadarinya sebagai planet. Ini bertentangan dengan apa yang telah diajarkan oleh Aristoteles. kesimpulan yang diambil melihat dari pola bayangan yang ada di permukaan. Salah satu cerita paling terkenal tentang Galileo adalah bahwa ia telah menjatuhkan bola yang mempunyai masa yang berbeda dari Menara Miring Pisa untuk menunjukkan bahwa kecepatan mereka menurun tidak dipengaruhi oleh massa (melainkan karena adanya hambatan udara). Melainkan dari Mekanika Klasik yang dikembangkan oleh Sir Isaac Newton. Pada buku catatannya. Dan variasi tahunan dalam gerakan matahari. Ia kemudian memberi kesimpulan bahwa bulan itu "kasar dan tidak rata. Galileo dan Asistenya mencoba untuk mengukur kecepatan cahaya. teori dan eksperimenya tentang gerak jatuh benda tidak tergantung pada Keppler dan Descartes. dan masing-masing memegang lentera yang tertutup. Dia menyimpulkan bahwa benda yang jatuh dipercepat akan mempertahankan kecepatanya. Galileo menyimpulkan bahwa cahaya tidak disebarkan seketika. kecuali ada faktor lain yang mempengaruhinya. Pada awal tahun 1600.

Metode ini berhasil di terapkan pertama kli oleh Cassini pada tahun 1681 dan kemudian digunakan secara luas untuk survei tanah. Untuk penembak. Pada tahun 1612. Dia juga membuat sketsa berbagai penemuan. telah ditawarkan. Galileo mengaplikasikan matematika ke fisika dengan eksperimental yang inovativ. Disamping cara baru dan lebih aman dalam mengangkat meriam. dia merancang mekanisme untuk bandul jsm. Galileo merancang dan memperbaiki “kompas geometrik dan militer” yang cocok digunakan oleh penembak dan pengukuran. dengan menggunakan pemuaian dan penyusutan udara dalam pipa termometer. Galileo mengusulkan bahwa dengan pengetahuan yang cukupdari orbit bisa menggunakan posisi mereka sebagai jam dunia. Bandul jam pertama yang beroperasi penuh di buat oleh Huygens pada tahun 1650an. Galileo bekerja dari waktu ke waktu dalam masalah ini selama sisa hidupnya. pada tahun 1595-1598. Galileo membuat termometer. meskipun terdapat angka yang tidak berkuadrat sempurna. Sedangkan dalam bidang teknologi. Pada tahun lalu. . untuk navigasi dan lain-lain. ketika Galileo buta total. seperti lilin dan kombinasi cermin untuk memantulkan cahayake seluruh bangunan dan lainya. dan ini memungkinkan dalam penentuan bujur.Sementara dalam bidang Matematika. Ini merupakan perkembangan yang telah dirancang sebelumnya oleh Tartaglia dan Guidobaldo. cara yang cepat juga untuk memperhitungkan biaya serbuk mesiu untuk peluru meriam dari berbagai ukuran dan bahan. setelah menentukan orbit pada satelit Jupiter. Pada tahun 1606-1607. Galileo menghasilkan satu karya asli dan ramalanya dala matematika: asas Galileo yang menunjukkan bahwa terdapat banyak kuadrat sempurna pada blangan bulat.