P. 1
4622799 Public Sector Accounting

4622799 Public Sector Accounting

|Views: 1|Likes:
Published by Daniel Nababan

More info:

Published by: Daniel Nababan on Apr 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2014

pdf

text

original

Comprehensive Material Series 1) Apa perbedaan dan persamaan antara sektor publik dan sektor privat?

: Secara umum, yang membedakan secara signifikan antara organisasi sektor publik dan perusahaan adalah: 1. Tujuan organisasi  Perusahaan komersial bertujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham melalui penciptaan keuntungan.  Organisasi pemerintahan mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan. 2. Sumber-sumber pendanaan  Perusahaan komersial didanani melalui hasil operasi perusahaan bersangkutan selain investasi dari pemegang saham.  Dalam organisasi sektor publik pendanaannya melalui involuntary financial resources contribution, yang direalisasikan melalui pembayaran pajak dan retribusi. Selain itu dapat juga berupa iuran anggota atau subsidi dan sumbangan dari donatur. 3. Peraturan perundangan  Perusahaan komersial memiih aktivitasnya berdasarkan pertimbangan untung dan rugi.  Organisasi sektor publik melakukan aktivitasnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Contonya yaitu pemerintah yang membangun jembatan karena diamanatkan oleh UUD 1945 walaupun hal tersebut tidak menguntungkan bagi pemerintah. Sedangkan persamaan antara keduanya yaitu: 1. Keduanya merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah sistem perekonomian nasional yang secara bersama-sama menggunakan sumber daya dalam sistem perekonomian tersebut baik sumber daya finansial, modal, dan manusia. Keduanya saling bertransaksi dan saling membutuhkan. 2. Keduanya sama-sama menghadapi sumber daya ekonomi yang terbatas untuk mencapai tujuan-tujuannya. 3. Keduanya mempunyai pla manajemen keuangan yang sama, dimulai dari perencanaan hingga pengendalian dimana penggunaan akuntansi menjadi kebutuhan dalam hal ini. 4. Dalam beberapa hal, keduanya mempunyai output produk yang sama. Contohnya yaitu perusahaan jasa yang bergerak di sektor transportasi, sementara pemerintah ,menyediakan bus DAMRI. 2) Apa bedanya antara SAP dan SAK? : SAP sebagai pedoman pelaporan keuangan, akuntansi dan audit di pemerintahan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Republik Indonesia. Sedangkan SAK pedoman pelaporan perusahaan komersial.

3) Apa basis pencatatan SAP? : modified cash basis. Dimana untuk pendapatan, belanja dan pembiayaan dicatat menggunakan cash basis, sedangkan untuk aset, hutang, dan ekuitas dicatat menggunakan accrual basis. 4) Apa saja komponen dan jenis-jenis laporan keuangan pemerintah? : pada general fund hanya ada 2 jenis laporan keuangan yaitu: 1. Balance sheet 2. Statement of Revenues, Expenditures, and Changes in Fund Balance Namun secara garis besar komponen-komponen laporan keuangan yang pokok antara lain:

Laporan realisasi anggaran Neraca Laporan arus kas Catatan atas laporan keuangan Sedangkan jenis laporan keuangan terbagi atas 3 yaitu: 1. 2. 4.5permanent fund  dana yang digunakan untuk kegiatan pemerintah adalah earning dari dan abadi tersenut dan bukan dari dana itu sendiri. Nonexpendable fund  Dana yang berasal dan untuk aktivitas-aktivitas yang bersifat business. 1. 7) Jelaskan siklus akuntansi pemerintah ditinjau dari anggaran. 6) Apa esensial PSAK 45? : PSAK 45 berisi tentang kaidah-kaidah serta prinsip-prinsip yang harus diikuti oleh organisasi nirlaba dalam membuat laporan keuangan. dimana pengertian dana itu sendiri yaitu sebuah kesatuan akuntansi tersendiri yang terpisah berdasarkan tujuan tertentu. 1. hutang. : Tahap-tahap penyusunan anggaran kinerja : 1) 2) 3) 4) Penetapan strategi organisasi (visi dan misi) Pembuatan tujuan Penentapan aktivitas Review dan ranking Proses terjadinya pengeluaran : 1) 2) 3) 4) Kewenangan anggaran (budget authority) Pelimpahan kewenangan anggaran (budget authorization) Kewajiban (obligation) Realisasi pengeluaran (outlays) .Comprehensive Material Series 1. Laporan tahunan atau comprehensive annual financial report (CAFR) 3. pembayaran. misalnya untuk penaggulangan bencana. Terdapat dua golongan dana yaitu: 1. Digunakan sebagai pendukung dari expendable fund. Laporan keuangan interim (biasanya untuk internal) 2. namun PSAK 45 ini belum mengakomodasi praktek-praktek akuntansi yang diperlukan dalam suatu entitas yang dimiliki oleh pemerintah. Yang dimana governmental fund tersebut terbagi lagi menjadi: 1. dan pelaporan. : akuntansi dana.3debt-serfice fund  digunakan untuk membiayai hutang-hutang pemerintah 1. Dalam satu dana itu terdapat kesatuan akun sendiri yang terdiri atas aset.2capital project fund  digunakan untuk membiayai proyek-proyek pembangunan. 2. 3.4special revenue fund  dana yang terikat pada tujuan tertentu (resricted fund). Laporan keuangan atau general purpose financial statement (GPFS) 5) Jelaskan pengertian Fund Accounting.1general fund  Digunakan untuk keperluan umum pemerintah 1. baik itu lembaga pemerintah sendiri maupun organisasi non-profit yang dimilikinya (misalnya universitas dan rumah sakit. Expendable fund or Governmental fund  Dana yang disediakan untuk membiayai aktivitas-aktivitas yang bersifat non-business. dan modal.

Indikator usaha  Sumber daya yang digunakan untuk pelayanan (input) 2. perbandingan input dengan output  Indikator efektif. Indikator pencapaian  Pelayanan apa yang dapat disediakan dan dicapai dengan input yang tersedia (ouput dan outcome) 3.Comprehensive Material Series Pelaporan dan evaluasi anggaran kinerja Setiap organisasi harus menyediakan informasi mengenai aktivitas yang telah dilakukan. output. Indikator yang menghubungkan usaha dan pencapaian  Indikator efisiensi. dan berbagai indikator kualitatif lainnya yang dirasa perlu. outcoe. yang meliputi input. 3 indikator mengukur keberhasilan organisasi: 1. perbandingan input dengan outcome .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->