You are on page 1of 8

DEMOKRASI KONSTITUSIONAL

CIRI KHAS DARI DEMOKRASI KONSTITUTIONAL ADALAH GAGASAN BAHWA PEMERINTAH YANG DEMOKRATIS ADALAH PEMERINTAH YANG TERBATAS KEKUASAANNYA DAN TIDAK DIBENARKAN BERTINDAK SEWENANG-WENANG TERHADAP WARGA NEGARANYA. PEMBATASAN-PEMBATASAN ATAS KEKUASAAN PEMERINTAH TERCANTUM DALAM KONSTITUSI, MAKA DARI ITU SERING DISEBUT PEMERINTAH BERDASAR KONSTITUSI (CONSTITUTIONAL GOVERNMENT). JADI CONSTITUTIONAL GOVERNMENT SAMA DENGAN LIMITED GOVERNMENT ATAU RESTRAINED GOVERNMENT. PADA WAKTU DEMOKRASI KONSTUTIONAL MUNCUL SEBAGAI SUATU PROGRAM DAN SISTIM POLITIK YANG KONKRIT, YAITU PADA AKHIR ABAD KE 19, DIANGGAP BAHWA PEMBATASAN ATAS KEKUASAAN NEGARA SEBAIKNYA DISELENGGARAKAN DENGAN SUATU KONSTITUSI TERTULIS, YANG DENGAN TEGAS MENJAMIN HAK-HAK AZASI WARGA NEGARA. DISAMPING ITU KEKUASAAN DIBAGI SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA KESEMPATAN PENYALAHGUNAAN DIPERKECIL, YAITU DENGAN CARA MENYERAHKANNYA KEPADA BEBERAPA ORANG ATAU BADAN DAN TIDAK MEMUSATKAN KEKUASAAN PEMERINTAHAN DALAM TANGAN SATU ORANG ATAU SATU BADAN. PERUMUSAN YURIDIS DARI PRINSIP-PRINSIP INI TERKENAL DENGAN ISTILAH RECHTSSTAAT (NEGARA HUKUM) DAN RULE OF LAW. BIARPUN DEMOKRASI HARU PADA AKHIR ABAD KE 19 MENCAPAI WUJUD YANG KONKRIT, TETAPI SEBENARNYA SUDAH MULAI BERKEMBANG DI EROPA BARAT DALAM ABAD KE 15 DAN 16. MAAKA DARI ITU WAJAH DEMOKRASI A BAD KE 19 MENONJOLKAN BEBERASA AZAS YANG DENGAN SUSAH PAYAH TELAH DIMENANGKANNYA, SEPERTI MISALNYA KEBEBASAN MANUSIA TERHADAP SEGALA BENTUK KEKANGAN DAN KEKUASAAN SEWENANG-WENANG BAIK DIBIDANG AGAMA, MAUPUN DIBIDANG PEMIKIRAN SERTA DI BIDANG POLITIK. JAMINAN TERHADAP HAK-HAK AZASI MANUSIA DIANGGAP PALING PENTING. DALAM RANGKA INI NEGARA HANYA DAPAT DILIHAT MANFAATNYA SEBAGAI PENJAGA MALAM (NACHTWACHTERSSTAAT) YANG HANYA DIBENARKAN CAMPUR TANGAN DALAM KEHIDUPAN RAKYATNYA DALAM BATAS-BATAS YANG SANGAT SEMPIT. TETAPI DEMOKRASI TIDAK MERUPAKAN SESUATU YANG STATIS, DAN DALAM ABAD KE 20, TERUTAMA SESUDAH PERANG DUNIA II NEGARA DEMOKRATIS TELAH MELEPASKAN PANDANGAN BAHWA PERANAN NEGARA HANYA TERBATAS PADA MENGURUS KEPENTINGAN BERSAMA. SEKARANG DIANGGAP BAHWA NEGARA TURUT BERTANGGUNG JAWAB ATAS KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN KARENA ITU HARUS AKTIF BERUSAHA UNTUK MENAIKKAN TARAF KEHIDUPAN WARGA NEGARANYA. GAGASAN INI DITUANGKAN DALAM KONSEP

UNTUK MAYORITAS YANG TERDIRI DARI BUDAK BELIAN DAN PEDAGANG ASING DEMOKRASI TIDAK BERLAKU. DILIHAT DARI SUDUT PERKEMBANGAN DEMOKRASI ABAD PERTENGAHAN MENGHASILKAN SUATU DOKUMEN YANG PENTING. MAGNA CHARTA .MENGENAI WELFARE STATE (NEGARA KESEJAHTERAA) ATAU SOCIAL SERVICE STATE. MASYARAKAT ABAD PERTENGAHAN DICIRIKAN OLEH STUKTUR SOSIAL YANG FEODAL (HUBUNGAN ANTARA VASSAL DAN LORD). SISTIM DEMOKRASI YANG TERDAPAT DI NEGARA KOTA YUNANI KUNO (ABAD KE 6 SAMPAI KE 3 SM) MERUPAKAN DEMOKRASI LANGSUNG (DIRECT DEMOCRACY) YAITU SUATU BENTUK PEMERINTAHAN DI MANA HAK UNTUK MEMBUAT KEPUTUSANKEPUTUSAN POLITIK DIJALANKAN SECARA LANGSUNG OLEH SELURUH WARGA NEGARA YANG BERTINDAK BERDASARKAN PROSEDUR MAYORITAS. DALAM NEGARA MODERN DEMOKRASI TIDAK LAGI BERSIFAT LANGSUNG. YANG HANYA MERUPAKAN BAGIAN KECIL SAJA DARI PENDUDUK. PERKEMBANGAN INI TELAH TERJADI SECARA PRAGMATIS SEBAGAI HASIL DARI USAHA MENGATASI TANTANGAN YANG DIHADAPIDALAM ABAD KE 20. DIKALAHKAN OLEH SUKU BANGSA EROPA BARAT DAN BENUA EROPA MEMASUKI ABAD PERTENGAHAN (600-1400). YAITU MAGNA CHARTA 1215 (PIAGAM BESAR 1215). TETAPI BERSIFAT DEMORASI BERDASARKAN PERWAKILAN (REPRESENTATIVE DEMOCRACY). GAGASA N DEMOKRASI YUNANI BOLEH DIKATAKAN HILANG DARI MUKA DUNIA BARAT WAKTU BANGSA ROMAWI YANG SEDIKIT BANYAK MASIH KENAL KEBUDAYAAN YUHNANI. TETAPI MELUAS MENCAKUP JUGA SEGI-SEGI EKONOMI. TINJAUAN HISTORIS PADA PERMULAAN PERTUMBUHANNYA DEMOKRASI TELAH MENCAKUP BEBERAPA AZAS DAN NILAI YANG DIWARISKAN KEPADANYA DARI MASA YANG LAMPAU. SEHINGGA DEMOKRASI MENJADI DEMOKRASI EKONOMIS. SIFAT LANGSUNG DARI DEMOKRASI YUNANI KUNO DAPAT DISELENGGARAKAN SECARA EFEKTIF KARENA BERLANGSUNG DALAM KONDISI YANG SEDERHANA.000). DEMOKRASI DALAM ABAD ABAD KE 20 TIDAK LAGI MEMBATASI DIRI PADA ASPEK POLITIK SAJA SEPERTI DALAM ABAD KE 19. YAITU GAGASAN MENGENAI DEMOKRASI DARI KEBUDAYAAN YUNANI KUNO DAN GAGASAN MENGENAI KEBEBASAN BERAGAMA YANG DIHASILKAN OLEH ALIRAN REFORMASI SERTA PERANG-PERANG AGAMA YANG MENYUSULNYA. LAGIPULA KETENTUANKETENTUAN DEMOKRASI HANYA BERLAKU UNTUK WARGA NEGARA YANG RESMI. WILAYAHNYA TERBATAS (NEGARA TERDIRI DARI KOTA DAN DAERAH SEKITARNYA) SERTA JUMLAH PENDUDUK SEDIKIT (300. YANG KEHIDUPAN SOSIAL SERTA SPIRITUALNYA DIKUASAI OLEH PAUS DAN PEJABAT-PEJABAT AGAMA LAINNYA. YANG KEHIDUPAN POLITIKNYA DITANDAI OLEH PEREBUTAN KEKUASAAN ANTARA PARA BANGSAWAN SATU SAMA LAIN.

DALAM MASA 16501800. BIARPUN PIAGAM INI LAHIR DALAM SUASANA FEODAL DAN TIDAK BERLAKU UNTUK RAKYAT JELATA. KEBEBASAN BERPIKIR MEMBUKA JALAN UNTUK MELUASKAN GAGASAN INI DI BIDANG POLITIK. RENAISSANCE ADALAH ALIRAN YANG MENGHIDUPKAN KEMBALI MINAT KEPADA KESUSASTERAAN DAN KEBUDAYAAN YUNANI KUNO YANG SELAMA ABAD PERTENGAHAN TELAH DISISIHKAN. SEPERTI JERMAN. KHUSUSNYA DI BIDANG PEMERINTAHAN. HASIL DARI PERGUMULAN INI IALAH TIMBULNYA GAGASAN MENGENAI PERLUNYA ADA KEBEBASAN BERAGAMA SERTA ADA GARIS PEMISAH YANG TEGAS ANTARA SOAL-SOAL AGAMA DAN SOAL-SOAL KEDUNIAWIAN. BAIK DI BIDANG SPIRITUAL DALAM BENTUK DOGMA. KEDUA ALIRAN FIKIRAN YANG TERSEBUT DI ATAS MEMPERSIAPKAN ORANG EROPA BARAT UNTUK . TIMBULLAH GAGASAN BAHWA MANUSIA MEMPUNYAI HAK-HAK POLITIK YANG TIDAK BOLEH DISELEWENGKAN OLEH RAJA DAN . REFORMASI SERTA PERANG-PERANG AGAMA YANG MENYUSUL AKHIRNYA MENYEBABKAN MANUSIA BERHASIL MELEPASKAN DIRI DARI PENGUASAAN GERJEA.MERUPAKAN SEMACAM KONTRAK A NTARA BEBERAPA BANGSAWAN DAN RAJA JOHN DARI INGGRIS DI MANA UNTUK PERTAMA KALI SEORANG RAJA YANG BERKUASA MENGIKATKAN DIRI UNTUK DAN MENJAMIN BEBERAPA HAK DAN PRIVILEGES DARI BAWAHANNYA SEBAGAI IMBALAN UNTUK PENYERAHAN DANA BAGI KEPERLUAN PERANG DAN SEBAGAINYA. SEBELUM ABAD PERTENGAHAN BERAKHIR DAN DI EROPA BARAT PADA PERMULAAN ABAD KE 16 MUNCUL NEGARA-NEGARA NASIONAL DALAM BENTUK YANG MODERN. MAUPUN DI BIDANG SOSIAL DAN POLITIK. NAMUN DIANGGAP SEBAGAI TONGGAK DALAM PERKEMBANGAN GAGASAN DEMOKRASI. MAKA EROPA BARAT MENGALAMI BEBERAPA PERUBAHAN SOSIAL DAN KULTURAL YANG MEMPERSIAPKAN JALAN UNTUK MEMASUKI JAMAN YANG LEBIH MODERN DI MANA AKAL DAPAT MEMERDEKAKAN DIRI DARI PEMBATASAN-PEMBATASANNYA. SWISS DAN SEBAGAINYA. INI DINAMAKAN PEMISAHAN ANTARA GEREJA DAN NEGARA. MENYELAMI MASA “AUFKLARUNG” (ABAD PEMIKIRAN) BESRTA RASIONALISME. SUATU ALIRAN PIKIRAN YANG INGIN MEMERDEKAKAN PIKIRAN MANUSIA DARI BATAS-BATAS YANG DITENTUKAN OLEH GEREJA DAN MENDASARKAN PEMIKIRAN ATAS AKAL (RATIO) SEMATA-MATA. DUA KEJADIAN INI IALAH RENAISSANCE (1350-1600) YANG TERUTAMA BERPENGARUH DI EROPA SELATAN SEPERTI ITALI DAN REFORMASI (1500-1650) YANG MENDAPAT BANYAK PENGIKUTNYA DI EROPA UTARA. ALIRAN INI MEMBELOKKAN PERHATIAN YANG TADINYA SEMATA-MATA DIARAHKAN KEPADA TULISAN-TULISAN KEAGAMAAN KE ARAH SOAL-SOAL KEDUNIAWIAN DAN MENGAKIBATKAN TIMBULNYA PANDANGAN-PANDANGAN BARU.

DI PERANCIS RAJA-RAJA BOURBON. KECAMANKECAMAN YANG DILONTARKAN TERHADAP GAGASAN ABSOLUTISME MENDAPAT DUKUNGAN KUAT DARI GOLONGAN MENENGAH YANG MULAI BERPENGARUH BERKAT MAJUNYA KEDUDUKAN EKONOMI SERTA MUTU PENDIDIKANNYA. YANG KEMUDIAN DIKENAL DENGAN ISTILAH TRIAS POLITICA. MONTERSQUIEU MENCOBA MENYUSUN SUATU SISTIM YANG DAPAT MENJAMIN HAK-HAK POLITIK ITU.MENGAKIBATKAN DILONTARKANNYA KECAMAN-KECAMAN TERHADAP RAJA. MONARCH-MONARCHI ABSOLUT INI TELAH MUNCUL DALAM MASA 1500-1700. TEORI KONTRAK SOSIAL BERANGGAPAN BAHWA HUBUNGAN ANTARA RAJA DAN RAKYAT DIDASARI OLEH SUATU KONTRAK YANG KETENTUAN-KETENTUAN NYA MENGIKAT KEDUA BELAH PIHAK. BAIK RAJA MAUPUN RAKYAT JELATA. MENURUT JOHN LOCKE HAKHAK POLITIK MENCAKUP HAK ATAS HIDUP. YANG MENURUT POLA YANG SUDAH LAZIM PADA MASA ITU MEMPUNYAI KEKUASAAN TAK TERBATAS. KONTRAK SOSIAL MENENTUKAN DISATU FIHAK BAHWA RAJA DIBERI KEKUASAAN OLEH RAKYAT UNTUK MENYELENGGARAKAN PENERTIBAN DAN MENCIPTAKAN SUASANA DIMANA RAKYAT DAPAT MENIKMATI HAKHAK ALAMNYA DENGAN AMAN. SALAH SATU AZAS DARI GAGASAN KONTRAK SOSIAL IALAH BAHWA DUNIA DIKUASAI OLEH HUKUM YANG TIMBUL DARI ALAM (NATURE) YANG MENGANDUNG PRINSIP-PRINSIP KEADAILANH YANG UNIVERSAL. LIBERTY AND PROPERTY). . RAJARAJA ABSOLUT MENGANGGAP DIRINYA BERHAK ATAS TAHTANYA BERDASARKAN KONSEP”HAK SUCI RAJA” (DEVINE RIGHT OF KINGS). FILSUF-FILSUF YANG MENCETUSKAN GAGASAN INI ANTARA LAIN JOHN LOCKE. HUKUM INI DINAMAKAN NATURAL LAW. IDEE-IDEE BAHWA MANUSIA MEMPUNYAI HAK-HAK POLITIK MENIMBULKAN REVOLUSI DI PERANCIS PADA AKHIR ABAD KE 18. PENDOBRAKA N TERHADAP KEDUDUKAN RAJA-RAJA ABSOLUT INI DIDASARKAN ATAS SUATU TEORI RASIONALITAS YANG UMUMNYA DIKENAL SEBAGAI SOCIAL CONTRCT (KONTRAK SOSIAL). SESUDAH BERAKHIRNYA ABAD PERTENGAHAN. SERTA REVOLUSI DI AMERIKA MELAWAN INGGRIS. RAJA-RAJA YANG TERKENAL DI SPANYOL IALAH ISA BELLA DAN FERDINAND (1479-1516). UNSUR UNIVERSALISME INILAH YANG DITERAPKAN PADA MASALAH-MASALAH POLITIK. ARTINYA BERLAKU UNTUK SEMUA WAKTU DAN SEMUA MANUSIA. DI PIHAK LAIN RAKYAT AKAN MENTAATI PEMERINTAHAN RAJA ASAL HAK-HAK ALAM ITU TERJAMIN. PADA HAKEKATNYA TEORI-TEORI KONTRAK SOSIAL MERUPAKAN USAHA UNTUK MENDOBRAK DASAR DARI PEMERINTAHAN ABSOLUT DAN MENETAPKAN HAK-HAK POLITIK RAKYAT. ATAS KEBEBASAN DAN HAK UNTUK MEMPUNYAI MILIK (LIFE. MONTESQUIEU DSB.

APAKAH KONSTITUSINYA DALAM BENTUK TERTULIS (BERNASKAH) ATAU TAK BERNASKAH (UNWRITTEN CONSTITUTION). UUD DIANGGAP SEBAGAI PERWUJUDAN DARI HUKUM TERTINGGI YANG HARUS DIPATUHIOLEH NEGARA DAN PEJABAT- . DEMOKRASI PADA TAHAP INI SEMATA-MATA BERSIFAT POLITIK DAN MENDASARKAN DIRINYA ATAS AZAS-AZAS KEMERDEKAAN INDIVIDU. DALAM GAGASAN KONSTITUSIONALISME UUD DIPANDANG SEBAGAI SUATU LEMBAGA YANG MEMPUNYAI FUNGSI KHUSUS.J. KONSTITUSI ATAU UUD TIDAK HANYA MERUPAKAN SUATU DOKUMEN YANG MENCERMINKAN PEMBAGIAN KEKUASAAN DI ANTARA LEMBAGALEMBAGA KENEGARAAN (EKSEKUTIF. KESAMAAN HAK SERTA HAK-PILIH UNTUK SEMUA WARGA NEGARA. UUD ITU MENJAMIN HAK-HAK POLITIK DAN MENYELENGARAKAN PEMBAGIAN KEKUASAAN NEGARA SEDEMIKIAN RUPA. FIREDRICH KONSTITUSIONALISME ADALAH GAGASAN BAHWA PEMERINTAH MERUPAKAN SUATU KUMPULAN AKTIVITAS YANG DISELENGGARAKAN ATAS NAMA RAKYAT. YANG DAPAT DIUBAH ATAU DIGANTI KALAU POWER RELATIONSHIP ITU SUDAH BERUBAH (SEPERTI DI UNI SOVIET SEBELUM NEGARANYA BUBAR). LEGISLATIF DAN YUDIKATIF) ATAU DENGAN PERKATAAN LAIN YANG HANYA MERUPAKAN SUATU ANATOMY OF A POWER RELATIONSHIP. DIDALAM GAGASAN KONSTITUSIONALISME. TETAPI YANG TUNDUK KEPADA BEBERAPA PEMBATASAN YANG DIMAKSUD UNTUK MEMBERI JAMINAN BAHWA KEKUASAAN YANG DIPERLUKAN UNTUK PEMERINTAHAN ITU TIDAK DISALAH GUNAKAN OLEH MEREKA YANG MENDAPAT TUGAS UNTUK MEMERINTAH.SEBAGAI AKIBAT DARI PERGOLAKAN YANG TERSEBUT DI ATAS TADI. MAKA PADA AKHIR ABAD KE 19 GAGASAN MENGENAI DEMOKRASI MENDAPAT WUJUD YANG KONKRIT SEBAGAI PROGRAM DAN SISTIM POLITIK. YAITU MENENTUKAN DAN MEMBATASI KEKUASAAN PEMERINTAH DI SATU PIHAK DAN DI FIHAK LAIN MENJAMIN HAK-HAK AZASI DARI WARGA NEGARANYA. SEHINGGA KEKUASAAN EKSEKUTIF DIIMBANGI OLEH KEKUASAAN PARLEMEN DAN LEMBAGA-LEMBAGA HUKUM. MENURUT CARL. SEDANGKAN NEGARA YANG MENGANUT GAGASAN INI DINAMAKAN CONSTITUTIONAL STATE ATAU RECHTSSTAAT. GAGASAN INI DINAMAKAN KONSTITUSIONALISME. DEMOKRASI KONSTITUSIONAL ABAD KE 19 (NEGARA HUKUM DALAM ARTI FORMAL) DAN ABAD KE 20 (NEGARA HUKUM DALAM ARTI MATERIAL) SEBAGAI AKIBAT DARI KEINGINAN UNTUK MENYELENGGARAKAN HAK-HAK POLITIK ITU SECARA EFEKTIF TIMBULLAH GAGASAN BAHWA CARA YANG TERBAIK UNTUK MEMBATASI KEKUASAAN PEMERINTAH IALAH DENGAN SUATU KONSTITUSI.

SEDANGKAN AHLI ANGLO SAXON SEPERTI A. PEMERINTAH BERDASARKAN PERATURAN-PERATURAN (WETMATIGHEID VAN BESTUUR). 2. SEBAB KEDUA PERUMUSAN ITU DIRUMUSKAN DALAM SUASANA YANG MASIH DIKUASAI OLEH GAGASAN BAHWA NEGARA DAN PEMERINTAHANNYA HENDAKNYA TIDAK CAMPUR TANGAN DALAM URUSAN WARGA NEGARANYA. KEDUDUKAN YANG SAMA DALAM MENGHADAPI HUKUM (EQUALITY BEFORE THE LAW). PEMISAHAN ATAU PEMBAGIAN KEKUASAAN UNTUK MENJAMIN HAK-HAK ITU (DI NEGARA KONTINENTAL DISEBUT TRIAS POLITICA). KECUALI DALAM HAL YANG MENYANGKUT KEPENTINGAN UMUM. UNSUR-UNSUR RULE OF LAW MENURUT A. TIDAK ADANYA KEKUASAAN SEWENANGWENANG (ABSENCE OF ARBITRARY POWER). BUKAN OLEH MANUSIA”. 2. ALIRAN PIKIRAN INI DISEBUT LIBERALISME DAN DIRUMUSKAN DALAM DALIL “THE LEAST GOVERNMENT IS THE BEST”. 3. SUPREMASI ATURAN-ATURAN HUKUM (SUPREMACY OF THE LAW). UNSUR-UNSUR RECHTSTAAT MENURUT STAHL: 1. PERADILAN ADMINISTRASI DALAM PERSELISIHAN.V. DECEY MEMAKAI ISTILAH RULE OF LAW.V. HAK-HAK MANUSIA OLEH UNDANG-UNDANG (DI NEGARA LAIN OLEH UUD) SERTA KEPUTUSAN-KEPUTUSAN PENGADILAN. AHLI-AHLI HUKUM EROPA BARAT KONTINENTAL SEPERTI IMMANUEL KANT (1724-1804) DAN FRIEDRICH JULIUS STAHL MEMAKAI ISTILAH RECHSTSTAAT. DALAM ARTI BAHWA SESEORANG HANYA BOLEH DIHUKUM KALAU MELANGGAR HUKUM. DALAM ISTILAH BELANDA STAATSONTHOUDING. TETAPI TERUTAMA . 4.DECEY : 1. SEPERTI URUSAN LUAR NEGERI. DALAM ABAD KE 19 DAN PERMULAAN ABAD KE 20 GAGASAN MENGENAI PERLUNYA PEMBATASAN MENDAPAT PERUMUSAN YANG YURIDIS. NOT BY MEN – PEMERINTAHAN BERDASARKAN HUKUM. DALIL INI BERLAKU BAIK UNTUK ORANG BIASA MAUPUN UNTUK PEJABAT. TIDAK HANYA DI BIDANG POLITIK. NEGARA DALAM PANDANGAN INI DIANGGAP SEBAGAI NACHTWACHTERSTAAT YANG SANGAT SEMPIT RUANG GERAKNYA. BAHWA PERUMUSAN-PERUMUSAN INI BERSIFAT YURIDIS DAN HANYA MENYANGKUT BIDANG HUKUM SAJA – DAN ITU PUN DALAM BATAS-BATAS YANG AGAK SEMPIT – TIDAK USAH MENGHERANKAN.PEJABAT PEMERINTAH SEKALIPUN. BENCANA ALAM DSB. HAK-HAK MANUSIA. SESUAI DENGAN DALIL “GOVERNMENT BY LAWS. 3.

KARENA DI NEGARA-NEGARA KONSTINENTAL YANG SISTIM HUKUMNYA ADALAH TERTULIS. PERUBAHAN-PERUBAHAN INI DISEBABKAN OLEH BEBERAPA FAKTOR ANTARA LAIN BANYAKNYA KECAMAN TERHADAP EKSES DALAM INDUSTRIALISASI DAN SISTIM KAPITALIS. HUKUM DIARTIKAN DALAM ARTIANNYA YANG SEMPIT. YANG BERARTI BAHWA KALAU MANUSIA DIBIARKAN MENGURUS KEPENTINGAN EKONOMINYA MASING-MASING. YAKNI BARU BERTINDAK APABILA HAK-HAK MANUSIA DILANGGAR ATAU KETERTIBAN DAN KEAMANAN UMUM TERANCAM. DALAM ABAD KE 20 TERUTAMA SETELAH PERANG DUNIA II TELAH TERJADI PERUBAHAN-PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI YANG SANGAT BESAR. MENGANGGAP BAHWA NEGARA HUKUM ADALAH NEGARA YANG SEGALA SESUATU TINDAKANNYA DIDASARKAN SEMATA-MATA PADA HUKUM YANG TERTULIS. KONSEPSI NEGARA HUKUM TERSEBUT ADALAH SEMPIT. GAGASAN BAHWA PEMERINTAH DILARANG CAMPUR TANGAN DALAM URUSAN WARGA NEGARA BAIK DIBIDANG SOSIAL MAUPUN DIBIDANG EKONOMI LAMBAT LAUN BERUBAH MENJADI GAGASAN BAHWA PEMERINTAH BERTANGGUNGJAWAB ATAS KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN KARENANYA HARUS AKTIF . KEGIATAN DIBIDANG EKONOMI DIKUASAI OLEH DALIL LAISSEZ FAIRE. NEGARA HANYA AKAN BERTINDAK APABILA ITU TELAH ADA PERINTAH UNDANG-UNDANG. ATAU APABILA TELAH ADA TINDAKAH PIHAK-PIHAK YANG MEMBAHAYAKAN UNDANGUNDANG. ISTILAH LAIN ADALAH NEGARA HUKUM DALAM ARTI FORMIL. YANG FORMIL. LAISSEZ ELLER. NEGARA HANYA MEMPUNYAI TUGAS PASIF. MAKA DENGAN SENDIRINYA KEADAAN EKONOMI SELURUH NEGARA AKAN SEHAT. KEPENTINGAN MASYARAKAT PADA WAKTU ITU MASIH SANGAT SEDERHANA. TERSEBARNYA FAHAM SOSIALISME YANG MENGINGINKAN PEMBAGIAN KEKAYAAN SECARA MERATA SERTA KEMENANGAN DARI BEBERAPA PARTI SOSIALIS DI EROPA. PADA WAKTU ITU DIANGGAP CUKUP SEPERTI APA YANG TELAH DIATUR DI DALAM HUKUM TERTULIS. DALAM HAL INI DIANGGAP SEBAGAI PELANGGARAN TERHADAP KEPENTINGAN MASYARAKAT APABILA ADA PELANGGARAN TERHADAP KETENTUAN-KETENTUAN DAN KETERTIBAN UMUM SEBAGAIMANA TELAH DITENTUKAN OLEH UNDANG-UNDANG. YAITU UNDANGUNDANG. MAKA DARI ITU SERING DISEBUT NEGARA HUKUM KLASIK. YAITU HUKUM FORMIL YANG KONKRITNYA DIWUJUDKAN DALAM BENTUK PERUNDANG-UNDANGAN SAJA. SEHINGGA DENGAN MUDAH PEMBENTUK UNDANG-UNDANG DAPAT DIHARAPKAN TELAH MENGATUR KESELURUHANNYA DI DALAM UNDANGUNDANG. KEPENTINGAN DARI MASYARAKATNYA YANG MERUPAKAN MANIFESTASI DARI HAK-HAK AZASI MANUSIA.DI BIDANG EKONOMI.

WEWENANG UNTUK MENGAMBIL TINDAKAN SESUAI DENGAN KEBIJAKSANAAN PENGUASANYA SEPANJANG HAL ITU BELUM ADA PERATURANNYA DISEBUT “FREIES ERMESSEN”. NEGARA SEMACAM INI DINAMAKAN WELFARE STATE (NEGARA KESEJAHTERAAN) ATAU SOCIAL SERVICE STATE (NEGARA YANG MEMBERI PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT). DALAM DUNIA MODERN SEKARANG INI SEGALA SESUATU MENJADI KOMPLEKS. TINDAKAN UNTUK MENGHADAPI PERSOALAN INI DALAM RANGKA MENYELENGGARAKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TIDAK MUNGKIN UNTUK DIHINDARI.. TANPA ADA WEWENANG INI BANYAK PERSOALAN YANG AKAN TERBENGKALAI.MENGATUR KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL. HUBUNGAN-HUBUNGAN YANG PERLU DIATUR TUMBUH DENGAN SANGAT CEPAT DAN BANYAK SEKALI MACAMMACAMNYA. WEWEANANG DEMIKIAN INI TENTU HARUS ADA. OLEH KERENA ITU DALAM PRAKTEK TINDAKAN-TINDAKAN SEMACAM INI AKAN DIAMBIL OLEH PENGUASA-PENGUASA YANG BERSANGKUTAN SESUAI DENGAN KEBIJAKSANAANNYA SENDIRI. PADA DEWASA INI DIANGGAP BAHWA DEMOKRASI HARUS MELUAS MENCAKUP DIMENSI EKONOMI DENGAN SUATU SISTIM YANG MENGUASAI KEKUATAN-KEKUATAN EKONOMI DAN YANG BERUSAHA MEMPERKECIL PERBEDAAN SOSIAL DAN EKONOMI. SEHINGGA MENIMBULKAN KESULITAN UNTUK DAPAT MENGADAKAN ATURAN-ATURAN HUKUM YANG DAPAT MENAMPUNG SEGALA SESEUATU KEMUNGKINAN YANG TIMBUL. . BAHKAN TERHADAP SEGALA SESUATU YANG SEMPAT DIADAKAN UNDANG-UNDANGNYA BIASANYA HANYA MUNGKIN DIADAKAN ATURAN-ATURAN YANG LEBIH MENDETAIL BIASANYA DISERAHKAN OLEH BADAN LEGISLATIF KEPADA BADAN EKSEKUTIF ATAU BADAN-BADAN PEMERINTAH LAINNYA MISALNYA DIDAERAH. ALAT-ALAT PERLENGKAPAN PEMERINTAHAN BAHKAN JUGA SERING DIHADAPKAN PADA PERSOALAN-PERSOALAN YANG TERNYATA BELUM DISEDIAKAN PERATURANNYA. TERUTAMA PERBEDAAN-PERBEDAAN YANG TIMBUL DARI DISTRIBUSI KEKAYAAN YANG TIDAK MERATA.