You are on page 1of 9

JAWABAN PERTANYAAN Kelompok 5 : DARI BENI SISWANTO 1.

Apakah ada hal-hal yang membedakan dari ciri dari hewan karnifora, herbifora dan omnifora yang membedakan selain dari jenis makanannya...  Struktur anatomi sistem pencernaan pada mamalia (karnivora, omnivora, dan herbivora), yaitu : a. Karnivora (anjing)
      

Mulut Oesophagus Ventrikulus Intestinum tenue Caecum Intestinum crassum Anus

b.

Omnivora (babi)
   

Rongga mulut Oesofagus Ventrikulus Intestinum tenue terdiri dari duodenum, jejunum, dan ileum. Memiliki panjang sekitar 1520 meter.

Sekum Memiliki sekum relative pendek dengan volume sekitar 1,5 liter.

Intestinum crassum memiliki panjang sekitar 4-5 meter, memiliki colon ascending yang berbentuk melingkar. Colon transversal pendek dan descending yang lurus ke belakang dan berlanjut ke rektum

salvias. serta bermuara sendiri pada duodenum pada papilla minor. hati. Bagian kiri lumen berbentuk cembung dan menempel pada diafragma.Regurgitasi :dari lumen kembali ke mulut . Rumen memiliki empat buah kantong yaitu saccus cranialis.Redeglutisi :penelanan kembali  Oesophagus .Tempat lewatnya makanan dari mulut ke perut .Ruminansia melakukan ruminasi: . Bagian kanan rumen berhubungan dengan omasum. memanjang dari tulang rusuk ke tujuh atau ke delapan sampai pada tulang pinggang dan menempati separuh bagian kiri dari rongga perut. ginjal bagian kiri.Terjadi proses mastikasi. deglutisi . Rectum Pancreas pada babi pancreas tidak menempel duodenum. dinding kiri rongga perut dan limfa. c.Terdapat membrana mukosa  Rumen . saccus dorsalis. .Berupa kantong muscular yang besar terentang dari diafragma menuju ke pelvis dan hampir menempati sisi kiri dari rongga abdominal .Remastikasi : pengunyahan kembali . usus. Fungsi dari kantong-kantong tersebut adalah untuk gerakan-gerakan yang diperlukan selama terjadinya proses fermentasi. Herbivora • Ruminansia  Cavum Oris .Reinsalivasi : pemberian saliva . pancreas. dan saccus ventralis. abomasums. saccus coecus (terbagi atas saccus caudodorsalis dan saccus –ventralis).Tempat pertama kali proses pencernaan berlangsung Organ pengambilan pakan (prehensile pakan) .Rumen terletak di sebelah kiri rongga perut (cavum abdominalis).

Terdapat membrane mukosa. sedangkan facies visceralis seebagai permukaan di bagian caudal adalah datar. .Terletak persis di belakang diagfragma. berbentuk seperti sarang lebah .Merupakan suatu bagian dari glandula yang pertama dari system pencernaan ruminansia . sehingga air susu langsung masuk ke abomasums melalui semacam corong yang disebut oesophageal groove.Pada pedet yang baru lahir rumen belum berfungsi. Retikulum terbagi atas dua permukaan.Retikulum merupakan kompartmen paling cranial.Omasum berbentuk elips. kapasitas omasum yaaitu dapat menampung 6-8% dari seluruh volume pakan dalam saluran pencernaan. terletak di sebelah kanan garis median tubuh dan dihubungkan dengan reticulum oleh sebuah saluran yang sempit dan pendek disebut orifisium reticulo omasal. Pada hewan yang masih muda rumen dan reticulum belum berkembeng.  Omasum . karena tertekan oleh bagian atrium ruminis. Reticulum . . tersusun dari sel-sel epitel yang menghasilkan mukosa . .  Abomasum . terletak diantara tulang rusuk ke tujuh atau delapan.Terletak di ventral dari omasum. Ukuran reticulum paling kecil diantara keempat kompartmen. yaitu facies diafragmatica dan facies visceralis. yag akan mengelilingi hijauan atau serat-serat sebelum masuk abomasum.Terletak pada sebelah kanan rumen dan reticulum . dan akan berkembang jika lambung tersebut mampu menampung pakan 60-65% dalam saluran pencernaan .Terisi penuh oleh lamina-lamina yang dikelilingi membrana mukosa dan papillae yang pendek dan tumpul. Facies diafragmatica sebagai permukaan di bagian cranial berbentuk cembung dan menempel pada diafragma hepar.

ileum . karena pada saat lahir sebagian besar lambung ruminansia terdiri atas abomasum. Seiring dengan. rumen berkembeng pesat. sehingga hewan akan berubah dari monogastrika pada saat lahir menjadi poligastrika pada saat dewasa. yaitu saluran yang berfungsi untuk mengalirkan susu dari cavum oris ke abomasum. Dengan demikian susu terbebas dari fermentasi di rumen.  Intestimum Tenue .. jejunum. Abomasum merupakan lambung sejati seperti lambung pada hewan non ruminansia.Abomasum merupakan kompartmen tercaudal lambung hewan ruminansia.Terdiri dari duodenum.Kelenjar gabungan endokrin dan eksokrin . Pada pedet yang masih menyusu terdapat sulcus esophagus. pertambahan umur pedet.Terdapat lipatanduodenum . Terletak di dasar cavum abdominalis dan merupakan bagian yang memanjang dekat tulang rusuk kesembilan dan kesepuluh. sehingga proses pencernaan mendekati hewan monogastrika.Tempatabsorbsi Penghasil enzim Crassum  Intestinum Terdapat mikroorganisme (perkembangan lambat)   Rectum : tempat penampungan kotoran atau feses Anus : tempat keluarnya feses Glandula digestoria:   Salivary glands (kelenjar ludah) Pankreas .

mencerna beberapa protein. panjang lambung 0.  Anus • Glandula Digestivus  Hati . Komposisi saliva dari kelenjar parotis kuda serupa dengan komposisi dari ternak-ternak berlambung satu lainnya. mempunyai diameter sekitar 7. Merupakan tempat utama pencernaan karbohidrat dan protein.5 – 10 cm dan kapasitas sekitar 40-50 liter.  usus besar panjang usus besar adalah antara 7. 1.25 meter dimana fungsi dari lambung sendiri adalah mencampur massa pakan. menampung massa pakan.  Oesophagus Panjang esophagus berkisar antara 125-150 cm. Sejumlah enzima alkalinfosfate didapatkan dalam usus besar.5-15 liter atau 8-10% dari total kapasitas saluran pencernaan. Hepar •Non Ruminansia (Kuda) II.  Ventrikulus Volume lambung pada kuda dengan berat 500kg rata-rata 7.5 – 8 meter. Tractus Digestoria  rongga mulut saliva kuda tidak mengandung amylase. dengan lama waktu penyimpanan untuk air 30-60 menit. sementara untuk pakan kering 30 menit-12 jam  usus halus panjang usus halus sekitar 22m.

dan ventriculusnya lebih asam bila dibanding dengan ventriculus hewan yang lain. hanya perbedaanya. Lambung pada babi juga berfungsi sebagai alat penampung bahan yang sudah tercerna. omnivora dan herbivora) A. Bahanbahan pakan yang tidak tercerna dan tidak diserap bergerak dari usus halus menuju ke caecum dan ke usus besar.  Pankreas Pancreas pada kuda berbeda dengan ternak lainnya. Hati berfungsi untuk mensekresi empedu. B. detoksikasi zat yang berbahaya. memetabolis protein.Omnivora Babi mengambil makanan pakan. . Karnivora Fungsi dari ventriculus carnivora sama seperti hewan monogastrik yang lain. tempat penyimpanan vitamin.  Mekanisme fisiologi sistem pencernaan pada mamalia (karnivora. karena konsentrasi enzim yang relative rendah dan rendahnya kadar HCO3. Saliva berfungsi sebagai pelumas. dan illeum adalah tempat terjadinya penyerapan atau absorpsi yang utama dari zat-zat pakan hasil pencernaan. jejunum. dalam mencerna secara mekanik dan kimiawi di dalam ventriculus. Volume lambung seekor babi hanyalah sekitar 8 liter. Babi tidak terjadi proses memamah biak sebab seluruh bahan pakan telah dikunyah halus sebelum ditelan. Pakan yang ditelan bergerak menuju esofagus kemudian masuk ke dalam lambung. mengunyah. dan protein. pada ventriculus carnivora tidak menggunakan bakteri mikroba karena makanannya berupa daging. pancreas terdiri atas endokrin dan eksokrin.Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh. dan pembentukan protein darah. Di bagian usus besar komponen air diserap kembai dan sisa yang tertinggal dari proses pencernaan dikeluarkan melalui anus. dan menyampurkannya dengan air liur (saliva) sebelum menelan. Perbedaannya pada babi saliva mengandung enzim yang mulai memecahkan bahan pakan menjadi unsur-unsur penyusunnya. karbohidrat. Usus halus terdiri dari duedenum.

mineral. selain pencernaan karbohidrat juga terjadi pencernaan protein. makanan mengalami pengunyahan ulang (remastikasi) dan pencampuran ulang dengan saliva (reinsalivasi). serta pencernaan sintesis vitamin. Di dalam abomasum. di dalam cavum oris terjadi mastikasi dan insalivasi sehingga makanan menjadi agak lemas. • Non Ruminansia Fungsi dari ventriculus itu sendiri sama dengan ventriculus hewan monogastrik yang lain. Makanan ditelan masuk ke dalam rumen disebut deglutasi. Di dalam rongga mulut. karena gerakan ini pula makanan yang kasar dan padat akan dikembalikan ke rongga mulut. Herbivora • Ruminansia Proses pengambilan makanan (Prehensi) dilakukan oleh lingua. Peristiwa pengembalian ingesta ke rongga mulut ini dinamakan regurgitasi. pencernaan dengan menggunakan bakteri mikroba terbesar dilakukan di sekum. Pada waktu makanan masuk ke dalam rumen. makanan terjadi proses fermentasi yaitu pemecahan selulosa dinding sel-sel tanaman. hanya saja perbedaanya yaitu pada ventriculus hewan monogastrik herbivora terdapat sedikit mikroba.C. Isi retikulo rumen dicampur aduk oleh gerakan kontraksi otot. sebagian gas yang berada di dalamnya akan terdorong keluar dinamakan eruktasi. . ingesta bereaksi asam dan akan berubah menjadi alkalis ketika berada di dalam intestinum. lipid. Remastikasi ini berlangsung selama 40-50 kali dan kemudian dilakukan penelanan kembali (redeglutasi) langsung masuk ke omasum dan melanjutkan ke abomasum. ingesta selanjutnya dicampur dengan dan dihancurkan oleh getah lambung yang mengandung HCL. Selama di dalam abomasum. Retikulo rumen mengandung cairan yang 85% terdiri dari air sehingga memungkinkan makanan halus berada dalam suspense sedangkan makanan yang masih agak padat dan kasar mengapung di bagian atas. Di dalam rumen. Proses yang terjadi sejak regurgitasi sampai dengan redeglutasi dinamakan ruminasi.

Bentuknya berlekuk-lekuk berguna untuk melembutkan makanan. Cirinya berbentuk pipih dan tajam untuk mengiris makanan. Ujungnya yang runcing untuk mencabik dan menyobek makanan. Gigi molar Gigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akar yang (geraham memiliki fungsi untuk melumat belakang) dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya. . Gigi taring Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. mengapa gigi seri berfungsi untuk mengerat makanan? DARI ERLINA Gigi Seri Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya.4. Gigi seri Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi pra-molar Gigi graham kecil adalah gigi (geraham depan) yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuknya berlekuk-lekuk berfungsi untuk mengiris dan melembutkan makanan.

Nutrisi apa saja yang terkandung di dalam rumput? Hijauan segar umumnya terdiri atas daun-daunan yang berasal dari rumput-rumputan. mudah diperoleh karena memiliki kemampuan tumbuh tinggi. b. Daun-daunan: daun nangka. Pueraria phaseoloides. daun turi. Kandungan serat kasarnya lebih dari 18% (jerami. Jerami dan hijauan kering Termasuk kedalam kelompok ini adalah semua jenis jerami dan hijauan pakan ternak yang sudah dipotong dan dikeringkan. rumput Brachiaria (Brachiaria decumbens). Rumput-rumputan merupakan hijauan segar yang sangat disukai ternak.3. rumput Setaria (Setaria sphacelata). terutama di daerah tropis meskipun sering dipotong/disengut langsung oleh ternak sehingga menguntungkan para peternak/pengelola ternak. c. daun petai cina dll. centro (Centrocema pubescens). stylo (Sty-losantes guyanensis). hay dan kulit biji kacang-kacangan). tanaman bijibijian/ jenis kacang-kacangan. a. daun pisang. pati dan fruktosa yang sangat berperan dalam menghasilkan energi. rumput Mexico (Euchlena mexicana) dan rumput lapangan yang tumbuh secara liar. rumput Benggala (Penicum maximum). Rumput-rumputan Rumput Gajah (Pennisetum purpureum). Hijauan banyak mengandung karbohidrat dalam bentuk gula sederhana. Calopogonium muconoides dan jenis kacang-kacangan lain. . Kacang-kacangan: lamtoro (Leucaena leucocephala).