You are on page 1of 15

3. UNIVERSITAS PADJADJARAN FAKULTAS PERTANIAN BANDUNG 2011 . 2. 4. 3..SP. NAMA Elfhat Patriot Rachman Wulan Dias N Putri Amalia Nasher Adelia Ramadhani Putri Kurnia AG NPM 150610090159 150610090161 150610090165 150610090166 150610090169 TTD 1. : SDA TAK PULIH DAN PULIH : SELASA. PERTEMUAN MSi. 08 MARET 2011 : Tugas ke . 5. 5. 2.2 NO 1.TUGAS TERSTRUKTUR DISKUSI KELOMPOK MATA KULIAH EKONOMI SUMBER DAYA ALAM SEMESTER GENAP/GANJIL 2010/2011 KELAS : AGRIBISNIS D MATERI KELOMPOK : DOSEN : 4 TANGGAL ZUMI SAIDAH. 4.

disamping itu juga menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya. Penulis merasa bahwa dalam menyusun laporan ini masih menemui beberapa kesulitan dan hambatan.Padjadjaran.dalam memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Alam di Fakultas Pertanian Universitas . Akhir kata.. maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Ibu ZUMI SAIDAH. MSi.SP. 8 Maret 2011 Penyusun .KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat TUHAN Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan-NYA kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan selesai tepat pada waktunya. Jatinangor. Sebagai dosen pembimbing mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Alam yang membimbing kami dalam pengerjaan tugas makalah ini. semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

1.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I Pendahuluan 1. Kasus SDA Pulih 1.1 Latar Belakang 1. BAB III Penutup 3.1 Simpulan Daftar Pustaka ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ..2.2 Maksud dan Tujuan 1.3 Sistematika Penulisan BAB II Pembahasan 2. Kasus SDA Tak Pulih ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………….

Yang termasuk dalam kelompok sumber daya jenis ini adalah sumber daya air (baik yang mengalir di sungai.cuaca. metal batubara. .BAB I Pendahuluan 1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini digolongkan lagi menjadi 2 macam. angin.minyak bumi. dan dapat diperbaharui baik oleh alam sendiri maupun dengan bantuan manusia. 2) Sumber daya seperti logam dan batu-batuan yang mempunyai umur penggunaan yang lama dan seringkali dapat dipakai ulang. Untuk terjadinya sumber daya jenis ini diperlukan waktu ribuan tahun. yaitu: 1) Sumber daya seperti batu bara dan mineral yang sifatnya dapat dipakai habis atau berubah secara kimiawi melalui penggunaan.sinar matahari dan sinar bulan. Sumber daya alam yang pulih atau dapat diperbaharui ini mempunyai sifat terus – menerus ada. sehingga kita tidak dapat mengharapkan adanya tambahan volume secara fisik dalam jangka waktu tertentu. maupun yang tidak mengalir seperti air di danau dan dilaut).1 Latar Belakang Sumber daya alam yang tidak dapat pulih atau yang tidak dapat diperbaharui mempunyai sifat bahwa volume fisik yang tersedia tetap dan tidak dapat diperbaharui atau diolah kembali.gelombang laut . batu-batuan termasuk dalam kategori ini.minyak tanah dan gas alam dapat dicarikan penggantinya tetapi dalam jangka waktu yang lama. Batu bara .

Kata Pengantar BAB I Pendahuluan BAB II Pembahasan BAB III Penutup Dafta Pustaka .3. 4.1. 3. Sistematika Penulisan 1. 1. 5.2. Tujuan Penulisan Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Alam dan juga untuk untuk mengetahui bagaimana dampak dari Kasus yang terkait pada SDA. 2.

mengatakan. namun warga masih trauma dengan kejadian banjir bandang pada tahun 2006." katanya. mengatakan. yakni kawasan yang lebih tinggi dan aman dari longsor. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor tersebut dan rumah warga tidak rusak diterjang longsor. Salah seorang warga setempat. Kecamatan Panti. Ia menjelaskan. Sementara. Kabupaten Jember. yang menewaskan sekitar 100 orang." tuturnya. kami belum mendapat bantuan makanan dari pemerintah. Anto mengaku tidak tahu pasti kapan warga akan kembali ke rumah masing-masing karena warga Kebun Kaliklepuh masih trauma. suara gemuruh tanah longsor pada Kamis sore menyebabkan warga panik dan sebagian warga sudah mengungsi pada Kamis malam.com — Sebanyak 21 keluarga mengungsi akibat tanah longsor di Kebun Kaliklepuh. KOMPAS. "Hingga hari ini. "Tenda-tenda bekas yang masih disimpan warga digunakan sebagai tempat untuk mengungsi di kawasan Lerok. Jumat (4/2/2011)." tuturnya. Sebagian besar para pengungsi bekerja sebagai buruh perkebunan di Kebun Kaliklepuh milik Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP). "Tidak ada korban jiwa. Anto Wijaya. Ketua LSM Forum Komunikasi Anak Bangsa (FKAB). sedikitnya ada tiga titik longsor yang terjadi di Afdeling Kebun Kaliklepuh dan Afdeling Gunung Pasang.BAB II Pembahasan Kasus Sumber Daya Alam Tanah Longsor JEMBER. "Warga merasa aman mendirikan tenda-tenda pengungsian di kawasan Lerok karena lokasinya aman dari tanah longsor. . Suharyono. hujan deras yang terjadi selama beberapa hari di kawasan setempat menyebabkan Lereng Argopuro longsor di sekitar permukiman warga. Jawa Timur. Desa Suci." katanya. sehingga kami segera mengungsi ke tempat yang aman. dan kami akan bertahan di tenda-tenda pengungsian.

"Saya mengimbau perangkat desa setempat dan pihak Perusahaan Daerah Perkebunan segera menyalurkan bantuan bahan makanan yang sangat dibutuhkan di tenda-tenda pengungsian. Sistem pertanian yang tidak memperhatikan irigasi yang aman. Faktor alam penyebab bencana tanah longsor Kondisi alam yang menjadi faktor utama terjadinya longsor antara lain: • Kondisi geologi penyebab tanah longsor: batuan lapuk. Budidaya kolam ikan diatas lereng. pelarutan dan tekanan hidrostatika. gempa bumi. Keadaan topografi penyebab tanah longsor: lereng yang curam. kemiriringan lapisan. Tutupan lahan yang mengurangi tahan geser." katanya menambahkan. • Faktor manusia penyebab tanah longsor Ulah manusia yang tidak bersahabat dengan alam sehingga menjadi faktor penyebab tanah longsor antara lain: • • • • • • Pemotongan tebing pada penambangan batu dilereng yang terjal. . Kesuburan tanah dapat terjadi karena perbuatan akar tanaman dan adanya organisme – organisme yang mengeluarkan bermacam-macam nutrisi tanah untuk diserap oleh tanaman oleh karena itu bila tidak ada tanaman atau organisme – organisme yang mengeluarkan bermacam-macam nutrisi tanah untuk diserap maka akan terjadi longsor. Sebagai contoh adalah kesuburan tanah. • • • Iklim: curah hujan yang tinggi. struktur sesar dan kekar. sumber daya tanah ini menggambarkan gabungan antara sifat sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui maupun sumber daya biologis. misal tanah kritis. sisipan lapisan batu lempung. Analisis Tanah longsor adalah bagian integral dari Sumber daya tanah . Kegagalan struktur dinding penahan tanah. Penggundulan hutan. Penimbunan tanah urugan di daerah lereng. stratigrafi dan gunung berapi. akumulasi massa air. Keadaan tata air: kondisi drainase yang tersumbat. erosi dalam.

sehingga RUTR tidak ditaati yang akhirnya merugikan sendiri. • .• Pengembangan wilayah yang tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat. Sistem drainase daerah lereng yang tidak baik.

seperti Sumatera. "Hutan gundul karena penjarahan kayu atau pun pembukaan lahan memberi kontribusi besar terhadap musibah banjir dan tanah longsor. tetapi dalam rangka antisipasi dan kesiapan sumber daya manusia dalam korps TNI. Namun demikian. dapat ikut bertanggung jawab." kata Pangdam Wirabuana di Kendari.com ." katanya. Pangdam Wirabuana berada di Kendari serangkaian acara penutupan gladi posko I bencana alam lingkup Korem 143 Haluoleo yang telah berlangsung selama tiga hari. Danrem 143 Haluoleo Kol Inf Taufik Hidayat mengatakan jajaran TNI AD senantiasa mengingatkan para pihak yang menjalankan aktivitas bersentuhan dengan lingkungan agar mengantisipasi ancaman bencana." katanya. Jumat (10/12/2010).Kasus Sumber Daya Alam Pulih Banjir KENDARI. KOMPAS. sehingga perlu dicarikan jalan keluar. "Potensi bencana alam yang mengancam adalah banjir dan tanah longsor. Menurut Pangdam Amril bahwa ancaman banjir dan tanah longsor di sejumlah titik di wilayah Wirabuana sebagai akibat dari kegiatan pengundulan hutan yang tidak terkendali. . musibah banjir dan tanah longsor di Sulawesi relatif kecil dibandingkan daerah lain. ia mengharapkan pemerintah dan semua pihak yang memiliki andil dalam pengolahan hasil hutan khususnya kayu maupun pembukaan lahan untuk perkebunan.Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir mengatakan bencana alam yang mengancam keselamatan warga di wilayah teritorial Kodam Wirabuana adalah banjir dan tanah longsor. "Latihan penanganan bencana tidak berarti wilayah Korem 143 Haluoleo rawan bencana. Oleh karena itu.

Ini disebabkan oleh banyak faktor. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya. ketika hujan tiba. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi. Adanya illegal logging ( Penebangan Liar ) yang juga menjadi salah satu penyebab banjir diatas dan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk melestarikan hutan yang semakin hari semakin berkurang luasnya. tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah. Faktor alam penyebab terjadinya banjir adalah: Badai juga dapat menyebabkan banjir melalui beberapa cara. di antaranya melalui ombak besar yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. Selain itu badai juga adanya presipitasi yang dikaitkan dengan peristiwa badai. Banjir pesisir seperti ini sering terjadi di Bangladesh. Penyebab yang sampai saat ini belum dapat diperbaiki adalah kebiasaan manusia membuangan sampah sembarangan.Analisis Banjir di Indonesia sering kali terjadi. jadi ketinggian laut dapat naik beberapa meter pada mata guntur. akibatnya. faktor ini lebih banyak disebabkan oleh akibat perbuatan manusia sendiri salah satunya tidak sadar akan keadaan alam. . Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulau gunung berapi yang membentuk kawah (seperti Thera atau Krakatau) dapat memicu terjadinya gelombang besar yang disebut tsunami yang menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai.

Tapin. HST.462.479.617.239. Jumlah produksi ini menyumbang sebesar 40. yang terdapat di Kalimantan Selatan cukup besar dengan kualitas yang baik. kemudian dari 25 Koperasi Unit Desa yang terdata di Dinas .52 ton dan pada tahun 2004 sebesar 14.977. HSU. Tanah Bumbu. dan Tabalong).540. produksi batubara di Kalimantan Selatan.289. Kemudian tercatat penjualan domestik batubara Kalimantan Selatan pada tahun 2003 sebesar 13. stock cadangan batubara Kalimantan Selatan yang terukur (pasti) adalah 2.38 ton pada tahun 2004. Dan jumlah ini merupakan kedua terbesar setelah Kalimantan Timur yang memproduksi sebesar 57. dan yang terindikasi sekitar 4.13 ton pada tahun 2003 dan 41.Kasus Sumber Daya Alam Tak pulih Batu Bara Potensi sumber daya alam.35 ton.16 ton. sedangkan untuk penjualan ekspor batu bara Kalsel pada tahun 2003 sebesar 32.195.805.21% dari total produksi nasional sebesar 132. Sampai dengan pertengahan tahun 2004 (data sampai dengan bulan Agustus 2004) produksi Batubara Kalimantan Selatan dari perusahaan pertambangan batubara pemegang PKP2B mencapai 25.79 ton pada tahun 2004. yang tercatat secara resmi pada tahun 2003 adalah 46. berupa tambang batubara. terdapat cadangan batubara yang sudah ditemukan sebesar 6. Tanah Laut. 550. HSS.917 ton.499.738 ton.99 ton dan pada tahun 2004 sebesar 34. sementara dari bulan Januari 2004 sampai bulan Agustus tahun yang sama data produksi batubara dari para pemegang kuasa penambangan mencapai angka 1. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2005.674.467.35% dari total produksi nasional sebesar 114.818. Kotabaru.278.352.153. sampai saat ini. dimana sebagian besar produksi batubara tersebut dihasilkan oleh perusahaan besar dengan modal asing (PMA). Dalam Indonesia Mineral and Coal Statistics.666.024.396. Adaro Indonesia. Sehingga paling tidak. seperti PT.80 ton dan meningkat pada tahun 2004. Arutmin dan PT.71 ton pada tahun 2003 dan sebesar 68.529 milyar ton.101 milyar ton.428 milyar ton.21 ton. yaitu sebesar 54. Berdasarkan data dari Indonesian Coal Mining Association pada tahun 2001. serta keberadaannya hampir menyebar di seluruh kabupaten (Banjar.693.116.

ini diluar Koperasi milik PUSKOPOL dan PUSKOPAD Eksploitasi yang dilakukan sebagian besar tidak memberikan dampak kesejahteraan yang nyata di masyarakat. sosial dan budaya termasuk pendidikan. Sehingga terjadi masalah seperti:  Penggunaan Jalan Umum Untuk Angkutan Batubara  Tumpang Tindih Kebijakan dan Illegal Mining (PETI Batubara)  Keterlibatan TNI-POLRI dalam bisnis Batubara  Konflik Lahan dan Permasalahan Sosial lainnya  Penghancuran.Pertambangan Propinsi Kalimantan Selatan produksi batubara sampai dengan bulan agustus 2004 mencapai 27. hal ini dapat terlihat dimana kehidupan masyarakat lokal sekitar tambang tidak mengalami kemajuan yang berarti dan bahkan sebagian besar masih terpinggirkan dalam segala hal baik di biding ekonomi. Pengrusakan dan Pencemaran Lingkungan Hidup  Penghancuran Sumber-Sumber Kehidupan Rakyat  Bencana Banjir Dalam kasus ini kita harus memikirkan bagaimana cara untuk mencegah salah satunya yaitu mencari pengganti alternatif agar sumber daya alam yang kita punya masih bisa di kelola. Analisis Batu bara adalah sumber daya yang tak pulih yang berarti tidak dapat diperbaharui hal ini kan menjadi pemikiran kita bahwa bila semakin terus menerus kita ekploitasi secara besar – besaran maka semakin habis persediaan yang ada .853. .730 ton.dalam kasus ini di Kalimantan Selatan potensi untuk menghasilkan batu bara sangat besar dan kualitas baik tetapi dalam proses ini tidak memberikan dampak kesejahteraan nyata pada masyarakat.

Dan diprediksikan sumber energi ini akan menjadi tulang punggung sumber energi masa depan. ketika hujan tiba. Sehingga sumber energi ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Adanya illegal logging ( Penebangan Liar ) yang juga menjadi salah satu penyebab banjir diatas dan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk melestarikan hutan yang semakin hari semakin berkurang luasnya. Ini disebabkan oleh banyak faktor. tidaksemua negara atu perusahaan mampu untuk mengadopsi teknologi yang terbaru. semen. faktor ini lebih banyak disebabkan oleh akibat perbuatan manusia sendiri salah satunya tidak sadar akan keadaan alam. maupun farmasi. .Emisi yang dihasilkan harus senantiasa di-manage agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih parah. akibatnya. Semakin tinggi teknologi yang digunakan untuk pengolahan batu bara. Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. Penyebab yang sampai saat ini belum dapat diperbaiki adalah kebiasaan manusia membuangan sampah sembarangan. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya. Namun demikian. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. makin rendah tingkat emisi yang dihasilkan. tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi. Batu bara memiliki alternatif penggunaan yang sangat beragam antara lain dalam industri listrik.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Banjir di Indonesia sering kali terjadi. Batu bara merupakan salah satu sumber energi dunia yang sampai saati masih memiliki cadangan yang cukup besar.

kompas. _______.koran-tempo. Banjir dan longsor jadi ancaman.com Internasional www. Prospek Komoditas Batubara.com Kompas. Economic Review Journal No. Clean Coal Building a Future Through Technology. World Bank Group. Coal Mining and Production. United Kingdom World Coal Institute. Aryo Daru.DAFTAR PUSTAKA Driyo.or.id Internasional Kompas. www.com _______.Cina Mencairkan Batubara. Juni 2005. www.200. Maret 2011 . 2004.com.Fenomena Pertambangan Batubara di Kalimantan Selatan: Kebijakan Kuras Habis dan Berorientasi Pasar.wci-coal.Sumber Daya Batubara: Tinjauan Lengkap Mengenai Batubara.worldcoal.org World Coal Institute.walhi. Juli 1998 www. Banjir Ganggu Produksi Batu Bara.kompas. Maret 2011 www. www.